VSAT Indonesia - Peranan Penting VSAT di Indonesia

VSAT Indonesia merupakan program yang seharusnya dicanangkan oleh pemerintah Indonesia karena dapat menyejahterakan banyak usaha.
Posted on 17 April 2017

VSAT Itu Penting Untuk Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia. Seharusnya pemerintah kita ini mengadakan program VSAT Indonesia. Kenapa? Karena ternyata cukup banyak manfaat koneksi VSAT yang benar-benar dapat dinikmati oleh kita, terutama para pengusaha-pengusaha di daerah yang masih belum ada koneksi internet sama sekali. Mengetahui internet itu merupakan suatu fasilitas yang sangat bermanfaat pagi para pengusaha. Mari kita bahas lebih lanjut.


Vsat Indonesia


Jadi begini, anda sedang liburan di suatu tempat di Indonesia. Misalnya ke Tanjung Soropia, Sulawesi Tenggara. Pantai dan pulaunya yang indah dan penduduknya sangat ramah sekali. Anda dan pasangan anda pergi menuju pulau Bokori menggunakan perahu Ketinting, dimana pasirnya putih dan bersih. Airnya tidak kelam, airnya berwarna biru muda dan seperti berkaca-kaca.


Vsat akan berguna saat anda liburan di pulau terpencil

Pulau Bokori, Sulawesi Tenggara


Banyak sekali foto-foto yang telah anda ambil bersama dengan pasangan anda. Lalu anda kembali ke pulau Kendari dengan perahu, berdua memancing ikan di laut dari atas kapal. Hasil pancingannya anda masak untuk santap malam. Benar-benar pengalaman yang sangat menyenangkan dan bahagia, sehingga anda ingin upload ke akun Instagram atau Facebook anda.


Tapi ternyata tidak bisa, kenapa? Karena hotel tempat anda menginap, atau mungkin hampir 70% tempat di pulau Kendari belum terhubung ke internet. Tidak ada provider fiber optik yang telah memasang kabelnya sampai di pulau tersebut. Wah bagaimana ini, ternyata anda sudah booking hotel di Kendari selama 2 minggu! Nah disinilah VSAT akan sangat berguna bagi anda.

 


VSAT Indonesia Sebagai Program Yang Bermanfaat Untuk Banyak Bidang


VSAT itu tidak memerlukan kabel terestrial pada infrastrukturnya. Jadi kalau seandainya fiber optik itu memerlukan kabel yang super panjang untuk menyambungkan satu pulau ke pulau lain, VSAT tidak memerlukan itu. Sehingga biaya yang diperlukan untuk pengadaan VSAT di banyak pulau sekaligus akan jauh lebih hemat, dan praktis.


Contoh diatas ini hanya membahas tentang bagaimana tidak adanya koneksi internet dapat mempengaruhi eksistensi anda di media sosial. Tapi sebenarnya masih banyak sekali kasus-kasus yang lebih signifikan sifatnya. Contohnya dalam menuntut ilmu.


VSAT Indonesia Untuk Edukasi Anak Bangsa


Bila di sekolah-sekolah ada fasilitas internet, maka murid muridnya akan sangat terbantu dalam proses pembelajaran. Karena informasi dan ilmu yang diperlukan dapat diperoleh hanya dalam beberapa detik. Sedangkan apabila harus mencari-cari di dalam buku atau catatan akan memakan waktu yang jauh lebih lama.


Tidak hanya itu, ketika seorang murid mencari informasi di internet maka mereka dapat mendapatkan banyak sekali sumber-sumber bacaan. Ditambah, sumber seperti Khan Academy, Wikipedia, Investopedia, dan lainnya memberikan pelajaran yang lengkap dan sangat mudah dimengerti dalam berbagai format. Terdapat video, PDF, e-book, sampai artikel-artikel website.


Belajar dengan Internet program VSAT Indonesia

Pembelajaran Lebih Cepat dan Praktis Dengan Internet


Mereka juga memberikan beberapa referensi, seperti video atau bacaan yang berkaitan. Sehingga para pelajar dapat belajar dan lebih cepat paham, serta pengetahuannya lebih luas. Tidak terkungkung dengan hanya satu buku saja untuk satu mata pelajaran.


Selain dalam bidang pendidikan, banyak sekali kegunaan internet yang sangat fatal apabila tidak tersedia. Misalnya dalam berbisnis, atau komunikasi jarak jauh. Nah, oleh karena itulah saya bilang tadi bahwa seharusnya pemerintah mengadakan program VSAT Indonesia. Kenapa sangat baik apa bila ada program VSAT Indonesia?


Yang saya maksud disini adalah upaya pemerintah untuk memberikan subsidi kepada daerah-daerah terpencil berupa koneksi internet gratis.


VSAT Indonesia Untuk Menyejahterakan Daerah Terpencil


Kalau yang namanya kota besar, mau menjual dan mengirim keluar kota itu mudah karena sekarang ada marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dll. Sehingga bisnis dan keterampilan orang-orang kota bisa lancar dan menghidupi keluarganya cukup dari situ. Ditambah lagi di kota besar yang namanya koneksi internet itu berlimpah, fiber optik dan kabel tembaga itu sudah ada dimana-mana.


Tapi bagi orang-orang di kawasan terpencil akan lebih sulit, tidak adanya koneksi internet berarti benda-benda yang diciptakan (E.g. batik, kerajinan tangan, rajutan, Etc.) oleh warga daerah tersebut tidak akan bertemu dengan para peminat dan pembeli (yang berada di marketplace lokal atau diluar negeri).


Pengrajin Kulit, UMKM Akan Dimudahkan Dengan Adanya Program VSAT Indonesia

Pengrajin Kulit, UMKM Akan Dimudahkan Dengan Adanya Program VSAT Indonesia


Alhasil mereka potensi bisnis mereka akan survive lebih kecil, masih seperti hidup di jaman sebelum internet. Tidak dapat menemukan pembeli diluar pulau tempat mereka tinggal, padahal kemungkinan besar para peminat berada diluar pulau sampai ke luar negeri. Sehingga kesejahteraannya jauh dibawah daerah-daerah yang punya koneksi internet.


Nah dengan adanya program seperti VSAT Indonesia, para pengrajin di daerah akan jauh lebih mudah bertemu para pembeli, reseller, distributor dan pihak-pihak lain yang akan membantu bisnisnya terus hidup.


Ini terbukti dari hasil kami mewawancarai beberapa UMKM di daerah. Mulai dari pengrajin kulit sampai ke pengrajin batik. Berdasarkan hasil wawancara kami dengan 10 UMKM di daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Semuanya merasa bahwa adanya koneksi internet, sosial media, dan marketplace, bisnis mereka berhasil menemukan pembeli-pembeli yang tidak mungkin mereka temukan sebelumnya.


Bahkan tidak sedikit dari para pembeli yang datang sampai ke daerah terpencil untuk melihat dan membeli langsung dari daerah. Jumlah pembelian perbulan semakin tinggi, dibandingkan apabila toko mereka tidak terpajang sama sekali di internet. Nah, para pembeli ini tau tentang para pengrajin dari internet. Kebanyakan dari Facebook, Instagram dan Marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Para pelanggan yang berasal dari Google Search juga tidak sedikit.


Pengrajin Batik, para pengusaha dapat diuntungkan dengan adanya fasilitas VSAT Indonesia

Pengrajin Batik Batik Trusmi Cirebon Ini Sudah Merasakan Manfaat Besar Internet


Kesimpulannya kami adalah, dengan adanya koneksi internet maka pengusaha pengusaha kecil di daerah akan lebih makmur dan sejahtera. Karena fiber optik akan memakan waktu yang sangat lama, serta biaya yang tidak sedikit untuk menyambungkan seluruh 900an pulau (dari 17.000 pulau) yang dihuni di Indonesia. Maka program VSAT Indonesia merupakan salah satu solusi yang harus dipertimbangkan.


Terutama karena koneksi melalui satelit semakin baik dan semakin murah kedepannya, karena perkembangan teknologi satelit yang kian pesat. Dengan memberikan koneksi kepada penghuni pulau dan penduduk daerah tepencil, maka perekonomian Indonesia juga dapat meningkat secara sangat drastis. Kenapa?

 


VSAT Indonesia Untuk Menyejahterakan Daerah Terpencil dan Indonesia


Pertama, karena para pengrajin daerah ini bisa menjual ke lebih banyak pembeli dari sebelumnya, dagangan mereka lebih laku. Sehingga usaha kecil mereka bisa terus hidup dan turut menghidupi keluarganya.


Dari sini mereka bisa memproduksi lebih banyak barang, memproduksi lebih banyak barang berarti membeli lebih banyak bahan baku dari supplier. Sehingga suppliernya pun juga ikutan lebih laku dan makmur. Karena para pengrajin dan suppliernya laku, taraf hidup mereka lebih baik. Anak-anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Mereka bisa membeli barang-barang yang sebelumnya mereka tidak bisa beli.


Semua ini akan berkontribusi terhadap GDP Indonesia. Yang mana komponennya adalah “Konsumsi + Investasi + Pengeluaran Pemerintah + (Ekspor – Impor)”.


Imbas dari pengadaan internet di daerah ini adalah variabel konsumsi yang menjulang tinggi, investasi bisnis yang juga akan semakin tinggi karena banyak peluang di pasar. Dan dengan pengadaan internet, maka tidak ragu lagi kalau variabel ekspor bisa melangit. Karena besar kemungkinan pembeli dari luar juga dapat membeli kerajinan tangan buatan lokal, seperti melalui ebay.com atau etsy.com.


Contoh VSAT Yang Telah Terpasang Di Daerah

Contoh VSAT Yang Telah Terpasang di Daerah


Ini semua dapat terjadi apabila terdapat koneksi internet, terdapat fasilitas internet yang tersedia bagi para pengusaha di daaerah terpencil dan kepulauan. Sehingga apabila pemerintah mencanangkan gerakan “VSAT Indonesia” mengetahui imbasnya yang luar biasa positif, maka tidak ayal perekonomian Indonesia dapat menjadi lebih kuat.


Jangan lupa dibaca juga artikel-artikel kami yang lain seperti Apa itu VSAT? Dan Apa itu Google? Tentunya apabila anda tertarik untuk berlangganan internet satelit, silahkan anda buka home page kami https://www.qilat.id Salam!


 

Bagikan ke sosial media.


Related Articles


Kirim komentar: