Pipa Paralon Tersumbat

Atasi Pipa Paralon Tersumbat : Ramah Lingkungan

Qilat.id – Atasi Pipa Paralon Tersumbat : Ramah Lingkungan. Pipa paralon adalah bagian penting dari sistem saluran pembuangan di rumah atau bangunan. Namun, kadang-kadang pipa paralon dapat tersumbat dan menyebabkan masalah yang cukup besar. Ketika pipa paralon tersumbat, air atau limbah tidak dapat mengalir dengan lancar, yang dapat menyebabkan genangan air, bau yang tidak sedap, bahkan kerusakan pipa yang lebih serius. Masalah pipa paralon tersumbat memang sering terjadi dan membutuhkan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut tentang penyebab pipa paralon tersumbat dan cara mengatasi masalah ini dengan tepat.

Penyebab Pipa Paralon Tersumbat

Pencegahan lebih baik daripada mengatasi masalah pipa paralon yang tersumbat. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari terjadinya pipa paralon tersumbat.

1. Sampah Makanan

Sampah makanan memang menjadi salah satu penyebab utama dari tersumbatnya pipa paralon. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sisa makanan pada piring dapat menyebabkan masalah pada saluran air. Sisa makanan seharusnya dibuang ke tempat sampah, bukan dibuang ke wastafel pencuci piring. Jika sisa makanan ini sering dibiarkan mengalir dengan air cucian, maka dapat menumpuk di dalam pipa dan menyebabkan penyumbatan. Selain itu, sampah seperti kulit buah atau sayuran juga dapat menyumbat pipa paralon. Oleh karena itu, pastikan untuk membuang sampah makanan ke tempat sampah yang tepat dan menjaga agar pipa paralon tetap bersih. Dengan cara ini, kalian dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pipa paralon dan memastikan saluran air tetap lancar.

2. Endapan Sabun

Selain sampah makanan, endapan sabun juga dapat menyebabkan tersumbatnya pipa paralon. Senyawa sabun yang terkumpul dan menempel di dinding pipa paralon dapat menyebabkan penumpukan yang lama kelamaan akan semakin banyak dan menyumbat saluran pipa. Endapan sabun ini biasanya berwarna putih dan cukup sulit untuk dibersihkan.

Untuk menghindari terjadinya endapan sabun yang dapat menyebabkan penyumbatan pipa, sebaiknya mengurangi penggunaan sabun yang berlebihan saat mencuci tangan atau mencuci peralatan dapur. Jangan pula membuang sisa-sisa sabun langsung ke dalam pipa, sebaiknya buang ke tempat sampah. Selain itu, lakukan pembersihan pipa secara rutin menggunakan pembersih pipa khusus yang dapat membantu membersihkan endapan sabun di dalam pipa paralon. Dengan cara ini, kalian dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pipa paralon dan memastikan saluran air tetap lancar.

3. Endapan Lumpur dan Kotoran

Selain penyebab-penyebab yang telah disebutkan sebelumnya, mencuci tangan dengan tanah atau lumpur juga dapat menyebabkan tersumbatnya pipa paralon. Saat mencuci tangan, tanah yang menempel pada tangan dapat bercampur dengan air dan membentuk lumpur. Lumpur ini sangat lengket dan dapat menempel pada dinding pipa paralon. Lama kelamaan, lumpur ini akan menumpuk dan menyumbat saluran pipa kalian.

Baca juga:  Konstruksi Gudang Sederhana : Solusi Terbaik Untuk Penyimpanan

Untuk menghindari terjadinya penyumbatan pipa akibat lumpur, sebaiknya membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum mencuci tangan di wastafel. Selain itu, hindari membuang lumpur langsung ke dalam pipa, sebaiknya buang ke tempat sampah. Jangan lupa untuk membersihkan pipa secara rutin dengan menggunakan pembersih pipa khusus yang dapat membantu membersihkan lumpur atau kotoran lainnya di dalam pipa paralon. Dengan cara ini, kalian dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pipa paralon dan memastikan saluran air tetap lancar.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat

Ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi pipa paralon tersumbat secara mandiri di rumah. Berikut adalah beberapa bahan tersebut:

1. Soda Api

Soda api adalah bahan kimia berwarna putih yang larut dalam air, metanol, dan etanol. Bahan kimia ini memiliki sifat korosif atau memiliki kemampuan untuk menghancurkan zat lain melalui reaksi kimia. Karena sifatnya yang korosif, soda api sering dipilih menjadi bahan pelancar pipa paralon yang tersumbat. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan soda api harus dilakukan dengan hati-hati dan benar-benar memperhatikan petunjuk penggunaannya. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan karet dan masker untuk melindungi tangan dan pernapasan kalian saat menggunakannya.

Meskipun soda api sering digunakan untuk mengatasi pipa paralon tersumbat, beberapa orang khawatir apakah soda api dapat merusak pipa paralon. Namun, sebenarnya tidak ada efek soda api pada pipa paralon. Namun, harus digunakan dengan takaran yang tepat dan hati-hati agar tidak merusak pipa.

Selain soda api, campuran garam dan baking soda juga dapat digunakan untuk mengatasi pipa paralon tersumbat. Campuran ini merupakan solusi yang mudah dan sederhana untuk membersihkan pipa paralon. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menaburkan campuran garam dan baking soda ke dalam pipa paralon yang tersumbat, kemudian tuangkan air hangat secara perlahan-lahan hingga pipa menjadi lancar. Dalam menggunakan campuran ini, perlu diingat untuk menggunakan air hangat, bukan air panas yang dapat merusak pipa.

Perlu diingat bahwa dalam mengatasi pipa paralon tersumbat, harus dilakukan dengan hati-hati dan benar-benar memperhatikan petunjuk penggunaannya. Jika masalah penyumbatan sudah cukup serius, lebih baik memanggil tenaga ahli atau tukang ledeng untuk membongkar pipa dan membersihkannya secara menyeluruh.

2. Pasir Kasar

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi pipa paralon tersumbat adalah pasir kasar. Pasir kasar dapat dengan mudah ditemukan, baik dengan membelinya di toko bangunan atau meminta sedikit pasir kasar pada proyek pembangunan yang sedang berlangsung di sekitar rumah kalian. Namun, penggunaan pasir kasar untuk melancarkan pipa paralon tersumbat membutuhkan alat kompresor dan cukup rumit.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan pasir kasar sebagai bahan pelancar pipa paralon tersumbat:

  • Alirkan air ke dalam pipa paralon yang tersumbat untuk membasahi bagian dalam pipa.
  • Siapkan pasir kasar sebanyak 1-2 genggam sesuai kebutuhan, kemudian masukkan ke dalam pipa paralon yang tersumbat.
  • Siapkan kompresor dan selangnya, atur ke tekanan tertinggi.
  • Masukkan selang kompresor ke dalam pipa dan tutup bagian atas pipa dengan kain atau benda yang tidak tembus angin.
  • Nyalakan kompresor dan tembak pipa dengan angin bertekanan tinggi selama beberapa detik.
  • Ulangi tahapan-tahapan tersebut hingga pipa paralon tersumbat lancar.
Baca juga:  Harga Pipa Besi dan Jenis-jenisnya untuk Kebutuhan Konstruksi

Perlu diingat bahwa penggunaan pasir kasar dan kompresor harus dilakukan dengan hati-hati dan benar-benar memperhatikan petunjuk penggunaannya. Jika masalah penyumbatan sudah cukup serius, lebih baik memanggil tenaga ahli atau tukang ledeng untuk membongkar pipa dan membersihkannya secara menyeluruh.

3. Manfaatkan Tali

Cara yang dapat digunakan untuk mengatasi pipa paralon tersumbat adalah dengan menggunakan seutas tali. Cara ini cukup sederhana dan tidak membutuhkan bahan-bahan khusus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buatlah gulungan plastik dengan ukuran sedang yang sesuai dengan diameter pipa paralon yang tersumbat. Pastikan gulungan tersebut dapat masuk dengan bebas.
  • Ikat gulungan plastik menggunakan tali yang cukup panjang untuk mencapai ujung pipa paralon.
  • Sebelum memasukkan gulungan plastik, alirkan air ke dalam pipa paralon dan biarkan mengalir selama kurang lebih satu menit.
  • Masukkan gulungan plastik ke dalam pipa paralon dengan tetap menyalakan air keran.
  • Tarik tali secara perlahan-lahan hingga keluar dari ujung pipa paralon. Kotoran yang menumpuk di dalam pipa akan terangkat keluar bersama dengan gulungan plastik.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya dapat diaplikasikan pada pipa paralon yang tegak lurus. Selain itu, pastikan tali yang digunakan cukup kuat dan jangan menarik tali terlalu keras untuk menghindari kerusakan pada pipa. Jika masalah penyumbatan sudah cukup serius, lebih baik memanggil tenaga ahli atau tukang ledeng untuk membongkar pipa dan membersihkannya secara menyeluruh.

4. Baking Soda dan Cuka

Baking soda adalah bahan yang terkenal ampuh untuk membersihkan noda-noda, termasuk noda pada pipa paralon yang tersumbat. Kombinasinya dengan cuka akan membuat reaksi kimia yang aktif untuk membersihkan kotoran yang menempel di sekitar dinding pipa. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan wadah berisi air panas yang mendidih, kemudian tuangkan baking soda ke dalamnya. Aduk rata dalam wadah.
  • Masukkan satu sendok baking soda ke dalam pipa paralon yang tersumbat, lalu tuangkan wadah berisi air panas dan baking soda ke dalam pipa.
  • Tutup pipa dengan menggunakan karet penutup wastafel atau wadah lainnya, dan biarkan selama beberapa menit.
  • Siapkan satu botol cuka dan tuangkan ke dalam wadah. Siapkan juga wadah lainnya berisi campuran baking soda dengan air panas.
  • Buka penutup pipa perlahan-lahan, lalu tuangkan cuka diikuti dengan campuran baking soda yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Siapkan air panas dan bilas pipa dengan air panas setelah bunyi buih dalam pipa hilang.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan baking soda dan cuka untuk membersihkan pipa paralon hanya boleh dilakukan maksimal dua bulan sekali karena bersifat korosif dan dapat merusak pipa jika digunakan terlalu sering.

Baca juga:  Harga Besi H Beam : Ukuran, dan Berat Lengkap

5. Pembersih Bahan Kimia

Ada beberapa pembersih kimia yang dijual di pasar untuk membersihkan dinding pipa dari partikel-partikel berminyak dan kotor. Meskipun pembersih kimia ini dapat mempermudah proses pembersihan, namun harganya yang cukup mahal menjadi salah satu kendala. Harga pembersih kimia ini biasanya sekitar 65 ribu ke atas untuk berat kemasan sekitar 110 gram.

Namun, terdapat solusi yang lebih efektif dan hemat biaya untuk membersihkan pipa paralon tersumbat. Pembersih bahan kimia yang efektif untuk membersihkan pipa paralon tidak harus mahal, dan kebanyakan dari mereka juga tidak bersifat korosif sehingga aman untuk digunakan pada pipa kalian.

6. Lemon dan Cuka

Dua bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan pipa paralon tersumbat adalah perasan lemon dan cuka. Kedua bahan ini sama-sama bersenyawa asam dan mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkah pengaplikasiannya:

  • Campurkan perasan lemon dengan cuka dan tambahkan 1 sendok baking soda.
  • Masukkan campuran tersebut ke dalam pipa paralon yang tersumbat, lalu tutup pipa dengan karet penutup wastafel atau wadah lainnya.
  • Biarkan campuran tersebut bereaksi selama beberapa menit.
  • Setelah itu, bilas pipa dengan air panas untuk membersihkan sisa-sisa campuran tersebut.

Lemon memiliki fungsi sebagai bahan pembersih yang ampuh, terutama untuk membersihkan pinggiran atau mulut wastafel yang berminyak dan licin. Sehingga, penggunaan lemon dapat membuat wastafel kalian terlihat lebih bersih dan bebas dari minyak.

7. Cola-Cola dan Pepsi

Selain dikenal sebagai minuman yang dapat membersihkan karat, Pepsi dan Coca-cola ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran pada wastafel yang tersumbat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menuangkan 2 liter minuman tersebut ke dalam wastafel yang tersumbat, dan biarkan selama 2 jam sebelum dibilas dengan air biasa. Minuman berkarbonat ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan wastafel, terutama setelah memasak makanan yang berminyak.

8. Gunakan Garam

Garam memiliki banyak manfaat, termasuk dalam membersihkan wastafel yang tersumbat. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan garam untuk mengatasi WC mampet. Caranya sangat mudah, cukup lakukan langkah-langkah berikut setiap seminggu sekali:

  • Campurkan garam dengan sedikit baking soda.
  • Tuangkan campuran tersebut ke dalam wastafel atau WC yang tersumbat.
  • Siapkan air panas sebanyak 2 liter, lalu siramkan ke dalam wastafel atau WC tersebut.
  • Biarkan campuran tersebut bereaksi selama beberapa menit.
  • Setelah itu, bilas wastafel atau WC dengan air biasa.

Penggunaan garam dan baking soda secara rutin dapat membantu menjaga kebersihan wastafel atau WC kalian. Selain itu, bahan ini mudah ditemukan dan mudah diaplikasikan.

Penutup

Demikianlah beberapa cara qilat.id yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi pipa paralon tersumbat. Sebagai penghuni rumah, kalian seharusnya memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar, termasuk pipa paralon yang terhubung dengan saluran air. Dengan mencegah dan mengatasi pipa paralon tersumbat secara tepat, kalian dapat menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar serta menghindari biaya yang lebih besar untuk memperbaiki kerusakan yang lebih parah di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Atasi Pipa Paralon Tersumbat : Ramah Lingkungan yang dipublish pada April 18, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment