Harga Abu Batu

Harga Abu Batu : Spesifikasi dan Fungsi Abu Batu

Qilat.id –  Harga Abu Batu : Spesifikasi dan Fungsi Abu Batu. Pasir adalah komponen penting dalam proses konstruksi bangunan. Namun, sayangnya tidak sedikit masyarakat yang mengalami kerugian akibat ulah tidak bertanggung jawab dari oknum penjual pasir yang menjual pasir dengan kualitas buruk.

Penggunaan pasir berkualitas buruk dalam pembangunan rumah atau gedung tentu tidak tepat. Oleh karena itu, sebagian orang mencoba untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan abu batu sebagai campuran pasir berkualitas rendah.

Abu batu adalah partikel kecil dan serbuk debu batu yang terbentuk dari proses penghancuran batu yang biasanya digunakan sebagai bahan konstruksi. Sumber abu batu diperoleh dari hasil produksi tambang seperti gunung batu.

Bicara mengenai abu batu, pada kesempatan kali ini qilat.id akan menyajikan informasi terkait harga, spesifikasi, fungsi, serta keunggulan abu batu. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak ulasan berikut ini.

Pengertian dari Abu Batu

Pada pandangan awal, abu batu bisa saja disangka sebagai pasir biasa yang tidak berasal dari batuan.

Abu batu atau stone dust adalah bahan konstruksi yang terbuat dari agregat buatan yang merupakan pengisi mineral dengan ukuran partikel biasanya di bawah 0,075 mm. Bahan ini dihasilkan sebagai sampingan atau olahan dari batu pecah menggunakan mesin stone crusher.

Abu batu memiliki tekstur butiran halus yang tajam dan berwarna abu-abu. Bahan ini memiliki sifat yang tahan lama, keras, dan mengandung unsur pozzolan yang terdiri dari senyawa silika dan alumina yang tidak bereaksi dengan semen. Namun, jika dicampur dengan air, abu batu dapat berubah menjadi massa padat yang kokoh.

Baca juga:  Harga Closet Jongkok : Murah Berkualitas

Bagi orang awam, mungkin sulit untuk membedakan, tetapi ternyata supplier bahan bangunan menyediakan abu batu dengan ukuran partikel yang berbeda dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ukuran partikel abu batu yang tersedia bervariasi mulai dari yang terkecil 0 mm hingga 5 mm.

Komposisi abu batu bergantung pada jenis batuan yang diolah menggunakan mesin stone crusher. Jika batu granit yang diolah, maka komposisi abu batu akan terdiri dari batu granit. Jika yang diolah adalah batu kapur, maka komposisi abu batu akan terdiri dari batu kapur.

Fungsi dari Abu Batu

Berikut ini adalah beberapa fungsi abu batu yang telah kami susun.

1. Sebagai Material Utama Batako Press

Salah satu fungsi utama abu batu adalah sebagai bahan utama dalam pembuatan batako press yang dicampur dengan semen Portland Cement (PC).

2. Sebagai Pengganti Pasir

Ketika sedang mengerjakan proyek di area yang tidak memiliki pasokan pasir yang mencukupi, abu batu dapat digunakan sebagai pengganti pasir yang efektif.

Abu batu dapat digunakan sebagai pengganti pasir pada lapisan dasar pemasangan paving block. Paving block atau juga dikenal dengan concrete block menjadi alternatif pengeras jalan dan halaman rumah yang banyak diminati sejak lama.

Paving block tersedia dalam berbagai ukuran, warna, dan corak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain ramah lingkungan, paving block juga dianggap efektif dalam mencegah banjir karena air dapat meresap melalui celah-celah pada susunan paving block.

Pada pemasangan paving block, disarankan menggunakan abu batu sebagai lapisan dasar daripada pasir. Hal ini disebabkan karena abu batu memiliki sifat pengikat yang lebih kuat dan akan semakin mengeras jika terkena air. Risiko penurunan (amblas) pada paving block yang menggunakan pasir lebih tinggi karena pasir mudah larut jika terkena air.

Baca juga:  4 Cara Menghitung Kebutuhan Pasir : Bahan Bangunan

Agar paving block memiliki kuat tekan yang memadai, direkomendasikan untuk menggunakan perbandingan komposisi 1PC:6 abu batu dengan kekuatan tekanan sebesar 200 Kg/Cm2.

3. Sebagai Kombinasi Bahan Bangunan

Abu batu dapat dicampurkan ke dalam campuran semen untuk menghasilkan tekstur yang lebih padat dan kuat. Selain itu, penggunaan abu batu juga dapat menghemat penggunaan pasir dan semen.

Jika dicampurkan ke dalam bahan campuran beton, abu batu lebih cocok daripada pasir karena memiliki ukuran partikel yang lebih halus, sehingga dapat mengurangi jumlah udara pada beton dan meningkatkan kualitas kekuatan beton.

Sebagai hasilnya, campuran beton dengan abu batu akan lebih berkualitas dan memiliki kekuatan yang lebih baik.

4. Campuran Tanah untuk Menambah Kesuburan

Sebagai informasi tambahan, abu batu tidak hanya digunakan sebagai bahan bangunan, tetapi juga memiliki fungsi lain. Banyak petani yang menambahkan abu batu (yang berasal dari batuan vulkanik) ke dalam tanah karena dianggap dapat meningkatkan kesuburan tanah dan mengubah tingkat pH tanah.

Dengan demikian, abu batu memiliki peran penting dalam pertanian dan dapat membantu meningkatkan kualitas hasil panen.

Di area tanah yang telah ditanami secara intensif atau di area dengan iklim tropis, masalah demineralisasi seringkali menjadi masalah besar. Namun, penggunaan abu batu (batuan vulkanik) dianggap sebagai solusi ideal untuk masalah ini karena dapat memberikan mineral dan mengembalikan kehidupan pada tanah.

Hal ini membantu ekosistem tanah menjadi lebih sehat dan mampu mendukung pertumbuhan tanaman.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa abu batu dari batuan vulkanik memiliki energi paramagnetisme yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. Namun, tidak semua petani percaya dengan konsep ini.

Kelebihan dari Abu Batu

Abu batu memiliki beberapa keunggulan yang dapat disebutkan sebagai berikut:

1. Daya Rekat Lebih Baik dan Kuat

Salah satu keunggulan abu batu adalah memiliki daya rekat atau ikat yang lebih baik dan kuat dibandingkan dengan pasir. Hal ini disebabkan oleh tekstur abu batu yang sangat tajam. Sedangkan pasir mudah larut jika terkena air, abu batu justru semakin mengeras dan kuat saat terkena air

Baca juga:  Macam-Macam Sambungan Pipa Besi : Jenis & Pemasangan

2. Tidak Mudah Ditumbuhi Rumput

Penggunaan abu batu dalam campuran bahan bangunan juga dapat mencegah tumbuhnya rumput di antara celah paving block atau pori-pori beton.

3. Dapat Mengurangi Jumlah Penggunaan Semen

Dengan menggunakan abu batu, penggunaan semen menjadi lebih efisien. Sebaliknya, jika menggunakan pasir, kebutuhan semen akan meningkat secara signifikan.

4. Ukuran Partikel Abu Batu Sangat Kecil

Kelebihan lainnya adalah kemudahan penggunaannya karena ukuran abu batu yang sangat kecil seperti debu. Sehingga, abu batu tidak perlu diayak lagi sebelum digunakan. Hal ini membuat penggunaannya menjadi lebih praktis.

5. Mudah Didapatkan

Bagi yang memerlukan abu batu, saat ini mudah ditemukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Namun, harga abu batu dapat berbeda-beda di setiap daerah.

6. Harga Relatif Terjangakau

Salah satu keunggulan terakhir dari abu batu adalah harganya yang cukup terjangkau. Harga abu batu lebih ekonomis dibandingkan dengan harga pasir pada umumnya. Oleh karena itu, penggunaan abu batu dapat menjadi pilihan yang efisien dan menguntungkan.

Harga Abu Batu

Untuk harga abu batu, bahan ini dijual per kubik yang dimuat dengan engkel, truk colt diesel, dan tronton. Berikut adalah rincian harga yang dapat dilihat di bawah ini:

  • Harga Per Kubik Muatan Engkel = Rp 1.200.000 (Muatan 3,5-4 kubik)
  • Harga Per Kubik Muatan Truk Colt Diesel = Rp 1.800.000 (Muatan 6,5-7 kubik)
  • Harga Per Kubik Muatan Tronton = Rp 5.200.000 (Muatan 22-24 kubik)

Penutup

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai harga abu batu terbaru yang dapat Anda simak di atas. Selain itu, qilat.id juga memberikan informasi lain mengenai spesifikasi dan keunggulan abu batu.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan Anda semua.

 

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Harga Abu Batu : Spesifikasi dan Fungsi Abu Batu yang dipublish pada February 2, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment