Bagian Bagian Parabola

Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya : Perlu Kalian Tahu

Qilat.id – Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya : Perlu Kalian Tahu. Apakah Kalian pernah mendengar tentang parabola? Parabola adalah kurva geometris yang memiliki banyak aplikasi dalam matematika dan fisika. Konsep parabola dapat ditemukan di mana-mana, dari bentuk sayap pesawat hingga bola lampu yang terfokus.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagian bagian parabola dan fungsinya. Kita akan mulai dengan pengertian dasar tentang parabola dan kemudian mempelajari fokus, simetri, titik ekstrim, dan lebih banyak lagi. Jadi, mari kita mulai!

Pengertian Antena Parabola

Antena Parabola merupakan jenis antena yang menggunakan reflektor berbentuk parabola dengan permukaan melengkung untuk mengarahkan gelombang radio.

Bentuknya umumnya seperti piringan dan dikenal dengan sebutan antena parabola atau parabola. Keuntungan utama dari antena parabola adalah memiliki direktivitas yang tinggi.
Fungsinya mirip dengan lampu sorot atau reflektor senter yang dapat mengarahkan gelombang radio dalam sinar yang sempit atau menerima gelombang radio dari satu arah saja.

Antena parabola juga memiliki keuntungan dalam hal lebar pita yang lebih sempit dibandingkan dengan jenis antena lainnya.

Untuk mencapai beamwidth yang sempit, reflektor parabola harus jauh lebih besar daripada panjang gelombang gelombang radio yang digunakan, sehingga antena parabola umumnya digunakan pada frekuensi tinggi dari spektrum radio, seperti pada frekuensi UHF dan gelombang mikro (SHF), di mana panjang gelombangnya cukup kecil sehingga reflektor berukuran nyaman dapat digunakan.

Antena parabola didasarkan pada properti geometris parabola yang melalui titik fokus dan garis singgung yang memiliki panjang yang sama.

Oleh karena itu, muka gelombang bundar yang dipancarkan oleh antena umpan pada fokus piringan akan dipantulkan ke gelombang pesawat keluar yang berjalan paralel dengan sumbu piringan.

Antena parabola sering digunakan sebagai antena tinggi dalam komunikasi titik-ke-titik, seperti pada tautan relai gelombang mikro yang membawa sinyal telepon dan televisi antara kota-kota terdekat, tautan WAN/LAN nirkabel untuk komunikasi data, komunikasi satelit, dan antena komunikasi pesawat ruang angkasa.

Baca juga:  Cara Pasang 1 Parabola 2 Receiver Yang Baik dan Benar

Selain itu, antena parabola juga digunakan dalam teleskop radio.

Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya

Untuk memenuhi fungsinya sebagai penangkap dan penerima sinyal satelit, antena parabola memerlukan dukungan dari beberapa komponen.

Meskipun bentuk dan desain parabola berbeda-beda, komponen pendukung parabola selalu ada.

Berikut adalah beberapa Bagian Bagian Parabola beserta fungsinya:

1. Disk Parabola

Disk parabola atau piringan parabola merupakan komponen terbesar dalam sistem parabola. Fungsinya adalah untuk menerima dan memantulkan sinyal dari satelit ke arah LNB.

Bentuknya yang berbentuk lingkaran dan cekung bagian dalam memungkinkan sinyal dapat dipantulkan menuju satu titik fokus tertentu.

Tersedia disk parabola dengan berbagai ukuran diameter yang dijual di pasaran, mulai dari disk mini dengan ukuran diameter 60 cm hingga disk besar dengan diameter mencapai 12 kaki.

Panjang diameter sebuah disk parabola menentukan besarnya ukuran disk dan kemampuan dalam menerima sinyal parabola. Semakin besar ukuran disk, semakin banyak frekuensi sinyal satelit yang dapat ditangkap.

Disk parabola mini biasanya terbuat dari plat logam yang dibentuk lingkaran dengan cekungan ke dalam.

Disk parabola mini sering digunakan untuk menangkap frekuensi satelit di jalur Ku band. Bentuknya yang kecil membuatnya praktis dan tidak membutuhkan tempat pemasangan yang luas.

Sementara itu, disk parabola besar ada yang terbuat dari bahan plat logam yang biasa disebut dengan parabola disk solid, dan ada juga yang terbuat dari anyaman kawat logam.

Parabola yang terbuat dari bahan plat logam memiliki kemampuan penangkapan sinyal satelit yang lebih baik dibandingkan dengan parabola jaring kawat logam.

2. LNB Parabola

LNB atau Low Noise Block adalah komponen penting pada sistem parabola yang berfungsi untuk menangkap sinyal satelit yang dipantulkan oleh disk dan mengolahnya sebelum disalurkan ke receiver.

Baca juga:  Kelebihan K Vision Bromo C2000 : Spesifikasi dan Harga

LNB parabola terdiri dari 3 jenis yang berbeda sesuai dengan rentang frekuensi yang mampu diterimanya :

  • LNB KU band
  • LNB C band
  • LNB S band

Meskipun memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda, ketiga jenis LNB tersebut memiliki fungsi yang sama. Di dalamnya terdapat sepasang antena kecil yang berguna untuk menangkap gelombang dan rangkaian elektronika untuk memperkuat dan mengolah frekuensi yang ditangkap.

Pada jenis LNB C band, dalam pemasangannya di disk parabola harus ditempatkan pada bracket scalar ring.

Scalar ring ini berfungsi untuk meredam sinyal yang tidak dibutuhkan. Umumnya, pada satu disk parabola hanya terdapat satu LNB.

Namun, tidak sedikit pengguna tv parabola yang memasang lebih dari satu LNB pada satu disk. Hal ini dilakukan untuk menangkap sinyal dari satelit yang lebih banyak.

3. Mounting

Mounting parabola berfungsi sebagai tempat pemasangan dan penyangga disk parabola. Mounting memiliki bagian-bagian yang dapat disetel untuk menyesuaikan sudut kemiringan dan arah parabola.

Penyetelan sudut dan arah parabola ini penting agar parabola dapat mengarah dengan tepat pada satelit yang dituju, sehingga dapat menangkap frekuensi yang dipancarkan oleh satelit tersebut.

Terkadang, mounting parabola dilengkapi dengan motor penggerak parabola. Motor penggerak ini berguna untuk menggerakkan disk parabola sesuai dengan arah/sudut yang diinginkan, sehingga kita tidak perlu menggerakkan parabola secara manual.

4. Pengatur Sudut Inklinasi

Mengatur sudut inklinasi parabola diperlukan di daerah yang terletak di utara atau selatan garis khatulistiwa. Sudut inklinasi parabola merupakan sudut kemiringan parabola terhadap garis khatulistiwa.

Secara umum, satelit berada di daerah khatulistiwa, sehingga untuk bisa mendapatkan sinyal dari satelit, parabola harus diarahkan menuju posisi satelit tersebut.

Sudut inklinasi parabola akan berbeda-beda tergantung pada letak parabola, apakah berada di sebelah utara atau selatan khatulistiwa.

5. Tiang Parabola

Bagian ini berfungsi sebagai penyangga disk parabola. Pada jenis parabola C band yang berukuran besar, tiang parabola terbuat dari pipa logam bulat yang besar dan kuat yang dapat menahan beban parabola yang berat.

Baca juga:  Arah Parabola K Vision Ku Band Yang Akurat & Daftar Frekuensi

Sementara itu, pada parabola mini, ukuran tiang tidak terlalu panjang dan besar karena hanya digunakan untuk menyangga disk parabola yang kecil saja.

Pada saat memasang tiang parabola, perlu diperhatikan agar dapat berdiri tegak lurus dan kuat sehingga dapat menahan tiupan angin kencang.

Komponen Pendukung Parabola

Setelah mengetahui Bagian Bagian Parabola ada juga Komponen Pendukung Parabola. Dalam sistem parabola, terdapat beberapa komponen pendukung seperti:

  1. Kabel: Kabel berfungsi untuk mengalirkan sinyal dari LNB ke receiver dan juga mengalirkan arus suplai voltase dari receiver ke LNB.
  2. Switch: Switch hanya digunakan dalam pemasangan parabola dengan 2 LNB atau lebih. Switch ini berguna untuk menyambungkan atau memutus arus dari receiver ke LNB yang diaktifkan. Jika menggunakan switch, maka juga dibutuhkan kabel rakit (kabel pendek) untuk menghubungkan LNB ke switch.
  3. Pipa tiang: Pipa tiang digunakan untuk menyangga dish. Pipa ini harus terpasang dengan kuat dan tidak boleh goyah sedikitpun.
  4. Konektor: Konektor adalah alat untuk menghubungkan kabel ke slot-slot sambungan. Misalnya, kabel ke receiver, switch, dan LNB.

Penutup

Dalam artikel ini, qilat.id telah menjelaskan mengenai Komponen Pendukung Parabola dan fungsinya masing-masing.

Dari titik fokus, sumbu simetri, hingga titik potong dengan sumbu x dan y, semuanya memiliki peran penting dalam menentukan bentuk dan sifat-sifat dari parabola.

Dalam matematika dan fisika, parabola seringkali digunakan untuk memodelkan berbagai fenomena dan situasi, seperti gerak benda dan pantulan cahaya.

Oleh karena itu, memahami bagian-bagian dari parabola dan fungsinya dapat membantu dalam memecahkan berbagai masalah dan aplikasi dalam kedua bidang tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu pembaca untuk lebih memahami tentang parabola dan fungsinya dalam matematika dan fisika.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya : Perlu Kalian Tahu yang dipublish pada April 29, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment