Harga List Gypsum Per Batang : UPDATE Terbaru

Harga List Gypsum Per Batang : UPDATE Terbaru

Qilat.id Harga List Gypsum Per Batang : UPDATE Terbaru. Gypsum adalah bahan material bangunan yang populer digunakan sebagai pelapis dinding atau plafon. Kehandalannya dalam memberikan hasil akhir yang rapi dan estetis membuat gypsum menjadi pilihan yang sangat disukai oleh para arsitek dan kontraktor.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan gypsum dalam proyek konstruksi Anda, tentu kalianperlu mengetahui harga list gypsum per batang terlebih dahulu. Pasalnya, harga list gypsum per batang dapat berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor seperti merek, ukuran, dan kualitas gypsum yang digunakan.

Agar kaliantidak salah dalam menentukan harga yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda, artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai harga list gypsum per batang. Dengan demikian, kaliandapat memilih gypsum yang sesuai dengan anggaran yang tersedia tanpa mengorbankan kualitas hasil akhir proyek yang diinginkan.

Berikut adalah manfaat penggunaan Gypsum:

Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa gypsum tidak hanya berguna untuk keperluan plafon. Sebenarnya, terdapat enam manfaat gypsum yang dapat dimanfaatkan dalam proyek pembangunan, antara lain:

Gypsum memiliki enam manfaat yang berbeda dalam proyek pembangunan, yaitu:

  • Sebagai plafon yang memberikan tampilan yang estetik.-Sebagai sekat dinding untuk memisahkan ruangan.
  • Sebagai ornamen dekoratif pada dinding, termasuk dinding kamar mandi.
  • Sebagai bahan untuk pembuatan lapangan tenis.
  • Gypsum juga dapat digunakan sebagai perekat atau plester dalam proyek konstruksi.
  • Sebagai bahan pembuatan semen dalam industri semen.

Berikut adalah kelebihan dari penggunaan List Gypsum:

List atau partisi dinding sering kali dibuat dari bahan gypsum, meskipun ada juga yang terbuat dari kayu dan PVC. Menurut sumber yang dikutip dari Rumah123.com, gypsum adalah salah satu bahan material yang sering dipilih dalam pembangunan hunian atau rumah. Selain digunakan sebagai plafon, gypsum juga dapat dijadikan sebagai bahan pelapis dinding interior rumah. Dibandingkan dengan plesteran tradisional yang sering digunakan pada dinding rumah sebelumnya, melapisi dinding dengan gypsum jauh lebih efisien dan praktis.

Menurut informasi yang diberikan oleh Dekoruma.com, gypsum yang umumnya tersedia di pasaran berbentuk lembaran dengan ukuran 120 cm x 240 cm. Namun, ada juga produsen yang memproduksi gypsum dengan ukuran khusus dan ketebalan yang bervariasi, antara 9 mm hingga 15 mm, meskipun ketebalan idealnya adalah 9 mm. Untuk memilih plafon gypsum yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu memperhatikan dengan teliti spesifikasi dan kualitas gypsum yang akan digunakan. Sebaiknya, Anda juga meminta bantuan dari ahli di bidang plafon gypsum sebelum memasangnya, untuk memastikan bahwa hasil akhir proyek Anda sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga:  Ikatan Angin Baja Ringan - Keunggulan Menakjubkan

Penggunaan gypsum untuk interior rumah memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya adalah proses pemasangan papan gypsum pada dinding interior yang terbilang mudah dan relatif cepat. Anda hanya perlu menyiapkan rangka dinding, kemudian papan gypsum bisa langsung ditempel. Sebaliknya, jika Anda menggunakan dinding beton, Anda perlu menggunakan semen dan batu bata terlebih dahulu sebelum melapisi dinding dengan gypsum.

Salah satu keunggulan lain dari penggunaan papan gypsum adalah material ini jauh lebih ringan daripada dinding beton. Keunggulan ini memberikan keamanan bagi penghuni rumah, terutama saat terjadi gempa. Selain itu, papan gypsum juga dianggap sebagai bahan yang ramah lingkungan karena mudah terurai di dalam tanah.

Selain keunggulan-keunggulan sebelumnya, papan gypsum juga mudah dalam perawatannya. Jika terjadi kerusakan pada papan gypsum di dalam rumah Anda, material ini mudah diperbaiki. Jika terdapat lubang atau goresan pada dinding gypsum, Anda hanya perlu mengaplikasikan dempul atau memotong bagian yang rusak dan kemudian menempelkannya kembali dengan papan gypsum yang baru. Proses perbaikan ini relatif mudah dan cepat dilakukan.

Pada penggunaannya, plafon gypsum memiliki beberapa kelebihan yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:

1. Gypsum memiliki banyak variasi dalam penggunaannya.

Plafon gypsum memiliki variasi yang sangat banyak, terutama untuk aksesori di bagian sudut, tengah, dan lisnya. Gypsum juga tersedia dalam berbagai warna dan ukuran yang berbeda-beda, sehingga memudahkan Anda dalam memilih plafon gypsum yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gypsum yang umumnya tersedia di pasaran berbentuk lembaran dengan ukuran 120 cm x 240 cm. Namun, ada juga produsen yang memproduksi gypsum dengan ukuran khusus dan ketebalan yang bervariasi antara 9 mm hingga 15 mm, dengan ketebalan ideal sekitar 9 mm. Untuk memilih plafon gypsum yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu memperhatikan spesifikasi dan kualitas gypsum dengan teliti. Sangat disarankan untuk meminta bantuan dari ahli di bidang plafon gypsum sebelum memasangnya, guna memastikan hasil akhir proyek sesuai dengan yang diinginkan.

2. Penggunaan gypsum dapat menambah nilai estetika pada sebuah bangunan.

Saat ini, plafon rumah modern umumnya terbuat dari papan gypsum. Hal ini dikarenakan nilai estetika yang dihasilkan sangat baik, plafon terlihat rapi, rata, dan mulus seperti tidak ada sambungan sama sekali. Gypsum juga mudah untuk dibentuk menjadi berbagai tipe plafon, mulai dari yang konvensional hingga berwujud katedral. Selain itu, plafon gypsum juga dapat menjadi indikator yang baik untuk mengetahui apakah atap rumah Anda bocor atau tidak.

3. Jika terjadi kerusakan, papan gypsum mudah diperbaiki.

Kelebihan lain dari plafon gypsum adalah kemudahan dalam melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan pada bagian tertentu, tanpa perlu membongkar keseluruhan plafon. Cukup bagian yang rusak saja yang perlu dipotong atau diplester untuk memperbaikinya.

4. Proses pemasangan plafon gypsum relatif cepat.

Jika Anda sedang terburu-buru dalam membangun rumah baru, maka disarankan untuk memilih penggunaan plafon gypsum. Dibandingkan dengan jenis plafon lainnya, proses pemasangan plafon gypsum jauh lebih cepat, sehingga dapat mempercepat proses pembangunan rumah Anda

 

Berikut adalah kekurangan dari penggunaan Plafon Gypsum:

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, plafon gypsum juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah mudah hancur. Plafon gypsum cenderung rapuh dibandingkan dengan bahan lainnya, bahkan dapat roboh. Lalu, apa saja penyebab plafon gypsum mudah roboh?

1. Salah satu penyebab plafon gypsum mudah roboh adalah ketidakmampuannya untuk menahan air.

 

Plafon gypsum lebih rentan terhadap air dibandingkan dengan jenis plafon lainnya. Jika terjadi rembesan air dari atap yang mengenai plafon gypsum, hal ini dapat menyebabkan kerusakan dan bahkan kehancuran pada plafon tersebut. Selain meninggalkan noda bercak pada permukaan gypsum, jika bagian plafon yang hancur cukup banyak, kemungkinan plafon dapat roboh juga tidak dapat diabaikan.

Baca juga:  Ukuran Besi Wiremesh : Informasi Terlengkap

2. Salah satu penyebab plafon gypsum mudah roboh adalah kesalahan dalam proses pemasangannya.

 

Plafon gypsum merupakan jenis material yang cocok untuk dipasang pada rumah dengan penutup atap berupa pelat beton karena mampu mencegah kebocoran air. Pemasangan plafon gypsum dapat dilakukan dengan menggunakan sekrup, bubuk gypsum, atau compound. Bubuk gypsum berfungsi sebagai lem pada sambungan atau lis dan ornamen plafon. Pemasangan sambungan gypsum biasanya dilakukan dengan diplester terlebih dahulu. Namun, jika proses pemasangan tidak dilakukan dengan benar, seperti sambungan yang tidak tepat, hal ini dapat menyebabkan kehancuran pada plafon gypsum rumah Anda

Berikut adalah beberapa trik dalam proses pemasangan plafon gypsum yang benar:

  • Saat memasang sekrup pada gypsum, pastikan sekrup ditekan pada kedalaman yang tepat untuk mencapai daya tahan maksimum. Jika sekrup didorong terlalu dalam, hal ini dapat membuat pengikat menembus gypsum dan mengurangi daya tahannya.
  • Pastikan pengencang yang cukup untuk menahan plafon gypsum pada posisinya. Jarak antara pengencang harus diberikan dengan benar untuk memastikan langit-langit tetap kokoh dan tidak mudah roboh.

3. Salah satu penyebab plafon gypsum mudah roboh adalah benturan.

 

Selain rentan terhadap air, plafon gypsum juga mudah rusak akibat benturan. Struktur gypsum yang rapuh membuatnya tidak mampu menahan benturan keras. Oleh karena itu, penting untuk menjaga plafon gypsum agar terhindar dari benturan, seperti saat membersihkan langit-langit rumah.

4. Salah satu penyebab plafon gypsum mudah roboh adalah kurangnya keahlian dalam pemasangannya.

 

Pemasangan dan perangkaian plafon gypsum memerlukan keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh semua orang. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan jasa ahli dalam bidang pemasangan dan perangkaian plafon gypsum untuk memastikan pemasangan yang tepat. Jika dipasang oleh orang yang tidak berpengalaman, hal ini dapat berbahaya bagi penghuni rumah.

5. Penempatan plafon gypsum pada area yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kerusakan pada plafon.

Pemasangan plafon gypsum pada area yang tidak tepat, seperti kamar mandi, eksterior, atau area dengan kelembaban tinggi, dapat menyebabkan kerusakan pada plafon. Hal ini disebabkan oleh kerapuhan gypsum yang rentan terhadap kelembapan yang tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan plafon gypsum yang tahan air atau waterproof pada area yang memiliki kelembaban cukup tinggi.

6. Penyokong yang tidak kuat juga dapat menjadi penyebab plafon gypsum mudah roboh.

Pada saat memasang plafon gypsum, sangat penting untuk memasang penyokong atau penyangga yang kuat, karena material ini rentan terhadap keretakan. Jika penyokong atau penyangganya tidak kuat, plafon gypsum dapat roboh, bahkan ketika tidak ada kebocoran pada atap. Oleh karena itu, pastikan penyokong atau penyangganya kuat dan dapat menahan beban plafon dengan baik.

7. Pengencang yang tidak diaplikasikan dengan benar juga dapat menjadi penyebab plafon gypsum mudah roboh.

Salah satu penyebab lain dari robohnya plafon gypsum adalah pengencang yang tidak diaplikasikan dengan benar. Misalnya, jarak antar pengencang yang tidak benar sehingga balok langit-langit dan gypsum gagal dilekatkan dengan baik. Jika pengencang terlalu berjarak atau terpisah pada proses pemasangan, lem tidak akan melekat dengan kuat pada langit-langit. Di sisi lain, jika pengencang terlalu banyak digerakkan, plafon gypsum juga bisa roboh. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasang pengencang dengan jarak yang tepat dan mengikuti prosedur pemasangan yang benar.

Salah satu kekurangan dari penggunaan plafon gypsum adalah kurangnya kemampuan untuk menyerap suara dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan suara bising dari luar atau dari dalam ruangan mudah terdengar di luar ruangan atau kamar lainnya. Oleh karena itu, jika kamu ingin membuat sebuah studio di dalam rumah atau menginginkan ruangan yang cukup kedap suara, maka memasang plafon gypsum bukanlah pilihan yang tepat.

Baca juga:  Daftar Ukuran dan Berat Besi Beton Sesuai SNI : Aman Berkualitas

Tips Menghindari Kerusakan pada Plafon Gypsum

  1. Pastikan penyangga yang digunakan kuat dan sesuai standar.
  2. Pilih lokasi pemasangan yang tepat, hindari area dengan kelembapan tinggi.
  3. Pastikan proses pemasangan dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman.
  4. Gunakan pengencang yang cukup dan berjarak dengan benar untuk menjaga stabilitas plafon.
  5. Hindari benturan yang keras pada plafon gypsum.
  6. Periksa secara berkala kondisi plafon gypsum dan lakukan perbaikan segera jika ditemukan kerusakan.

Dengan menerapkan tips di atas, kamu dapat membantu menjaga keawetan dan keamanan plafon gypsum di rumahmu

Fungsi Plafon Gypsum

Plafon gypsum memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya adalah sebagai penutup bagian atas ruangan dan memberikan kesan rapi dan indah pada tampilan interior rumah. Plafon gypsum juga dapat berfungsi sebagai isolator suara, sehingga suara dari luar ruangan tidak terdengar di dalam ruangan. Selain itu, plafon gypsum juga bisa dipakai sebagai pembatas ruangan yang efisien. Dalam beberapa kasus, plafon gypsum juga bisa digunakan sebagai media untuk menempatkan lampu atau peralatan lainnya.

Daftar Harga Gypsum

Di pasaran, harga list gypsum sangat bervariasi tergantung dari ukuran dan merek produknya. Berikut ini adalah kisaran daftar harga gypsum berdasarkan merek, jenis, dan ketebalannya, yang didapatkan dari beberapa sumber:

Merek ProdukKetebalanUkuranHarga
Jayaboard Sheet Rock6,5 mm120 x 40 cmRp65,000
9 mmRp77,000
12 mmRp95,000
Jayaboard Firestop13 mm120 x 40 cmRp157,000
16 mmRp175,000
Jayaboard Wet-Area Optimum9 mm120 x 40 cmRp106,000
12 mmRp159,000
Jayaboard Indo Board9 mm120 x 40 cmRp65,000
Jayaboard Heatstop9 mm120 x 40 cmRp90,000
Elephant Standard9 mm120 x 40 cmRp60,000
12 mm120 x 40 cmRp80,000
Elephant Moisture9 mm120 x 40 cmRp70,000
Elephant Fire Resistant9 mm120 x 40 cmRp100,000
Aplus9 mm120 x 40 cmRp48,000
12 mmRp55,000
Aplus Water Resistant9 mm120 x 40 cmRp77,000
Aplus G-Strength9 mm120 x 40 cmRp57,000
Aplus Sound12 mm120 x 40 cmRp220,000
Knauf9 mm120 x 40 cmRp53,000
12 mmRp72,000
Knauf MoistureShield9 mm120 x 40 cmRp95,000
12 mmRp125,000
Gyproc9 mm120 x 40 cmRp65,000
12 mmRp95,000
Indoboard9 mm120 x 40 cmRp53,000
12 mmRp105,000

 

Baca Juga Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel ini, telah dibahas mengenai harga list gypsum per batang. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga list gypsum per batang dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti ukuran, merek, dan juga lokasi penjualan.

Namun, perlu diingat bahwa harga bukanlah satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli list gypsum. Kualitas dan kecocokan dengan kebutuhan proyek Anda juga merupakan faktor penting yang tidak boleh diabaikan.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli list gypsum, pastikan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai spesifikasi yang dibutuhkan dan juga mencari referensi mengenai merek dan produk yang paling tepat untuk proyek Anda.

Dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut, diharapkan Anda dapat memilih dan membeli list gypsum yang tepat dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik untuk memenuhi kebutuhan proyek Anda.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Harga List Gypsum Per Batang : UPDATE Terbaru yang dipublish pada October 1, 2023 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment