Cara Menghitung Kebutuhan Pasir

4 Cara Menghitung Kebutuhan Pasir : Bahan Bangunan

Qilat.id – 4 Cara Menghitung Kebutuhan Pasir : Bahan Bangunan, salah satu material bahan bangunan paling banyak digunakan pada saat proses pembangunan sebuah rumah atau gedung yaitu pasir. Material tersebut digunakan hampir di seluruh struktur bangunan mulai dari pondasi, beton dan tulang, dinding hingga lantai.

Biasanya pasir dimanfaatkan sebagai bahan adonan yang dicampur dengan semen untuk menyatukan komponen serta bahan bangunan lainnya.

Meskipun sama-sama digunakan sebagai campuran adonan, namun penggunaan semen dan pasir memiliki perhitungan cukup berbeda, terutama pada pekerjaan lantai.

Maka dari itu, kontraktor ataupun pemborong harus mengetahui bagaimana langkah-langkah perhitungan kebutuhan pasir pada pekerjaan lantai.

Hal tersebut bertujuan agar kontraktor dapat memperkirakan berapa besar biaya pengeluaran dalam pekerjaan lantai sebuah bangunan.

Menghitung kebutuhan pasir mungkin terdengar sepele, namun sebenarnya hal ini sangat penting dilakukan agar proyek konstruksi yang sedang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar dan efisien.

Nah, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung kebutuhan pasir untuk kebutuhan lantai, entah itu pada pemasangan plester keramik ataupun cor beton. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak baik-baik pembahasan perhitungannya di bawah ini.

Kegunaan Pasir Untuk Lantai

Seperti dijelaskan di atas, penggunaan pasir untuk lantai biasanya dibutuhkan pada saat pekerjaan pemasangan plesteran keramik ataupun beton cor. Oleh karena itu, agar konstruksi lantai kokoh dan tahan lama, diperlukan adanya perhitungan matang sejak awal.

Selain itu, dengan mengetahui total kebutuhan pasir untuk lantai, kalian bisa memperkirakan total anggaran biaya yang perlu di persiapkan.

Baca juga:  Atasi Pipa Paralon Tersumbat : Ramah Lingkungan

Sehingga saat proses pembangunan sedang berlangsung kalian tidak akan mengalami kekurangan ataupun kelebihan dana.

Cara Menghitung Kebutuhan Pasir Paling Mudah

Cara menghitung kebutuhan pasir memang tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena sudah ada standar nasionalnya. Patokan sistem perhitungan sudah disesuaikan jenis bangunan maupun komponen material pendukung lainnya.

1. Cara Menghitung Kebutuhan Pasir untuk Cor

Perhitungan kebutuhan pasir untuk cor dilakukan berdasarkan volume beton yang dikerjakan. Sesuai dengan SNI satu kubik beton memiliki mutu dimana jumlah pasir akan menyesuaikan, lebih jelasnya simak pada tabel berikut ini.

Mutu BetonKoefisien Pasir
7.4MPa (K100)869
9.8MPa (K125)828
12.2MPa (K150)799
14.5MPa (K175)760
16.9MPa (K200)731
19.3MPa (K225)698
21.7MPa (K250)692
24.0MPa (K275)684
26.4MPa (K300)681
28.8MPa (K325)670
31.2MPa (K350)667

Misalnya anda akan melakukan pengecoran dengan mutu beton K125 (9,8 Mpa) maka dipastikan koefisien pasir yang akan dihabiskan adalah sebesar 828. Jadi untuk menghitung kebutuhan pasir tinggal mengkalikan jumlah pasir dan panjang bangunan.

Cara Menghitung Kebutuhan Pasir

RumusVolume Beton x Koefisien pasir
Kebutuhan Pasir30 x 828 = 24.840kg
Konversi ke kubik24.840 : 1400 = 17.74m3

Dari cara mengitung diatas anda dapat langsung memperoleh hasil per kilogram ataupun kubiknya. Berat jenis dari pasir adalah sebesar 1400 kg/m3 jadi tinggal dibagi saja maka akan ditemukan kebutuhan pasir per kubik.

2. Cara Menghitung Kebutuhan Pasir untuk Plesteran

Cara menghitung kebutuhan pasir untuk plesteran dinding berdasarkan pada luas area berukuran meter persegi. Anda wajib terlebih dahulu melakukan perhitungan panjang dikalikan lebar sehingga ditemukan luas keseluruhan.

Cara Menghitung Kebutuhan Pasir

Misalnya luas dinding 100.1 m2 maka anda dapat mengikuti satuan SNI dimana untuk memasang 1m2 plesteran dengan tebal 20mm dibutuhkan material pasir sebanyak 0,036 m3. Maka untuk menghitung kebutuhan pasir dapat dilakukan sebagai berikut.

Baca juga:  Harga Pasang Kusen Aluminium Per Meter : Update Terbaru
Luas plesteran100.1 m2
Kebutuhan Pasir0.036 m3 x 100.1 m2 = 3.6036 m3.

3. Cara Hitung Kebutuhan Pasir untuk Lantai

Sedangkan untuk pemasangan lantai anda perlu melakukan perhitungan luas berdasarkan dengan material yang digunakan. Ukur luas total material seperti keramik, tegel, granit maupun jenis lantai lainnya untuk mengetahui kebutuhan pasir.

Cara Menghitung Kebutuhan Pasir

Misalnya anda memiliki lantai dengan ukuran 4 x 3 meter ditambah akan memasang keramik 30 x 30 cm maka semua luasnya wajib dihitung. Anda bisa menggunakan standar perhitungan lantai 1m² membutuhkan pasir 0,045m³.

Luas lantai4m x 3m = 12m²
Luas Keramik0.3m x 0.3m = 0.09 m²
Kebutuhan pasir12 x 0.045m³ = 0.54m³

4. Cara Hitung Kebutuhan Pasir untuk Pondasi

Untuk melakukan perhitungan pasir untuk kebutuhan pondasi anda perlu mengetahui panjang totalnya. Ketahui juga lebar atas, lebar bawah maupun tinggi sebuah pondasi sehingga anda dapat memperkirakan berapa banyak pasir yang akan dihabiskan.

Cara Menghitung Kebutuhan Pasir

Misalnya lebar bawah pondasi adalah 60 cm dan bagian atasnya 30 cm. Tingginya 70cm ditambah dengan panjang total pondasinya 35 m1 maka untuk cara menghitung kebutuhan pasir dapat anda lakukan sebagai berikut.

Volume pondasi0.6×0.05 = 0.09
Kebutuhan pasir0.09 x35 = 3.15 m3

Perhitungan Kebutuhan Pasir

Untuk mengetahui kebutuhan pasir, sebelumnya cari tahu terlebih dahulu luas total ukuran lantai yang akan dipasangi keramik. Sebagai contoh kalian akan memasang keramik pada ruang tamu seluas 12 meter persegi (m2), maka perhitungannya yaitu sebagai berikut.

Diketahui :

– Luas lantai : 12 m2

– Koefisien pasir 1 m2 : 0.045 m3/m2

Jadi, untuk lantai kerja seluas 12 meter persegi membutuhkan pasir pasang sekitar 0.54 meter kubik. Semakin luas volume lantai, maka akan semakin banyak pula kebutuhan material pasirnya.

Perhitungan Biaya Pembelian Pasir

Setelah mengetahui total kebutuhan pasir untuk lantai, selanjutnya kalian sudah bisa menghitung kisaran biaya pembelian materialnya. Sebagai contoh HARGA PASIR per 1 m3 saat ini yaitu sekitar Rp 250.000, maka biaya pembelian pasir untuk konstruksi lantai seluas 12 meter persegi yaitu sekitar Rp 135.000 (0.54 m3 x Rp 250.000).

Baca juga:  Wastafel Cuci Piring Minimalis : Dapur Modern

Namun kisaran harga tersebut dapat berbeda untuk masing-masing daerah, bisa lebih mahal atau bahkan lebih murah. Maka dari itu, saran kami sebaiknya lakukan survei ke beberapa toko material atau bangunan untuk mendapatkan harga pasir kompetitif.

 

Tips Memilih Pasir Untuk Kebutuhan Lantai

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung kebutuhan pasir untuk lantai beserta total biaya pembelian materialnya. Nah, agar kalian mendapatkan material pasir berkualitas, sebaiknya ikuti beberapa tips memilihnya berikut ini.

  • Pastikan pasir tidak mengandung kotoran seperti daun kering, ranting lapuk atau lumut.
  • Pilihlah pasir dengan karakteristik keras dan tajam.
  • Pasir tidak mengandung lumpur lebih dari 5%.
  • Pasir harus terbebas dari kotoran organik.

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan dengan jelas cara menghitung kebutuhan pasir untuk proyek konstruksi Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah diuraikan, Anda dapat memperkirakan jumlah pasir yang diperlukan untuk proyek Anda secara akurat.

Dalam melakukan perhitungan, pastikan untuk memperhitungkan faktor-faktor seperti luas area yang akan dicor, ketebalan lantai atau dinding, dan jenis campuran pasir yang akan digunakan. Dengan memperhatikan semua faktor tersebut, Anda dapat menghindari kesalahan perhitungan dan menghemat biaya.

Selain itu, pastikan juga untuk memilih pasir yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Pasir yang baik akan memastikan hasil akhir yang tahan lama dan kuat.

Dalam proses konstruksi, keakuratan perhitungan sangat penting untuk memastikan proyek berjalan dengan lancar dan efisien.

Dengan mengikuti panduan yang telah dijelaskan, diharapkan Anda dapat menghitung kebutuhan pasir dengan mudah dan efektif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menyelesaikan proyek konstruksi Anda.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 4 Cara Menghitung Kebutuhan Pasir : Bahan Bangunan yang dipublish pada June 10, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment