Cara Mencari Sinyal Parabola Mini

Cara Mencari Sinyal Parabola Mini Yang Mudah Dilakukan

Qilat.id – Cara Mencari Sinyal Parabola Mini Yang Mudah Dilakukan. Apakah Kalian memiliki parabola mini di rumah dan sering mengalami masalah dengan sinyalnya? Jangan khawatir, karena di artikel ini kami akan membahas cara mencari sinyal parabola mini secara lengkap dan detail.

Parabola mini memang lebih kecil daripada parabola biasa, namun tetap bisa memberikan kualitas tayangan yang baik jika sinyalnya stabil dan kuat.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik tentang cara mencari sinyal parabola mini agar Kalian dapat menikmati tayangan TV tanpa gangguan.

Kelebihan Parabola Mini

Kelebihan-kelebihan dari parabola mini secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Harga Terjangkau

Harga antena parabola mini cukup terjangkau, yaitu sekitar 125 ribu rupiah untuk satu set komplit yang terdiri dari dish 45 cm, LNB Ku Band, tiang penyangga, dan baut.

Bahkan, harga total parabola mini jauh lebih murah dibandingkan dengan antena UHF biasa. Untuk menikmati siaran TV digital yang bagus, biasanya diperlukan peralatan yang mahal.

2. Praktis

Parabola mini sangat praktis karena ukurannya yang ringkas dan dapat memperindah tampilan rumah. Tersedia dalam beberapa ukuran diameter seperti 45 cm, 60 cm, 80 cm, dan 100 cm.

Ukuran yang kecil membuat parabola mini mudah dipindahkan, bahkan jauh lebih kompak dibandingkan dengan antena bertipe jaring berdimensi 6 feet.

3. Mudah dalam Pemasangan

Parabola mini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan tipe jaring bahkan antena UHF terkecil, sehingga kamu tidak akan kesulitan memilih lokasi pemasangan di mana saja.

Parabola mini dapat terpasang pada semua tempat yang rendah maupun tinggi, sehingga kamu dapat menghemat pengeluaran tanpa harus membayar teknisi.

4. Channel Gratis

Dulu, parabola mini hanya digunakan untuk layanan Pay TV, tetapi sekarang telah mengadopsi sistem hybrid. Dengan sistem ini, pengguna dapat menonton puluhan channel secara gratis dan mendukung paket premium.

Namun, kamu harus memperhatikan bahwa layanan ini memerlukan receiver rekomendasi yang bebas biaya bulanan. Kamu dapat memilih provider seperti Nex Parabola, K Vision, atau Nusantara HD.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan MNC Play : Wajib Diketahui

Alat Pendukung Mencari Sinyal Parabola

Sebelum mengetahui Cara Mencari Sinyal Parabola Mini, sebagai seorang tracker jalanan, saya hanya memiliki perlengkapan sederhana untuk mencari sinyal parabola.

Meskipun tidak seperti teknisi profesional, namun saya masih dapat dengan mudah melakukan pencarian sinyal satelit.

Berikut beberapa alat sederhana yang saya gunakan untuk membantu mempermudah pencarian sinyal parabola:

  • Smartphone Android yang dilengkapi dengan koneksi internet minimal 4G yang cepat.
  • Aplikasi WhatsApp untuk melakukan panggilan video dengan rekan.
  • Aplikasi SatFinder untuk menentukan arah satelit dengan mudah.
  • Kunci pas nomor 10 dan obeng plus serta solatip berwarna hitam.

Seorang teknisi parabola umumnya memiliki perangkat bernama SatFinder atau EasyCap. Alat tersebut dapat membantu dalam menemukan sinyal dalam waktu singkat.

Namun, tentunya membutuhkan biaya untuk membelinya. Saya hanya menggunakan peralatan yang sederhana namun tetap dapat membantu saya dalam mencari sinyal parabola.

Teknik Pemasangan Parabola

Awalnya, sebagai orang yang awam di dunia televisi satelit, saya memutuskan untuk membeli antena parabola mini karena sudah bosan dengan siaran yang buruk melalui antena UHF.

Bahkan, saya hanya bisa menonton Trans TV dan Indosiar saja.

Meskipun saya bukan tukang atau teknisi, saya belajar untuk melakukan pemasangan sendiri di rumah setelah membeli satu set antena parabola mini.

Tentunya saya dibantu oleh orang lain karena membutuhkan dua orang.

Berikut adalah teknik pemasangan antena parabola mini yang saya ketahui:

  • Pastikan dish ditempatkan pada lokasi yang terbuka dan tidak terhalang oleh tembok, pohon, atau benda penghalang lainnya.
  • Pastikan kondisi cuaca di luar cerah saat melakukan pemasangan, hindari saat mendung atau hujan.
  • Tiang penyangga dish parabola harus tegak lurus ke atas 90 derajat, jika tidak tegak lurus dapat menyebabkan sulitnya mencari sinyal.
  • Pastikan tiang parabola dipasang dengan kuat dan tidak goyang ketika digerakkan.
  • Ketahui arah satelit yang akan dituju, biasanya setiap satelit mengorbit pada derajat yang berbeda-beda. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi Android.
  • Gunakan transponder terkuat saat melakukan tracking agar pencarian sinyal lebih mudah dan cepat.

Tips pemasangan antena parabola mini di atas mudah dipahami bahkan oleh pemula.

Cara Mencari Sinyal Parabola Mini

Metode pencarian sinyal parabola mini ala tracker jalanan masih dapat diandalkan meski hanya dengan peralatan sederhana. Namun, dibutuhkan pengetahuan dasar mengenai satelit.

Baca juga:  Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya : Perlu Kalian Tahu

Untuk pembahasan kali ini, saya berasumsi bahwa para pembaca sudah mampu merakit dan memasang antena parabola dengan benar. Kini, fokus kita adalah pada cara mencari sinyal parabola dengan mudah.

Berikut ini adalah langkah-langkah Cara Mencari Sinyal Parabola Mini secara mudah:

1. Tentukan Satelit

Langkah awal dalam mencari sinyal parabola mini adalah memilih satelit yang akan digunakan. Beberapa satelit dengan frekuensi Ku Band berada di wilayah Indonesia, seperti Asiasat, Thaikom 4, ABS 2A, Measat 3a (K-Vision), Measat 3b (Nusantara HD), Ses9 (Nex Parabola), dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, saya akan mencari sinyal Ninmedia yang ditayangkan melalui satelit Asiasat 9. Carilah transponder Ninmedia dengan sinyal terkuat.

Frekuensi terbaru ninmedia akhirnya saya temukan sebagai berikut :

TransporderFrekuensi
Transporder 112415 V 45000
Transporder 212655 V 45000

Nah, kalau sudah tahu transporder Ninmedia, kamu tinggal memasukan frekuensi tersebut ke dalam pengaturan di Receiver.

2. Konfigurasi Receiver

Pada dasarnya, setiap receiver yang tersedia di pasaran memiliki pengaturan atau konfigurasi yang sama, hanya tampilannya yang berbeda-beda tergantung pada produsen.

Saya biasanya menggunakan Decoder Skybox A1 New untuk mencari sinyal parabola. Selain harganya terjangkau, tampilan Set Top Box-nya sangat mudah dipahami bahkan bagi pemula. Selain itu, kepekaan tunernya juga tergolong baik.

Berikut adalah pengaturan dasar pada receiver Ku Band dari berbagai merek:

  • LNB Frequency = Universal (9750 – 10600)
  • LNB Power = auto atau on (pilih salah satu)
  • Nomor Transponder = sesuai dengan satelit yang dipilih
  • Bar intensitas sinyal = 60% menunjukkan LNB telah terhubung dengan baik.

Berdasarkan pengaturan tersebut, saya menerapkannya pada receiver skybox A1 New seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Pengaturan dasar ini dapat diterapkan pada receiver yang Anda miliki, meskipun tampilan menu decoder parabola berbeda-beda, pengaturan dasar ini seharusnya tidak membuat Anda bingung.

3. Atur Arah Satelit

Menentukan arah satelit adalah salah satu langkah dalam mencari sinyal parabola mini. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel android yang terhubung ke internet dan menggunakan aplikasi khusus bernama Satfinder.

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Satfinder:

  • Pasang aplikasi Satfinder dari Play Store.
  • Aktifkan koneksi internet dan GPS untuk menentukan posisi dengan akurat.
  • Buka Satfinder dan masukkan nama satelit yang dipilih, misalnya Chinasat 11.
  • Letakkan ponsel di lantai dan ketuk gambar peta pada tombol kanan atas.
  • Jika peta sudah terbuka, putar ponsel sampai sensor dan derajat berwarna hijau.
  • Jika sudah, artinya dish parabola menghadap ke arah yang ditunjukkan oleh aplikasi.
  • Untuk memudahkan pencarian sinyal parabola mini, pastikan tiang LNB sejajar dengan posisi yang ditunjukkan pada layar ponsel.
Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Transvision, Kenali Sebelum Berlangganan

Satfinder adalah aplikasi yang sangat berguna dan diperlukan untuk mendeteksi posisi dan sinyal satelit.

4. Gerakan Parabola Mini

Langkah terakhir dalam mencari sinyal parabola mini adalah menggerakkan dish parabola sesuai dengan posisi yang ditampilkan pada SatFinder sebelumnya. Namun, bagaimana cara melakukannya?

Anda dapat meminta bantuan teman dengan membuka aplikasi WhatsApp dan melakukan panggilan video. Pastikan teman Anda berada di depan televisi dan Anda berada di atas atap atau di tempat yang dapat menggerakan dish parabola.

Lakukan panggilan video melalui WhatsApp, Anda dapat menggerakan dish parabola sambil melihat pergerakan sinyal pada layar ponsel.

Sebelumnya, teman Anda yang berada di depan televisi harus mengarahkan kamera belakang ke televisi. Dengan begitu, Anda dapat melihat naik turunnya sinyal dengan mudah.

Pastikan untuk mendapatkan kualitas sinyal yang maksimal, minimal harus di atas 70%. Langkah terakhir adalah dengan mengencangkan baut-baut agar dish parabola kokoh dan tidak bergerak.

Kesimpulan

Dalam Cara Mencari Sinyal Parabola Mini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan bahwa posisi parabola mini sudah sesuai dengan sudut elevasi dan azimuth yang tepat.

Kemudian, periksa kabel coaxial dan konektor untuk memastikan tidak ada kerusakan atau konsleting.

Selain itu, pastikan juga bahwa receiver atau set-top box sudah terhubung dengan benar ke parabola mini dan televisi.

Jangan lupa untuk melakukan scanning atau pencarian sinyal pada receiver untuk mendapatkan saluran televisi yang diinginkan.

Jika masih sulit mendapatkan sinyal yang kuat, coba periksa lagi sudut elevasi dan azimuth pada posisi parabola mini.

Bisa juga mencoba untuk memperpanjang kabel coaxial atau menggunakan amplifier sinyal untuk meningkatkan kekuatan sinyal.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat membantu dalam mencari sinyal parabola mini dengan lebih mudah dan efektif.

Demikian ulasan dari qilat.id mengenai Cara Mencari Sinyal Parabola Mini. Selamat mencoba!

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Mencari Sinyal Parabola Mini Yang Mudah Dilakukan yang dipublish pada February 22, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment