Lebar Tangga Ideal

Lebar Tangga Ideal : Bagaimana Menentukan Ukuran yang Tepat?

Qilat.id – Lebar Tangga Ideal: Bagaimana Menentukan Ukuran yang Tepat? Tangga merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah bangunan, baik itu rumah, gedung, ataupun fasilitas umum lainnya. Selain berfungsi sebagai penghubung antara lantai satu dan lantai lainnya, tangga juga dapat memberikan nilai estetika pada bangunan tersebut.

Namun, dalam pembuatan tangga, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna. Salah satunya adalah ukuran lebar tangga yang ideal.

Ukuran lebar tangga yang ideal sangat penting karena dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan pengguna. Jika lebar tangga terlalu sempit, maka pengguna akan merasa tidak nyaman dan kurang aman saat naik turun tangga. Sedangkan jika lebar tangga terlalu lebar, maka pengguna akan merasa kelelahan dan tangga akan memakan ruang yang lebih banyak.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas tentang ukuran lebar tangga yang ideal untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna tangga.

Cara Menghitung Ukuran Lebar Tangga Ideal

Tidak bisa disamaratakan bahwa lebar tangga antara satu jenis rumah dengan jenis lainnya. Selain itu, desain tangga seperti berbentuk L, spiral, atau lurus ke atas juga harus dipertimbangkan.

Lebar tangga memiliki pengaruh pada kenyamanan penghuni rumah saat melewatinya. Sebaiknya, satu orang dapat melewatinya dengan nyaman pada lebar tangga yang ideal. Namun, jika lebih dari satu orang melewati tangga bersamaan, maka lebar tangga harus lebih lebar agar dapat dilalui dengan nyaman.

Selain itu, harus dipertimbangkan pula tentang perabot atau barang yang harus diangkut ke lantai atas. Tangga yang terlalu sempit akan mempersulit proses pemindahan perabotan. Namun, jika terlalu lebar, tangga akan memakan ruang lainnya di lantai bawah dan memberikan kesan sempit pada ruangan.

Beberapa tangga dilengkapi dengan bordes atau tempat berdiam di tengahnya. Bordes biasanya ditemukan pada tangga dengan desain berkelok atau lurus dan bersifat opsional. Namun, pemasangan bordes ini dapat memengaruhi lebar area pembangunan tangga di sebuah rumah, apapun tipenya.

Baca juga:  15 Harga Kawat Bronjong : Lengkap dan Terbaru

Untuk mendapatkan lebar tangga yang nyaman dan ideal, ada beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan dengan lebih detail.

1. Menentukan Lebar Tangga

Lebar tangga minimal yang dianjurkan adalah selebar bahu orang dewasa, yaitu sekitar 60-80 cm jika tangga dilalui secara individu. Namun, jika tangga akan dilalui oleh dua orang sekaligus, sebaiknya ukuran lebarnya dua kali lipat, minimal 120 cm agar nyaman dan perabotan juga dapat dilalui dengan mudah.

Untuk bordes, sebaiknya ukuran panjangnya minimal sama dengan lebar tangga. Bentuk bordes dapat berupa segi empat sama sisi atau persegi panjang. Biasanya, bordes dipasang jika jumlah anak tangga lebih dari 10.

Patokan lebar tangga yang ideal di atas juga dapat diaplikasikan pada rumah tipe 36 dengan dimensi 6×6 meter atau 9×4 meter. Dengan begitu, masih terdapat ruang yang cukup luas di setiap tingkatnya sehingga ruang yang kosong dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

2. Menentukan Tinggi Anak Tangga (Optrade)

Untuk memperoleh lebar tangga ideal, perhatikan juga ukuran anak tangga, baik dari tinggi maupun lebarnya.

Tinggi anak tangga atau Optrade harus memperhatikan aspek kenyamanan para pengguna. Sebuah tangga yang baik adalah tangga yang nyaman digunakan oleh orang dewasa, remaja, dan anak-anak.

Menemukan tinggi anak tangga yang tepat tidaklah mudah. Namun, secara umum, rentang tinggi anak tangga yang sering digunakan adalah antara 15 hingga 19 cm. Rentang tersebut dianggap nyaman bagi orang dewasa yang memiliki tinggi lebih dari 150 cm dan anak-anak.

Meskipun rentang tersebut relatif, disarankan untuk tidak membuat anak tangga dengan tinggi lebih dari 19 cm.

3. Menentukan Lebar Anak Tangga (Antrade)

Saat menentukan lebar tangga ideal atau Antrade, perhatikan ukuran pijakan kaki orang yang akan menggunakannya. Oleh karena itu, lebar anak tangga yang nyaman dapat bervariasi antara bangunan satu dengan yang lainnya.

Secara umum, lebar anak tangga untuk rumah pribadi biasanya berkisar antara 27 hingga 30 cm. Sedangkan untuk bangunan umum, lebarnya berkisar antara 30 hingga 35 cm.

4. Menentukan Railing Tangga

Jika tangga rumah kalian memiliki lebih dari 5 anak tangga, kalian akan memerlukan railing atau pagar pembatas tangga. Railing tangga bertujuan untuk menjaga keselamatan pengguna tangga.

Baca juga:  Model Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng Terbaru

Ukuran lebar tangga ideal railing tangga adalah 70-90 cm untuk tingginya, dengan jarak antar batang sekitar 15-20 cm. Ukuran ini dianggap efektif untuk menjaga keselamatan pengguna tangga, termasuk anak-anak.

Komponen Detail Tangga

Tangga merupakan struktur yang terdiri dari beberapa bagian yang berbeda dan memerlukan perhitungan yang cermat agar dapat digunakan dengan baik. Jika perhitungannya tidak akurat, dapat menyebabkan tangga menjadi tidak nyaman dan bahkan membahayakan bagi penghuni rumah. Selain itu, tangga juga memiliki beberapa komponen yang perlu diketahui. Berikut adalah beberapa komponen tangga menurut Oz Stair:

  • Anak tangga atau tread
    Anak tangga adalah bagian tangga tempat kalian meletakkan kaki saat naik atau turun tangga.
  • Optrede atau riser
    Optrede adalah jarak vertikal antara satu anak tangga dengan anak tangga yang lainnya. Optrede yang sama pada setiap anak tangga dapat membuat penggunaan tangga menjadi lebih nyaman.
  • Railing atau pegangan
    Railing adalah pegangan pada sisi tangga yang digunakan untuk menopang tangan saat naik atau turun tangga. Railing juga berfungsi sebagai pembatas untuk mencegah pengguna jatuh.
  • Baluster atau balok
    Baluster adalah balok kecil yang berfungsi sebagai pembatas antara railing dan anak tangga.
  • Newel atau tiang penyangga
    Newel adalah tiang penyangga yang terletak di bagian atas atau bawah tangga dan digunakan untuk menyangga railing.

Dengan mengetahui komponen-komponen tangga, kalian dapat memperhitungkan dengan lebih baik dan memastikan tangga yang kalian bangun aman dan nyaman digunakan.

Mengapa kalian harus memperhatikan ukuran lebar tangga Ideal?

Mungkin kalian berpikir bahwa lebar tangga yang ideal hanyalah cukup untuk dilalui oleh satu atau dua orang secara bersamaan sesuai dengan kebutuhan. Namun, ukuran tangga yang tepat tidak hanya tentang keamanan, tetapi juga tentang kenyamanan dan kemampuan digunakan oleh banyak orang ketika terjadi keadaan darurat.

Misalnya, jika terjadi kebakaran di lantai dua rumah kalian, tangga harus aman digunakan oleh orang yang berusaha menyelamatkan diri dengan cepat. Lebar tangga yang tepat juga dapat membuat orang merasa lebih nyaman dan aman saat menggunakan tangga. Tangga yang terlalu sempit akan membuat pengguna kesulitan bergerak, dan hal ini dapat menyebabkan kecelakaan seperti jatuh dari tangga.

Tips Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga

Pembangunan tangga dengan lebar yang sesuai dapat menciptakan ruang kosong di bawah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Berikut beberapa ide untuk memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga:

  • Ruang Penyimpanan
    Ruang kosong di bawah tangga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan barang yang tidak terpakai. Namun, pastikan untuk membersihkannya secara rutin.
  • Perpustakaan Mini
    Ruang kosong di bawah tangga dapat dijadikan perpustakaan mini dengan menambahkan rak buku atau rak buku tanam yang menyatu dengan dinding. Hiasi dengan dekorasi atau tanaman agar terlihat hidup.
  • Rak Sepatu
    Jika tangga berada dekat pintu utama, ruang kosong di bawah tangga dapat dimanfaatkan untuk membangun rak sepatu. Hal ini akan memudahkan ketika tiba di rumah dan ingin meletakkan sepatu.
  • Kamar Mandi Bawah Tangga
    Ruang kosong di bawah tangga dapat digunakan sebagai kamar mandi, namun harus memperhatikan stkalianr tinggi kamar mandi agar aman dan nyaman saat digunakan.
  • Pajangan atau Tanaman Hias
    Ruang kosong di bawah tangga dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk meletakkan tanaman hias atau pajangan berupa lukisan. Cara ini cocok jika tidak ada ruang yang cukup lebar antara ruang dan tangga.
Baca juga:  Harga Pipa Besi dan Jenis-jenisnya untuk Kebutuhan Konstruksi

Penutup

Dalam menentukan lebar tangga yang ideal, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti keamanan, kenyamanan, dan estetika. Sebuah tangga yang dirancang dengan lebar yang tepat akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.

Dalam artikel ini, qilat.id telah dijelaskan tentang berbagai faktor yang mempengaruhi lebar tangga ideal, seperti ukuran ruangan, fungsi ruangan, dan kebutuhan pengguna. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, diharapkan pembaca qilat.id dapat merancang tangga yang tepat untuk rumah atau bangunan mereka.

Sebuah tangga yang dirancang dengan lebar yang ideal tidak hanya akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya, tetapi juga akan menambah nilai estetika pada desain rumah atau bangunan tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan lebar tangga yang ideal dalam merancang sebuah rumah atau bangunan.

Dalam kesimpulannya, memilih lebar tangga yang tepat adalah salah satu faktor penting dalam merancang sebuah rumah atau bangunan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang telah dijelaskan di artikel ini, pembaca diharapkan dapat membuat keputusan yang tepat dalam merancang tangga yang ideal dan memenuhi kebutuhan pengguna.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Lebar Tangga Ideal : Bagaimana Menentukan Ukuran yang Tepat? yang dipublish pada April 18, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment