Harga Besi Tua

Harga Besi Tua : Jenis, Merk & Ukuran

Qilat.idHarga Besi Tua : Jenis, Merk & Ukuran, besi adalah bahan utama yang diperlukan dalam pembangunan konstruksi untuk memberikan kekuatan pada bangunan tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa besi tua menjadi jenis besi yang paling banyak diminati. Hal ini menjadikan banyak orang terdorong untuk membuka usaha jual beli besi tua.

Harga besi tua tergolong sangat murah, namun harga tersebut akan berubah ketika besi tua tersebut sudah masuk ke dalam pabrik peleburan.

Hal ini disebabkan karena besi tua telah diolah kembali, terutama jenis besi tua bekas dari kapal, industri, dan sebagainya yang sering dicari.

Tidak perlu diragukan lagi mengenai kualitas besi tua yang lebih unggul dibanding jenis besi lainnya. Oleh karena itu, pembelian besi tua dianggap lebih baik oleh banyak orang karena dinilai dari kualitasnya.

Prospek Usaha Besi Tua menggiurkan

Kebanyakan orang menganggap keberadaan besi scrap atau besi tua sebagai hal yang biasa, bahkan ada yang meragukan kemanfaatannya.

Peluang ini kemudian dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis besi scrap. Meskipun membutuhkan kesabaran dan ketelitian, namun bisnis jual beli besi tua menjanjikan hasil yang menguntungkan.

Pasokan bahan baku industri besi dalam negeri masih kurang

Potensi besar terdapat pada bisnis jual beli besi tua di dalam negeri. Jangan terburu-buru untuk membuang besi bekas atau besi tua yang dimiliki. Sebaliknya, dapat dijual pada pengepul untuk memperoleh uang tambahan. Harga yang ditawarkan berbeda-beda tergantung pada keadaan dan jenis besi, berkisar antara 3.500 hingga 6.500 rupiah per kilogram.

Baca juga:  Ukuran Panjang Besi Beton dan Kegunaannya Sesuai SNI

Besi tua dapat diolah kembali melalui pabrik peleburan (recycle)

Besi tua yang diperoleh pabrik dari pengepul akan diolah dan dilebur menjadi besi baru yang kemudian dijual dengan harga yang tinggi.

Besi tua dalam negeri tergolong mahal

Harga scrap di negara-negara seperti Australia, Kanada, dan beberapa negara Eropa Timur jauh lebih murah daripada harga di Indonesia. Oleh karena itu, pelaku bisnis dengan modal besar (milyaran) dapat membeli besi tua di luar negeri untuk diolah atau dijual kembali di dalam negeri.

Besi bekas dapat dimanfaatkan kembali (reuse)

Dalam beberapa proyek konstruksi dan industri, besi scrap dapat diolah kembali dan digunakan kembali. Selain itu, bisnis kerajinan juga dapat memanfaatkan dan mengolah besi tua untuk menciptakan karya seni atau produk furnitur, seperti memodifikasi besi dari plat bekas.

Menyelamatkan Lingkungan

Bisnis jual beli besi tua dan daur ulang besi berperan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar. Membuang besi tua secara sembarangan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan berdampak buruk bagi ekosistem.

Oleh karena itu, mengoptimalkan penggunaan dan daur ulang besi merupakan upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga keberlangsungan lingkungan dan alam sekitar.

Kegunaan Besi Bekas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, besi bekas memiliki banyak potensi kegunaan, termasuk dalam pembangunan konstruksi. Dengan didaur ulang, besi bekas dapat membantu mengatasi masalah lingkungan dan bahkan membantu mengurangi dampak rumah kaca.

Biasanya, orang memanfaatkan besi bekas untuk membuat peralatan pribadi seperti pot bunga, rak bunga, dan lain-lain. Namun, pemanfaatan besi bekas sebenarnya tergantung pada kreativitas individu.

Sebagai tambahan informasi, besi bekas dapat menjadi peluang bisnis yang menarik untuk dijalankan. Dengan menjalankan bisnis jual beli besi bekas atau mengubahnya menjadi produk baru, pelaku bisnis berpotensi memperoleh keuntungan yang besar.

Baca juga:  Proses Pembesian Plat Lantai : Memperkuat Struktur Lantai

Kelebihan dan Kekurangan Besi Bekas

Sebagian besar dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa setiap material bahan bangunan memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk besi bekas. Karakteristik besi bekas biasanya memberikan sejumlah kelebihan atau kekurangan tertentu.

Sebelum mengetahui harga besi bekas per kilogram, sebaiknya dipertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari bahan tersebut. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan besi bekas untuk memperjelas informasinya.

1. Kelebihan

  • Harga besi bekas lebih murah.
  • Kualitas besi bekas tidak jauh berbeda dengan besi baru.
  • Ramah terhadap lingkungan apabila bisa mendaur ulang besi bekas.
  • Dapat diolah menjadi berbagai macam hal.

2. Kekurangan

  •  Dibutuhkan adanya ketelitian ekstra ketika hendak memilih dan membelinya.
  •  Dibutuhkan proses panjang untuk membuatnya menjadi barang berguna.
  •  Untuk membuat besi berkualitas, dibutuhkan adanya berbagai macam campuran tertentu sehingga membutuhkan modal besar.

Kualitas Grade Besi Scrap

Bagi mereka yang tertarik terjun ke dunia besi tua, mungkin akan bingung dengan jenis-jenis besi tua yang ada. Terdapat 4 jenis besi tua berdasarkan ukurannya, yaitu:

Kelas A

Jenis besi tua pada kelompok ini memiliki ketebalan minimal 6mm dan mencakup barang-barang seperti Besi IWF/H-Beam, pipa, besi beton, plat, rel kereta, besi sisa fabrikasi, blok mesin, rantai kapal, besi as, roda kereta api, serta plat kapal.

Pabrik biasanya menerima besi tua dengan panjang antara 50 – 180 cm. Kondisi barang harus terjaga, tidak banyak mengandung karat atau lapisan cat/chrome.

Kelas B

Jenis besi tua pada kelompok ini memiliki ketebalan minimal 3 – 5 mm dan mencakup barang-barang seperti plat tipis, potongan plat, velg mobil, serta sisa pemotongan coil. Pabrik biasanya menerima besi tua dengan panjang antara 50 – 180 cm. Kondisi barang harus terjaga, tidak banyak mengandung karat atau lapisan cat.

Baca juga:  Forging Artinya : Jenis & Tekniknya

Kelas C

Adalah sejumlah besi tua berketebalan 2-3 mm, yang antara lain meliputi drum minyak, lembaran seng pabrik, paku, kawat pengikat, dan plat bodi bekas mobil.

Kelas D

Besi tua dalam kategori ini memiliki ketebalan setidaknya 1-2 mm, dan di antara jenis barang yang termasuk adalah sisa serutan atau bubutan, kaleng susu, seng berkarat, kawat las, dan velg sepeda. Pabrik umumnya akan menerima barang dengan ukuran antara 50 hingga 180 cm. Kondisi barang yang diterima tidak boleh banyak karat atau lapisan cat.

Harga Besi Tua di Pabrik Peleburan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bisnis besi tua memiliki potensi keuntungan yang besar. Oleh karena itu, tidak mengherankan banyak pelaku bisnis besi tua yang berhasil meraih kesuksesan. Berikut adalah daftar harga besi tua per kilogram.

Jenis Besi TuaHarga Per Kg
Besi Super 1Rp. 5.050 – 5.350
Besi Super 2Rp. 4.700 – 5.000
Ex Pabrik 1Rp. 5.400
Ex Pabrik 2Rp. 5.200
Kaleng PressRp. 3.000
KalengRp. 3.900 – 5.000
Besi KapalRp. 4.800 – 5.300
Kelas ARp. 5.300
Kelas BRp. 5.150 – 5.200
Kelas CRp. 4.700 – 5.100
Kelas DRp. 3.200 – 3.900
Kelas ERp. 1.150 – 1.900
PolonganRp. 5.400
Besi BehelRp. 4.900 – 5.200
Potongan BaruRp. 5.600 – 6.600
PremiumRp. 5.300 – 5.400
CampurRp. 4.700 – 5.000
Rosok/B2Rp. 3.800 – 5.000

Penutup

Sebagai kesimpulan, dapat disimpulkan bahwa harga besi tua adalah faktor penting dalam industri daur ulang logam. Meskipun fluktuasi harga sering terjadi, harga besi tua masih dianggap stabil dan menguntungkan bagi pelaku industri daur ulang logam.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Harga Besi Tua : Jenis, Merk & Ukuran yang dipublish pada June 10, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment