Cara Menghitung Volume Beton

Cara Menghitung Volume Beton : Lengkap & Akurat

Qilat.id – Cara Menghitung Volume Beton : Lengkap & Akurat. Apakah kalian sedang merencanakan proyek bangunan dan membutuhkan beton untuk membangun pondasi, lantai, atau dinding? Salah satu hal yang perlu kalian ketahui adalah cara menghitung volume beton yang dibutuhkan. Beton adalah salah satu bahan konstruksi yang sering digunakan dalam pembangunan rumah, gedung, jembatan, dan berbagai infrastruktur lainnya. Untuk mendapatkan hasil konstruksi yang berkualitas, perhitungan volume beton harus dilakukan dengan tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung volume beton dengan mudah dan akurat.

Kubikasi Beton

Salah satu bagian penting dari sebuah struktur bangunan adalah sloof. Sloof berbentuk seperti balok yang diletakkan secara horizontal dan dipasang di antara pondasi yang terdiri dari bebatuan dan dinding. Fungsi utama dari sloof adalah menyangga beban dari dinding dan komponen lain di sekitarnya, sehingga kekuatan akan merata pada kolom tiang dan pondasi yang terbuat dari bebatuan.

Sloof juga berfungsi sebagai pengikat kolom-kolom pada sebuah konstruksi bangunan seperti rumah atau perkantoran. Dengan sloof yang kokoh, maka kolom beton yang dihasilkan akan kuat dan mampu menghindari kemungkinan terburuk, seperti ambruk atau roboh.

Sloof biasanya dipasang saling menyambung agar menciptakan kekuatan maksimal untuk menyangga beban di sekitarnya. Oleh karena itu, kekuatan dan ketahanan sloof sangat penting untuk menjaga kestabilan konstruksi bangunan secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Menghitung Volume Beton dengan Tepat dan Akurat ?

Dalam menghitung volume atau kubikasi beton, satuan yang digunakan adalah meter kubik (m3). Oleh karena itu,  untuk menemukan cara menghitung volume beton kalian perlu mengubah satuan yang ditemukan dalam satuan sentimeter (cm) ke dalam satuan meter.

Baca juga:  1 Kubik Kayu 5×10 Berapa Batang : Rumus & Cara Menghitung

Setelah mengetahui dasarnya, berikut adalah beberapa rumus yang dapat digunakan sebagai panduan dalam menghitung volume cor beton:

1. Cara Menghitung Volume Beton Plat Lantai

Pelat lantai adalah sebuah konstruksi yang digunakan sebagai pembatas tingkat satu dengan tingkat yang lainnya. Pelat lantai tidak langsung berada di atas tanah, melainkan di atas konstruksi dak yang biasanya terbuat dari beton karena dianggap lebih kuat.

Untuk menghitung volume beton pelat lantai, satuan yang digunakan adalah meter kubik karena lebih dapat diandalkan kekuatannya. Misalnya, jika panjang pelat lantai adalah 9 meter, lebarnya 8 meter, dan ketebalannya 11 cm, maka perhitungannya sebagai berikut:

  • Luas Permukaan = Panjang x Lebar = 9 x 8 = 72 meter persegi
  • Ketebalan Beton = 11 cm atau 0,11 meter
  • Volume Beton = Luas Permukaan x Ketebalan Beton = 72 x 0,11 = 7,92 meter kubik

Dengan perhitungan yang tepat, Anda dapat menghitung volume beton pelat lantai dengan mudah dan akurat. Pastikan untuk selalu melakukan perhitungan dengan cermat agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Rumus volume = panjang x lebar x tebal atau tinggi

Panjang9m
Lebar8m
Tebal12cm = 0,12m
Volume beton 9 x 8 x 0,12 = 8,64 m3

2. Cara Menghitung Volume Balok Beton

Balok beton merupakan komponen penting dalam sebuah konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menyangga lantai bagian atas yang memiliki karakteristik lentur. Balok beton dapat secara langsung menahan gaya geser dan guncangan pada bangunan.

Untuk menghitung volume balok beton, terdapat perhitungan volume dasar yang dikenal dengan istilah listplang. Dengan mengetahui volume balok beton, Anda dapat dengan mudah menghitung kebutuhan bahan dan biaya yang dibutuhkan. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Tentukan dimensi balok beton, yaitu panjang, lebar, dan tinggi.
  • Hitung luas permukaan balok dengan rumus panjang x lebar.
  • Hitung volume balok dengan rumus luas permukaan x tinggi.
  • Ubah satuan ukuran ke dalam meter jika perlu.
  • Hitung jumlah material yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan rasio campuran beton dan ukuran bahan yang digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghitung volume balok beton dengan mudah dan akurat. Pastikan untuk selalu melakukan perhitungan dengan teliti agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga:  Bagian dan Cara Memasang Bekisting Kolom : 2023

Volume balok = panjang x lebar x kedalaman

Panjang9m
Lebar25cm = 0,25m
Kedalaman40cm = 0,4m
Volume balok 9 x 0,25 x 0,4 = 0,9m3

3. Cara Menghitung Volume Cor Beton Jalan

Sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih beton daripada aspal untuk membuat jalan karena harganya lebih terjangkau. Selain itu, bahan-bahan untuk membuat beton juga lebih mudah ditemukan karena dijual hampir di semua toko bangunan.

Untuk menghitung volume cor beton untuk jalan raya, dapat dilakukan dengan menggunakan rumus yang cukup sederhana. Dengan melakukan perhitungan yang tepat, maka biaya yang dikeluarkan juga akan lebih akurat. Berikut ini adalah perhitungan volume cor beton jalan raya:

  • Tentukan dimensi jalan, yaitu panjang, lebar, dan ketebalan beton.
  • Hitung luas permukaan jalan dengan rumus panjang x lebar.
  • Hitung volume beton yang dibutuhkan dengan rumus luas permukaan x ketebalan beton.
  • Ubah satuan ukuran ke dalam meter jika perlu.
  • Hitung jumlah material yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan rasio campuran beton dan ukuran bahan yang digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghitung volume cor beton jalan dengan mudah dan akurat. Pastikan untuk selalu melakukan perhitungan dengan teliti agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Volume cor beton = p jalan x l jalan x t cor

\400m
l3m
t30cm = 0,3m
Volume balok 400 x 3 x 0,3 = 360m3

4. Cara Menghitung Volume Kanopi Beton

Beton juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kanopi pada bagian atas rumah. Penggunaannya dapat secara langsung menghalau cahaya matahari atau cipratan air hujan, serta lebih tahan lama hingga bertahun-tahun.

Kanopi beton biasanya memiliki ketebalan 6 hingga 8 cm. Jika terlalu berat, maka dapat mempengaruhi keseimbangan bangunan. Untuk menghitung volume kanopi beton sangatlah mudah, cukup dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Volume kanopi beton = panjang x lebar x tinggi

Dengan mengalikan panjang, lebar, dan tinggi kanopi beton, maka akan diperoleh volume beton yang dibutuhkan untuk membuat kanopi tersebut.

Dalam pembuatan kanopi beton, pastikan untuk mempertimbangkan kekuatan dan kestabilan bangunan agar tidak terjadi kerusakan pada struktur rumah. Selain itu, pastikan juga untuk selalu melakukan perhitungan dengan teliti agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga:  Harga Borongan Pasang Plafon Triplek : Bahan Material & Upah

Volume kanopi beton = p x l x t

p0,6m
l3,5m
t0,08m
Volume kanopi beton0,6 x 3,5 x 0,08 = 0.268m3

Tips Membuat Cor Beton yang Baik

Pekerjaan cor beton bukanlah hal yang mudah, sehingga memerlukan tenaga ahli untuk melakukannya agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika Anda tertarik untuk belajar bagaimana membuat cor beton yang baik, berikut adalah beberapa tips yang harus diperhatikan:

  • Pelajari teknik dan trik dasar membuat cor beton dengan benar agar tidak mudah rapuh.
  • Pastikan desain struktur cor beton benar dan tidak miring agar tahan lama.
  • Jangan ragu untuk mengeluarkan dana lebih dalam menggunakan bahan material berkualitas demi mendapatkan hasil terbaik.
  • Segera bersihkan sisa cor beton yang tercecer sebelum mengeras dan sulit diangkat, untuk menghindari terjadinya kerusakan pada permukaan beton.

Dalam proses pembuatan cor beton, perlu dilakukan dengan hati-hati dan teliti untuk menghasilkan beton yang kokoh dan tahan lama. Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan dapat membantu Anda untuk membuat cor beton yang berkualitas dan tahan lama.

Pastikan juga untuk selalu melakukan perhitungan dengan teliti dan mengikuti prosedur yang tepat agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga :

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas tentang cara menghitung volume beton, sekarang menjadi lebih mudah dan akurat. Penting untuk selalu memperhatikan setiap detail dan mengukur dengan teliti agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi Anda.

Dalam proyek konstruksi, tidak boleh ada ruang untuk kesalahan. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan peralatan pengukur yang tepat dan melakukan perhitungan dengan hati-hati. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kerugian dan masalah yang tidak diinginkan pada proyek konstruksi Anda.

Sekarang, dengan mengetahui cara menghitung volume beton dengan benar, Anda siap untuk memulai proyek konstruksi Anda dengan lebih percaya diri dan memastikan hasil yang berkualitas. Semoga bermanfaa.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Menghitung Volume Beton : Lengkap & Akurat yang dipublish pada Februari 28, 2023 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment