Cara Menutup Sambungan Kalsiboard

Cara Menutup Sambungan Kalsiboard agar Terlihat Rapi & Rapat

Qilat.id – Cara Menutup Sambungan Kalsiboard agar Terlihat Rapi & Rapat. Jika Anda sedang melakukan proyek renovasi atau perbaikan rumah, sambungan kalsiboard mungkin adalah salah satu hal yang perlu Anda atasi. Namun, menutup sambungan kalsiboard dapat menjadi tugas yang cukup sulit dan memakan waktu. Oleh karena itu, kami telah menyusun panduan ini untuk membantu Anda menutup sambungan kalsiboard dengan cara yang paling mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menutup sambungan kalsiboard dengan hasil yang rapi dan profesional. Mari kita mulai!

Mengenal Kalsiboard untuk Plafon Rumah

Perkembangan konstruksi saat ini telah mengalami kemajuan pesat dengan ditemukannya beberapa material baru. Masyarakat mempertimbangkan bobot yang ringan, tahan lama, dan pemasangannya yang mudah dalam memilih material konstruksi. Kalsiboard menjadi terobosan baru dalam perkembangan konstruksi.

Kalsiboard adalah papan yang terbuat dari bahan anorganik seperti pasir silika, semen biru, selulosa, dan air, seperti yang dilaporkan oleh Science Direct.

Kalsiboard menjadi alternatif untuk gypsum dan asbes yang memiliki beberapa kekurangan. Asbes berdampak buruk pada kesehatan penghuni, sedangkan gypsum dapat pecah jika terkena air. Oleh karena itu, kalsiboard sering digunakan sebagai plafon rumah karena sifatnya yang tahan air.

Ketika ada kebocoran atap rumah, kalsiboard dapat menahan air sehingga tidak langsung menetes ke lantai.

Fungsi Kalsiboard dalam Bangunan Rumah

Kalsiboard memiliki banyak fungsi selain sebagai plafon rumah. Sifatnya yang tahan air, ringan, tidak tembus cahaya, berdimensi luas, dan mudah dipasang menjadikannya sebagai pilihan yang baik untuk dinding rumah. Konstruksinya mirip dengan drywall yang terbuat dari bata ringan, namun biayanya lebih rendah.

Selain itu, kalsiboard juga digunakan sebagai penyekat antar ruangan atau penyekat pipa.

Kalsiboard mampu bersaing dengan rockwool dan bahan penyekat keras lainnya dalam melindungi ruangan dari suhu panas yang tinggi. Selain itu, kalsiboard juga digunakan sebagai pelindung api. Di Eropa, kalsiboard dianggap sebagai material yang paling baik dalam ketahanannya terhadap api sehingga sering digunakan sebagai dinding rumah.

Baca juga:  Carbon Steel : Jenis, Karakteristik & Kelebihan

Selain itu, kalsiboard juga digunakan dalam proyek industri dan komersial seperti papan iklan, dinding ruangan di kapal, dan terowongan.

Kelebihan dan Kekurangan Material Kalsiboard

Apabila Anda sedang mencari atau membandingkan material terbaik untuk plafon rumah, mungkin akan sulit untuk memilih karena banyaknya pilihan material yang tersedia. Plafon rumah juga akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang, sehingga penting untuk memilih dengan tepat.

Salah pilih material dapat menimbulkan risiko yang harus ditanggung. Namun, di antara banyaknya material plafon, ada satu yang harus dipertimbangkan, yaitu kalsiboard.

Kalsiboard adalah material yang berbentuk seperti papan tebal dan memiliki kekuatan yang cukup untuk dijadikan plafon rumah. Namun, material ini juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk memahaminya lebih jelas, berikut adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan kalsiboard yang perlu Anda ketahui.

KeunggulanKekurangan
Penahan api yang baik. Kalsiboard adalah material tahan api kelas A. Jika api muncul, permukaannya tidak akan terbakar sehingga tidak akan muncul asap yang beracun.Karena proses instalasi yang rumit menjadikan biaya instalasi menjadi tinggi dan memerlukan Anda untuk mengeluarkan budget lebih.
Bentuk papan yang lentur membuat proses pemasangannya menjadi lebih fleksibel.Tidak hanya biaya instalasi, harga dari papan kalsi juga termasuk lebih mahal dan membuat Anda harus menyiapkan biaya tambahan untuk memasangnya di seluruh rumah.
Kekuatannya tinggi. Kalsiboard memiliki kekerasan tinggi dan kokoh sehingga tahan retak.Tidak mempunyai ketahanan yang baik terhadap air. Papan ini bisa hancur dengan sangat cepat apabila atap Anda mengalami kebocoran.
Tahan panas dan kedap suara. Kalsiboard tidak menghantar panas dan suara sehingga mampu menstabilkan kenyamanan ruangan.Bisa mengalami proses penyusutan yang sangat cepat, terutama ketika musim kemarau.
Tahan lama. Kalsiboard tidak akan bisa terserang karat, tahan serangga sehingga umurnya dijamin panjang.

Ketika dipasang, kalsiboard perlu dimodifikasi mengingat adanya kekurangan yang dimilikinya. Selain itu, kualitas kalsiboard juga memainkan peranan penting dalam efektivitasnya dalam menahan api. Komposisi yang tepat juga berdampak pada kualitas kalsiboard.

Jika formula yang digunakan buruk, misalnya dengan menggantikan semen dengan abu batubara untuk mengurangi biaya, maka ketahanan api kalsiboard akan semakin buruk.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu : Mudah Dilakukan

Ukuran Kalsiboard

Kalsiboard memiliki beberapa ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran tersebut dibagi menjadi beberapa ketebalan seperti yang dilaporkan oleh Kalsi, di antaranya:

  1. KalsiRata 3. KalsiRata 3 dengan ketebalan 3 mm cocok digunakan sebagai plafon dalam ruangan dengan rangka kayu dan dipaku. Sambungan antar papan sebaiknya dibiarkan terbuka. Tidak disarankan untuk menyambungnya dengan kompon dan tidak disekrup pada rangka besi karena terlalu tipis sehingga rawan retak.
  2. KalsiBoard Ling 3.5. KalsiBoard Ling 3.5 dengan ketebalan 3,5 mm cocok digunakan sebagai plafon yang diaplikasikan dengan sekrup pada rangka besi. Biasanya, kalsiboard 3,5 mm digunakan untuk pembangunan gedung baru karena kuat dan mampu menghasilkan permukaan yang rata.
  3.  KalsiBoard Ling 4. KalsiBoard Ling 4 dengan ketebalan 4 mm cocok digunakan untuk aplikasi plafon dalam ruangan. Agar sambungan sempurna, gunakan kompon dan tape. KalsiBoard Ling 4 sebaiknya dipasang pada rangka besi dan disekrup.
  4. KalsiBoard Ling 4.5. KalsiBoard Ling 4.5 dengan ketebalan 4,5 mm cocok digunakan sebagai plafon. Agar sambungannya sempurna, gunakan kompon dan tape. KalsiBoard Ling 4.5 cocok dipasang pada rangka besi dan disekrup.
  5. KalsiBoard Ling 6 dengan ketebalan 6 mm. Ketebalan ini memiliki kualitas terbaik di antara yang lainnya. KalsiBoard Ling 6 akan menghasilkan plafon rata dan sempurna dengan sambungan yang tertutup sehingga sangat cocok untuk plafon eksterior maupun interior. KalsiBoard Ling 6 sebaiknya dipasang pada rangka besi dan disekrup agar tahan lama.
  6. KalsiClad 10 adalah papan fiber semen dengan ketebalan 10 mm yang sangat cocok digunakan sebagai dinding luar. KalsiClad 10 sebaiknya dipasang pada rangka baja yang sesuai (desain, dimensi, ketebalan, dan jarak yang direkomendasikan). Parameter seperti beban angin, beban mati, tinggi gedung, dan tingkat resiko gempa perlu dihitung dengan seksama. Saat memasang KalsiClad 10, sambungan dapat dibiarkan terbuka atau tertutup dengan menggunakan sealant khusus untuk menahan perubahan cuaca dan pergerakan kelembaban. Gunakan polyurethane sealant dengan perlindungan terhadap sinar matahari dan sealant yang dapat dicat.
  7. KalsiQua 8 adalah papan fiber semen bebas asbes dengan ketebalan 8 mm yang terbuat dari campuran semen, mineral, bahan penguat, dan aditif khusus yang didesain khusus untuk aplikasi area basah. KalsiQua 8 menawarkan area aplikasi yang lebih luas, mulai dari aplikasi papan pendukung pada aplikasi curtain wall hingga aplikasi area basah dalam ruangan maupun area basah lainnya.
  8. Yang terakhir, KalsiFloor 20 adalah papan fiber semen penutup lantai dengan ketebalan 20 mm yang digunakan untuk aplikasi ruang dalam rumah, apartemen, dan bangunan umum lainnya dengan beban tinggi. KalsiFloor 20 dipasang dengan memasang sekrup pada rangka baja. KalsiFloor 20 juga dapat digunakan untuk mezzanine, ruangan tambahan, dan lainnya yang membutuhkan persiapan konstruksi lebih cepat.
Baca juga:  Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow : Awet, Tahan Lama

Cara Menutup Sambungan Kalsiboard dengan Mudah

Memiliki tampilan interior yang rapi dan teratur pasti menjadi impian semua orang yang memiliki rumah. Jika rumah Anda menggunakan Kalsiboard sebagai sekat antar ruangan, Anda dapat menutup sambungan Kalsiboard dengan mudah. Namun, sebelum memulai proses penutupan sambungan, ada beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan terlebih dahulu, di antaranya:

  • Kape
  • Amplas
  • Kemoceng
  • Lakban Gypsum
  • Ember kecil
  • Compund
  • Lem Putih/Plamir.

Beberapa alat dan bahan yang disebutkan di atas harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memulai proses penutupan sambungan Kalsiboard. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menutup sambungan Kalsiboard:

  • Pertama, bersihkan permukaan dinding Kalsiboard terlebih dahulu dengan menggunakan kemoceng atau kain lap bersih. Jika terdapat bagian yang sempit, gunakan kuas kecil.
  • Buat adonan untuk mengisi celah-celah sambungan Kalsiboard dengan mencampurkan compound dan lem putih di dalam ember kecil.
  • Oleskan adonan tersebut ke celah-celah sambungan Kalsiboard menggunakan kape dengan mengikuti bentuk garis nat agar hasilnya rapi. Pasang lakban gypsum di atas garis sambungan selagi adonan masih basah.
  • Tutup lakban dengan compound agar tertutup rata.
  • Setelah compound kering, amplas permukaan Kalsiboard hingga rata kembali.
  • Terakhir, cat permukaan Kalsiboard dengan warna yang diinginkan. Dianjurkan untuk mengaplikasikan 2-3 lapisan cat agar hasilnya maksimal.
    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sambungan Kalsiboard dapat ditutup dengan rapi dan mudah dilakukan sendiri di rumah.

Penutup

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menutup sambungan kalsiboard. Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan sambungan kalsiboard di dinding atau plafon ruangan Anda dapat tertutup rapat dan terlihat rapi. Selamat mencoba!

 

 

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Menutup Sambungan Kalsiboard agar Terlihat Rapi & Rapat yang dipublish pada June 11, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment