Biaya Pasang Plafon PVC

Berapa Biaya Pasang Plafon PVC ?

Qilat.id – Berapa Biaya Pasang Plafon PVC ? Plafon PVC merupakan salah satu pilihan yang populer untuk mempercantik tampilan interior rumah atau gedung. Selain tampilannya yang menarik, plafon PVC juga memiliki kelebihan seperti mudah dipasang, ringan, dan tahan terhadap air. Namun, sebelum memutuskan untuk memasang plafon PVC, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah biaya pasang plafon PVC tersebut.

Biaya pasang plafon PVC dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti luas area yang akan dipasang, tipe plafon PVC yang dipilih, serta lokasi dan keahlian tenaga kerja yang akan memasangnya. Selain biaya material, biaya tenaga kerja juga harus diperhitungkan.

Ada beberapa jenis plafon PVC yang dapat dipilih, seperti plafon PVC motif kayu atau polos, dan masing-masing jenis memiliki harga yang berbeda. Selain itu, lokasi juga memengaruhi biaya pasang plafon PVC. Biasanya, biaya akan lebih mahal di kota besar atau wilayah yang sulit dijangkau.

Dalam memilih jasa pemasangan plafon PVC, pastikan untuk memilih jasa yang terpercaya dan berpengalaman dalam bidangnya. Jangan hanya memilih jasa yang menawarkan harga murah, tetapi pastikan juga kualitas pekerjaannya baik dan terjamin.

Jadi, sebelum memutuskan untuk memasang plafon PVC, pastikan untuk memperhitungkan biaya pasang plafon PVC terlebih dahulu agar dapat mempersiapkan anggaran dengan tepat.

Tips Memilih Plafon Rumah

Sebelum membahas biaya plafon rumah, penting untuk mengetahui tips memilihnya agar tidak salah memilih material. Berikut adalah beberapa cara memilih plafon rumah yang dapat diikuti:

  1. Pilihlah plafon dengan material yang kuat, sehingga dapat memberikan perlindungan maksimal pada rumah. Pastikan juga plafon yang dipilih dapat menghalau panas, sehingga rumah tetap terasa sejuk.
  2. Selain itu, plafon harus kedap air, anti rayap, dan tahan api agar dapat memberikan perlindungan yang optimal pada rumah.
  3. Plafon juga dapat menjadi elemen dekorasi yang penting. Oleh karena itu, perhatikanlah warna plafon yang dipilih agar sesuai dengan dekorasi rumah.
  4. Bentuk plafon juga perlu diperhatikan karena berkaitan dengan elemen dekorasi dan konsep rumah.
  5. Plafon sangat berpengaruh pada pencahayaan rumah. Jadi, pastikan lampu yang dipilih sesuai dengan bentuk dan warna plafon, agar rumah tidak terlihat gelap dan sempit.

Kelebihan Pasang Plafon PVC untuk Rumah Anda

Setiap produk memiliki keunggulan yang selalu ditawarkan, begitu pula dengan konstruksi langit-langit yang menggunakan bahan PVC. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika memasang jenis interior ini:

  • Anti bocor atau rembes
    Bahan PVC dapat menahan rembesan atau kebocoran ringan, sehingga plafon Anda lebih awet dari jamur penyebab runtuhnya plafon. Namun, kebocoran atap seharusnya dapat ditangani agar tidak selalu menjadi masalah Anda.
  • Anti rayap
    Bahan PVC tidak disukai oleh rayap, sehingga plafon lebih awet dan tahan lama.
  • Mudah dibersihkan
    Debu sulit dibersihkan pada jenis bahan plafon lain. Namun, dengan PVC, debu tidak menempel lebih kuat dan mudah dibersihkan kapan saja.
  • Desain unik dan banyak pilihan
    Plafon PVC memiliki desain yang unik dan beragam pilihan seperti warna glamour, motif klasik, motif kayu, atau polosan. Semua dapat dipilih sesuai selera Anda.
  • Tidak mudah pecah
    Bahan PVC didesain dengan tingkat kelenturan yang baik, sehingga tidak mudah pecah dan dapat digunakan lagi di ruangan yang diinginkan.
  • Pemasangan plafon PVC lebih cepat
    Pemasangan plafon PVC hanya membutuhkan waktu satu hari untuk luas area 50 meter persegi.
  • Tahan api
    Bahan PVC memiliki ketahanan api yang baik, sehingga dapat meminimalisir keadaan buruk saat terjadi kebakaran.
Baca juga:  Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank : Secara Tepat

Dengan mempertimbangkan semua keuntungan tersebut, tidak heran jika plafon PVC menjadi pilihan yang populer untuk mempercantik tampilan interior rumah atau gedung Anda.

Kekurangan Pasang Plafon PVC untuk Rumah Anda

  • Plafon PVC terbuat dari bahan dasar berupa klorin yang dianggap berbahaya bagi kesehatan manusia.
  • Tidak memiliki motif atau warna,
  • Plafon PVC terlihat membosankan.
  • material plafon PVC sulit didaur ulang.
  • Ukuran Standar Plafon PVC

Ukuran Standar Plafon PVC

Perlu diketahui bahwa total biaya pasang plafon PVC biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti harga material dan ukurannya. Oleh karena itu, sebelum membahas lebih lanjut, penting untuk mengetahui ukuran standar plafon PVC.

Umumnya, panjang papan PVC yang dijual di pasar Indonesia bervariasi antara 3 meter, 4 meter, 5 meter, hingga 6 meter. Ketebalannya sekitar 6 mm sampai 8 mm dengan lebar plafon 20 cm.

Meskipun begitu, konsumen dapat memesan ukuran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Namun, biasanya mereka harus mengunjungi produsen atau pemasok plafon PVC untuk memesan ukuran secara langsung.

Harga Plafon PVC Terbaru

Spesifikasi Plafon PVCSatuanHarga Plafon PVC
Plat Gloss White 0,8 mm x 20 cmmeter25,000
Plat Doff White 0,8 mm x 20 cmmeter25,000
Drain Gloss Brown Wood Grain 0,8 mm x 20 cmmeter28,500
Plat Gloss White  Bubble 0,8 mm x 20 cmmeter29,000
Plat Gloss Brown Leaf 0,8 mm x 20 cmmeter32,000
Plafond Khusus 0,8 mm x 25 cmmeter28,000
High Quality Plafond 0,8 mm x 30 cmmeter67,500
Merk Plafon PVCUkuranHarga/m2
Shunda White Glossy KU20003Tebal 8 mmRp24.000 per m2
Shunda White Glossy KU25003Tebal 8 mmRp25.500 per m2
Shunda Chessboard Pattern PL2507Tebal 7 mmRp27.700 per m2
Plafon PVC Wifon20 cm x 3-5 m x 7 mmRp18.000 per m2
Kingfon K902Lebar 30 cm, Tebal 8 mmRp23.000 per m2
Kingfon K9208Lebar 30 cm, Tebal 8 mmRp26.000 per m2
Plafon PVC Gloss WhiteLebar 20 cm, Tebal 8 mmRp23.000 per m2
Plafon PVC  Doff WhiteLebar 20 cm, Tebal 8 mmRp23.000 per m2
Gloss White BubbleLebar 20 cm, Tebal 8 mmRp29.000 per m2
Gloss Brown LeafLebar 20 cm, Tebal 8 mmRp29.000 per m2
Drain Gloss Brown Wood GrainLebar 20 cm, Tebal 8 mmRp24.000 per m2

Merek Plafon PVC di Pasaran

Beberapa merek plafon PVC yang perlu Anda ketahui antara lain:

  • Shunda Plafon
    Merk ini sangat populer di dunia konstruksi dan juga memproduksi plafon PVC. Produknya memiliki harga yang bersaing di pasaran dengan jaminan kualitas yang baik. Shunda Plafon menawarkan berbagai motif dan ukuran untuk plafon, seperti ukuran 30 cm, 25 cm, 20 cm, dan ukuran lainnya. Ketebalannya pun bervariasi sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.
  • DSS Plafon PVC
    Merk plafon PVC yang bisa menjadi alternatif pengganti gypsum dan triplek. Produk dari merk ini lebih awet dan tahan lama dengan nama yang sudah terkenal di Indonesia. Plafon dari merk ini bisa digunakan untuk berbagai jenis properti, mulai dari rumah, ruko, hingga apartemen.
  • Kingfon
    Plafon PVC dari merk ini menawarkan berbagai ukuran sesuai kebutuhan. Produk ini dijual per unit dengan harga yang berbeda-beda tergantung pada ketebalannya. Plafon ini mudah dipasang dan tahan terhadap serangan serangga. Untuk mengetahui kualitasnya lebih lanjut, Anda dapat mencari review dan informasi tentang produk ini lebih detail.
Baca juga:  Harga Pipa Besi dan Jenis-jenisnya untuk Kebutuhan Konstruksi

Biaya Pasang Plafon PVC Per Meter

Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan, dan ukuran standar papan plafon PVC, selanjutnya penting untuk memahami berapa besar biaya pasang plafon PVC per meter. Dalam perhitungan biaya pasang plafon PVC, terdapat beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan, seperti luas atau volume bidang pekerjaan, total kebutuhan plafon PVC, dan upah para pekerjanya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rincian biaya pasang plafon PVC per meter yang perlu diperhatikan.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama adalah mengetahui total luas atau volume bidang pekerjaan yang akan dipasangi plafon PVC. Misalnya, Anda akan memasang plafon PVC pada ruangan kamar dengan panjang 5 meter dan lebar 4 meter, maka cara perhitungannya adalah sebagai berikut.

Diketahui:

  • Panjang: 5 meter.
  • Lebar: 4 meter.

Perhitungan:

  • Volume pekerjaan: Panjang x Lebar.
  • Volume pekerjaan: 5 m x 4 m = 20 m2.

Kebutuhan Plafon PVC

Langkah berikutnya adalah menghitung total kebutuhan material papan plafon PVC. Sebagai contoh, Anda akan menggunakan plafon PVC merek Shunda dengan ukuran 3 m x 20 cm x 10 mm. Berikut adalah rincian perhitungan kebutuhan material plafon PVC.

  • Luas plafon PVC: Panjang x Lebar.
  • Luas plafon PVC: 3 m x 20 cm.
  • Luas plafon PVC: 300 cm x 20 cm = 6.000 cm2 (0,6 m2).
  • Kebutuhan plafon PVC: Luas ruangan ÷ luas plafon PVC.
  • Kebutuhan plafon PVC: 20 m2 ÷ 0,6 m2 = 33,33 buah.

Jadi, total kebutuhan plafon PVC untuk ruangan kamar berukuran 5 m x 4 m adalah sekitar 33,33 buah atau dibulatkan menjadi 34 buah. Jika HARGA PLAFON PVC saat ini adalah Rp115.000, maka total biaya pembelian bahan materialnya adalah 34 buah x Rp115.000 = Rp 3.910.000.

Ongkos Pekerja

Setelah mengetahui total biaya pembelian material plafon PVC, selanjutnya adalah mencari tahu berapa ongkos pekerja pemasangannya. Kami menyarankan untuk menggunakan pekerja sistem borongan karena HARGA BORONGAN BANGUNAN dinilai lebih murah dibandingkan dengan pekerja harian.

Misalkan harga borongan pasang plafon PVC saat ini adalah Rp80.000 per meter persegi, maka Anda perlu mempersiapkan biaya untuk upah para pekerja borongan sekitar Rp80.000 x 20 m = Rp1.600.000. Jika di total, maka biaya pasang plafon PVC mulai dari pembelian bahan material hingga ongkos pekerja adalah sekitar Rp2.049.650 (Rp449.650 + Rp1.600.000).

Perlu diingat bahwa rincian biaya pemasangan plafon PVC di atas belum termasuk pembelian dan pemasangan list plafon. Selain itu, harga material beserta harga borongan di beberapa daerah juga bisa berbeda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan, hingga risiko pemasangannya.

Harga Borongan Pasang Plafon PVC Per Meter

Ongkos pekerja dalam memasang plafon PVC di beberapa daerah dapat memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti tingkat kerumitan, kondisi bidang pekerjaan, dan risiko pemasangannya.

Selain itu, biasanya para kontraktor atau pemborong konstruksi bangunan juga menyediakan 2 jenis sistem kerja borongan, yaitu borongan non material dan plus material. Untuk besaran harga borongan pasang plafon PVC non material, umumnya berada di kisaran Rp45.000 hingga Rp60.000 per meter persegi.

Baca juga:  Rumus Bikin Tangga Cor : Aman, Ideal & Minimalis

Dalam harga borongan non material tersebut, pihak kontraktor hanya menyediakan tenaga jasa pemasangannya saja. Sedangkan borongan plus material berarti pemborong menyediakan tenaga kerja beserta bahan material pemasangannya. Berikut adalah besaran harga borongan pasang plafon PVC plus material berdasarkan jenis bahan dasarnya.

Jenis PlafonHarga Borongan
Plafon PVC StandarRp 210.000 – Rp 255.000
Plafon PVC ShundaRp 310.000 – Rp 355.000

Tips Memilih Jasa Pasang Plafon PVC

Sebelum kita membahas biaya pasang plafon PVC 3×3, sebaiknya kita mengetahui tips-tips dalam memilih jasa pemasangan plafon PVC. Hal ini bertujuan agar kita tidak salah memilih dan tidak menyesal di kemudian hari. Berikut adalah tips-tips tersebut:

1. Pilih Jasa yang Sudah Berpengalaman
Pemasangan PVC lebih sulit dibandingkan dengan pemasangan gypsum, ethernit, triplek, atau plafon lainnya. Oleh karena itu, jika jasa yang kita gunakan tidak memiliki pengalaman dalam pemasangan PVC, maka hasilnya bisa jauh dari harapan.

Agar tidak salah memilih jasa pemasangan plafon, perhatikan ciri-ciri jasa yang sudah berpengalaman berikut:

  • Berbentuk badan usaha seperti CV atau PT.
  • Memiliki tenaga kerja yang profesional.
  • Alamat kantor tetap dan tidak sering pindah.
  • Mudah dihubungi kapan saja.
  • Mempunyai portofolio dan review yang baik.

2. Pastikan Ada Layanan Konsultasi Gratis

Sebagai orang yang awam di bidang konstruksi, dekorasi, dan plafon, pastikan jasa pemasangan plafon yang akan kamu pilih menyediakan layanan konsultasi gratis. Dengan adanya layanan ini, kamu bisa meminta saran atau masukan mengenai jenis plafon yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain itu, beberapa jasa juga menyediakan layanan survei gratis untuk para calon pelanggannya. Jika mereka merasa bisa melakukannya, barulah mereka akan menyiapkan kontrak kerjasama. Namun jika tidak, maka mereka tidak akan meneruskan kerjasama tersebut.

3. Menyediakan Beragam Pilihan Motif Plafon

Salah satu keunggulan dari plafon PVC adalah tersedia dengan motif bawaan sehingga kita tidak perlu mengecatnya lagi. Selain menghemat biaya, tentu hasilnya juga akan lebih indah dibandingkan dengan cat manual.

Umumnya, jasa pasang plafon akan menawarkan beberapa motif kepada pelanggannya seperti motif kayu, polos, corak abstrak, dedaunan, atau motif keramik. Namun, terkadang ada juga jasa yang hanya pasang plafon tanpa memberikan pilihan motif kepada para konsumennya.

Oleh karena itu, pastikan jasa yang kalian pilih memiliki pilihan motif yang beragam dan sesuai dengan selera serta kebutuhan kalian.

Baca juga :

Penutup

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya pasang plafon PVC bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti luas bidang pekerjaan, kebutuhan material, dan ongkos pekerja pemasangannya. Untuk memperkirakan biaya pasang plafon PVC 3×3, bisa dikalkulasikan dengan menggunakan rumus-rumus yang telah dijelaskan sebelumnya.

Selain itu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa pasang plafon PVC, seperti memilih jasa yang sudah berpengalaman, menyediakan konsultasi gratis, dan memiliki pilihan motif plafon yang beragam.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan merk plafon PVC yang akan digunakan, seperti Shunda Plafon, DSS Plafon PVC, dan Kingfon harga plafon PVC 2023. Setiap merk menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut, Anda dapat memperkirakan biaya pasang plafon PVC dengan lebih akurat dan memilih jasa pasang plafon PVC yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Semoga bermanfaat.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Berapa Biaya Pasang Plafon PVC ? yang dipublish pada Maret 2, 2023 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment