Harga Borongan Pasang Hebel

Harga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan : Terbaru

Qilat.idHarga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan. Saat ini, semakin banyak orang yang ingin membangun rumah impian mereka dengan biaya yang lebih terjangkau. Untuk itu, banyak pilihan bahan bangunan alternatif yang menawarkan kepraktisan dan keekonomisan, salah satunya adalah hebel. Hebel atau AAC (Autoclaved Aerated Concrete) adalah material bangunan ringan yang terbuat dari campuran semen, air, pasir, dan bahan aditif. Kebutuhan akan hebel semakin meningkat sehingga banyak jasa kontraktor yang menawarkan harga borongan pasang hebel plus bahan.

Pengertian Hebel

Hebel adalah jenis bata ringan yang terbuat dari campuran gypsum, pasir silika, semen, air kapur, dan bubuk aluminium. Campuran tersebut akan diawetkan dan dipadatkan melalui proses pemanasan atau tekanan tinggi menggunakan mesin bernama autoclave.

Hebel memiliki sifat kedap udara yang baik dan tahan terhadap api serta jamur, sehingga sering digunakan sebagai bahan untuk dinding baik dalam maupun luar ruangan. Nama “hebel” sebenarnya berasal dari merek dagang bata ringan tersebut. PT Hebel Indonesia di Jawa Barat adalah perusahaan pertama yang memproduksi bata ringan tersebut pada tahun 1995.

Kelebihan dan Kekurangan hebel

Setidaknya terdapat kelebihan dan Kekuarangan utama hebel atau bata ringan yang wajib kamu tahu. Simak di bawah ini :

Kelebihan

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan hebel yang dapat menjadi pertimbangan sebelum menggunakan bahan bangunan ini:

  1. Pemasangannya mudah dan cepat.
  2. Cocok sebagai material untuk bangunan tinggi dengan temperatur yang bervariasi. Selain itu, bangunan tinggi yang menggunakan hebel hanya butuh sedikit baja dan beton sebagai pondasi karena bobot hebel yang cukup ringan.
  3. Membutuhkan adukan semen yang lebih sedikit untuk menempelkan hebel karena jumlah sambungannya yang lebih sedikit.
  4. Cocok digunakan di daerah bersuhu rendah karena mampu menyimpan panas dengan baik.
  5. Memiliki struktur poros yang membuatnya lebih tahan api.
  6. Memiliki tingkat keakuratan pemotongan yang tinggi sehingga akan mengurangi sisa-sisa potongan yang terbuang.
  7. Material yang terbilang cukup efisien, memiliki dampak yang minim bagi lingkungan.
  8. Bobot ringan sehingga biaya angkut, lama pemasangan, dan proses pemasangan jadi jauh lebih efisien.
  9. Memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan batu bata sehingga proses pemasangan jadi jauh lebih cepat.
Baca juga:  Konstruksi Gudang Sederhana : Solusi Terbaik Untuk Penyimpanan

Kekurangan Hebel

Selain memiliki kelebihan, terdapat pula beberapa kekurangan dari hebel, antara lain:

  • Lebih rapuh dibandingkan batu bata merah sehingga pemasangannya harus hati-hati.
  • Proses pengeringan lama apabila proses pemasangan dilakukan di musim hujan. Selain itu, hebel juga memiliki potensi retak yang lebih besar jika dipasang pada musim hujan.
  • Membutuhkan perekat khusus. Harus dipasang oleh tukang berpengalaman dan ahli agar pemasangannya tepat dan kuat.
  • Memiliki daya serap air yang bagus, hal ini jadi masalah tersendiri karena apabila bangunan dibiarkan lembab dalam waktu lama maka hal ini akan membuatnya lebih cepat rusak.
  • Dijual dalam satuan kubik (m3), harga beli satuan atau eceran akan jadi lebih mahal.

Ukuran Standar Hebel

Sebelum membahas harga borongan pemasangan hebel beserta bahan, penting untuk mengetahui ukuran standar hebel terlebih dahulu. Dengan mengetahui ukuran yang ideal, Anda dapat menghitung kebutuhan hebel yang diperlukan untuk konstruksi dinding bangunan.

Di Indonesia, terdapat dua ukuran bata hebel yang umum digunakan sebagai bahan dinding rumah, yakni ukuran 7.5 cm x 20 cm x 60 cm atau 10 cm x 20 cm x 60 cm. Pemilihan ukuran hebel dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pemilik rumah.

Tentu saja, harga hebel per kubik di pasaran akan dipengaruhi oleh masing-masing ukuran yang dipilih. Oleh karena itu, sebaiknya dibahas terlebih dahulu dengan tukang atau pemborong mengenai pilihan ukuran hebel yang akan digunakan, dengan memperhatikan tingkat kekuatannya.

Harga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan

Perlu diperhatikan bahwa sistem kerja pekerja borongan pasang hebel plus bahan mengharuskan para pemborong atau kontraktor menyediakan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pemasangan. Sebagai pemilik rumah, Anda tidak perlu repot mencari dan membeli bahan material seperti hebel, lem perekat, dan lainnya secara mandiri.

Baca juga:  Cara Membuat Tiang Tandon Air dan Pemasangannya

Harga borongan pasang hebel plus bahan dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor di beberapa wilayah. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi harga borongan meliputi kondisi bidang pekerjaan, tingkat kompleksitas, serta risiko yang mungkin timbul selama proses pemasangan.

Meskipun demikian, perbedaan harga borongan pasang hebel tidak akan terlalu signifikan. Secara umum, para pekerja borongan pasang hebel plus bahan biasanya menetapkan harga mulai dari Rp 125.000 hingga Rp 150.000 per meter persegi.

Disamping itu, harga borongan pasang hebel juga dipengaruhi oleh ukuran, kualitas, dan merek material bata hebel serta perekatnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan tahan lama, disarankan untuk memilih material berkualitas yang meskipun harganya sedikit lebih tinggi. Oleh karena itu, disarankan agar Anda meminta kontraktor atau pemborong menggunakan material yang berkualitas tinggi.

Analisa Biaya Pasang Hebel Plus Bahan

Setelah mengetahui harga borongan pasang hebel plus bahan, penting untuk memahami bagaimana menghitung biaya pemasangan. Berikut ini kami akan memberikan analisis biaya pemasangan hebel menggunakan jasa pekerja borongan plus bahan untuk membantu Anda menghitung biaya yang dibutuhkan.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui total volume atau luas bidang pekerjaan yang akan dipasangi hebel. Misalnya, jika Anda akan memasang hebel pada dinding dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter, maka cara perhitungannya adalah sebagai berikut.

  1. Volume pekerjaan : Panjang x lebar.
  2. Volume pekerjaan : 6 m x 4 m = 24 m2.

Biaya Pasang Hebel

Selanjutnya, perlu dilakukan perhitungan total Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemasangan hebel menggunakan jasa pekerja borongan plus material. Cara perhitungannya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan dengan HARGA TENAGA BORONGAN BANGUNAN per meter persegi.

  1. Biaya pasang hebel : Volume pekerjaan x harga borongan.
  2. Biaya pasang hebel : 24 m2 x Rp 135.000 = Rp 3.240.000.
Baca juga:  Clamp adalah : Informasi Terlengkap

Berdasarkan data perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa total biaya yang dibutuhkan untuk memasang hebel pada dinding dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter menggunakan jasa pekerja borongan plus bahan adalah sekitar Rp 3.240.000.

Tips Memilih Hebel

Pada uraian di atas, telah dijelaskan secara detail mengenai rincian harga borongan pasang hebel plus bahan beserta analisa biaya pemasangannya. Untuk mendapatkan material hebel yang berkualitas, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih hebel.

  1. Pilihlah hebel jenis AAC.
  2. Pilih hebel dengan sertifikat SNI ataupun Internasional.
  3. Pilih hebel dengan warna putih bersih.
  4. Pilih hebel berkualitas meskipun harganya sedikit lebih mahal.
  5. Pilihlah hebel dengan ukuran presisi.
  6. Lakukan pengujian mutu sendiri.
  7. Pilih hebel yang memiliki masa garansi.

Penutup

Dalam menentukan harga borongan pasang hebel plus bahan, perlu mempertimbangkan berbagai faktor seperti ketersediaan bahan, jarak lokasi proyek, kompleksitas pekerjaan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, harga yang disepakati bisa bervariasi antara satu kontraktor dengan kontraktor lainnya.

Namun, sebagai calon konsumen, perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan harga yang wajar dan sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan ragu untuk membandingkan harga dari beberapa kontraktor dan pastikan untuk memilih yang memberikan penawaran terbaik dan paling transparan.

Terakhir, selalu pastikan untuk menanyakan secara detail mengenai spesifikasi bahan dan pekerjaan yang akan dilakukan serta jaminan yang diberikan. Dengan demikian, dapat meminimalisir risiko terjadinya masalah di kemudian hari.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Harga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan : Terbaru yang dipublish pada March 25, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment