Harga Borongan Gali Sumur Per Meter

Harga Borongan Gali Sumur Per Meter : Update Terbaru

Qilat.id – Harga Borongan Gali Sumur Per Meter : Update Terbaru. Harga borongan gali sumur per meter dapat bervariasi tergantung dari lokasi dan kondisi tanah yang akan digali. Biasanya, harga borongan gali sumur per meter ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kedalaman sumur yang diinginkan, jenis tanah yang akan digali, serta kondisi lingkungan sekitar.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa harga borongan gali sumur per meter bisa berbeda antara satu penyedia jasa dengan yang lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa gali sumur.

Namun, secara umum harga borongan gali sumur per meter berkisar antara beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah per meter. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa borongan gali sumur, pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi harga serta melakukan pengecekan terhadap penyedia jasa yang akan digunakan.

Perbedaan Sumur Galian & Bor

Sebelum membahas topik utama tentang harga borongan gali sumur per meter, kami ingin menjelaskan perbedaan antara sumur biasa dan sumur bor kepada kalian semua, karena banyak orang yang belum memahaminya. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa keduanya digunakan sebagai tempat untuk mendapatkan pasokan air yang jernih.

Pada dasarnya, keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai sumber air yang dapat diambil setiap hari, hanya saja perbedaannya terletak pada proses pembuatannya. Sumur biasa dapat dibuat secara manual dan diameter sumurnya jauh lebih lebar daripada sumur bor karena dibuat menggunakan alat khusus.

Perbedaan lainnya adalah kedalaman sumur. Biasanya, sumur bor jauh lebih dalam karena galian hanya dilakukan sampai keluarnya air. Sedangkan sumur biasa hanya mencapai kedalaman sekitar 20 meter. Untuk lebih jelas lagi berikut perbandingan sumur bor vs sumur gali :

1. Proses Pembuatan Sumur

Perbedaan utama antara sumur bor dan sumur gali terletak pada proses pembuatannya,
Pembuatan sumur bor menggunakan alat modern dan canggih, di mana proses penggalian dilakukan dengan bantuan mesin bor yang dapat menembus lapisan tanah yang lebih dalam.
Sementara itu, pembuatan sumur gali masih mengandalkan tenaga manusia sepenuhnya untuk menggali tanah dengan alat sederhana.

Baca juga:  Daftar Ukuran dan Berat Besi Beton Sesuai SNI : Aman Berkualitas

2. Proses Penggalian

Perbedaan kedua antara sumur bor dan sumur gali terletak pada lamanya proses penggalian.

Karena menggunakan tenaga mesin, penggalian sumur bor akan berlangsung lebih cepat. Selain itu, kamu juga tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga kerja selama proses pembuatan sumur.

Namun, jika kamu membangun sumur gali, jumlah pekerja akan mempengaruhi lama penggalian. Semakin banyak orang yang terlibat, maka pembuatan sumur akan lebih cepat.

Meskipun begitu, tidak peduli seberapa cepat kamu menggali sumur secara manual, tetap saja tidak akan bisa menandingi kecepatan mesin.

3. Perbedaan Ukuran Sumur Bor vs Sumur Gali

Dalam hal ukuran, kedua jenis sumur ini memiliki perbedaan yang signifikan.

Sumur gali memiliki diameter yang lebih besar karena kamu perlu masuk ke dalamnya untuk menggali tanah secara manual hingga mencapai sumber air. Ukurannya yang lebih besar ini akan membuat debit air semakin besar pula.

Sementara itu, sumur bor memiliki diameter yang lebih kecil tetapi kedalamannya lebih unggul. Hal ini karena kamu dapat menentukan kedalaman yang sesuai dengan menggunakan alat modern.

4. Lokasi Penempatan Sumur

Karena diameter sumurnya yang kecil, kamu tidak memerlukan lahan yang luas untuk membangun sumur bor. Cukup sediakan lahan di pojok halaman yang berjauhan dengan area septic tank dan pembuangan limbah.

Sementara itu, jika kamu ingin membuat sumur gali, kamu membutuhkan lahan yang lebih luas. Oleh karena itu, penggunaan sumur gali lebih sering terlihat di daerah pinggir kota atau pedesaan. Hal ini karena kawasan tersebut memiliki lahan kosong yang lebih banyak.

5. Risiko Keamanan Lubang Sumur

Perbedaan kelima antara sumur bor dan sumur gali terletak pada risiko keamanan lubang sumur.

Secara keamanan dan kebersihan, sumur bor lebih unggul daripada sumur gali karena sumur gali biasanya dibiarkan terbuka tanpa penutup di bagian atas. Akibatnya, air sumur lebih mudah tercemar oleh zat asing dan air hujan. Selain itu, ada risiko seseorang terjatuh ke dalamnya saat sedang mengambil air. Berbeda dengan sumur bor yang dilengkapi dengan penutup atas.

6. Biaya Pembangunan Sumur

Perbedaan keenam terletak pada biaya pembangunan sumur. Pembuatan sumur bor membutuhkan biaya lebih mahal dibandingkan sumur gali karena memerlukan banyak alat berat seperti mesin bor dan lainnya. Berbeda dengan sumur gali yang hanya membutuhkan alat sederhana seperti sekop. Selain itu, setelah sumur bor selesai, kamu harus melengkapinya dengan pompa air.

Baca juga:  Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah : Panduan Lengkap

Biaya Membuat Sumur Gali

Berdasarkan pengalaman saya dengan sistem kerja borongan harga borongan gali sumur per meter  pada tahun 2011, biayanya sekitar Rp. 1.500.000 (harga dapat bervariasi tergantung pada harga pasaran di masing-masing daerah).

Sementara itu, untuk sistem kerja penggalian per meter, ada yang menawarkan harga borongan gali sumur per meter sekitar 100 ribu dan ada juga yang menawarkan harga hingga 500 ribu per meter jika kita melakukan pendalaman pada sumur yang sudah ada.

Biaya Membuat Sumur Bor

Secara umum, harga pembuatan sumur bor berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000 per meter. Jadi, untuk sumur bor dengan kedalaman 100 meter, biayanya dapat mencapai Rp 15.000.000 hingga Rp 30.000.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya pemipaan, pompa sumur, pemasangan kabel listrik, dan tangki. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan dana tambahan, terutama jika sumur tersebut belum menemukan sumber air yang sesuai pada kedalaman tersebut.

Harga Borongan Sumur Bor Per Meter

Saat ini, harga borongan pembuatan sumur bor per meter bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti kondisi atau lokasi pembuatan sumur bor, peralatan yang digunakan, tingkat kesulitan, dan risiko pengerjaannya.

Secara umum, pemborong atau kontraktor mematok harga borongan sumur bor mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 300.000 per meter. Namun, tarif jasa pemborong dalam pembuatan sumur bor tersebut dapat jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan HARGA BORONGAN GALI TANAH SEPTIC TANK.

Jika kondisi lokasi atau geografis pengerjaan sangat sulit serta aksesnya terbatas, maka upah tenaga borongan pembuatan sumur bor akan berada di kisaran Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per meter.

Perlu diingat bahwa harga borongan tersebut belum termasuk biaya pemipaan, pembelian pompa sumur, pemasangan kabel listrik, dan tangki penampung air. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan survei ke beberapa toko material untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif.

Harga Borongan Gali Sumur Per Meter

Selanjutnya, untuk pembahasan utama mengenai harga borongan gali sumur per meter, secara umum, harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan sumur bor sehingga tidak heran jika menjadi opsi utama bagi kebanyakan orang. Besaran harga yang dikenakan dari daerah satu ke daerah lain memang memiliki selisih yang tidak terlalu besar.

Baca juga:  Penempatan Tandon Air : Efektif Untuk Rumah Minimalis

Dalam penghitungan harga borongan gali sumur, biasanya akan dihitung berdasarkan kedalaman sumur karena tidak semua daerah memiliki kedalaman yang sama. Ada daerah yang airnya sudah keluar pada kedalaman 8 meter dan ada juga yang memerlukan kedalaman lebih dari 10 meter untuk mendapatkan air.

Hal tersebut sudah menjadi hal yang wajar, sehingga biaya yang harus dibayar akan disesuaikan dengan kedalaman yang dibutuhkan.

Misalnya, jika dalam perjanjian awal kedalaman yang dibutuhkan adalah 10 meter, tetapi pada kedalaman 9 meter sudah keluar air, maka pembayaran hanya dilakukan untuk kedalaman 9 meter. Atau sebaliknya, jika dalam perjanjian awal hanya 10 meter, tetapi air belum keluar dan akhirnya keluar pada kedalaman 12 meter, maka biayanya akan ditambah, dihitung berdasarkan per meter.

Pada umumnya, setiap jasa gali sumur akan menghitung biaya per meter antara 200 ribu hingga 300 ribu rupiah. Harga tersebut umumnya berlaku di beberapa daerah kota besar maupun kabupaten kota. Namun, perlu diingat bahwa harga tersebut bukan menjadi patokan dan hanya sebagai gambaran untuk semua orang.

Biaya Finishing Gali Sumur

Sementara itu, biaya finishing pada pembuatan sumur gali akan dihitung berdasarkan bahan material yang digunakan, seperti batu, bata, pasir, dan semen, yang akan dijadikan benteng pada bagian atas serta penutup jika Anda menggunakan pompa air. Biaya yang dikenakan berkisar kurang lebih 3 juta rupiah, dengan jasa pembuatan yang umumnya sekitar Rp 500.000.

Namun, semua itu tergantung pada kesepakatan awal antara pihak jasa dengan pelanggan. Apakah disepakati untuk melaksanakan proses finishing atau hanya melakukan galian sumur saja. Namun, sangat disarankan untuk melakukan finishing agar tidak perlu repot mencari tenaga lagi, serta dianggap jauh lebih efisien dalam hal waktu dan anggaran.

Semua opsi tersebut tergantung pada preferensi Anda sendiri. Setiap opsi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, disarankan untuk memikirkannya dengan matang agar di kemudian hari tidak menyesal.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai harga borongan gali sumur per meter yang dapat kami sampaikan. Harga tersebut dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi dan kondisi tanah di tempat Anda. Namun, sebaiknya Anda tidak hanya mempertimbangkan harga saja, tetapi juga reputasi dan pengalaman kontraktor dalam melakukan pekerjaan.

Dengan begitu, Anda dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Terima kasih atas perhatiannya.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Harga Borongan Gali Sumur Per Meter : Update Terbaru yang dipublish pada April 5, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment