Penempatan tandon air

Penempatan Tandon Air : Efektif Untuk Rumah Minimalis

Qilat.id – Penempatan Tandon Air : Efektif Untuk Rumah Minimalis. Penempatan tandon air merupakan hal yang penting dalam sebuah rumah atau bangunan. Tandon air berfungsi untuk menyimpan air cadangan yang bisa digunakan ketika pasokan air dari PDAM atau sumur mengalami gangguan.

Namun, tidak semua tempat di rumah atau bangunan cocok untuk menempatkan tandon air. Oleh karena itu, penempatan tandon air perlu dipikirkan dengan matang agar bisa berfungsi dengan baik dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan lokasi penempatan tandon air.

Cara Memilih Ukuran Tandon Air Untuk Rumah Tangga Paling Tepat

Untuk menentukan ukuran tandon air yang tepat untuk rumah tangga, bisa menggunakan rumus perhitungan sederhana yaitu penggunaan x banyak pengguna = kapasitas. Kapasitas adalah volume tandon air yang dapat menampung air dalam satuan liter.

Penggunaan adalah jumlah air bersih yang digunakan per hari per orang, sedangkan banyak pengguna adalah jumlah penghuni dalam satu rumah tangga.

Sebagai contoh, untuk rumah mewah dengan 4 penghuni dan kebutuhan air bersih sebesar 250 liter per orang per hari, maka kapasitas tandon air yang diperlukan adalah 250 liter x 4 orang = 1.000 liter/hari. Dengan demikian, ukuran tandon air yang sesuai untuk rumah tangga tersebut minimal adalah 1.000 liter.

Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan air bersih setiap orang bisa berbeda-beda dan angka dalam contoh perhitungan di atas hanya gambaran kasar. Oleh karena itu, rumus di atas bisa digunakan sebagai panduan untuk memilih ukuran tandon air yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.

Ukuran Tandon Air MPOIN

TangkiDiameter (cm)Tinggi (cm)
300L WAVE59104
600L TALL57119
400L WAVE70117
600L WAVE84120
600L TALL66171
800L WAVE85192
900L TALL80185
1.200L TALL91192
1.200L WAVE107157
1.200L DRAIN107196
1.200L STACK110155
1.200L U-GROUND101188
1.300L RING110160
1.600L WAVE117180
2.400L WAVE144185
3.600L WAVE143247
5.000L WAVE190207
6.000L WAVE170285
8.000L WAVE190305
11.000L WAVE190393
Baca juga:  Cara Membuat dan Ukuran Tangga Minimalis Untuk Rumah Kecil

Penempatan Tandon Air Paling Efektif Rumah Minimalis

Untuk penempatan tandon air pada rumah minimalis, sebaiknya ditempatkan pada area yang mudah diakses namun tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa tempat yang bisa dipertimbangkan antara lain:

1. Tandon Air di Atas Dak Beton

Baik, penempatan tandon air di atas dak beton bisa menjadi pilihan yang tepat untuk rumah minimalis. Namun, perlu diingat bahwa struktur dak harus dipastikan kuat dan mampu menopang berat tandon air yang akan ditempatkan di atasnya.

Semakin besar dan tinggi posisi tandon air, semakin besar pula beban yang akan ditopang oleh struktur dak. Oleh karena itu, pastikan tandon air yang akan ditempatkan tidak terlalu berat, sehingga aman untuk diletakkan di atas dak.

Untuk tandon air dengan berat antara 56 kg sampai 76 kg, masih termasuk dalam batas aman untuk ditempatkan di atas dak. Namun, tetap perlu memperhatikan hal-hal tersebut agar penempatan tandon air di atas dak beton dapat dilakukan dengan aman dan efektif.

Baik, penempatan tandon air di atas dak beton bisa menjadi pilihan yang tepat untuk rumah minimalis. Namun, perlu diingat bahwa struktur dak harus dipastikan kuat dan mampu menopang berat tandon air yang akan ditempatkan di atasnya.

Semakin besar dan tinggi posisi tandon air, semakin besar pula beban yang akan ditopang oleh struktur dak. Oleh karena itu, pastikan tandon air yang akan ditempatkan tidak terlalu berat, sehingga aman untuk diletakkan di atas dak.

Untuk tandon air dengan berat antara 56 kg sampai 76 kg, masih termasuk dalam batas aman untuk ditempatkan di atas dak. Namun, tetap perlu memperhatikan hal-hal tersebut agar penempatan tandon air di atas dak beton dapat dilakukan dengan aman dan efektif.

2. Tandon Air Atas Kamar Mandi

Benar, untuk rumah minimalis yang memiliki kamar mandi di belakang, penempatan tandon air di atas kamar mandi tersebut dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mengatasi keterbatasan lahan.

Baca juga:  4 Cara Menghitung Kebutuhan Pasir : Bahan Bangunan

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, tandon air biasanya diletakkan di atas bangunan untuk menciptakan tekanan air yang baik dan lancar sehingga mengalir lebih cepat.

Namun, penting untuk memilih ukuran tandon air yang sesuai dengan kebutuhan di rumah dan tidak terlalu besar agar beban pondasi tidak terlalu berat. Sebagai contoh, tandon air berukuran 500 liter dapat menjadi pilihan yang aman.

Pastikan juga lebar pondasi dari tandon air minimal 30 cm dari lebar tangki agar tandon air tidak tergeser dan jatuh pada benda lain. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, penempatan tandon air di atas kamar mandi dapat dilakukan dengan aman dan efektif.

3. Tandon Air di Dalam Rumah

Penempatan tandon air di dalam rumah dapat menjadi pilihan yang tepat jika masih ada sisa lahan di rumah. Tandon air biasanya diletakkan di halaman belakang atau sudut rumah dengan kondisi outdoor.

Namun, jika ingin menempatkan tandon air di dalam rumah, perlu memperhatikan ketinggiannya setidaknya 4 meter agar dapat menciptakan tekanan air yang baik dan lancar saat digunakan.

Selain itu, pastikan ruang yang digunakan untuk menempatkan tandon air memiliki sirkulasi udara yang baik agar tidak menyebabkan kelembapan yang berlebihan di dalam rumah. Selalu perhatikan pula kondisi tandon air dan lakukan perawatan secara teratur agar dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, penempatan tandon air di dalam rumah dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi keterbatasan lahan dan memastikan pasokan air bersih yang cukup di rumah.

4. Tandon Air Tanam

Salah satu solusi penempatan tandon air di rumah minimalis adalah dengan menggunakan tandon air tanam. Tandon air tanam merupakan salah satu jenis tandon air dengan pemasangan yang praktis dan efektif.

Dengan memilih tandon air tanam, keberadaan tandon air dapat disamarkan dan tidak mengganggu penampilan rumah. Selain itu, tandon air tanam juga dapat membantu menghemat lahan dan memberikan nilai estetika yang lebih baik pada taman atau halaman rumah.

Namun, perlu diingat bahwa penempatan tandon air tanam juga perlu memperhatikan ketinggiannya agar dapat menciptakan tekanan air yang baik dan lancar saat digunakan. Selalu pastikan pula kondisi tandon air dan lakukan perawatan secara teratur agar dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Baca juga:  Cara Menghitung Kemiringan Tangga Untuk Keselamatan

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, penempatan tandon air tanam dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi keterbatasan lahan dan memastikan pasokan air bersih yang cukup di rumah.

5. Tandon Air Menara

Tandon menara merupakan alternatif penempatan tandon air di rumah minimalis. Menurut sumber dari Indosteger, tandon air menara dapat menjadi pilihan yang cukup aman dengan menggunakan scaffolding yang kokoh.

Ukuran menara tandon air juga dapat disesuaikan dengan luas lahan dan ukuran tandon air yang digunakan. Penempatan tandon menara dapat dilakukan di halaman belakang, samping, atau sudut lahan yang masih tersisa di rumah.

Namun, perlu diingat bahwa pemasangan tandon menara juga perlu memperhatikan faktor keamanan dan kestabilan scaffolding yang digunakan agar dapat menopang berat tandon air dengan baik. Selalu pastikan pula kondisi tandon air dan lakukan perawatan secara teratur agar dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, penempatan tandon menara dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mengatasi keterbatasan lahan dan memastikan pasokan air bersih yang cukup di rumah.

Dimana Filter Air Sebaiknya Diletakkan?

Filter air diperlukan ketika menggunakan tandon air untuk menampung air hujan, air sumur yang kotor, atau air PDAM yang sering mengandung lumpur, keruh, dan berbau.

Jika tandon air digunakan untuk menampung air hujan, maka filter air sebaiknya diletakkan pada outlet setelah pompa dorong.

Namun, jika tandon air digunakan untuk menampung air sumur yang kotor, filter air sebaiknya ditempatkan sebelum pompa dorong dan sebelum inlet bulkhead ke tandon air.

Penutup

Dalam artikel ini, qilat.id menyimpulkan bahwa penempatan tandon air merupakan hal yang sangat penting dalam membangun sebuah rumah atau bangunan. Penempatan yang tepat akan memudahkan penggunaan dan pemeliharaan tandon air, serta memastikan kebutuhan air di rumah atau bangunan terpenuhi dengan baik.

Dalam memilih tandon air, pastikan untuk memperhatikan kapasitas dan kebutuhan air yang diperlukan, serta memilih produk yang berkualitas dan terjamin keamanannya.

Sebagai pemilik rumah atau bangunan, sebaiknya kita memahami pentingnya penempatan tandon air dan melakukan pemilihan dan pemasangan dengan tepat. Dengan demikian, kita dapat merasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang lama dan memberikan kenyamanan dalam kebutuhan air sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Penempatan Tandon Air : Efektif Untuk Rumah Minimalis yang dipublish pada April 17, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment