Solusi Bocor Dipermuan Atap dan Dinding

Tips & Solusi Bocor Dipertemuan Atap dan Dinding

Qilat.id – Tips & Solusi Bocor Dipertemuan Atap dan Dinding. Bocor di pertemuan atap dan dinding dapat menjadi masalah serius bagi pemilik rumah. Bocor tersebut dapat menyebabkan kerusakan struktural, kelembaban, dan bahkan berkembang menjadi masalah kesehatan yang serius. Namun, ada beberapa solusi yang dapat membantu mengatasi masalah bocor di pertemuan atap dan dinding. Berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Apa Penyebab Atap Bocor?

Sebelum membahas solusi bocor dipertemuan atap dan dinding, penting untuk mengetahui penyebab kebocoran pada rumah agar proses perbaikan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Berikut adalah beberapa penyebab kebocoran pada rumah yang perlu diketahui:

  • Kerusakan pada genting
    Kerusakan pada genting adalah penyebab utama kebocoran pada rumah. Genting yang telah lama dipasang dapat menjadi rapuh dan menyebabkan keretakan. Keretakan inilah yang akhirnya memungkinkan air masuk dengan mudah dan menyebabkan kebocoran.
  • Pergeseran genting
    Pemasangan genting yang tidak baik dapat menyebabkan genting bergeser atau melorot. Hal ini dapat menyebabkan celah pada atap. Ketika celah ini terlalu besar, maka air hujan dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah dan menyebabkan kebocoran.
  • Talang air yang tersumbat
    Penyumbatan pada talang air dapat terjadi akibat penumpukan kotoran seperti dedaunan dan ranting. Talang air yang tersumbat dapat membuat genangan air di atap rumah. Lama-kelamaan, genangan air ini dapat masuk ke dalam rumah melalui celah atau retakan dan menyebabkan kebocoran.
  • Keretakan pada kerpus
    Kerpus adalah bagian yang menghubungkan nok dan genting pada puncak atap rumah. Kerpus terbuat dari campuran adonan pasir dan semen. Pemasangan kerpus yang tidak baik dapat menyebabkan keretakan di kemudian hari. Keretakan pada kerpus dapat membuat air hujan merembes ke dalam rumah dan menyebabkan kebocoran.
Baca juga:  Talud Adalah : Arti & Fungsinya untuk Mencegah Longsor

Rumah Bocor

Untuk mencegah terjadinya atap rumah yang bocor, sebaiknya dilakukan sejak awal pembangunan. Berikut adalah beberapa tips dari A-Top Roofing & Construction solusi bocor dipertemuan atap dan dinding

  • Periksa kondisi atap secara berkala
    Perhatikan apakah kondisi atap rumah masih dalam keadaan baik atau sudah mulai mengalami retak halus. Segera perbaiki keretakan pada atap yang retak dengan menggunakan sealant.
  • Cek bagian pertemuan antara atap dan dinding
    Periksa dengan teliti bagian pertemuan antara atap dengan dinding. Bagian ini umumnya akan mengalami keretakan seiring dengan bertambahnya usia bangunan. Tutuplah setiap bagian dinding yang retak dengan menggunakan sealant lalu aplikasikan waterproofing untuk mengurangi risiko terjadinya kebocoran.
  • Periksa dan bersihkan talang air secara berkala
    Bersihkan talang air secara berkala dan buang kotoran yang masuk ke dalamnya, supaya kotoran tersebut tidak membuat talang menjadi mampet dan membuat air hujan tidak dapat mengalir secara sempurna. Potonglah dahan pohon yang sudah terlalu tinggi dan terlalu dekat dengan atap rumah, supaya dahan dan daun tidak terlalu cepat mengotori talang air di atap.

Dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala, atap rumah Anda dapat terhindar dari kerusakan dan kebocoran yang bisa menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

Solusi Bocor di Pertemuan Atap dan Dinding

Kebocoran pada pertemuan antara atap dan dinding sering terjadi karena proses penyambungan antara keduanya memerlukan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi. Namun, jangan khawatir karena kami memiliki beberapa solusi bocor dipertemuan atap dan dinding  yang bisa kalian coba.

  • Pasang talang
    Salah satu cara untuk mengatasi kebocoran pada pertemuan atap dan dinding adalah dengan memasang talang di bawah lapisan penutup atap. Pastikan talang saling bertumpuk minimal 10 cm dan tutup bagian tersebut dengan campuran semen, pasir, dan air dengan perbandingan 1:2:3. Pastikan lapisan atap tertutup rapat dan tidak ada celah.
  • Lapisi dengan cairan waterproof
    Anda bisa menggunakan cairan waterproof untuk melapisi pertemuan antara atap dan dinding yang mengalami kebocoran. Pilih cairan waterproof dengan tingkat ketahanan yang tinggi dan bisa digunakan pada setiap jenis atap rumah. Pastikan cuaca sedang cerah agar cairan waterproof dapat merekat dengan baik dan memberikan perlindungan maksimal pada atap rumah.
  • Lakukan penambalan dengan sealant
    Jika kebocoran disebabkan oleh keretakan halus pada atap, Anda bisa menambalnya dengan sealant. Aplikasikan sealant pada retakan dan tunggu hingga kering, kemudian aplikasikan lapisan kedua agar retakan benar-benar tertutup.
  • Ganti genting yang rusak
    Jika genting pada atap rusak dan menyebabkan kebocoran, Anda bisa menggantinya dengan genting yang baru dan berkualitas baik.
  • Pasang lapisan plastik atau terpal
    Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan memasang lapisan plastik atau terpal di bawah atap untuk menutup pori-pori agar tidak mudah rembes. Pastikan lapisan plastik atau terpal yang digunakan cukup tebal agar tidak mudah rusak dan kebocoran dapat dicegah dalam waktu yang cukup lama.
Baca juga:  Tabel Besi Hollow : Ukuran, Dimensi, dan Spesifikasi!

Tips & Solusi Bocor di Pertemuan Atap dan Dinding Secara Rutin

Berikut adalah beberapa solusi bocor dipertemuan atap dan dinding:

  • Lakukan Pemeriksaan Titik Bocor
    Lakukan pemeriksaan titik yang bocor pada atap rumah. Hal ini dapat dilakukan dengan menunggu hujan turun dan mencari noda air atau jamur pada loteng rumah. Tandai titik yang bocor, kemudian perbaiki keretakan pada atap yang retak dengan menggunakan sealant.
  • Periksa Posisi dan Pergeseran Atap
    Periksa dengan teliti apakah ada atap yang posisinya bergeser dan membuat air hujan masuk ke dalam rumah. Geser posisi atap dengan hati-hati untuk mengurangi risiko terjadinya kebocoran.
  • Bersihkan Sampah di Atap dan Pipa Pembuangan Air
    Sampah seperti daun kering, ranting pohon, dan lainnya dapat menyumbat pipa pembuangan air di atap. Untuk mencegah sampah menumpuk, potong pohon yang terlalu tinggi supaya daun dan ranting tidak jatuh ke dalam pipa pembuangan air.
  • Ganti Atap yang Rusak
    Atap yang rapuh dapat membuat air hujan masuk ke dalam rumah. Ganti atap yang sudah rusak dengan yang baru agar dapat mengurangi risiko terjadinya kebocoran pada atap rumah.
  • Pasang Lapisan Plastik di Bawah Atap
    Pasang lapisan plastik tebal di bawah atap untuk menutup celah-celah kecil yang ada pada atap dan membuat air hujan lebih sulit masuk ke dalam rumah.
  • Lapisi Atap dengan Cairan Waterproofing
    Lapisi atap dengan cairan waterproofing untuk mencegah air hujan masuk ke dalam rumah. Pilihlah cairan waterproofing dengan tingkat resistance yang baik dan aplikasikan pada saat cuaca sedang cerah.
  • Perbaiki Keretakan dengan Menggunakan Sealant
    Gunakan sealant untuk menutup keretakan halus pada atap. Aplikasikan sealant pada bagian atap yang retak, biarkan beberapa jam hingga mengering, lalu aplikasikan kembali untuk memastikan retak tertutup dengan sempurna.
  • Perbaiki Area Atap yang Di Dempul
    Perbaiki area atap yang sudah sering diperbaiki dan terlihat banyak dempulan dengan menggunakan cairan anti-bocor. Dempulan pada atap hanya bersifat sementara dan bisa terkikis oleh air hujan.
  • Perbaiki Penghalang Hujan pada Lubang Ventilasi di Atap
    Periksa bagian ventilasi pada atap dan perbaiki atau ganti atap penghalang lubang ventilasi yang mengalami kerusakan untuk mencegah air hujan merembes masuk ke dalam rumah.
Baca juga:  Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank : Secara Tepat

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan oleh qilat.id berbagai solusi bocor dipertemuan atap dan dinding. Mulai dari pemasangan talang, cairan waterproof, penambalan dengan sealant, hingga penggantian genting yang rusak.

Selain itu, tips-tips lainnya seperti pemeriksaan titik bocor, pembersihan sampah di atap, dan memperbaiki penghalang hujan pada lubang ventilasi juga dapat membantu mencegah terjadinya kebocoran. Dengan melakukan pencegahan dan perawatan secara rutin, Anda dapat menghindari kerugian akibat kebocoran pada atap dan dinding rumah.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tips & Solusi Bocor Dipertemuan Atap dan Dinding yang dipublish pada May 16, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment