Cara Mengatasi Meteran Listrik

Panduan Praktis: Cara Mengatasi Meteran Listrik di Rumah

Qilat.id – Panduan Praktis: Cara Mengatasi Meteran Listrik di Rumah. Meteran listrik adalah perangkat yang penting dalam sistem kelistrikan rumah tangga atau industri. Namun, kadang-kadang kita dapat menghadapi masalah dengan meteran listrik, seperti meteran yang tidak berfungsi atau mengalami kerusakan. Jika ini terjadi, Anda mungkin perlu mengatasi masalah tersebut agar tidak berdampak pada pemakaian listrik Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah dengan meteran listrik.

Cara Mengatasi Tulisan Periksa pada Meteran

Menghubungi PLN ketika meteran listrik menunjukkan tulisan “PERIKSA” adalah pilihan terbaik untuk menghindari kesalahan yang lebih besar.

Hingga saat ini, belum ada cara khusus untuk mengatasi masalah ketika meteran menunjukkan tulisan “PERIKSA”. Oleh karena itu, menghubungi PLN merupakan cara yang paling terpercaya dan aman untuk meminimalkan potensi kerusakan yang lebih parah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungi PLN:

1. Hubungi call center PLN di nomor 123 ditambah dengan kode area tempat Anda tinggal.
2. Setelah tersambung, pilih layanan pengaduan, gangguan, dan keluhan pelanggan dan tunggu sampai terhubung dengan operator PLN.
3. Catat nomor ID pelanggan yang tertera pada meteran listrik, karena biasanya pihak PLN akan meminta Anda untuk menyebutkan nomor tersebut.
4. Operator PLN akan memberikan nomor laporan pengaduan sebagai bukti bahwa pengaduan Anda tercatat di database PLN.
5. Tunggu sampai operator memberikan kode reset. Kemudian, PLN akan memberikan kode reset berupa 20 digit untuk menghilangkan tulisan “PERIKSA” pada meteran listrik.
6. Catat kode reset tersebut dan masukkan kode tersebut seperti saat memasukkan token pulsa listrik.

Baca juga:  Harga Kalsiboard Per Lembar : Terbaru

Faktor Munculnya Tulisan Periksa

Setelah mengetahui Cara Mengatasi Meteran Listrik dengan adanya tulisan “PERIKSA” pada meteran listrik, penting juga untuk mengetahui faktor atau penyebab munculnya masalah tersebut pada meteran prabayar Anda.

  1. Rusaknya Meteran
    Salah satu penyebab munculnya tulisan “PERIKSA” pada meteran listrik prabayar adalah kerusakan pada meteran itu sendiri. Kebanyakan meteran prabayar dilengkapi dengan alarm, sehingga jika terjadi masalah, meteran akan berbunyi dan menampilkan tulisan “PERIKSA”.
  2.  Arus yang Bocor
    Jika arus tidak sesuai, maka tulisan “PERIKSA” akan muncul. Biasanya faktor ini terjadi karena ada masalah pada meteran, sehingga meskipun sebelumnya kondisi listrik normal dan stabil, tetap muncul tulisan “PERIKSA”.
  3. Kabel Bermasalah (Luka)
    Salah satu faktor atau penyebab masalah tulisan “PERIKSA” pada meteran listrik prabayar adalah masalah pada kabel. Oleh karena itu, saat memasang kabel, gunakan kabel berkualitas tinggi untuk mengurangi risiko terjadinya masalah.
  4. Pemasangan Ground yang Salah
    Faktor lain yang dapat menyebabkan munculnya tulisan “PERIKSA” pada meteran listrik prabayar Anda adalah pemasangan ground yang salah. Ini biasanya terjadi karena instalasi listrik yang buruk. Oleh karena itu, instalasi listrik sebaiknya dilakukan oleh profesional agar pemasangan ground dapat dilakukan dengan tepat.

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Listrik Error

Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 01

Penyebab utama error 01 atau ERR-01 pada meteran listrik adalah token listrik habis, sehingga bagian contractor pada meteran secara otomatis dilepas. Namun, karena ada jumper positif, Anda masih bisa mengatasinya tanpa harus mengganti meteran listrik.

Mungkin terdapat tegangan listrik yang tidak stabil dari peralatan rumah tangga. Sebaiknya periksa kabel atau perangkat mana yang berpotensi menyebabkan konsleting terlebih dahulu. Untuk mengatasi masalah ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca juga:  Model Rumah Tingkat Samping : Desain Modern Hunian Masa Kini

Cara Mengatasi meteran listrik error 01 

  • Laporkan ke PLN dan kenakan P2TL terlebih dahulu
  • Melepas jumper listrik
  • Memasukkan free issue
  • Terakhir memasukkan clear tamper. Dalam beberapa saat, meteran listrik akan kembali normal.

2. Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 02

Kemungkinan besar penyebab error 02 atau ERR-02 pada meteran listrik adalah grounding yang menyatu dengan komponen netral, yang dapat menyebabkan arus listrik tidak terkontrol dan mengganggu fungsi grounding

Cara Mengatasi meteran listrik error 02

  • Matikan semua sumber listrik.
  • Tunggu selama maksimal 15 menit, kemudian hidupkan kembali sumber listrik.
  • Jika meteran masih menunjukkan error, langkah selanjutnya adalah melakukan reset.
  • Tekan tombol 07, kemudian enter untuk mereset meteran.
  • Setelah itu, belilah token listrik dan isi seperti biasa.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, masalah error 02 atau ERR-02 pada meteran listrik dapat diatasi dengan mudah dan cepat.

3. Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 03

Saat muncul error 03 atau ERR-03 pada meteran listrik, biasanya masalah terletak pada jumper positif. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu melepas jumper kemudian memasangnya kembali supaya meteran dapat kembali berjalan normal.

Cara Mengatasi meteran listrik error 3 

  • Cari sumber penyebab error, Anda dapat mengambil gambar pelanggaran atau penyebabnya.
  • Kenakan P2TL dan buat berita acara.
  • Jika sudah mendapatkan laporan P2TL dari PLN, maka Anda akan diminta membeli pulsa listrik.
  • Lepaskan jumper listrik terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, pisahkan ground dari netral.
  • Masukkan token ke dalam meteran listrik.
  • Tunggu sampai meteran menyala, lalu pasang kembali ground.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, masalah error 03 atau ERR-03 pada meteran listrik dapat diatasi dengan cepat dan mudah.

Cara Reset Meteran Listrik Pulsa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara mengatasi meteran listrik,  reset meteran listrik  merupakan jalan terakhir  mudah dilakukan. Namun sebelum melakukannya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah cara reset meteran listrik pulsa:

Baca juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Semen : Dengan Tepat

1. Matikan dan Cabut Semua Alat Elektronik

Sebelum memulai reset meteran listrik pulsa, pastikan untuk mematikan dan mencabut semua alat elektronik di rumah. Ini penting karena jika masih ada alat elektronik yang menyala atau terhubung ke stop kontak, arus listrik masih akan mengalir dan meteran listrik akan terus menghitung pengeluaran listrik.

Pastikan untuk benar-benar memastikan bahwa semua alat elektronik sudah dimatikan dan dicabut, karena jika tidak, melakukan reset pada meteran listrik bisa merusak alat elektronik yang masih terhubung ke stop kontak.

2. Masukkan Kode Reset

Setelah memastikan tidak ada alat elektronik yang menyala dan semua sudah dicabut dari stop kontak, langkah selanjutnya adalah memasukkan kode reset ke meteran. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Matikan meteran selama sekitar 15 menit.
  • Setelah 15 menit, hidupkan kembali meteran.
  • Masukkan kode 00 untuk memulai proses reset meteran listrik pulsa.
  • Jika tidak yakin untuk melakukannya sendiri, bisa menghubungi petugas PLN di nomor 123. Petugas PLN akan datang dan melakukan reset pada meteran listrik pulsa di rumah.

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan beberapa cara mengatasi  meteran listrik kalian yang bermasalah. Dari cara membersihkan kotoran pada meteran listrik, hingga melakukan penggantian meteran listrik yang rusak. Namun, pastikan Anda selalu meminta bantuan dari petugas PLN terdekat saat menghadapi masalah yang lebih kompleks.

Dengan melakukan perawatan yang baik dan melakukan tindakan tepat pada masalah pada meteran listrik, diharapkan dapat meminimalkan terjadinya pemakaian listrik yang tidak tercatat dan membantu Anda menghemat biaya tagihan listrik.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Panduan Praktis: Cara Mengatasi Meteran Listrik di Rumah yang dipublish pada Maret 2, 2023 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment