Kanopi dari Besi Hollow

Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow : Awet, Tahan Lama

Qilat.id – Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow : Awet, Tahan Lama. Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow : Awet, Tahan Lama . Kanopi adalah salah satu elemen penting dalam sebuah rumah yang dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari dan hujan. Salah satu bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan kanopi adalah besi hollow. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara membuat kanopi dari besi hollow yang mudah dan efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat membuat kanopi yang kokoh dan tahan lama untuk melindungi area rumah Anda dari cuaca ekstrem.

Fungsi Kanopi

Sebelum membahas proses pemasangan kanopi, penting untuk mengetahui fungsi kanopi itu sendiri. Berikut penjelasannya:

  • Sebagai Perlindungan Terhadap Cuaca
    Fungsi utama kanopi adalah sebagai perlindungan rumah dari cuaca seperti panas, hujan, atau angin. Atap kanopi juga dapat memberikan kesan sejuk pada rumah dan mencegah air hujan masuk ke dalam rumah.
  • Sebagai Fungsi Dekoratif
    Kanopi juga dapat memiliki fungsi dekoratif yang dapat mempercantik tampilan rumah. Dengan memasang kanopi pada rumah, rumah akan memiliki tampilan dekoratif yang estetik dan menarik. Motif dekoratif kanopi juga memiliki banyak jenis.
  • Sebagai Penekanan Pada Bangunan
    Kanopi juga berfungsi sebagai penekanan pada bangunan. Penekanan ini disesuaikan dengan desain, alur, dan bagian tertentu dalam bangunan. Tujuannya adalah untuk menciptakan tampilan yang mencolok pada bangunan sehingga mudah diingat oleh masyarakat.

Mengapa Menggunakan Besi Hollow untuk Kanopi?

Besi hollow digunakan dalam konstruksi bangunan untuk berbagai elemen rumah, termasuk kanopi. Besi ini dinamakan hollow karena bentuknya yang berupa batangan berongga.

Baca juga:  Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter : Mudah & Akurat

Besi hollow memiliki penampang berbentuk segiempat dan sering disebut pipa kotak. Ada juga yang mengenalnya dengan nama HSS atau Hollow Structural Section dengan penampang bervariasi seperti bujur sangkar, persegi panjang, lingkaran, dan elips.

Dibandingkan dengan menggunakan kayu, penggunaan hollow sebagai bagian dari konstruksi bangunan memiliki banyak keunggulan, antara lain:

  • Pemasangannya lebih mudah, praktis, dan kokoh
  • Tidak dimakan rayap layaknya pada kerangka kayu
  • Mampu meredam panas dengan baik sehingga sinar matahari tidak akan terlalu panas saat masuk ke rumah
  • Daya tahannya cukup bagus, tahan karat serta tidak mudah korosif
  • Dari segi penampilan, memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga membuat desain bangunan tampak lebih elegan
  • Tahan terhadap api
  • Harganya relatif terjangkau sehingga dapat menghemat biaya pembangunan rumah

Banyak yang membutuhkan cara menghitung kanopi besi hollow karena besi ini sering digunakan sebagai kerangka. Hollow cocok digunakan sebagai material interior maupun eksterior serta dengan furnitur yang bergaya minimalis.

Dalam cara menghitung kanopi, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu luas lahan serta desain kanopinya. Luas akan menentukan berapa jumlah besi yang dibutuhkan untuk kerangka.

Biaya Pembuatan Kanopi Berdasarkan Jenis Materialnya

1. Kanopi Besi Hollow

Membuat kanopi dari besi hollow tergolong mudah dan hasilnya dapat sangat memuaskan. Selain itu, dari segi biaya, Anda juga akan lebih hemat. Berikut adalah daftar harga terbaru untuk besi hollow:

2. Kanopi Hollow Stainless

Sama halnya dengan kanopi besi hollow, membuat kanopi hollow stainless juga tergolong mudah, dan harganya juga terjangkau. Berikut adalah daftar harga terbaru untuk kanopi hollow stainless:

Biaya Pasang Kanopi

Sebelum Anda memasang kanopi baja ringan oleh tenaga profesional, sebaiknya Anda mengetahui rincian biaya per meternya. Anda dapat memilih menggunakan jasa tenaga profesional, atau membeli bahan baku pembuatan kanopi sendiri dengan sistem borongan. Berikut adalah estimasi biaya keduanya.

Baca juga:  Cara Menghitung Kemiringan Tangga Untuk Keselamatan

1. Tenaga Profesional

Umumnya, biaya pasang kanopi baja ringan oleh tenaga profesional dimulai dari Rp200.000 per meter. Namun, biaya tersebut tergantung pada kesepakatan dan penawaran yang Anda dapatkan.

Berikut simulasi biaya pasang kanopi baja ringan:

  • Ukuran 4×6 meter atau 24 meter persegi
  • Biaya per meter Rp250.000

2. Contoh perhitungan: Rp250.000 x 24 = Rp6.000.000

Jadi, biaya pasang kanopi baja ringan ukuran 4×6 meter dengan jenis spandek mencapai Rp6.000.000. Biaya pemasangan tersebut sudah termasuk segala material yang dibutuhkan dan alat-alat yang disediakan oleh tenaga profesional.

3. Borongan

Saat ini, banyak jasa yang menawarkan pemasangan kanopi baja ringan rumah dengan sistem borongan sehingga Anda harus membeli bahannya sendiri. Jika ingin berhemat, maka langkah ini bisa menjadi pilihan.

  • Rata-rata biaya jasa pemasangan kanopi baja ringan berkisar Rp125.000 sampai dengan Rp150.000 per meter.

Berikut simulasi biaya jasa pasang kanopi baja ringan:

  • Ukuran 4 x 6 meter (24 meter persegi)
  • Biaya jasa per meter Rp130.000
  • Contoh perhitungan: Rp130.000 x 24 = Rp3.120.000

Jadi, biaya jasa pasang kanopi baja ringan ukuran 4×6 meter mencapai Rp3.120.000, namun tidak termasuk biaya material yang dibutuhkan.

Anda bisa menyusun RAB pasang kanopi baja ringan dengan memilih bahan material sendiri sesuai standar, namun berkualitas baik. Berikut adalah simulasi material yang digunakan dengan spesifikasi terbaik.

Tips Merawat Kanopi Besi Hollow

Setelah Anda berhasil membuat kanopi dari besi hollow, Anda juga perlu melakukan perawatan agar kanopi tetap awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips perawatan dan perbaikan kanopi besi hollow yang bisa Anda lakukan:

  • Bersihkan kanopi secara rutin
    Pastikan untuk membersihkan kanopi secara rutin dengan menggunakan air dan sabun ringan. Jangan gunakan pembersih yang mengandung bahan kimia keras karena dapat merusak lapisan pelindung pada kanopi.
  • Hindari menumpuk barang-barang di atas kanopi
    Jangan menumpuk barang-barang berat di atas kanopi karena dapat merusak rangka dan menimbulkan keretakan.
  • Periksa keadaan kanopi secara berkala
    Lakukan pemeriksaan secara berkala pada kanopi untuk memastikan tidak ada kerusakan atau retak pada rangka atau atap kanopi. Jika ditemukan kerusakan, segera lakukan perbaikan sebelum semakin parah.
  • Cat ulang kanopi
    Jika warna cat pada kanopi mulai pudar atau terkelupas, lakukan pengecatan ulang untuk menjaga tampilan kanopi tetap cantik dan menarik.
  • Perbaiki kerusakan secepat mungkin
    Jika terjadi kerusakan pada kanopi, segera perbaiki secepat mungkin untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Jangan biarkan kerusakan semakin parah karena dapat membuat biaya perbaikan semakin mahal.
Baca juga:  Cara Mengatasi Listrik Korslet: Tips dan Trik Ampuh

Dengan melakukan perawatan dan perbaikan yang tepat, kanopi besi hollow dapat tetap awet dan tahan lama untuk jangka waktu yang lama. Jadi, pastikan untuk melakukan perawatan secara rutin dan segera melakukan perbaikan jika ditemukan kerusakan pada kanopi besi hollow Anda.

Penutup

Dalam artikel qilat.id ini, telah dijelaskan mengenai keuntungan menggunakan besi hollow untuk membuat kanopi, cara membuat, jenis-jenis atap yang cocok , perawatan dan perbaikan, serta tips-tips yang berguna dalam menjaga kanopi tetap awet dan tahan lama.

Dengan mengikuti panduan yang telah diberikan, Anda dapat membuat kanopi besi hollow yang berkualitas dan awet, sehingga kendaraan atau barang-barang Anda akan terlindungi dengan baik dari cuaca buruk. Jadi, jangan ragu untuk memilih  bahan untuk membuat kanopi Anda yang berfungsi dan indah secara estetika.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow : Awet, Tahan Lama yang dipublish pada April 21, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment