Harga Borongan Pasang Paving Per Meter

Informasi Harga Borongan Pasang Paving Per Meter Terbaru

Qilat.idInformasi Harga Borongan Pasang Paving Per Meter Terbaru. Penggunaan paving pada sebuah area dapat memberikan nilai tambah yang signifikan pada tampilan keseluruhan properti. Namun, sebelum memutuskan untuk memasang paving, hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah biaya yang diperlukan. Salah satu biaya yang perlu diperhitungkan adalah harga borongan pasang paving per meter.

Harga borongan pasang paving per meter dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis paving yang digunakan, ukuran area yang akan dipasang paving, serta kesulitan dan waktu yang dibutuhkan untuk memasangnya. Oleh karena itu, sebelum memulai proyek pemasangan paving, penting untuk melakukan perhitungan yang matang agar biaya yang dikeluarkan dapat sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Pada umumnya, harga borongan pasang paving per meter dapat berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, meskipun biaya pemasangan paving dapat terbilang cukup tinggi, namun investasi ini dapat memberikan nilai tambah pada properti Anda dalam jangka panjang.

Sebelum memutuskan untuk memasang paving, pastikan untuk melakukan riset dan memilih tukang paving yang terpercaya serta memiliki pengalaman yang cukup.

Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa proyek pemasangan paving dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan.

memahami beberapa jenis paving yang umum digunakan oleh masyarakat. Di Indonesia, terdapat setidaknya 6 jenis paving yang biasa digunakan dengan bentuk, corak, tekstur, dan warna yang bervariasi. Berikut adalah beberapa jenis paving yang umum beredar di pasaran Indonesia:

Jenis – Jenis Paving

1. Paving Uskup

harga borongan paving per meter
Paving Uskup memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran panjang dan lebar yang sama. Paving ini biasanya digunakan untuk jalur pejalan kaki atau jalan setapak.

2. Paving Trihex

harga borongan paving per meter

Paving Trihex memiliki bentuk segi enam dengan tiga sisi yang sama panjang. Paving ini cocok digunakan untuk jalan setapak, jalur pejalan kaki, dan parkiran.

Baca juga:  Informasi Harga Borongan Pasang Pintu Kamar Mandi Terbaru 

3. Paving Bata

harga borongan paving per meter

Paving Bata memiliki bentuk persegi panjang dengan tekstur yang menyerupai bata. Paving ini cocok digunakan untuk area halaman dan jalur pejalan kaki.

4. Paving Segi Enam (Hexagon)

harga borongan paving per meter
Paving Segi Enam memiliki bentuk segi enam dengan sisi yang sama panjang. Paving ini cocok digunakan untuk area taman, jalur pejalan kaki, dan halaman.

5. Paving Cacing

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter
Paving Cacing memiliki bentuk yang menyerupai cacing dengan corak yang berbeda-beda. Paving ini cocok digunakan untuk area taman dan halaman.

6. Paving Rumput

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter
Paving Rumput memiliki bentuk persegi panjang dengan permukaan yang dilapisi rumput sintetis. Paving ini cocok digunakan untuk area taman dan halaman.

Dengan memahami jenis-jenis paving yang tersedia di pasaran, Anda dapat memilih paving yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Jenis jasa Borongan Pada Paving Block

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang termasuk dalam harga borongan pasang paving block beserta penjelasannya:

1. Jasa Cut-Fill Tanah (opsional)

Jasa ini bersifat opsional karena tidak semua pengguna membutuhkan jasa pengerukan tanah, perataan ekstrim, dan pengisian tanah secara luas. Biasanya jasa ini diperlukan untuk lahan yang baru, tetapi jarang digunakan.

2. Line Kliring (opsional)

Line kliring adalah pembersihan lahan yang juga termasuk pembabatan rumput atau pohon yang tidak rapih saat pembersihan. Jasa ini juga opsional seperti 2 jenis jasa di atas.

3. Pekerjaan Levelling Tanah

Levelling tanah terdiri dari 2 macam, yaitu minor dan ekstrim. Secara umum, jasa levelling minor yang sering digunakan pada pemasangan paving block. Adapun levelling secara ekstrim harus berdasarkan survey terlebih dahulu oleh tim kami mengingat setiap lokasi ada beberapa kriteria kesulitan.

4. Penggelaran Abu Batu

Penggelaran abu batu sebagai landasan pasang paving block menggunakan ketebalan 3-5 cm. Pekerjaan ini juga sebagai dasar tingkat keakurasian permukaan pemasangan paving block.

5. Pemasangan Paving Block

Jasa pemasangan paving block dapat menggunakan desain beragam sesuai dengan selera konsumen. Konsumen dapat mengajukan gambar/desain jika ingin menggunakan desain yang unik dan modern. Kami juga melayani pekerjaan dengan tingkat desain yang rumit jika diperlukan.

6. Finishing Pemadatan Setelah Pasang Paving Block

Pemadatan untuk hasil maksimal menggunakan Stamper Kodok jika untuk luas lahan sedang, jika lahan lebih luas, kami biasa menggunakan baby roller/Wales untuk mempercepat pekerjaan dan hasil yang maksimal.

Baca juga:  √ Biaya Bangun Kontrakan 3×5 Meter : UPDATE Terbaru

7. Produk Paving Block

Ada beberapa mutu paving block yang kami kerjakan, yaitu: Paving Block K 225 dengan tingkat kekerasan/kuat tekan 225 kg/cm2, Paving Block K 250 dengan tingkat kuat tekan 250 kg/cm2, dan paving block K 300 dengan tingkat kuat tekan 300 kg/cm2.

Rumus Menghitung Kebutuhan Paving

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk mengetahui kebutuhan total paving yang diperlukan, perlu dilakukan perhitungan menggunakan rumus tertentu. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung kebutuhan paving block:

Total kebutuhan paving : Luas area pemasangan x Kebutuhan paving blok per m2

Luas area pemasangan : Panjang x Lebar

Sebagai contoh, jika Anda ingin memasang paving block di halaman rumah dengan ukuran 5 m x 6 m, maka perhitungannya akan seperti ini:

Luas halaman : 5 m x 6 m = 30 m2
Perhitungan jumlah kebutuhan paving untuk halaman seluas 30 m2 berdasarkan jenis-jenisnya :

  • Paving Bata Persegi Panjang : 30 m2 x 44 bh/m2 = 1320 bh.
  • Paving Segi Enam : 30 m2 x 25 bh/m2 = 750 bh.
  • Paving Cacing : 30 m2 x 39 bh/m2 = 1170 bh.
  • Paving Trihex : 30 m2 x 39 bh/m2 = 1170 bh.
  • Paving Ubin Kecil : 30 m2 x 88 bh/m2 = 2640 bh.
  • Paving Ubin Besar : 30 m2 x 22 bh/m2 = 660 bh.

Dengan menggunakan rumus tersebut, Anda dapat memperkirakan jumlah paving block yang diperlukan untuk memasang paving pada area tertentu. Selain itu, pastikan untuk mempertimbangkan juga jenis paving yang ingin digunakan dan faktor-faktor lain seperti harga borongan pasang paving per meter agar dapat menghitung biaya secara tepat.

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter

Setelah mengetahui cara menghitung kebutuhan paving block, langkah selanjutnya adalah mengetahui harga borongan per meter untuk pemasangan paving. Sistem borongan dapat menjadi pilihan yang tepat karena harganya lebih terjangkau dibandingkan sistem harian.

Harga borongan pasang paving per meter bervariasi di setiap wilayah. Harga tersebut tergantung pada tingkat kesulitan pemasangan, dan berkisar antara Rp135.000 hingga Rp165.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya tenaga kerja dan finishing, dari awal hingga selesai pemasangan.

Namun, jika harga borongan pasang paving per meter tanpa material, harganya hanya sekitar Rp22.000 per meter persegi. Meskipun terlihat murah, namun Anda harus menyiapkan materialnya sendiri, seperti pasir sebagai alas dasar pemasangan paving block.

Kami menyarankan untuk memilih material berkualitas meskipun harganya sedikit lebih mahal. Hal ini bertujuan agar pemasangan paving block pada halaman rumah Anda dapat bertahan lama meskipun menghadapi cuaca ekstrim.

Baca juga:  Membuat Tenda Pipa Pvc : Praktis Ekonomis

Tips Memilih Paving Block

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga borongan pasang paving per meter dapat bervariasi di beberapa daerah seperti Malang, Semarang, Surabaya, dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih paving agar mendapatkan material berkualitas:

1. Pilihlah paving dengan bentuk presisi.

Paving dengan bentuk yang presisi akan memberikan hasil yang rapi dan teratur saat dipasang. Pastikan setiap paving memiliki ukuran dan bentuk yang sama untuk menciptakan hasil yang estetis dan rapi.

2. Paving memiliki tekstur kasar

Pilihlah paving yang memiliki tekstur kasar untuk mencegah slip atau selip ketika basah. Paving yang kasar juga dapat membantu mencegah terjadinya goresan pada permukaan paving.

3. Memiliki keseragaman dalam ukuran

Pastikan paving yang dipilih memiliki keseragaman dalam ukuran. Hal ini dapat membantu memudahkan proses pemasangan dan memberikan hasil yang rapi.

4. Mempunyai daya tahan tinggi dan kokoh

Pilihlah paving yang memiliki daya tahan tinggi dan kokoh untuk menghindari kerusakan dan deformasi pada permukaan paving. Paving yang kokoh juga dapat memberikan perlindungan lebih baik terhadap tekanan dan beban.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat memilih paving yang berkualitas untuk dipasang pada area yang diinginkan. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan harga borongan pasang paving per meter serta memilih penyedia jasa yang terpercaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga : Informasi Harga Borongan Pasang Pintu Kamar Mandi Terbaru 

Penutup

Dalam artikel ini, telah dibahas tentang harga borongan pasang paving per meter yang dapat menjadi panduan bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai biaya pemasangan paving. Namun, perlu diingat bahwa harga yang tertera dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, jenis paving yang digunakan, serta kompleksitas proyek.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pengecekan harga yang akurat dengan menghubungi penyedia jasa pemasangan paving terpercaya dan berkualitas. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh harga yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam merencanakan proyek pemasangan paving di rumah atau tempat usaha Anda.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Informasi Harga Borongan Pasang Paving Per Meter Terbaru yang dipublish pada March 24, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment