tinggi tangga ideal

Tinggi Tangga Ideal : Aman & Nyaman

Qilat.id – Tinggi Tangga Ideal : Aman & Nyaman. Tinggi tangga ideal adalah salah satu faktor penting dalam merancang sebuah tangga yang nyaman dan aman digunakan. Tinggi tangga yang tidak sesuai dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan cedera pada penggunanya. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan tinggi tangga yang ideal saat merancang atau memilih tangga untuk rumah atau bangunan Anda.

Menurut standar internasional, tinggi tangga ideal adalah antara 17 hingga 18 sentimeter per langkah. Namun, ini hanya merupakan panduan umum dan masih dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna tangga. Misalnya, jika Anda sering mengenakan sepatu berhak tinggi, Anda mungkin perlu menyesuaikan tinggi tangga agar tetap nyaman digunakan.

Selain itu, juga perlu memperhatikan ketinggian total tangga yang terdiri dari ketinggian tiap langkah dan jumlah langkah. Ketinggian total tangga yang ideal adalah antara 200 hingga 210 sentimeter. Namun, lagi-lagi, ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ruang yang tersedia.

Selain tinggi tangga, faktor lain yang perlu diperhatikan dalam merancang tangga adalah lebar tangga, kemiringan tangga, dan pegangan tangga. Pastikan tangga memiliki lebar yang cukup untuk pengguna yang berbeda-beda, kemiringan tangga yang tidak terlalu curam, dan pegangan tangga yang kokoh dan mudah dijangkau.

Dalam memilih atau merancang tangga, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli arsitektur atau insinyur sipil untuk memastikan bahwa tangga yang Anda pilih atau rancang memenuhi standar keselamatan dan nyaman digunakan.

Berapa Ukuran Tinggi Tangga Rumah Yang Ideal?

Agar dapat membangun tangga yang ideal, diperlukan perhitungan yang tepat sehingga tangga yang dibangun dapat digunakan dengan aman dan nyaman. Beberapa faktor yang

Baca juga:  Cara Pemasangan Scaffolding : Aman dan Efisien

1. Luas dan Lebar Tangga

Ketika akan menghitung luas dan lebar tangga, ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu pengguna dan peralatan yang mungkin akan melewati tangga.

Sebagai penghuni dan pengguna tangga rumah, kamu pasti akan melewati tangga yang dibangun di dalam rumah untuk melakukan berbagai aktivitas. Kadang-kadang kamu juga akan menggunakan tangga bersama anggota keluarga lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memperhitungkan ukuran tangga yang tepat agar dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk tangga yang dapat digunakan oleh satu orang, lebar tangga sekitar 70 cm sampai 90 cm sudah cukup. Namun, untuk tangga yang digunakan oleh lebih dari satu orang sekaligus, baik searah maupun berlawanan arah, kamu membutuhkan lebar tangga minimal 120 cm sampai 180 cm untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan mobilitas barang yang mungkin akan melewati tangga untuk menuju ke lantai atas. Hal ini penting agar kamu tidak kesulitan membawa barang-barang tersebut melalui tangga yang telah dibangun. Pastikan kamu memperhitungkan dengan baik agar tangga yang dibangun dapat digunakan secara optimal.

2. Sudut Kemiringan

Untuk menentukan sudut kemiringan tangga, dapat dilakukan dengan membandingkan tinggi tangga dengan panjang tangga. Tinggi tangga dihitung dari tinggi lantai atas dibandingkan dengan lantai bawah. Sedangkan panjang tangga mengacu pada ruang yang dibutuhkan untuk membangun tangga tersebut.

Secara umum, standar kemiringan tangga yang aman untuk hunian adalah 42 hingga 45 derajat. Namun, kamu dapat menyesuaikan sudut kemiringan tangga dengan kebutuhan hunianmu. Beberapa faktor seperti luas ruangan dan kebutuhan pengguna bisa menjadi pertimbangan yang memengaruhi sudut kemiringan tangga yang dibangun

3. Ukuran Anak Tangga

Setelah menentukan lebar tangga yang sesuai untuk hunianmu, tahap selanjutnya adalah memperhitungkan ukuran anak tangga yang ideal.

Baca juga:  Harga Pipa Besi dan Jenis-jenisnya untuk Kebutuhan Konstruksi

Tinggi anak tangga, atau yang juga disebut optrede, biasanya memiliki ukuran antara 15 hingga 19 cm. Ukuran ini dianggap mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Sedangkan lebar anak tangga yang sesuai berkisar antara 27 hingga 33 cm.

Selain itu, tinggi anak tangga juga perlu dibuat senyaman mungkin. Biasanya, ukuran tinggi anak tangga adalah antara 15 hingga 22 cm. Ukuran ini dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu agar pengguna tangga tidak mudah merasa lelah saat menggunakannya.

4. Jumlah Anak Tangga

Mengetahui jumlah anak tangga yang diperlukan dalam sebuah hunian juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Berikut ini adalah cara untuk menghitung jumlah anak tangga yang ideal.

Pertama-tama, kamu perlu mengetahui ukuran tangga yang ideal yang akan digunakan. Setelah itu, kamu dapat menghitung jumlah anak tangga yang dibutuhkan. Rumus untuk menghitung jumlah anak tangga adalah:

  • (h/1) – 1

Dalam rumus tersebut:

  • h : tinggi struktur bangunan tangga
  • t : tinggi anak tangga

Misalnya, tinggi bangunan tangga yang direncanakan adalah 350 cm dan tinggi anak tangganya adalah 15 cm. Maka, jumlah anak tangga yang dibutuhkan adalah:

  • Jumlah anak tangga = (h/1) – 1
  • Jumlah anak tangga = (350/15) – 1
  • Jumlah anak tangga = 23,3 – 1 = 22,3

Dalam kasus ini, jumlah anak tangga yang dibutuhkan adalah 22 buah setelah dibulatkan.

Namun, jumlah ini perlu disesuaikan dengan bentuk tangga yang akan digunakan. Beberapa faktor seperti penggunaan borders, lebar ruangan, dan tinggi bangunan juga memengaruhi jumlah anak tangga yang dibutuhkan. Contohnya, ukuran anak tangga besi atau beton dapat berbeda karena material yang digunakan membutuhkan luas ruang yang lebih banyak.

5. Ukuran Bordes

Bordes adalah bidang datar yang lebih lebar dari anak tangga dan berfungsi sebagai tempat beristirahat saat menaiki tangga. Fungsi utama dari bordes adalah untuk mengurangi risiko kecelakaan seperti terpeleset atau terjatuh saat melewati anak tangga.

Baca juga:  Model Rumah Tingkat Samping : Desain Modern Hunian Masa Kini

Pembuatan bordes tangga sebaiknya dilakukan jika tangga memiliki lebih dari 12 anak tangga dan luas minimal bordes tangga harus mencapai 1 meter. Selain berfungsi sebagai tempat beristirahat, keberadaan bordes pada tangga juga dapat mempercantik tampilan rumahmu.

6. Handrail

Selain memperhatikan ukuran anak tangga minimalis yang ideal, kamu juga perlu memperhatikan elemen tambahan yang sama pentingnya, yaitu handrail atau pegangan tangan.

Handrail berfungsi sebagai elemen penunjang stabilitas bagi pengguna saat melewati tangga. Dengan adanya handrail, diharapkan dapat meminimalisir kecelakaan yang mungkin terjadi saat naik atau turun tangga.

Pemasangan handrail harus disesuaikan dengan jangkauan tubuh manusia agar penggunaannya lebih nyaman. Biasanya, handrail yang digunakan memiliki tinggi antara 80 hingga 100 cm terhitung dari lantai tangga.

7.Balustrade

Balustrade adalah susunan tiang yang terdapat pada ibu atau anak tangga. Tiang-tiang ini tidak hanya berfungsi sebagai penghias pada tangga, tetapi juga memiliki fungsi yang lebih penting.

Misalnya, balustrade berfungsi sebagai konstruksi pendukung pada railing tangga, memberikan batasan pada area yang tertutupi oleh balustrade, hingga mencegah seseorang terjatuh melalui celah tangga.

Oleh karena itu, pemasangan balustrade memerlukan perhitungan yang matang untuk memastikan keamanan hunian. Tinggi balustrade yang umum digunakan adalah sekitar 100 cm. Kamu juga dapat memilih material balustrade yang sesuai dengan konsep hunianmu untuk meningkatkan nilai estetis.

Penutup

Memilih tinggi tangga ideal yang aman dan nyaman adalah hal yang sangat penting dalam desain rumah. Dalam memilih tinggi tangga, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti ukuran tangga, tinggi tangga, dan material yang digunakan.

Pastikan tinggi tangga ideal yang Anda pilih sesuai informasi qilat.id dan sesuai kebutuhan dan keamanan keluarga. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat memastikan rumah Anda aman dan nyaman untuk ditinggali. Semoga bermanfaat.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tinggi Tangga Ideal : Aman & Nyaman yang dipublish pada May 18, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment