Cara Membuat dan Ukuran Tangga Minimalis Rumah Kecil

Cara Membuat dan Ukuran Tangga Minimalis Untuk Rumah Kecil

Qilat.id – Cara Membuat dan Ukuran Tangga Minimalis Untuk Rumah Kecil.  Tangga merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah rumah. Selain berfungsi sebagai akses menuju lantai atas, tangga juga dapat menjadi unsur dekoratif yang mempercantik tampilan rumah. Bagi pemilik rumah dengan ukuran kecil, membuat tangga minimalis dapat menjadi solusi yang tepat untuk menghemat ruang. Berikut adalah cara membuat dan ukuran tangga minimalis yang cocok untuk rumah kecil.

Pembagian Ukuran Tangga Rumah

Ukuran tangga terdiri dari empat bagian utama, yaitu:

  • Lebar tangga
  • Tinggi anak tangga (optrade)
  • Lebar anak tangga (aantrade)
  • Area berdiam di tangga (bordes)

Setiap bagian tangga memiliki ukuran dan cara perhitungan yang berbeda.

Bagaimana Cara Membuat dan Ukuran Tangga Minimalis untuk Rumah Kecil?

1. Menentukan Lebar & Luas Tangga

Bagian pertama yang perlu diperhatikan dalam menentukan ukuran tangga adalah lebar tangga. Hal ini harus dipertimbangkan dengan memperkirakan jumlah orang yang akan melalui tangga secara bersamaan dan kenyamanan penghuni rumah. Selain itu, perlu dipikirkan pula ukuran perabot yang akan dibawa ke lantai atas.

Tidak perlu bingung, berikut ini adalah rincian ukuran ideal lebar tangga rumah sebagai referensi:

Untuk tangga ukuran kecil dan minimalis yang hanya dilalui satu orang, sebaiknya dibuat dengan lebar tangga minimal 80 cm. Jika tangga akan dilalui dua orang sekaligus atau berselisih, maka dibutuhkan lebar tangga minimal 120 cm. Sedangkan untuk tangga besar yang dapat dilalui banyak orang, sebaiknya dibuat dengan lebar tangga minimal 180 cm.

2. Menentukan Ukuran Anak Tangga

Untuk membuat tangga rumah yang nyaman, perlu diukur tinggi dan lebar setiap anak tangganya. Berikut adalah cara mengukur kedua ukuran tersebut:

Cara Menentukan Tinggi Anak Tangga

Tinggi anak tangga atau optrade yang ideal memiliki ukuran antara 15-19 cm. Ukuran tersebut dianggap nyaman dan sesuai dengan panjang kaki manusia, baik yang muda maupun yang tua.

Baca juga:  Bagian Main Frame Scaffolding dan Kegunaannya : Terlengkap

Cara Mengukur Lebar Anak Tangga

Selain itu, perlu memperhatikan lebar anak tangga atau yang disebut dengan aantrade. Sebelum membuatnya, perlu diketahui panjang kaki dari setiap penghuni rumah. Ukuran ideal aantrade adalah minimal 27 cm, namun banyak yang merekomendasikan luas aantrade sekitar 29-33 cm untuk kenyamanan penggunaan.

3. Menentukan Luas Bordes Tangga Rumah

Bordes, area berdiam atau jeda pada tangga, sebenarnya adalah opsional untuk diterapkan di rumah. Biasanya, area berbentuk permukaan datar yang lebih lebar dari luas permukaan anak tangga normal ini lebih sering dibuat pada gedung perkantoran atau fasilitas umum dengan desain berbelok atau lurus.

Namun, jika kamu ingin membuat bordes pada tangga rumah, tidak ada salahnya kok.

Perlu diingat bahwa panjang bordes yang baik adalah antara 80-120 cm, disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan untuk peletakannya, dapat disesuaikan dengan jumlah anak tangga yang dibuat. Sebagai contoh, letakkan bordes pada anak tangga ke-10 jika total anak tangga yang dibuat berjumlah 20, atau letakkan bordes pada anak tangga ke-12 jika total anak tangga yang dibuat berjumlah 24.

Ide desain Tangga Untuk Rumah Kecil

1. Tangga Rak Buku


Solusi hemat tempat untuk menghubungkan lantai atas dan bawah adalah dengan menggabungkan tangga dan rak buku. Ide ini cocok untuk unit rak buku jenis built in. Desain tangga semacam ini akan menjadi bagian atas rak buku yang menutup semua bagian dinding di bawah tangga. Tangga kecil juga bisa dibentuk dari satu set tempat penyimpanan kustom dengan tinggi rendah dengan urutan kecil, sedang, besar.

2. Tangga Melayang


Tangga melayang terdiri dari satu sisi tangga saja yang disematkan ke dinding. Tangga melayang bisa dibuat dari bahan kayu, kaca, atau logam. Biasanya, tangga melayang tidak dilengkapi dengan susuran atau pegangan tangga, sehingga tampilannya terlihat minimalis dan futuristik. Namun, desain tangga semacam ini kurang aman khususnya untuk rumah yang dihuni para lanjut usia dan anak-anak.

3. Tangga Spiral


Tangga spiral selalu menjadi pilihan sempurna untuk rumah kecil. Desain terbaru tangga spiral hanya memakan tempat sekitar 1 meter persegi. Kolom-kolom tangga bisa dibangun dari baja, sedangkan anak tangga bisa dibuat dari berbagai bahan seperti kayu, besi, dan kaca. Tangga spiral sudah tersedia dalam bentuk jadi sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk pemasangannya. Namun, tangga spiral di pasaran umumnya terbuat dari bahan logam yang cenderung berisik ketika dilangkahi.

Baca juga:  √ Apa Itu Aanstamping : Bagaimana Cara Pemasangannya

4. Tangga Lipat


Tangga lipat merupakan pilihan tangga yang irit tempat. Tangga jenis ini hanya perlu digelar atau diturunkan saat hendak dipakai. Bila sudah tidak digunakan maka tangga bisa digulung atau dinaikkan. Cocok untuk area rumah yang sangat kecil, atau area lantai dua yang dirancang mirip loteng atau mezzanine. Tangga lipat saat ini tersedia dengan kisaran harga Rp 5 juta – Rp 6 juta per unit.

Tips membuat desain tangga yang aman digunakan

Keselamatan pengguna tangga adalah hal penting yang perlu diperhatikan saat merancang desain tangga. Kecelakaan rumah tangga yang disebabkan oleh terjatuh dari tangga sering terjadi dan bisa berakhir dengan kehilangan nyawa. Untuk meminimalkan risiko ini, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Semua anak tangga harus memiliki bentuk dan ukuran yang seragam dalam desain tangga.
  • Permukaan anak tangga dan lantai menuju tangga harus terbuat atau dilapisi material anti selip untuk meminimalisir risiko tergelincir.
  • Tangga dengan lebih dari 12 anak tangga harus memiliki area antara (intermediate landing) yang datar dan bebas halangan.
  • Susuran atau pegangan tangga sebaiknya setinggi 106,7 cm dari anak tangga dan dipasang di kedua sisi tangga untuk memudahkan pengguna dalam berpegangan secara kontinyu dari arah atas bawah.
  • Di lantai atas, pegangan tangga sebaiknya dimulai dengan arah horizontal sekitar 24 cm dari tangga agar pengguna berkebutuhan khusus (misalnya tuna netra) dapat mengetahui arah tangga. Sedangkan di lantai bawah, pegangan tangga sebaiknya berlanjut secara horizontal dengan jarak yang sama dengan lebar anak tangga.
  • Jarak antara batas bawah pegangan tangga dan permukaan anak tangga minimal 3 cm.

Area tangga dan lantai sebaiknya didesain dengan warna kontras agar tangga terlihat saat terjadi pemadaman listrik dan juga membuat desain tangga lebih menarik sebagai elemen interior rumah.

Baca juga:  Ukuran Besi Hollow Untuk Kanopi : Pemilihan Tepat

Bila tangga terletak di area minim pencahayaan alami, disarankan memasang lampu kecil di sepanjang anak tangga untuk memudahkan pengguna dalam melihat dan juga membuat desain tangga lebih atraktif.

Biaya Membangun Tangga Rumah Kecil

Sebagai pertimbangan terakhir dalam merancang tangga rumah, penting untuk memperhatikan anggaran yang diperlukan untuk membangunnya. Biaya tersebut tentu saja bervariasi tergantung pada desain tangga, ukuran, dan material yang digunakan. Berikut adalah contoh perhitungan anggaran untuk membangun tangga rumah:

Misalkan desain tangga rumah minimalis memiliki kemiringan 45 derajat dengan ketinggian 3m, tinggi anak tangga 20cm, dan membutuhkan 15 anak tangga dengan lebar masing-masing 90 x 30cm.

Untuk material, bagian rangka, dudukan, dan ralling (pegangan) menggunakan besi baja, plat, baja siku, dan baja hollow. Sementara pijakannya menggunakan bahan kayu meranti. Bagian akhir tangga dilapisi dengan cat warna putih, sementara papan pijakan diolah dengan politur.

Berikut adalah rincian biaya:

  • Rangka baja (600 x 15cm) : 1.100.000
  • Besi hollow ralling (2 x 4cm) : 60.000 x 10m = 600.000
  • Plat besi siku dudukan (4 x 4cm) : 80.000 x 14m = 1.120.000
  • Papan kayu pijakan (90 x 30 x 3cm) : 120.000 x 15bh = 1.800.000
  • Plat besi eser (30 x 20 x 0.3cm) : 30.000 x 15bh = 450.000
  • Finishing : 420.000
  • Jasa tukang las : 350.000 x 12m = 2.100.000

Dengan demikian, total biaya yang dibutuhkan untuk cara membuat dan ukuran tangga minimalis untuk rumah kecil tersebut adalah Rp7.590.000,-. Tentu saja, harga material dan tarif jasa tukang las bisa berbeda-beda di setiap daerah, sehingga estimasi biaya di atas bisa saja berbeda dengan yang sebenarnya.

Penutup

Dalam artikel qilat.id ini, kita telah membahas beberapa cara membuat dan ukuran tangga minimalis untuk rumah kecil. Dari memperhitungkan lebar tangga yang sesuai hingga menentukan tinggi dan lebar anak tangga, serta beberapa desain tangga yang bisa menjadi pilihan.

Namun, satu hal penting yang tak boleh dilupakan adalah memastikan keselamatan pengguna tangga dengan memperhatikan detail seperti bentuk dan ukuran anak tangga, susunan pegangan tangga, hingga pemilihan material anti selip.

Terakhir, penting untuk memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membangun tangga agar tidak melampaui anggaran yang telah ditentukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merancang atau membangun rumah kecil.

 

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Membuat dan Ukuran Tangga Minimalis Untuk Rumah Kecil yang dipublish pada February 7, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment