Pengertian Perangkat Lunak

Pengertian Perangkat Lunak atau Software Pada Komputer

Qilat.id – Perangkat lunak adalah bagian dari sebuah sistem komputer yang tidak dapat dilihat atau diraba secara fisik. Perangkat lunak meliputi semua program yang diinstal pada komputer seperti sistem operasi, aplikasi, dan perangkat lunak pendukung lainnya. Perangkat lunak sangat penting dalam sistem komputer karena tanpa perangkat lunak, hardware tidak akan dapat digunakan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi pengertian perangkat lunak secara lebih dalam, menjelaskan berbagai jenis perangkat lunak yang ada dan peran mereka dalam sistem komputer serta mengetahui bagaimana perangkat lunak bekerja secara bersama-sama dengan hardware untuk menyediakan fungsi komputer yang diinginkan.

Pengertian Software

Software atau perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai perantara antara pengguna dan perangkat keras. Software mengubah perintah yang diberikan oleh pengguna menjadi tindakan yang dilakukan oleh perangkat keras.

Software juga merupakan program komputer yang mudah diubah isinya. Software biasanya digunakan untuk mengendalikan perangkat keras, melakukan perhitungan, berinteraksi dengan software lain seperti sistem operasi dan bahasa pemrograman, dan lainnya.

Pengertian Perangkat Lunak (Software) Menurut Para Ahli

Untuk memahami pengertian perangkat lunak atau Software dengan lebih jelas, berikut adalah beberapa pendapat dari para ahli:

Wilman & Riyan

Menurut Wilman & Riyan, software memiliki sifat maya, yaitu tidak dapat terlihat secara fisik tetapi manfaatnya dapat dirasakan oleh penggunanya. (R. Wilman & Riyan, Mengenali & Mengatasi Kerusakan Software Handphone).

Melwin Syafrizal Daulay

Menurut Melwin Syafrizal Daulay, software adalah perangkat yang digunakan untuk mengatur aktivitas kerja komputer dan memberikan instruksi kepada sistem komputer. (Melwin Syafrizal Daulay, 2007, Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer).

Roger S. Pressman

Menurut Roger S. Pressman, software adalah perintah program dalam komputer yang dapat dieksekusi oleh pengguna untuk mencapai fungsi dan hasil yang diharapkan. (Roger S. Pressman, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu) Andi Yogyakarta).

Wiwit Siswoutomo

Menurut Wiwit Siswoutomo, software adalah nyawa dari komputer atau Hardware. Tanpa software, komputer hanya merupakan perangkat keras yang tidak dapat digunakan. (Wiwit Siswoutomo, 2013, Step By Step Joomla! Programming).

Baca juga:  Cek jaringan indihome : Update & Paling Mudah

Fungsi software

Berikut ini adalah beberapa fungsi software antara lain:

  • Sebagai perangkat yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dengan perintah-perintah tertentu.
  • Mengontrol perangkat keras komputer agar dapat digunakan dan bekerja sesuai kebutuhan.
  • Menjadi penghubung antara software dan hardware komputer.
  • Menerjemahkan perintah software ke dalam bahasa mesin sehingga hardware dapat menerima dan mengeksekusinya dengan baik.
  • Mendeteksi dan mengidentifikasi program yang berjalan di dalam komputer.

Jenis Perangkat Lunak (Software)

Secara umum, software dibagi menjadi tiga kategori: Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman, dan Perangkat Lunak Aplikasi.

Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat yang menghubungkan pengguna dengan perangkat keras komputer. Sebelum adanya sistem operasi, orang hanya dapat mengoperasikan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan digital. Saat ini, ada berbagai jenis sistem operasi dengan keunggulan masing-masing.

Untuk memahami sistem operasi lebih baik, perlu diketahui konsep dasar tentang sistem operasi terlebih dahulu.

Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman adalah program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman menjadi bahasa mesin dengan aturan tertentu, sehingga dapat diterima oleh komputer. Program Bantu adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer, seperti memformat disket, mengkompres file, mengopi data, dan lain-lain.

Perangkat lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi adalah subkelas dari software komputer yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu yang diinginkan oleh pengguna. Program ini dikembangkan oleh programmer dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Jenis software berdasarkan distribusinya

Nah, selain mengetahui jenis-jenis software di atas, penting juga untuk mengetahui jenis software berdasarkan distribusinya. Berikut adalah penjelasannya:

Adware

Adware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk menampilkan iklan online secara otomatis pada layar komputer pengguna. Jenis software ini juga dapat menghasilkan pendapatan melalui metode PPC (pay-per-click).

Firmware

Firmware adalah jenis perangkat lunak yang hanya bisa dibaca dan tidak dapat diubah. Jika terjadi masalah fungsional, tidak perlu melakukan perubahan atau pengembangan lebih lanjut pada firmware tersebut.

Freeware

Freeware adalah jenis software yang dapat digunakan tanpa batas waktu. Namun, sebagian besar perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang tidak sempurna untuk digunakan.

Baca juga:  Paket Promo Biznet 200 Ribu !

Malware

Malware adalah jenis perangkat lunak yang dianggap berbahaya jika digunakan dengan tidak benar. Hal ini karena malware dirancang untuk menyebar dan merusak komputer. Ada berbagai jenis malware, salah satunya adalah virus komputer.

Opensource

Opensource adalah jenis perangkat lunak yang kode sumbernya dapat diakses publik. Pengguna dapat memodifikasi, meningkatkan, dan mendistribusikan kembali tanpa harus membayar. Software ini dikembangkan oleh para programmer menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Shareware

Shareware adalah perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis, biasanya hanya sebagai versi percobaan dengan fitur dan batasan waktu tertentu.

Spyware

Spyware adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk mengawasi aktivitas pengguna. Software ini sering digunakan dengan tidak baik untuk melakukan pencurian data dari komputer.

Contoh Perangkat Lunak (Software)

Software memiliki berbagai macam fungsi dan aspek yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, seperti dalam beberapa poin berikut ini:

Internet Browsers

  • Google Chrome adalah browser web yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2008 dan tersedia untuk sistem operasi Windows, MacOS, Linux, Android, dan iOS.
  • Mozilla Firefox adalah browser web gratis Open Source yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation pada tahun 2002.
  • Opera adalah browser web gratis yang dikembangkan oleh Opera Software.

Antivirus

  • Norton Antivirus adalah produk perangkat lunak antivirus yang dikembangkan dan didistribusikan oleh NortonLifeLock sejak tahun 1991 sebagai bagian dari keluarga produk keamanan Norton Computer.
  • AVG Antivirus adalah program antivirus yang dibuat oleh AVG Technologies. Software ini gratis untuk diunduh dan digunakan, tetapi untuk mendapatkan dukungan teknis yang lebih stabil dan maksimal, pengguna harus membeli paket premium.
  • Kaspersky adalah program antivirus yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab. Program ini dirancang untuk melindungi pengguna dari serangan malware pada sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X, meski ada juga versi Linux untuk konsumen bisnis.

Editing Software

  • Adobe Photoshop adalah perangkat lunak editor citra yang dikembangkan oleh Adobe Systems yang digunakan untuk mengedit foto/gambar dan memberikan efek.
  • Adobe Illustrator adalah aplikasi desain yang membantu dalam menciptakan ilustrasi digital dengan bentuk, warna, efek, dan tipografi.
  • CorelDraw adalah software editor yang memungkinkan pengguna untuk mendesain objek vektor. Setiap objek dapat diedit secara terpisah, seperti mengubah bentuk, warna, ukuran, dan posisi objek.
  • Adobe InDesign adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Adobe System yang digunakan untuk membuat poster, brosur, majalah atau buku.
Baca juga:  Cara Root STB Indihome : Update Terbaru

Comunication Software

  • WhatsApp adalah aplikasi pesan yang dapat digunakan di berbagai platform yang memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan tanpa menggunakan pulsa, karena WhatsApp menggunakan paket data internet.
  • Telegram adalah aplikasi perpesanan online seperti WhatsApp dan Facebook Messenger, dimana pengguna dapat mengirim pesan ke pengguna lain yang juga mendaftar Telegram.

Word Processing

  • Microsoft Word adalah program yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk membuat dokumen, surat, laporan, dan lainnya.
  • Microsoft Power Point adalah program yang memungkinkan pengguna untuk membuat tampilan slide dasar hingga presentasi yang kompleks. PowerPoint biasanya digunakan dalam presentasi bisnis, namun juga digunakan dalam pendidikan atau tujuan informal.

Code Editor

  • Sublime Text adalah editor kode shareware dengan antarmuka Application Programming Visual Studio Code. Visual Studio Code adalah editor kode yang efisien yang menyediakan dukungan untuk debugging dan eksekusi kode serta menyediakan alur kerja yang lebih kompleks dibandingkan dengan IDE seperti Visual Studio IDE.
  • Atom adalah editor teks open source gratis untuk MacOS, Linux, dan Microsoft Windows yang mendukung JavaScript dan Git Control yang dikembangkan oleh GitHub. Atom juga merupakan aplikasi desktop yang dibangun menggunakan teknologi web.

Music Player

  • Winamp adalah aplikasi pemutar musik yang populer di Windows yang secara default mendukung pemutaran MP3.
  • AIMP3 adalah perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagai kodek dan tipe audio yang dapat dikustomisasi dengan skin/tema.
  • GOM MP3 Player adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melihat atau mendengarkan berkas video dan audio yang juga dapat diberikan efek khusus melalui sistem equalizer-nya.
  • Spotify adalah software musik digital dan layanan streaming video yang dapat digunakan untuk memutar musik secara gratis, namun dengan fitur Spotify Premium pengguna dapat menikmati penggunaan yang maksimal.

Itulah pembahasan dan penjelasan mengenai pengertian perangkat lunak, mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga contohnya. Meskipun disebut perangkat lunak, komputer juga tidak dapat beroperasi dengan baik tanpa adanya software. Sebagai pengguna, Anda dapat menambahkan berbagai software yang sesuai dengan kebutuhan dan membantu menyederhanakan pekerjaan sehari-hari.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pengertian Perangkat Lunak atau Software Pada Komputer yang dipublish pada March 20, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment