Desain Rumah Minimalis Type 36

16 Desain Rumah Minimalis Type 36 : Sederhana dan Minimalis

Qilat.id 16 Desain Rumah Minimalis Type 36 : Sederhana dan Minimalis, desain rumah minimalis tipe 36 seringkali diincar oleh masyarakat di Indonesia. Dengan ukuran bangunan sekitar 36 meter persegi, rumah minimalis tipe 36 menjadi alternatif bagi mereka yang menginginkan rumah yang tidak terlalu besar namun tetap nyaman untuk ditempati.

Harga yang terjangkau menjadi alasan utama mengapa banyak orang tertarik membangun rumah tipe ini.

Kemudahan perawatannya juga menjadi pertimbangan lain yang harus dipertimbangkan ketika memilih untuk membangun rumah tipe 36.

Harap dicatat bahwa rumah tipe ini termasuk dalam kategori atau klasifikasi rumah minimalis. Meskipun berukuran kecil, namun bukan berarti rumah ini tidak nyaman untuk dihuni.

Saat ini, banyak arsitek yang telah menemukan cara elegan untuk mengatasi keterbatasan ruang pada rumah tipe ini.

Untuk memberikan inspirasi dalam membangun rumah impian, berikut beberapa contoh desain rumah minimalis tipe 36 yang dapat dijadikan referensi.

Desain Rumah Minimalis Type 36 dari Sederhana & Modern

Desain Rumah Minimalis Type 36

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meskipun rumah tipe ini memiliki ukuran yang kecil, namun masih bisa memberikan kesan yang lebih luas. Hal ini dapat dicapai dengan perencanaan denah ruangan dan penentuan kebutuhan yang tepat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pembahasan yang dapat diikuti.

Baca juga:  Ukuran Tinggi Tangga 4 Meter : Yang Ideal

Desain Rumah Minimalis Type 36

Desain Rumah Minimalis Type 36

Rumah minimalis tipe 36 dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan desain, baik itu untuk 1 lantai maupun 2 lantai. Berikut beberapa contoh desain rumah minimalis tipe 36 yang bisa dijadikan referensi, mulai dari yang sederhana, modern, hingga mewah.

Rumah Minimalis Type 36 Standar

Desain Rumah Minimalis Type 36

Rumah tipe 36 standar umumnya dibangun di atas lahan seluas 60 m2 dengan rincian 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang makan, serta area untuk jemuran atau halaman belakang.

Rumah ini memiliki kamar tidur utama yang lebih besar daripada kamar tidur lainnya. Walaupun bangunannya tidak terlalu luas, namun memiliki desain yang memadukan area dapur dengan ruang makan.

Rumah Minimalis Type 36 di Pedesaan

Desain Rumah Minimalis Type 36

Rumah minimalis yang dibangun di pedesaan mungkin terlihat tidak biasa, tetapi saat ini sudah menjadi hal yang umum. Bentuk hunian tersebut dapat disesuaikan dengan selera pemiliknya. Selain itu, desain ini juga dapat memberikan kesan elegan dengan nuansa klasik.

Rumah Minimalis Type 36 Dapur Terbuka

Desain Rumah Minimalis Type 36

Desain umum rumah minimalis tipe 36 menempatkan dapur di area terbuka untuk menjaga sirkulasi udara di dalam rumah. Namun, jika ingin membangun rumah dengan konsep ini, disarankan untuk membuat tembok atau dinding untuk menutupnya agar keamanan dan kebersihan area dapur tetap terjaga.

Rumah Minimalis Type 36 Sederhana

Desain Rumah Minimalis Type 36

Jika ingin membangun rumah dengan anggaran terbatas, desain rumah tipe 36 sederhana dapat dipertimbangkan. Hunian ini memiliki ruang tamu dan ruang keluarga yang terhubung dengan penyekat berupa lemari atau rak buku.

Rumah Minimalis Type 36 dengan Tempat Parkir

Desain Rumah Minimalis Type 36

Jika memiliki lahan atau tanah dengan bentuk memanjang, desain rumah ini bisa dijadikan inspirasi. Area depan rumah dapat dimanfaatkan sebagai taman dan tempat parkir yang luas. Dilihat dari depan, rumah ini memberikan kesan rapi dan tertata.

Baca juga:  Estimasi Biaya Instalasi Listrik Per Titik : Update Terbaru

Rumah Minimalis Type 36 dengan Halaman Samping

Hunian dengan halaman luas memberikan banyak manfaat bagi penghuninya. Halaman tersebut dapat digunakan untuk aktivitas outdoor dan anak-anak dapat bermain dengan bebas tanpa harus keluar dari rumah.

Rumah Minimalis Type 36 dengan Batu Alam

Untuk memberikan kesan mewah pada hunian, dapat menggunakan batu alam sebagai pelapis dinding bagian depan. Selain itu, model dua daun pintu juga dapat menambah kesan eksklusif pada rumah.

Rumah Minimalis Type 36/60

Rumah tipe ini dibangun di atas lahan seluas 60 m2 dan biasanya menyediakan tempat parkir kendaraan yang luas. Desain umumnya adalah rumah minimalis tipe 36.

Rumah Minimalis Type 36/78

Ventilasi udara yang cukup merupakan syarat penting bagi sebuah rumah yang nyaman untuk dihuni. Oleh karena itu, penataan ruang pada rumah harus diperhatikan dengan baik. Desain rumah di atas dapat dijadikan inspirasi dalam membangun hunian yang layak untuk ditinggali.

Rumah Minimalis Type 36/108

Rumah selanjutnya dibangun di atas lahan seluas 108 meter persegi. Dengan lahan yang cukup luas, pembangunan dapat dilakukan secara bertahap sehingga dapat menghemat biaya untuk persiapan pembangunan secara keseluruhan.

Rumah Minimalis Type 36 dengan Koridor Pintu Masuk

Denah rumah ini cukup unik karena terdapat koridor di area pintu masuk utama. Koridor tersebut dapat digunakan untuk meletakkan rak sepatu atau peralatan lainnya seperti payung atau jas hujan.

Area ini dapat dimanfaatkan untuk menempatkan bunga-bungaan atau tanaman lainnya sehingga dapat meningkatkan kualitas sirkulasi udara di dalam rumah.

Rumah Minimalis Type 36 dengan Tempat Parkir Kecil

Rumah dengan tempat parkir kendaraan yang kecil dapat dibangun. Lahan yang tersisa dapat dimanfaatkan untuk membangun taman yang dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.

Baca juga:  Cara Membuat Cakar Ayam : Untuk Pondasi Bangunan

Rumah Minimalis Type 36 dengan Jendela Besar

Ukuran jendela mempengaruhi kondisi udara di dalam rumah. Oleh karena itu, desain rumah minimalis tipe 36 dapat dilengkapi dengan jendela yang besar untuk memperbaiki sirkulasi udara di dalam rumah.

Jendela besar pada rumah dapat memberikan pencahayaan yang baik dan membuat rumah terang. Namun, rumah tersebut juga dapat terasa panas pada siang hari karena sinar matahari yang masuk melalui jendela.

Rumah Minimalis Type 36 2 Lantai

Desain rumah tipe 36 dengan 2 lantai dapat dijadikan inspirasi bagi keluarga kecil yang ingin membangun rumah. Biasanya, rumah ini memiliki 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi yang terletak di lantai bawah dan atas. Konsep rumah ini memiliki kelebihan yaitu simpel, rapi, dan mengakomodasi semua kebutuhan ruangan.

Rumah Minimalis Type 36 Modern

Rumah tipe 36 dengan konsep minimalis modern akan terlihat elegan dan mewah. Rumah ini dapat memiliki 2 kamar tidur besar, 1 ruang tamu dan makan tanpa sekat, 1 dapur, serta 1 kamar mandi. Tambahan carport dan taman kecil dapat membuat rumah terlihat semakin menarik.

Penutup

Desain rumah minimalis tipe 36 menawarkan kepraktisan dan kemudahan dalam perawatan rumah. Namun, sebelum memutuskan untuk menerapkannya pada rumah Anda, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan, preferensi pribadi, ketersediaan anggaran, dan waktu.

Itulah pembahasan dari qilat.id mengenai Desain Rumah Minimalis Type 36. Semoga bermanfaat.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 16 Desain Rumah Minimalis Type 36 : Sederhana dan Minimalis yang dipublish pada May 11, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment