Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter

Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter : Aman & Nyaman

Qilat.id – Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter : Aman & Nyaman. Tangga merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah rumah, terutama pada rumah dengan tingkat atau lantai yang lebih dari satu. Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat merancang tangga adalah ukuran yang tepat. Ukuran tangga rumah tinggi 3 meter perlu dipertimbangkan dengan baik agar dapat digunakan dengan nyaman dan aman.

Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan ukuran tangga rumah tinggi 3 meter, seperti lebar tangga, ketinggian tiap anak tangga, dan sudut kemiringan tangga. Selain itu, faktor seperti jenis bahan yang digunakan dan desain tangga juga dapat mempengaruhi ukuran yang dibutuhkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang ukuran tangga rumah tinggi 3 meter yang ideal untuk digunakan. Dengan mengetahui ukuran yang tepat, kita dapat memastikan bahwa tangga yang dibangun aman, nyaman, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna rumah.

Syarat Tangga Rumah Aman

Sebagai pemilik rumah, arsitek, atau kontraktor, penting untuk memperhatikan unsur keamanan saat merancang tangga rumah. Ada beberapa ukuran yang perlu diperhatikan agar tangga aman dan nyaman digunakan.

Pertama, tinggi antar anak tangga (trap) maksimal 20 cm, sehingga tidak terlalu tinggi saat dilangkahi. Kedua, lebar anak tangga (trap) minimal 30 cm, menyesuaikan dengan lebar langkah kaki. Bila kurang dari angka tersebut, tangga menjadi terlalu sempit dan bisa berisiko terjatuh.

Ketiga, lebar tangga secara keseluruhan minimal 120 cm bila dibuat simpangan, sehingga bisa dilewati oleh dua orang. Untuk lebih meningkatkan keamanan, tangga juga bisa dilengkapi dengan railing tangga untuk menjaga langkah pengguna agar tidak terpeleset.

Pastikan juga jarak antar railing tidak terlalu lebar untuk mencegah anak kecil jatuh melewati railing atau dinding tangga.

Baca juga:  Harga Borongan Baja Ringan : UPDATE Terbaru

Jika ingin mengganti railing dengan dinding, pastikan tangga dibuat lebih mendalam dan berbentuk lurus ke atas. Dengan memperhatikan ukuran-ukuran tersebut, kita dapat memastikan bahwa tangga rumah yang dibangun aman dan nyaman digunakan oleh penghuni rumah.

Rumus Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter

Untuk menghitung ukuran tangga rumah dengan tinggi 3 meter, perlu diketahui jumlah, lebar, dan tinggi setiap anak tangga. Untuk model tangga lurus, menghitung jumlah anak tangga cukup mudah.

Pertama, ubah tinggi tangga menjadi satuan sentimeter. Dalam hal ini, tinggi tangga adalah 300 cm.

Kedua, tentukan tinggi antar anak tangga (trap) yang ideal, yaitu maksimal 20 cm. Dalam hal ini, tinggi antar anak tangga adalah 300/20 = 15 anak tangga.

Ketiga, tentukan lebar anak tangga (trap) yang ideal, yaitu minimal 30 cm. Dalam hal ini, lebar anak tangga adalah 100 cm/15 = 20 cm.

Dengan menggunakan rumus tersebut, kita dapat menghitung ukuran tangga rumah dengan tinggi 3 meter antar lantai. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain seperti jenis bahan dan desain tangga untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna.

1. Menghitung Jumlah Anak Tangga

Menghitung jumlah anak tangga sangatlah penting dalam proses mendesain tangga rumah agar nyaman dan aman. Rumus yang digunakan adalah tinggi tangga dibagi dengan tinggi maksimal trap, yaitu 20 cm. Sebagai contoh, untuk ketinggian tangga sebesar 3 meter atau 300 cm, kita harus membagi 300 dengan 20, sehingga hasilnya adalah 15 anak tangga.

Penting untuk diperhatikan bahwa setiap anak tangga harus memiliki ukuran yang sama untuk memastikan tangga aman saat dilangkahi. Oleh karena itu, desainer harus mempertimbangkan ukuran yang tepat dan proporsional untuk setiap anak tangga. Dengan demikian, pengguna tangga dapat merasa nyaman dan aman saat naik atau turun tangga.

2. Menghitung Ukuran Anak Tangga

Setelah menghitung jumlah anak tangga yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menghitung ukuran setiap anak tangga. Rumus yang digunakan adalah tinggi tangga dibagi dengan jumlah anak tangga. Sebagai contoh, jika tinggi tangga sebesar 300 cm dan jumlah anak tangga yang dibutuhkan adalah 15, maka ukuran setiap anak tangga adalah 300/15, sehingga setiap anak tangganya memiliki tinggi sebesar 20 cm.

Baca juga:  Cara Membuat Batako: Secara Manual

Selain itu, tangga rumah juga dapat dilengkapi dengan bordes atau tempat istirahat saat melewati tangga. Bordes ini biasanya memiliki ukuran sekitar 90 cm. Dengan adanya bordes, pengguna tangga dapat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan naik atau turun tangga.

3. Menghitung Panjang Tangga

Langkah terakhir dalam mendesain tangga rumah adalah menghitung panjang tangganya. Untuk menghitung panjang tangga, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut: (lebar anak tangga x jumlah anak tangga) + bordes.

Sebagai contoh, jika lebar anak tangga adalah 30 cm dan jumlah anak tangga yang dibutuhkan adalah 15, dan bordes memiliki ukuran 90 cm, maka panjang tangga dapat dihitung sebagai (30 cm x 15) + 90 cm = 540 cm atau 5,4 m.

Namun, jika tangga terlalu luas, maka dapat digunakan tangga bolak-balik dua arah. Rumus yang digunakan adalah (lebar anak tangga x jumlah anak tangga) / 2 + bordes.

Sebagai contoh, jika lebar anak tangga adalah 30 cm dan jumlah anak tangga yang dibutuhkan adalah 15, dan bordes memiliki ukuran 90 cm, maka panjang tangga bolak-balik dapat dihitung sebagai (30 cm x 15) / 2 + 90 cm = 315 cm atau 3,15 m.

Dengan menghitung panjang tangga dengan cermat, desainer dapat memastikan bahwa tangga rumah dibangun sesuai dengan ukuran yang sesuai dan dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

4. Menghitung Kemiringan Tangga

Kemiringan tangga merupakan dimensi penting yang perlu diperhatikan dalam mendesain tangga rumah. Meskipun pada rumah minimalis terdapat keterbatasan lahan, namun dengan menggunakan desain tangga lurus, Anda tetap dapat mendapatkan tangga rumah yang ideal serta aman dan nyaman untuk digunakan.

Rumus perhitungan kemiringan tangga juga dapat digunakan dengan mudah. Sebagai contoh, jika tinggi tangga adalah 3 meter dengan panjang tangga sebesar 3,15 meter, maka Anda dapat membagi ketinggian tangga dengan panjang tangga seperti berikut:

Baca juga:  Harga Besi H Beam : Ukuran, dan Berat Lengkap

3 meter / 3,15 meter = 0,9

Koefisien kemiringan tangga yang diperlukan adalah 0,9. Hal ini menunjukkan bahwa kemiringan tangga Anda berada pada rentang antara 45 hingga 75 derajat.

Dengan memperhatikan kemiringan tangga yang tepat, pengguna tangga dapat merasa nyaman dan aman saat naik atau turun tangga. Oleh karena itu, desainer harus memperhatikan dimensi ini dalam mendesain tangga rumah yang ideal.

5. Menentukan Ukuran Bordes

Bordes merupakan area istirahat pada struktur tangga rumah. Jika Anda merancang tangga dengan jumlah anak tangga lebih dari 12 anak tangga, disarankan untuk membuat bordes pada denah tangga. Namun, berapa ukuran bordes yang ideal?

Ukuran bordes dari segi panjang dapat bervariasi, namun umumnya orang membuat bordes dengan ukuran antara 80 cm hingga 120 cm. Anda dapat menyesuaikan ukuran bordes dengan ukuran tangga rumah Anda. Namun, untuk memastikan bahwa bordes tangga Anda nyaman digunakan, pastikan lebar bordes minimal 1 meter atau lebih.

Perencanaan tangga yang baik sangatlah penting untuk memastikan Anda mendapatkan tangga rumah yang ideal, terutama bagi mereka yang memiliki hunian minimalis dan ruang yang terbatas. Beberapa elemen yang harus diperhitungkan dalam perencanaan tangga antara lain kemiringan tangga, lebar pijakan, jumlah dan ukuran anak tangga, serta bordes.

Penutup

Dalam mendesain tangga rumah tinggi 3 meter, perhitungan ukuran tangga yang tepat yang telah dibahas qilat.id sangatlah penting untuk memastikan tangga yang dibangun aman dan nyaman digunakan. Beberapa elemen yang harus diperhatikan dalam perencanaan tangga meliputi kemiringan tangga, lebar pijakan, jumlah dan ukuran anak tangga, serta bordes.

Selain itu, pembangunan tangga juga harus mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan pengguna. Salah satu cara untuk memastikan hal ini adalah dengan menggunakan tangga scaffolding yang aman dan praktis untuk digunakan. Semoga bermanfaat.

 

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter : Aman & Nyaman yang dipublish pada April 17, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment