Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Yuk Kenali, Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Secara Lengkap

Qilat.id – Yuk Kenali, Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Secara Lengkap. Mungkin bagi kebanyakan orang, kulkas merupakan alat rumah tangga yang fungsinya cukup sederhana – membuat makanan tetap dingin. Namun, jika kita melihat lebih dalam, kita akan menemukan bahwa kulkas bekerja dengan prinsip-prinsip fisika dan teknologi canggih.

Dalam artikel ini, kita akan membahas “Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu”, mengeksplorasi bagaimana suatu kulkas dapat membuat dan menjaga suhu dingin secara konsisten.

Bagaimana sebenarnya kulkas dapat bekerja? Apa yang membuat makanan tetap dingin dan segar di dalamnya? Mari kita mulai dari dasar.

Mengenal Kulkas 2 Pintu

Kulkas dua pintu adalah jenis kulkas yang memiliki dua pintu, di mana bagian freezer dan kulkasnya berbeda.

Kulkas dengan dua pintu seperti ini dapat menampung lebih banyak makanan daripada kulkas satu pintu karena ukurannya yang lebih besar.

Kulkas dua pintu umumnya memiliki tinggi hingga 1,5 meter, sehingga dapat menyimpan banyak bahan makanan.

Selain kapasitas penyimpanan yang lebih besar, keberadaan bagian freezer yang terpisah pada kulkas ini juga memudahkan pemisahan antara makanan yang perlu dibekukan dan yang disimpan pada suhu dingin biasa.

Kulkas semacam ini sangat dianjurkan untuk rumah tangga dengan banyak penghuni atau bagi mereka yang sering menyimpan banyak bahan makanan.

Cara Kerja Kulkas 2 Pintu

Cara kerja kulkas 2 pintu mengusung konsep dari hukum Termodinamika, di mana udara panas akan selalu bergerak menuju udara yang lebih dingin.

Namun, konsep hukum Termodinamika ini dijalankan terbalik dalam kulkas. Proses untuk memindahkan panas dari bagian dalam kulkas ke bagian luar dilakukan oleh Evaporator.

Baca juga:  Kumpulan Kode Error AC Sharp, Paling Lengkap Untuk Semua Model

Evaporator berfungsi untuk menyerap panas pada benda yang diletakkan di dalam kulkas. Panas atau kalor yang telah terhisap akan mendinginkan makanan dan minuman yang terdapat dalam kulkas.

Namun, Evaporator tentu saja tidak bekerja sendiri. Yang paling penting dalam proses pendinginan kulkas adalah refrigeran atau freon.

Freon memiliki titik didih yang rendah, sehingga bisa menyerap energi kalor atau panas yang ada di dalam kulkas dan membuat isi kulkas menjadi lebih dingin.

Secara sederhana, cara kerja kulkas 2 pintu dapat dijelaskan dengan contoh berikut: Misalnya, setelah kamu berenang dan turun dari kolam renang, tubuhmu akan terasa dingin. Hal ini disebabkan oleh air yang menguap dari kulitmu dan mengambil panas dari tubuh bagian dalam.

Dengan analogi tersebut, kulit dapat diibaratkan sebagai evaporator, sedangkan isi kulkas adalah bagian bawah kulit.

Freon berperan sebagai air yang menguap dari kulit. Refrigeran atau freon mengalir ke dalam evaporator dalam bentuk cair.

Setelah menyerap panas dari dalam kulkas, refrigeran tersebut dibawa ke bagian luar kulkas. Pada saat yang sama, kipas motor pada kulkas menghembuskan udara dingin dari evaporator ke semua komponen kulkas. Akibatnya, seiring berjalannya waktu, semua isi kulkas menjadi dingin.

Skema Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu dan Fungsi Tiap Komponennya

Kami akan menjelaskan bagian-bagian dari skema di bawah, berikut penjelasannya:

1. Kompresor

Kompresor adalah tabung tertutup rapat yang terletak di bagian belakang kulkas. Fungsinya sebagai pompa listrik adalah menghisap dan mengalirkan gas freon atau refrigeran ke dalam pipa pendingin.

2. PTC

PTC merupakan jenis resistor yang nilainya berubah sesuai dengan perubahan suhu. Nilai hambatan PTC akan semakin tinggi ketika suhu semakin panas.

Ketika kulkas pertama kali dinyalakan dan kompresor mulai bekerja, PTC akan mengalirkan arus listrik ke kumparan bantu kompresor.

Kumparan bantu berperan dalam membantu kumparan utama kompresor ketika rotor pertama kali diputar. Hal ini dikarenakan pada saat awal putaran rotor, diperlukan daya yang cukup besar.

Baca juga:  Skema Kulkas 1 Pintu dengan Gambar Yang Mudah Kalian Pahami

Setelah putaran rotor stabil, panas yang dihasilkan oleh kumparan kompresor akan meningkatkan suhu pada PTC.

Hambatannya juga akan meningkat sehingga arus yang mengalir ke kumparan bantu terhambat dan komponen tersebut berhenti bekerja.

3. Saklar Pintu Kulkas (Door Switch Refrigerator)

Saklar atau switch pada pintu kulkas berfungsi untuk mengontrol aliran arus listrik antara lampu kulkas dan kipas evaporator.

Saat pintu tertutup, switch terhubung dan mengalirkan arus listrik ke kipas evaporator melalui saklar pintu freezer.

Ketika pintu kulkas terbuka, saklar akan mengalihkan arus listrik yang mengalir ke kipas evaporator ke lampu kulkas.

Lampu kulkas akan menyala dan kipas evaporator akan berhenti beroperasi, sehingga penggunaan listrik menjadi lebih efisien.

4. Saklar Pintu Freezer (Door Switch Freezer)

Saklar pintu freezer berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke kipas evaporator. Jika pintu freezer tidak tertutup dengan baik, saklar ini tidak akan terhubung dan tidak mengalirkan arus listrik.

Oleh karena itu, setelah membuka freezer, pastikan pintu freezer tertutup dengan baik agar pendinginan berjalan dengan optimal.

5. Pelindung Kelebihan Beban (Overload Protector)

Pelindung kelebihan beban adalah komponen yang melindungi kompresor dari panas yang berlebihan.

Komponen ini akan secara otomatis aktif dan memutus arus listrik ke kompresor saat kompresor menghasilkan panas yang berlebihan.

6. Thermo fuse

Thermo fuse berperan dalam mencegah heater menghasilkan panas yang berlebihan. Batas suhu maksimum untuk thermo fuse biasanya sekitar 72°C.

Ketika suhu pada heater melebihi batas tersebut, fuse akan terputus dan menghentikan aliran arus listrik yang menuju ke heater.

7. Kipas evaporator

Fungsi kipas evaporator adalah untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator ke dalam ruang pendingin, terutama pada bagian freezer box. Kipas evaporator biasanya ditemui pada kulkas yang menggunakan sistem defrost, yaitu sistem untuk menghilangkan bunga es di dalam freezer.

8. Lampu

Lampu kulkas akan menyala saat pintu terbuka dan berfungsi untuk memberikan pencahayaan pada isi kulkas sehingga memudahkan pengguna dalam mengambil makanan atau benda lainnya yang disimpan di dalam kulkas.

Baca juga:  Daftar Kode Remot TV Sharp : Tabung dan LED Paling Lengkap

9. Heater

Heater atau elemen pemanas berfungsi untuk memanaskan suhu dalam freezer dan mencegah terbentuknya bunga es. Pada kulkas 2 pintu, terdapat dua elemen pemanas untuk sistem defrost dan pemanasan.

Komponen heater biasanya tidak ada pada kulkas 1 pintu. Oleh karena itu, pada kulkas 1 pintu, penghilangan bunga es dilakukan secara manual dengan mematikan atau menaikkan suhu kulkas untuk sementara waktu hingga bunga es mencair.

10. Thermo defrost

Thermo defrost adalah komponen yang berfungsi untuk mengaktifkan heater setiap 7 jam sekali atau ketika suhu freezer mencapai 13°C.

Sensor thermo defrost secara otomatis akan menghubungkan heater ke arus listrik yang berasal dari timer defrost.

11. Timer defrost

Timer defrost adalah komponen yang mengatur kerja kompresor dan heater dengan memindahkan aliran arus antara keduanya.

Timer defrost melakukan perpindahan arus listrik sesuai dengan instruksi dari sensor thermostat yang mendeteksi suhu di dalam kulkas.

Ketika suhu kulkas mencapai batas tertentu yang telah ditentukan oleh pengguna, thermostat akan memberikan instruksi pada timer defrost untuk memindahkan arus listrik dari kompresor ke sistem heater atau defrost.

12. Thermostat

Thermostat adalah sensor suhu yang mendeteksi suhu di dalam kulkas. Komponen ini mengendalikan kerja kompresor dan heater atau sistem defrost dengan memberikan instruksi untuk memutus atau menyambungkan arus pada timer defrost.

Penutup

Sebagai penutup, kita telah membahas secara rinci tentang Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu. Dari prinsip kerja, komponen penting seperti kompresor, kondensor, evaporator, hingga sistem kontrol termostat, semua telah kita jelaskan.

Harapannya, dengan memahami mekanisme ini, kita menjadi lebih menghargai kecanggihan teknologi yang ada di sekitar kita dan dapat merawat perangkat kita dengan lebih baik. Mengenal cara kerja kulkas dua pintu juga akan membantu Kalian dalam melakukan troubleshooting ketika menghadapi masalah.

Semoga artikel dari qilat.id mengenai Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu ini, bisa berguna dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang dunia kelistrikan kulkas dua pintu.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Yuk Kenali, Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Secara Lengkap yang dipublish pada April 2, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment