Cara Menghitung Keramik Dinding 25×40

Cara Menghitung Keramik Dinding 25×40 : Kebutuhan Material

Qilat.idCara Menghitung Keramik Dinding 25×40 : Kebutuhan Material. Keramik merupakan bahan bangunan yang sering dipakai sebagai penutup lantai dan dinding. Permukaan keramik dilapisi dengan glazur, yang membuatnya terlihat berkilauan, licin, dan mudah dibersihkan.

Dalam konteks pembangunan dinding, keramik dinding menjadi material yang penting. Selain memberikan nilai estetika, keramik dinding juga bermanfaat dalam segi fungsi yakni mempermudah proses pembersihan ruangan.

Sebelum memasang keramik dinding pada dinding, disarankan untuk menghitung total kebutuhan terlebih dahulu. Langkah ini perlu dilakukan guna memperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk membeli material yang dibutuhkan.

Menghitung kebutuhan material keramik dinding sebenarnya cukup sederhana. Berikut ini kami akan menjelaskan dengan lengkap cara menghitung keramik dinding untuk berbagai jenis dan ukuran.

Demi memperoleh pemahaman yang jelas, disarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai meskipun cara menghitung keramik dinding dan lantai tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, mari terus simak artikel ini

Kelebihan dan Kekurangan Memasang Keramik Dinding 25×40

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keramik dinding dapat memberikan tampilan menarik pada tembok. Namun, pemasangan material tersebut pada dinding tetap memiliki kekurangan. Oleh karena itu, sebagai pertimbangan, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pemasangan keramik dinding.

Kelebihan

  1. Keramik lebih tahan lama dibandingkan material penutup dinding lainnya.
  2. Cara membersihkan keramik dinding relatif lebih mudah layaknya keramik lantai.
  3. Memiliki bentuk, motif dan warna bervariasi.
  4. Menjadi aksen menarik di dalam ruangan
  5. Tembok dinding tidak perlu diperhalus menggunakan aci.
Baca juga:  Cara Memasang Keran : Cepat & Praktis

Kekurangan

  1. Harga keramik dinding lebih mahal dibandingkan material sejenisnya.
  2. Apabila ingin memesan keramik dinding sesuai keinginan pada produsen, akan membutuhkan waktu cukup lama.
  3. Proses pemasangannya membutuhkan tukang dengan keahlian khusus.

Prosedur Menghitung Keramik Dinding

Sebelum membahas cara menghitung keramik dinding lebih lanjut, penting untuk mengetahui prosedur perhitungannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah informasi mengenai langkah-langkah perhitungan kebutuhan keramik dinding.

  1. Ukur panjang serta lebar dinding dinding yang akan dipasangi keramik dalam satuan meter.
  2. Menghitung luas dinding dalam satuan meter persegi (m2) menggunakan rumus luas segiempat.
  3. Menghitung jumlah keramik dalam satuan meter persegi (m2) luas dinding dinding.
  4. Menambahkan 3% sebagai cadangan sebagai upaya mengantisipasi apabila terjadi hal-hal diluar dugaan.

Cara Menghitung Volume Dinding

Langkah pertama adalah menghitung volume pekerjaan atau luas permukaan dinding yang akan dipasangi keramik dinding. Sebagai contoh, jika akan memasang keramik dinding ukuran 25×40 pada dinding persegi berukuran 1,35 meter dengan tinggi pemasangan 1,5 meter, maka langkah perhitungannya sebagai berikut.

  • Ukuran dinding sekitar 1,35 meter, dengan tinggi pemasangan 1,5 meter, dan lebar pintu sekitar 0,7 meter. Berikut adalah perhitungannya.
  • Rumus Perhitungan : Sisi + sisi + sisi + sisi – Luas pintu.
  • Jadi keliling dinding : 1.35 m + 1.35 m + 1.35 m + 1.35 m – 0.65 m = 4.7 m (0.65 berasal dari panjang dinding 1.35 m dikurangi lebar pintu 0.7 m).

Jadi, total volume luas bidang permukaan dinding pada dinding tersebut berukuran 1.35 meter yaitu 4.7 meter.

Cara Menghitung Keramik Dinding 25×40

Setelah mengetahui luas dinding yang akan dipasangi keramik, langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan keramik. Cara perhitungannya juga cukup mudah. Jika masih bingung, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Luas pemasangan keramik dinding : Volume pekerjaan x tinggi pemasangan, kemudian luas pemasangan keramik dinding : 4.7 m x 1.5 m = 7.05 m2.
  • Jadi perhitungan kebutuhan keramik dinding seperti ini : 7.05 m2 + 0.2115 m2 = 7.2615 m2 (dibulatkan menjadi 8 dus).
Baca juga:  Panjang Sambungan Besi : Cara Mudah Menghitung

Dari perhitungan di atas, total kebutuhan keramik dinding 40×25 dinding berukuran 1.35 m x 1.35 m yaitu sekitar 8 dus.

Biaya Pasang Keramik Dinding 25×40

Setelah mengetahui kebutuhan jumlah dus keramik dinding yang dibutuhkan, selanjutnya adalah menghitung biayanya. Pemasangan keramik dinding biasanya dihitung per hari sekitar Rp120.000.

Sementara itu, harga untuk satu dus keramik dinding ukuran 25×40 adalah sekitar Rp85.000. Jika membutuhkan 8 dus, maka total biaya untuk materialnya adalah 8 x Rp85.000 = Rp680.000. Biaya tersebut belum termasuk jasa pemasangan.

Tips Membeli Keramik Dinding 25×40

Sudah dijelaskan dengan lengkap mengenai cara menghitung keramik dinding ukuran 25×40 dan perhitungan biayanya. Agar memperoleh material keramik dinding berkualitas, disarankan untuk mengikuti tips berikut dalam memilihnya.

  • Sesuaikan jenis keramik dinding dengan fungsi ruangan.
  • Seimbang kan ukuran keramik dinding 25×40 dengan ruangan.
  • Pilih warna keramik sesuai konsep atau gaya ruangan.
  • Perhatikan tekstur keramik.
  • Sesuaikan dengan anggaran dana.
  • Belilah produk bergaransi.

Kesimpulan

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa kita dapat menghitung anggaran yang diperlukan dan memastikan pembelian material yang cukup. Hal ini penting untuk menghindari kekurangan bahan saat proses pemasangan karena perhitungan di atas sudah dibulatkan atau dihitung lebih.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan keramik dinding ukuran 25×40 qilat.id yang dapat disampaikan. Semoga informasi di atas dapat membantu orang-orang yang membutuhkannya.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Menghitung Keramik Dinding 25×40 : Kebutuhan Material yang dipublish pada April 8, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment