Ukuran Pipa Paralon

Ukuran Pipa Paralon : Lengkap

Qilat.id – Ukuran Pipa Paralon : Lengkap. Pipa paralon adalah salah satu jenis pipa yang sering digunakan dalam instalasi air dan gas di rumah atau bangunan komersial. Saat memilih pipa paralon, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah ukuran pipa yang akan digunakan. Ukuran pipa paralon memainkan peran penting dalam menentukan jumlah air atau gas yang dapat mengalir melaluinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang ukuran pipa paralon dan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih ukuran yang tepat untuk kebutuhan instalasi Anda.

Apa Itu Pipa PVC?

Pipa Paralon adalah salah satu jenis pipa plastik yang banyak digunakan dalam proyek konstruksi. Jenis pipa ini tahan air, tahan karat, dan tahan korosi, menjadikannya pilihan yang baik untuk aplikasi perpipaan dalam dan luar bangunan. Namun, untuk memilih ukuran pipa paralon yang tepat, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Dalam panduan ini, kami akan membahas berbagai ukuran pipa paralon yang tersedia dan kegunaannya dalam konstruksi.

Fungsi Pipa PVC

  • Pipa paralon memiliki ukuran dan standarisasi yang beragam, sehingga memiliki berbagai fungsi yang variatif. Berikut adalah beberapa kreasi pipa paralon berdasarkan fungsinya yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari:
  • Sebagai pelindung kabel listrik, biasanya menggunakan pipa paralon kelas C 5/8.
  • Sebagai saluran pemasok air untuk kebutuhan rumah tangga, biasanya menggunakan pipa paralon kelas AW ½ atau ¾.
  • Sebagai saluran pembuangan air, menggunakan pipa paralon kelas D 2 ½, 3, dan 4.
  • Sebagai pipa air bertekanan rendah, menggunakan pipa paralon kelas C 3 atau 4.
Baca juga:  Hot Rolled Coil (HRC) Dalam Industri Konstruksi : Info Terlengkap

Dengan berbagai fungsi tersebut, pipa paralon menjadi salah satu jenis pipa yang sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga maupun industri.

Ukuran pipa PVC

Ukuran pipa PVC disesuaikan dengan jenisnya. Setelah mengetahui jenisnya, baru kita bisa mengetahui ukuran pipa PVC yang sebaiknya digunakan.

Berikut adalah ukuran diameter pipa PVC berdasarkan jenisnya:

JenisUkuran
AWDC
--C ⅝”17 mm
AW ½”-C ½”22 mm
AW ¾”-C ¾”26 mm
AW 1”C 1”32 mm
AW 1 ¼”D 1 ¼”C 1 ¼”42 mm
AW 1 ½”D 1 ½”C 1 ½”48 mm
AW 2”D 2”C 2”60 mm
AW 2 ½”D 2 ½”C 2 ½”76 mm
AW 3”D 3”C 3”89 mm
AW 4”D 4”C 4”114 mm
AW 5”D 5”C 5”140 mm
AW 6”D 6”-165 mm
AW 8”D 8”-216 mm
AW 10”D 10”-267 mm

Standarisasi Pipa PVC

Pipa PVC memiliki berbagai jenis standar yang berlaku di berbagai wilayah karena penggunaannya yang sangat luas. Standarisasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa pipa PVC yang dijual di suatu daerah memenuhi standar sesuai dengan konteks penggunaannya.

Berikut ini adalah beberapa jenis standarisasi pipa PVC yang perlu diketahui:

  1. Standar Nasional Indonesia (SNI)
    Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan standarisasi dalam bidang industri yang dibentuk oleh panitia teknis yang ditentukan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Standarisasi ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia.
  2. Japanese Industrial Standard (JIS)
    Standarisasi pipa JIS mengatur standar dalam industri Jepang. Standarisasi ini dikeluarkan oleh Japanese Standard Association (JSA) dan bertujuan untuk menjaga standar dan hasil dari industri Jepang.
  3. British Standard (BS)
    British Standard (BS) merupakan salah satu standarisasi tertua yang meliputi beberapa aspek seperti rekayasa, kualitas, keselamatan, dan keamanan. Standarisasi ini berlaku di Inggris dan wilayah persemakmuran yang berada di bawah kerajaan Inggris.
  4. American Society for Testing and Material (ASTM)
    Standar American Society for Testing and Material (ASTM) adalah standarisasi tertua di dunia yang dibentuk pada tahun 1898 ketika pembangunan sistem kereta api di Amerika sedang berkembang pesat. Jenis standarisasi ini paling banyak digunakan di negara maju dan berkembang selain Amerika Serikat sendiri.
Baca juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Scaffolding : Mudah dan Akurat

Tips Menentukan Ukuran Pipa PVC

Pipa PVC merupakan salah satu jenis pipa yang sering digunakan dalam berbagai kebutuhan rumah tangga, seperti saluran air bersih, irigasi, dan pembuangan. Pipa PVC Alderon menjadi salah satu pilihan yang berkualitas dan memiliki berbagai tipe dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tips dalam menentukan ukuran pipa PVC yang tepat:

  • Ketahui jenis kebutuhan Anda, seperti pipa saluran air bersih, saluran pembuangan, atau saluran air kotor khusus. Setiap jenis kebutuhan membutuhkan jenis dan ukuran pipa PVC yang berbeda.
  • Tentukan jenis pipa PVC yang akan digunakan, yaitu kelas AW atau kelas D. Pipa kelas AW memiliki ketebalan lebih dibandingkan dengan jenis pipa D, sehingga cocok untuk saluran air bersih yang dapat menahan tekanan tinggi. Sedangkan pipa kelas D cocok untuk saluran pembuangan dan limbah dengan ketebalan yang lebih tipis.
  • Setelah menentukan jenis pipa yang akan digunakan, selanjutnya tentukan ukurannya. Panjang, ketebalan, dan diameter pipa PVC berbeda-beda, dan biasanya tersedia dalam panjang pipa 4 meter per batang, ketebalan 1.3 mm hingga 4.1 mm, dan diameter ½ inchi hingga 10 inchi.
  • Pilih bentuk pipa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pipa PVC Alderon tersedia dalam 5 jenis fitting yang digunakan untuk menyambung 2 pipa atau lebih, antara lain elbow, tee, socket, reducer, dan faucet elbow, dengan ukuran yang beragam mulai dari ½ inchi hingga 1 inchi.

Dengan mengetahui jenis kebutuhan dan memilih pipa PVC Alderon yang tepat, Anda dapat memastikan kelancaran distribusi air dalam rumah tangga.

Penutup

Pipa paralon merupakan salah satu jenis pipa yang sering digunakan dalam berbagai proyek konstruksi. Untuk memilih pipa paralon yang tepat, penting untuk memahami berbagai ukuran dan spesifikasi yang ada.

Baca juga:  Besi Hollow Untuk Pagar : Design Minimalis

Dalam artikel ini, telah dijelaskan berbagai hal terkait ukuran pipa paralon, mulai dari standar ukuran seperti NPS dan DN, hingga spesifikasi seperti SCH, ID, OD, dan Wall thickness. Dengan memahami hal-hal tersebut, diharapkan pembaca dapat memilih pipa paralon dengan tepat sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi yang sedang dijalankan.

Namun, perlu diingat bahwa dalam memilih pipa paralon tidak hanya sekedar memperhatikan ukuran dan spesifikasi saja. Hal-hal lain seperti bahan pipa, kekuatan dan daya tahan pipa, serta kemampuan pipa dalam menahan tekanan dan suhu juga perlu diperhatikan dengan baik.

Dengan memperhatikan semua hal tersebut, diharapkan pembaca qilat.id dapat memilih pipa paralon yang tepat untuk memastikan kesuksesan dalam proyek konstruksi yang sedang dijalankan.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ukuran Pipa Paralon : Lengkap yang dipublish pada May 25, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment