Model Rumah Tingkat Samping

Model Rumah Tingkat Samping : Desain Modern Hunian Masa Kini

Qilat.id – Model Rumah Tingkat Samping : Desain Modern Hunian Masa Kini. Model Rumah tingkat samping atau yang sering disebut juga dengan rumah townhouse semakin populer di kalangan masyarakat perkotaan. Model hunian ini memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri, yang membuatnya semakin diminati sebagai pilihan tempat tinggal. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai rumah tingkat samping, termasuk desain, kelebihan, dan tips memilih yang tepat untuk Anda.

Apa Itu Rumah Tingkat Samping?

Rumah tingkat samping adalah model yang memiliki beberapa lantai dengan posisi memanjang ke samping. Dalam desainnya,  biasanya dibangun di atas lahan yang tidak terlalu luas, sehingga memaksimalkan penggunaan lahan yang tersedia. Rumah tingkat ini menjadi pilihan yang populer karena memberikan banyak keuntungan, seperti ruangan yang lebih banyak, desain yang beragam, privasi yang lebih aman, pemandangan yang menarik, serta cocok untuk dibangun di wilayah perkotaan.

Keuntungan Memiliki Rumah Tingkat

Sebelum membahas model rumah tingkat samping, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan memiliki rumah tingkat. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan saat memiliki rumah tingkat:

  • Memiliki banyak ruang: Dengan banyaknya lantai yang tersedia, rumah tingkat memberikan ruangan yang lebih banyak dan dapat dimanfaatkan dengan beragam fungsi sesuai kebutuhan Anda.
  • Pilihan desain yang beragam: Rumah tingkat memiliki desain yang beragam sehingga memungkinkan Anda untuk berkreasi dengan desain rumah sesuai selera Anda. Terutama pada bagian interior, Anda bisa mengombinasikan dekorasi unik untuk setiap ruangan yang ada.
  • Privasi yang lebih aman: Rumah tingkat membuat Anda memiliki ruang privasi yang lebih tinggi, karena lebih sulit dijangkau oleh orang lain. Terutama jika ruang privasi ini berada di lantai atas sehingga orang yang ada di lantai bawah tidak bisa melihatnya.
  • Memiliki pemandangan menarik: Dengan adanya lantai atas, Anda bisa menikmati pemandangan yang lebih menarik. Apalagi jika rumah Anda memiliki balkon di atasnya, Anda bisa menikmati pemandangan dengan nyaman.
  • Cocok untuk perkotaan: Desain rumah tingkat sangat cocok untuk wilayah perkotaan karena mengusung konsep desain yang elegan dan modern. Selain itu, minimnya ketersediaan lahan di perkotaan membuat desain rumah tingkat menjadi pilihan yang tepat untuk membangun rumah.
Baca juga:  Membuat Tenda Pipa Pvc : Praktis Ekonomis

Inspirasi Model Rumah Tingkat Samping

Penerapan rumah tingkat samping semakin diminati masyarakat saat ini. Selain karena biayanya yang lebih terjangkau, model rumah ini juga memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang menarik perhatian banyak orang.

  • Berikut adalah beberapa inspirasi desain rumah tingkat samping yang bisa dijadikan referensi dalam membangun rumah:
  • Bentuk Atap Asimetris
    Model rumah tingkat dengan atap asimetris memberikan kesan unik dan modern. Meskipun bentuknya tidak beraturan, rumah dengan konsep atap ini tetap memberikan kenyamanan bagi penghuninya.
  • Rumah Kontainer
    Penggunaan kontainer bekas sebagai bahan bangunan untuk rumah tingkat memberikan kesan retro yang keren dan menarik. Selain itu, pemasangan kontainer juga lebih praktis dan cepat daripada menggunakan batu bata.
  • Jendela Berukuran Besar
    Menggunakan jendela berukuran besar pada rumah tingkat  memberikan kesan lega dan memaksimalkan pencahayaan alami. Udara dan cahaya pun bisa sirkulasi dengan baik sehingga rumah terasa lebih segar dan nyaman.
  • Jendela Kaca Banyak dan Pintu Kaca
    Menggunakan banyak jendela kaca ramping dan pintu kaca memberikan kesan minimalis modern pada rumah. Selain itu, tempatkan tanaman di sekitar jendela untuk menambah kesejukan di dalam rumah.
  • Aksen Batu Alam dan Kayu
    Menambahkan aksen batu alam dan kayu pada rumah tingkat memberikan kesan mewah, keren, dan elegan. Selain itu, rumah juga terasa lebih hangat dan nyaman.
  • Menggunakan Pintu Geser
    Pintu geser bisa menghemat ruang di dalam rumah dan memaksimalkan penggunaan ruang. Dinding sekitar pintu juga bisa dimanfaatkan untuk menempatkan barang.
  • Desain Rumah Dua Lantai Split Level
    Desain rumah tingkat samping dengan split level memberikan kesan rumah memiliki lebih dari satu lantai. Tangga pendek digunakan untuk menghubungkan tiap lantai sehingga rumah terlihat minimalis. Desain ini sangat cocok untuk rumah yang memanjang ke samping dan setiap ruang kosong bisa dimanfaatkan menjadi ruangan kecil.
Baca juga:  Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter : Mudah & Akurat

Kelebihan Model Rumah Tingkat Samping

Rumah tingkat samping memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya semakin diminati sebagai pilihan tempat tinggal, di antaranya:

  • Memaksimalkan penggunaan lahan: Dibangun di lahan yang relatif sempit, rumah tingkat  mampu memaksimalkan penggunaan lahan dengan desain yang efisien dan fungsional. Hal ini membuat rumah tingkat  menjadi pilihan yang tepat untuk masyarakat perkotaan yang biasanya memiliki lahan terbatas.
  • Lebih banyak ruang untuk aktivitas: Dengan desain yang terdiri dari beberapa lantai, rumah tingkat samping memberikan ruang yang lebih banyak untuk aktivitas, sehingga penghuninya dapat lebih leluasa dalam bergerak dan beraktivitas di dalam rumah.
  • Memberikan privasi yang lebih baik: Dalam rumah tingkat , setiap lantai dapat diatur untuk fungsi yang berbeda, sehingga memberikan privasi yang lebih baik bagi penghuninya.
  • Tampilan yang menarik: Rumah tingkat samping memiliki desain yang unik dan menarik perhatian, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memiliki rumah yang berbeda dari rumah-rumah pada umumnya.
  • Potensi investasi yang menjanjikan: Karena semakin banyak diminati oleh masyarakat, rumah tingkat  memiliki potensi investasi yang menjanjikan di masa depan.
  • Lebih aman dari bencana alam: Dengan desain yang kuat dan kokoh, rumah tingkat lebih aman dari bencana alam seperti banjir, gempa bumi, atau tanah longsor.
  • Lingkungan yang lebih sehat: Dengan pengaturan ruangan yang tepat, rumah tingkat samping mampu memberikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang lebih baik, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi penghuninya.

Kekurangan Model Rumah Tingkat Samping

Meskipun memiliki banyak kelebihan, rumah tingkat samping juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membangunnya, di antaranya:

  • Biaya pembangunan yang lebih mahal: Dibandingkan dengan rumah biasa, pembangunan rumah tingkat samping membutuhkan biaya yang lebih besar, terutama untuk bahan bangunan, tenaga kerja, dan perencanaan yang lebih rumit.
  • Proses perawatan yang lebih rumit: Rumah tingkat terdiri dari beberapa lantai, sehingga proses perawatan yang dibutuhkan juga lebih rumit dan membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan rumah biasa.
  • Ruang yang lebih sempit: Meskipun rumah tingkat mampu memaksimalkan penggunaan lahan, namun pada kenyataannya ruang di dalam rumah cenderung lebih sempit dibandingkan dengan rumah biasa. Hal ini perlu dipertimbangkan jika Anda memiliki banyak anggota keluarga atau hobi yang membutuhkan ruang yang luas.
  • Tidak cocok untuk orang yang sulit bergerak: Karena terdiri dari beberapa lantai, rumah tingkat samping kurang cocok untuk orang yang sulit bergerak, seperti lansia atau orang dengan kecacatan fisik.
  • Potensi gangguan suara: Rumah tingkat  seringkali memiliki dinding yang tipis, sehingga potensi gangguan suara antar lantai menjadi lebih besar. Hal ini perlu diperhatikan jika Anda menginginkan privasi dan ketenangan di dalam rumah.
  • Sulit untuk diubah: Karena rumah tingkat memiliki desain yang kompleks, perubahan pada tata letak atau struktur rumah menjadi sulit dilakukan setelah rumah selesai dibangun.
  • Memerlukan tangga: Dalam rumah tingkat samping, tangga menjadi elemen yang sangat penting karena menghubungkan setiap lantai. Namun, penggunaan tangga ini juga bisa menjadi kendala bagi orang yang sulit bergerak atau memiliki anak kecil yang membutuhkan pengawasan ketat.
Baca juga:  Bagian dan Cara Memasang Bekisting Kolom : 2023

Penutup

Dalam artikel ini, qilat.id telah dijelaskan tentang keuntungan dan kekurangan rumah tingkat samping, serta beberapa inspirasi desain yang bisa dijadikan referensi dalam membangun rumah tingkat yang ideal.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, model rumah tingkat samping tetap menjadi pilihan yang menarik karena memberikan banyak keuntungan, seperti ruangan yang lebih banyak, desain yang beragam, privasi yang lebih aman, serta pemandangan yang menarik.

Dalam memilih model rumah, pastikan Anda mempertimbangkan kebutuhan dan budget yang tersedia, serta konsultasikan dengan arsitek atau kontraktor untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga artikel ini bisa

 

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Model Rumah Tingkat Samping : Desain Modern Hunian Masa Kini yang dipublish pada February 14, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment