Cara Membuat Cakar Ayam

Cara Membuat Cakar Ayam : Untuk Pondasi Bangunan

Qilat.id – 5 Cara Membuat Cakar Ayam : Untuk Pondasi Bangunan, cakar ayam merupakan jenis pondasi bangunan yang umumnya digunakan di Indonesia.

Pondasi ini memiliki bentuk yang menyerupai kaki unggas, dengan pipa beton yang tersusun mirip cakar. Fungsinya adalah untuk menjepit dan menstabilkan tanah agar bangunan di atasnya lebih kokoh.

Menghitung kebutuhan semen untuk pondasi cakar ayam mungkin tidak mudah bagi sebagian orang. Namun demikian, jenis pondasi ini dapat diaplikasikan pada konstruksi bangunan yang dibangun di atas tanah lembek maupun keras.

Dengan kekuatannya, cakar ayam dapat digunakan untuk membangun rumah 2 lantai atau bahkan gedung bertingkat.

Selain itu, konstruksi pondasi ini juga sering diaplikasikan dalam pembangunan jembatan layang, mal, landasan pacu, dan proyek konstruksi besar lainnya.

Terdapat beberapa cara pembuatan cakar ayam yang disesuaikan dengan kebutuhan bangunan.

Semakin berat beban yang akan ditopang, maka ukuran cakar ayam pun akan semakin besar. Saat ini, pembuatan cakar ayam menjadi lebih mudah karena sudah tersedia besi cakar ayam siap pakai yang tinggal dipasang.

Cara Membuat Cakar Ayam

Dalam pembuatan cakar ayam, perlu memperhitungkan bahan dan biaya yang dibutuhkan. Sama seperti memasang wallpaper dinding per meter, perlu melakukan pengukuran agar hasilnya lebih akurat.

1. Pilih Material Cakar Ayam

Langkah awal dalam pembuatan cakar ayam adalah memilih bahan yang akan digunakan. Material besi ulir atau besi mulus sering digunakan, namun tergantung pada preferensi dan keinginan masing-masing individu.

2. Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam

Jika ingin membuat cakar ayam sendiri, diperlukan perhitungan untuk mengetahui kebutuhan besi. Sebagai contoh, jika memilih besi ulir untuk pondasi cakar ayam dengan ukuran 100x100cm, maka perhitungan yang lengkap perlu dilakukan.

Baca juga:  Biaya Plamir Tembok Per Meter: Pengertian Secara Lengkap
Perhitungan(90+15+15+35+35+25)x10
Total Besi215×10 = 2150cm atau 21.5 meter

Namun, jika memutuskan untuk membeli besi cakar ayam yang sudah jadi, maka tidak perlu melakukan perhitungan. Harga tulangan besi berukuran 80 cm x 80 cm sekitar Rp.300.000 di toko bangunan.

3. Menghitung Biaya Tenaga

Lebih baik menggunakan tenaga borongan karena harganya yang terjangkau. Besaran upah dapat berbeda-beda di setiap daerah, namun umumnya berkisar antara Rp.60.000 hingga Rp.75.000 untuk membuat rangkaian tulangan besi.

4. Memilih Rangka Baja

Langkah selanjutnya adalah memilih rangka baja terbaik yang dapat ditanyakan kepada tenaga kuli atau toko bangunan. Penggunaan rangka baja dapat meningkatkan kekuatan bangunan terhadap guncangan atau gempa.

5. Membuat Cakar Ayam

Pastikan cakar ayam disesuaikan dengan beban dan kondisi tanah bangunan. Pondasi dasarnya dibuat dengan menggunakan pipa besi yang ditanam hingga kedalaman 2-3 meter, dengan diameter antara 1,2 hingga 8 sentimeter.

Pilih ketebalan plat beton sekitar 10 hingga 15 sentimeter untuk kekokohan. Tulangan kolom di dalamnya akan menjadi penopang utama, sedangkan begel di tengah digunakan untuk menopang sisi konstruksi cakar ayam.

Tahap Pembuatan Pondasi Cakar Ayam

Berikut adalah tahapan dalam pembangunan pondasi cakar ayam:

1. Penggalian Tanah

Tahap awal adalah penggalian tanah sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Pastikan ada ruang yang cukup untuk para pekerja memasang bagian-bagian pondasi dengan nyaman. Sesuaikan juga dengan kondisi tanah di lokasi pembangunan bangunan.

2. Proses Penulangan

Proses penulangan melibatkan perakitan besi beton menjadi struktur yang akan menahan semen cor. Kegiatan ini tidak harus dilakukan di dalam lubang galian. Sebaiknya perakitan dilakukan terlebih dahulu dan dipasang ke dalam lubang kemudian. Pastikan jarak tulangan sekitar 40 mm dari dasar tanah dan gunakan batu kali sebagai pengganjal di setiap ujung sisi.

3. Bekisting

Proses ini akan memberikan alat bantu sementara dalam mencetak beton. Beton dicor dari atas ke bawah dan struktur bantuan ini membentuk beton yang menyelimuti tulangan.

4. Pengecoran

Semen, pasir, kerikil atau split, serta air akan dicampur dan dituang ke dalam bekisting. Kemudian, biarkan hingga kering dan membentuk pondasi cakar ayam.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu : Mudah Dilakukan

Kelebihan Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1.  Bisa Dibangun di Tanah yang Tidak Stabil

Keunggulan utama dari pondasi cakar ayam adalah kemampuannya untuk dibangun di tanah yang lemah dan tidak stabil. Pondasi ini awalnya dikembangkan untuk menangani masalah pembangunan pondasi di daerah rawa-rawa yang sulit dilakukan.

Namun, dengan menggunakan pondasi cakar ayam, kendala tersebut dapat diatasi sehingga tetap memungkinkan untuk membangun pondasi di tanah yang tidak stabil.

2. Memiliki Struktur yang Sangat Kokoh

Pondasi cakar ayam memiliki struktur yang sangat kuat dan kokoh. Kekuatan pondasi ini bahkan mampu menahan beban bangunan dengan baik, sehingga bisa digunakan untuk menopang bangunan bertingkat dengan lantai banyak.

Dengan menggunakan pondasi cakar ayam, Anda dapat membangun rumah dengan 2-3 lantai yang kokoh dan stabil. Pondasi ini memberikan dukungan yang memadai sehingga rumah dapat berdiri dengan kuat.

3. Tidak Membutuhkan Sistem Drainase

Pondasi cakar ayam tidak memerlukan sistem drainase karena terbuat dari beton dan pipa-pipa tulangan yang sangat kuat. Pondasi ini sudah memiliki ketahanan yang baik terhadap air, sehingga tidak perlu sistem drainase.

Posisinya yang terletak jauh di dalam tanah juga membuatnya tidak membutuhkan sistem drainase. Selain itu, pondasi cakar ayam dirancang khusus untuk daerah rawa-rawa sehingga sudah dipertimbangkan agar tahan terhadap air.

4. Tidak Perlu Sambungan Kembang Susut

Kelebihan lain dari pondasi cakar ayam adalah tidak memerlukan sambungan kembang susut untuk mendukungnya. Pondasi ini memang dirancang khusus untuk daerah-daerah dengan tanah yang tidak stabil.

Struktur yang dimilikinya sangat kuat dan tangguh untuk menopang beban bangunan, sehingga tidak perlu sambungan kembang susut. Pondasi cakar ayam dapat bekerja dengan baik tanpa sambungan kembang susut.

5. Cocok Diaplikasikan di Berbagai Daerah

Kekuatan pondasi cakar ayam yang sangat tangguh membuatnya cocok untuk digunakan dalam proyek pembangunan di berbagai daerah.

Karena pondasi ini dapat berfungsi dengan baik di daerah rawa-rawa yang memiliki tanah lunak dan tidak stabil, maka secara otomatis pondasi ini juga bisa digunakan untuk pembangunan pondasi di daerah kering yang memiliki tanah stabil.

Baca juga:  Membuat Tenda Pipa Pvc : Praktis Ekonomis

Pondasi cakar ayam dapat diterapkan di berbagai tempat.

6. Proses Pembuatannya Relatif Lebih Cepat

Pondasi cakar ayam merupakan pondasi yang luar biasa karena tidak membutuhkan rangkaian proses yang panjang. Proses pembuatan pondasi cakar ayam relatif sederhana dengan sedikit tahapan pembuatan, sehingga waktu pembuatannya bisa lebih cepat.

Namun, meskipun dibuat dengan cepat, pondasi ini memiliki kekuatan yang sangat kokoh dan tangguh.

Kekurangan Cakar ayam

Adapun kekurangan-kekurangan pondasi cakar ayam antara lain:

1.  Proses Pembuatannya Cukup Rumit

Pondasi cakar ayam bukanlah pondasi yang sederhana. Pondasi ini memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi, terutama dalam pembuatan struktur pondasinya yang rumit.

Pondasi cakar ayam terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama, seperti plat beton dan pipa-pipa pendukung yang harus dibuat dan dipasang dengan benar.

Jika tidak, risiko kerusakan pada pondasi sangat besar. Oleh karena itu, Anda harus mampu merencanakan pondasi ini dengan sebaik-baiknya.

2. Harus Dibuat oleh Tenaga yang Ahli

Karena proses pembuatannya yang rumit, pondasi cakar ayam hanya dapat dibuat oleh tenaga yang ahli dan berpengalaman. Baik arsitek maupun tukang bangunan harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang pondasi cakar ayam agar dapat membuatnya dengan benar.

Tidak seperti pondasi batu kali yang sederhana sehingga banyak pekerja bangunan yang sudah terampil dalam pembuatannya, pembuatan pondasi cakar ayam ini membutuhkan keahlian yang lebih tinggi.

3. Dibutuhkan Biaya yang Relatif Banyak

Dalam membuat pondasi cakar ayam memang memerlukan biaya yang cukup besar. Terdapat cukup banyak komponen yang harus disiapkan untuk membangun pondasi ini agar mampu berdiri dengan kokoh.

Anda harus mempersiapkan anggaran untuk pengadaan plat beton, pipa besi, dan lain-lain. Namun, sebenarnya mahal tidaknya biaya pembuatan pondasi cakar ayam ini bersifat relatif.

Jika dibandingkan dengan pondasi lain yang membutuhkan proses pembuatan yang lebih rumit namun memiliki kekuatan yang sama, pondasi cakar ayam ini justru lebih hemat biaya..

Penutup

Artikel ini telah menjelaskan cara membuat cakar ayam, semoga dapat dijadikan referensi saat hendak membuatnya. Disarankan untuk menyesuaikan ukuran cakar dengan konstruksi bangunan agar dapat memperoleh hasil pondasi yang kokoh dan tahan lama..

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Membuat Cakar Ayam : Untuk Pondasi Bangunan yang dipublish pada May 7, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment