Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter

UPDATE Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter : Terbaru

Qilat.id Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter. Harga borongan pagar tembok per meter merupakan salah satu pertimbangan utama bagi pemilik rumah atau properti dalam merencanakan pembangunan pagar. Pasalnya, harga borongan ini memengaruhi anggaran keseluruhan yang harus dikeluarkan untuk proyek pembangunan pagar.

Pembangunan pagar tembok dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan pagar yang kokoh dan tahan lama. Namun, sebelum memutuskan untuk membangun pagar tembok, perlu dipertimbangkan beberapa hal, salah satunya adalah harga borongan pagar tembok per meter.

Harga borongan pagar tembok per meter dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti bahan yang digunakan, kualitas konstruksi, tingkat kesulitan proyek, serta lokasi dan aksesibilitas proyek. Oleh karena itu, sebelum memulai proyek pembangunan pagar tembok, perlu dilakukan survei harga terlebih dahulu agar dapat menghitung anggaran yang dibutuhkan secara akurat.

Meskipun harga borongan pagar tembok per meter dapat bervariasi, perlu diingat bahwa kualitas konstruksi dan bahan yang digunakan harus menjadi prioritas utama dalam memilih kontraktor untuk proyek ini. Selain itu, perlu juga memastikan bahwa kontraktor yang dipilih memiliki reputasi yang baik dan telah memiliki pengalaman dalam proyek pembangunan pagar tembok.

Dalam rangka memperoleh hasil akhir yang memuaskan, sebaiknya pemilik rumah atau properti tidak hanya memperhatikan harga borongan pagar tembok per meter, tetapi juga faktor-faktor lain seperti kualitas konstruksi, keamanan, dan desain yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya arsitektur properti tersebut.

Komponen Pembuatan Pagar Tembok

Sebelum membahas harga borongan pagar tembok per meter lebih lanjut, sebaiknya dipahami terlebih dahulu beberapa komponen penting dalam pembuatan konstruksi bangunan tersebut. Beberapa komponen pembuatan pagar tembok ini akan masuk ke dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan.

Baca juga:  Cara Membuka Tutup Cat : ( 5,20,25 Kg ) Mudah Dan Efisien

Kebutuhan beberapa komponen seperti bahan material atau pekerja bangunan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemilik rumah. Berikut adalah rincian kebutuhan komponen pembuatan pagar tembok sebagai referensi:

  •  Bahan material, seperti bata merah, batako, beton, dan lain sebagainya, dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemilik rumah.
  •  Pekerja bangunan, seperti tukang batu, pekerja, kepala tukang, dan mandor, juga dapat disesuaikan dengan skala pekerjaannya, baik itu skala kecil ataupun skala besar.

Dengan memahami komponen pembuatan pagar tembok yang penting ini, pemilik rumah dapat menentukan kebutuhan dan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan pagar tembok yang diinginkan.

Bahan Material

Seperti dijelaskan di atas, penggunaan bahan material pembuatan pagar tembok sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah, mulai dari bata merah, batako, beton dan lain sebagainya. Misalkan kalian ingin membuat pagar tembok bata merah, di bawah ini akan kami berikan rincian kebutuhan bahan materialnya.

  • Bata merah 5 cm x 11 cm x 22 cm.
  • Semen portland.
  • Pasir pasang.
  • Kapur padam.

Pekerja Bangunan

Salah satu alasan mengapa kami sangat menyarankan penggunaan pekerja borongan adalah karena HARGA TENAGA BORONGAN BANGUNAN yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pekerja harian.

Pemilihan tukang atau pekerja bangunan pembuatan pagar tembok dapat disesuaikan dengan skala pekerjaannya, baik itu skala kecil atau skala besar. Beberapa jenis pekerja pembuatan pagar tembok menurut Standar Nasional Indonesia (SNI) antara lain:

  • Tukang batu.
  • Pekerja.
  • Kepala tukang.
  • Mandor.

Pemilik rumah atau properti sebaiknya memilih pekerja yang sesuai dengan kebutuhan proyek pembangunan pagar tembok. Selain itu, perlu dipastikan bahwa pekerja yang dipilih memiliki pengalaman dan kualifikasi yang memadai untuk menjamin kualitas dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan proyek.

Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter

Harap diketahui bahwa besaran harga borongan pagar tembok per meter dapat berbeda-beda di setiap daerah. Perbedaan tarif tenaga borongan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi bidang pekerjaan, harga material, tingkat kesulitan atau kerumitan, serta risiko pemasangannya.

Baca juga:  Bagian Main Frame Scaffolding dan Kegunaannya : Terlengkap

Meskipun demikian, selisih perbedaan harga borongan di masing-masing wilayah tidak akan terlalu jauh. Sebagai bahan pertimbangan, kami akan memberikan analisa harga borongan pagar tembok per meter menggunakan bata merah campuran 1 PC: 5 PS, mulai dari kebutuhan material hingga upah pekerja bangunannya. Diharapkan analisa ini dapat membantu pemilik rumah atau properti dalam merencanakan anggaran untuk proyek pembangunan pagar tembok.

NoUraianKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
ABahan Material
Bata merah 5 cm x 11 cm x 22 cm700,000bhRp1,500Rp105,000
Semen portland96,800kgRp1,450Rp14,036
Pasir pasang0.0450m3Rp400,000Rp18,000
Jumlah Harga BahanRp137,036
BTenaga
Tukang batu0.3000OHRp95,000Rp28,500
Pekerja0.1000OHRp100,000Rp10,000
Kepala tukang0.0100OHRp115,000Rp1,150
Mandor0.0150OHRp130,000Rp1,950
Jumlah Tenaga KerjaRp41,600
CJumlah (A + B)Rp178,636
DOverhead & Profit% x C10Rp17,863
ETotal Harga BoronganRp196,499

Berdasarkan data analisa di atas, total harga borongan pagar tembok per meter perseginya adalah sekitar Rp 190.000 hingga Rp 210.000. Harap diingat bahwa harga borongan tersebut sudah termasuk biaya material dan upah pekerja, sehingga pemilik rumah tidak perlu repot-repot mempersiapkan bahan material untuk proyek pembangunan pagar tembok. Analisa ini dapat menjadi acuan bagi pemilik rumah atau properti dalam menghitung anggaran secara akurat untuk proyek pembangunan pagar tembok.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Pagar Tembok

Setelah mengetahui besaran harga borongan, selanjutnya perlu dipahami berapa besar biaya yang diperlukan untuk membuat pagar tembok di rumah. Untuk itu, kami akan memberikan tata cara menghitung biaya pembuatan pagar tembok menggunakan pekerja borongan plus material. Diharapkan cara ini dapat membantu pemilik rumah atau properti dalam menghitung anggaran secara akurat untuk proyek pembangunan pagar tembok.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama, hitunglah terlebih dahulu volume atau luas bidang pekerjaan untuk pembangunan pagar tembok. Misalkan, jika Anda ingin membuat pagar tembok sepanjang 10 meter dan tingginya 2,5 meter, maka tata cara menghitungnya adalah sebagai berikut.

Baca juga:  4 Cara Menghitung Kebutuhan Pasir : Bahan Bangunan

Diketahui :

  • Panjang pagar tembok : 10 m.
  • Tinggi pagar tembok : 2.5 m.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x tinggi pagar.
  • Volume pekerjaan : 10 m x 2.5 m = 25 m2.

Biaya Pembuatan Pagar Tembok

Langkah selanjutnya adalah menghitung total biaya pembuatan pagar tembok bata menggunakan pekerja borongan. Caranya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan pagar tembok per meter persegi.

  • Biaya pembuatan pagar tembok : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pembuatan pagar tembok : 25 m2 x Rp 200.000 = Rp 5.000.000.

Dengan cara tersebut, maka total biaya yang diperlukan untuk membuat pagar tembok bata sepanjang 10 meter dan tinggi 2,5 meter menggunakan pekerja borongan adalah sekitar Rp 5.000.000. Kami menyarankan untuk menggunakan bata merah berkualitas meskipun harganya sedikit lebih mahal untuk memastikan kualitas dan ketahanan pagar tembok yang dibangun.

Harga Borongan Bangunan per M2

Pengerjaan sistem borongan seringkali dipilih karena dianggap lebih mudah dan efisien. Namun, ketika mencari pekerja borongan bangunan, perlu cermat dan teliti agar tidak membayar harga yang terlalu tinggi. Harga borongan bangunan per meter persegi adalah harga yang diberikan oleh pekerja jika pekerjaan yang dikerjakan hanya per bagian, bukan keseluruhan. Contohnya adalah pekerjaan pengecatan, pemasangan keramik lantai, pemasangan plafon, dan lain-lain.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan pekerja borongan, penting untuk memperhatikan daftar harga borongan bangunan berikut.

Penutup

Dalam memilih harga borongan pagar tembok per meter, pastikan untuk mempertimbangkan kualitas material, reputasi tukang, serta harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh pagar tembok yang berkualitas dan tahan lama, serta memberikan keamanan dan privasi yang diinginkan.

Itulah ulasan mengenai Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter, Semoga bermanfaat

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul UPDATE Harga Borongan Pagar Tembok Per Meter : Terbaru yang dipublish pada March 25, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment