Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks dan Protokol

Qilat.id – Teks prosedur adalah jenis teks yang menjelaskan cara melakukan sesuatu dengan jelas dan terperinci. Dari memasak makanan hingga menggunakan peralatan elektronik, teks prosedur membantu kita untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa contoh teks prosedur yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari resep masakan yang sederhana hingga petunjuk pemakaian peralatan elektronik yang lebih kompleks, kita akan melihat bagaimana teks prosedur dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan berbagai tugas.

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah jenis teks yang digunakan untuk menyajikan serangkaian langkah atau tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Tujuannya adalah untuk memberikan panduan dan petunjuk yang jelas kepada pembaca tentang cara membuat suatu produk, melakukan suatu aktivitas, atau menggunakan suatu benda atau alat tertentu. Teks ini menggunakan kalimat imperatif dan berurutan dari tindakan yang harus dilakukan.

Teks prosedur ditandai dengan adanya instruksi yang harus diikuti secara ketat agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Ciri utama dari teks ini adalah penggunaan kalimat imperatif yang menyatakan tindakan yang harus dilakukan. Selain itu, teks ini juga mengutamakan proses yang berurutan dan sistematis, yang berarti bahwa tindakan-tindakan yang ditetapkan harus dilakukan dalam urutan yang benar dan sesuai dengan aturan yang ditentukan.

Teks prosedur mengikuti kaidah kebahasaan yang khusus, termasuk penggunaan kata kerja imperatif yang menyatakan tindakan yang harus dilakukan, kalimat saran untuk memberikan saran yang baik, konjungsi untuk menyambung kalimat, kalimat yang menunjukkan penggunaan waktu, kata yang menunjukkan urutan tindakan, penggunaan kata keterangan cara, keterangan alat, serta keterangan tujuan.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur sederhana

Teks prosedur sederhana merupakan jenis teks yang hanya menyajikan beberapa langkah petunjuk saja, dua atau tiga langkah. Teks ini sangat singkat dan hanya menyajikan informasi yang dianggap esensial saja. Biasanya bagian teks yang tidak penting seperti pengenalan atau latar belakang tidak disertakan. Contohnya adalah tata cara atau petunjuk mengoperasikan setrika yang hanya menyajikan langkah-langkah yang harus dilakukan saja.

Contoh Teks prosedur sederhana

Cara Membuat Telur Dadar:

Telur dadar adalah hidangan yang dibuat dari telur yang dikocok dan diolah dengan cara ditumis atau digoreng dalam wajan. Telur dadar dapat disajikan sebagai hidangan pagi, siang atau malam. Telur dadar dapat diolah dengan beragam cara, seperti ditambahkan bahan-bahan seperti daun bawang, bawang putih, jamur, dll untuk memberikan rasa yang lebih enak. Telur dadar dapat disajikan dengan berbagai cara, seperti ditambahkan saus, diiris atau digulung. Telur dadar juga dikenal sebagai telur goreng.

Baca juga:  Tabel Besi Hollow : Ukuran, Dimensi, dan Spesifikasi!

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur dadar adalah :

  • Telur (1-2 butir, tergantung selera)
  • Garam (secukupnya)
  • Pepper (secukupnya)
  • Mentega atau minyak untuk menumis (secukupnya)

Langkah-langkah membuat telur dadar

  1. Panaskan mentega atau minyak di dalam wajan.
  2. Kocok telur, garam, dan pepper dalam wadah.
  3. Tuang telur kedalam wajan yang telah dipanaskan.
  4. Ratakan telur dengan sendok atau spatula.
  5. Tunggu hingga matang, lalu lipat telur dua kali.
  6. Angkat dan sajikan.

Cara Menyiram Tanaman:

Menyiram tanaman adalah proses memberikan air ke tanaman dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan air tanaman. Tanaman memerlukan air untuk menjalankan proses fotosintesis, mengatur suhu tubuh, dan membantu dalam proses transportasi nutrisi. Menyiram tanaman secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tanaman, meningkatkan produktivitas tanaman, dan menjaga agar tanaman tetap segar. Namun, perlu diingat bahwa menyiram tanaman terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman. Oleh karena itu penting untuk mengetahui tingkat kelembaban tanaman, jenis tanaman, dan kondisi lingkungan sebelum menyiram tanaman.

Langkah-langkah menyiram tanaman

  1. Siapkan wadah air yang cukup.
  2. Taruh tanaman di atas meja atau di tempat yang mudah dijangkau.
  3. Siram tanaman dengan air yang cukup, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  4. Pastikan tanaman terasa lembab.
  5. Biarkan tanaman kering sebelum ditanam kembali.

Cara Menyalakan Laptop:

Laptop adalah jenis komputer portabel yang dapat dibawa kemana-mana dan digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengetik, browsing internet, menonton video, berkomunikasi, dan lainnya. Laptop terdiri dari layar, keyboard, touchpad, dan perangkat keras lainnya yang terintegrasi dalam satu unit yang dapat dibuka dan ditutup. Laptop juga dilengkapi dengan sistem operasi, memori, storage, dan konektivitas yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi dan program yang sama seperti komputer desktop. Laptop memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer desktop dan mengkonsumsi daya yang lebih rendah. Laptop dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti bekerja, belajar, hiburan, dan lainnya.

Lanhkah-langkah menyalakan laptop

  1. Pastikan laptop terhubung dengan sumber daya listrik.
  2. Tekan tombol power pada laptop.
  3. Tunggu hingga laptop siap digunakan.
  4. Login dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang telah ditentukan.
  5. Laptop siap digunakan.

Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur yang kompleks terdiri dari berbagai tahap dan sub-langkah untuk memperjelas arahan yang diberikan. Petunjuk yang disajikan sangat rinci sehingga lebih mudah dipahami dan diikuti. Struktur teks kompleks terdiri dari dua bagian utama, yaitu:

  1. Bagian tujuan yang berisi penjelasan mengenai maksud dari pembuatan teks prosedur atau capaian hasil akhir yang diharapkan setelah menjalankan langkah-langkah dalam panduan.
  2. Bagian langkah-langkah yang berisi tata cara yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya.
Baca juga:  Kumpulan Ucapan Selamat Wisuda untuk Membuat Momen Bahagia Semakin Berkesan

Teks prosedur kompleks lebih detail dibandingkan teks prosedur sederhana dan ditujukan untuk proses yang lebih kompleks dan rumit yang memerlukan instruksi yang lebih detail dan jelas. Contohnya seperti proses pembuatan suatu produk, pemasangan peralatan atau mesin, atau proses medis yang memerlukan prosedur yang tepat dan terperinci. Teks prosedur kompleks juga sering digunakan dalam bidang industri, teknologi, dan profesi medis untuk memberikan instruksi yang jelas dan aman bagi para pengguna atau operator untuk melakukan tugasnya dengan benar dan efisien.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Cara Membuat Layang-Layang

Layang-layang adalah sebuah mainan berbentuk lembaran tipis yang dibentuk dengan kerangka. Layang-layang diterbangkan di udara dan dikendalikan melalui tali atau benang. Layang-layang sangat populer dan digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Proses pembuatan layang-layang cukup sederhana, berikut adalah panduan untuk membuat layang-layang.

Persiapan alat dan bahan:

  • Penggaris
  • Pisau
  • Gunting
  • 1 batang bambu dengan diameter ± 1 cm dan panjang ± 60 cm
  • 1 batang bambu dengan diameter ± 1 cm dan panjang ± 100 cm
  • Kertas layangan (kertas tipis atau kertas minyak)
  • Spidol atau pewarna
  • Lem kertas
  • Tali atau benang.

Langkah-langkah dalam membuat kerangka layang-layang:

  • Ambil 2 batang bambu dengan diameter ± 1 cm dan panjang ± 100 cm dan 60 cm.
  • Letakkan 2 batang bambu tersebut secara menyilang seperti salib, dengan bagian horizontal sekitar 80% dari atas.
  • Ambil tali atau benang dan ikatkan di tengah dari 2 batang bambu tersebut untuk menjaga keseimbangan sayap.
  • Sambungkan ujung-ujung kerangka dengan tali atau benang. Pastikan ikatannya tidak terlalu kencang agar kerangka tidak bengkok.

Langkah-langkah dalam membungkus layang-layang dengan kertas:

  • Persiapkan kertas layangan dan letakkan kerangka layang-layang di atasnya.
  • Gambarlah pola kerangka layangan pada kertas dengan menggunakan spidol atau pewarna, dengan tambahan 1-2 cm di luar pola kerangka untuk pelipatan kertas.
  • Potong kertas yang telah diberi pola dengan rapi menggunakan gunting.
  • Lipat kertas layangan kebagian belakang kerangka layangan dan rekatkan dengan menggunakan lem.
  • Tambahkan hiasan yang menarik pada layangan yang telah dibuat, namun pastikan hiasan tersebut tidak terlalu berat agar layang-layang dapat terbang dengan baik.

Cara Membuat Channel YouTube

Langkah-langkah membuat akun YouTube:

  • Pastikan kamu sudah memiliki akun Google yang dapat digunakan untuk membuat akun YouTube.
  • Buka aplikasi YouTube atau buka website youtube.com
  • Klik tombol “Masuk” di pojok kanan atas, dan masukkan nama pengguna dan kata sandi dari akun Google yang digunakan.
  • Setelah berhasil masuk, klik logo akunmu di pojok kanan atas
  • Pilih opsi “Buat Channel” dari menu yang muncul
  • Isi informasi yang diperlukan untuk membuat channel, seperti nama channel, foto profil, dan deskripsi channel.
  • Setujui syarat dan ketentuan yang ditampilkan, lalu klik “Buat”
  • Channel YouTube sudah selesai dibuat dan kamu bisa mengunggah video kreatifmu.
  • Kamu juga dapat mengubah informasi pribadi channel dan berbagi tautan channel ke teman atau orang lain.
Baca juga:  Pengertian Surat Dinas: Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah panduan yang menyajikan tahapan-tahapan yang sederhana dan mudah dipahami. Contohnya dalam proses membuat sup, orang yang memasak diberikan fleksibilitas untuk memilih urutan dalam menambahkan bahan-bahan seperti kentang atau wortel karena kedua bahan tersebut akan dimasukkan ke dalam kuah sup secara bersamaan.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Cara membersihkan sepatu kanvas:

Sepatu kanvas merupakan pilihan yang cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari karena kesan yang santai yang ditawarkan. Namun, sepatu kanvas juga cenderung lebih cepat kotor dibandingkan jenis sepatu lainnya. Untuk menjaga sepatu kanvasmu tetap bersih dan warna yang tidak cepat pudar, pastikan untuk membersihkannya dengan cara yang tepat.

  • Lepaskan insoles dan tali sepatu.
  • Bersihkan upper sepatu dengan cara menyikat.
  • Untuk kotoran yang menempel, gunakan sikat gigi halus yang dibasahi dengan cairan pembersih dan gosok secara lembut dua arah.
  • Jika sepatu sangat kotor, gunakan sabun cuci detergen atau sabun cuci piring. Hindari menggunakan sabun yang mengandung pemutih agar warna sepatu tidak luntur.
  • Bilas sepatu dengan air hangat dan keringkan dengan lap atau handuk microfiber.
  • Jemur sepatu di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Cara Membuat Mi Instan

Untuk menyiapkan mi instan yang lezat sebagai makanan cepat saji pilihan, terutama saat cuaca dingin atau hujan, berikut adalah cara-caranya:

  • Masak 200 ml air hingga mendidih
  • Letakkan mi instan ke dalam air yang sedang mendidih dan biarkan tercelup seluruhnya
  • Tuang bumbu-bumbu yang terdapat dalam kemasan mi instan ke dalam mangkok
  • Setelah mi instan matang dan lembut, tiriskan air dan tuang mi kedalam mangkok yang sudah terisi bumbu sebelumnya
  • Aduk rata hingga bumbu tercampur
  • Mi instan siap disajikan dengan pelengkap telur rebus atau irisan cabai rawit.

Penutup

Artikel ini menyajikan beberapa contoh Teks Prosedur dan penjelasan dari setiap jenis teks prosedur. Harapannya, dengan memahami cara membuat teks prosedur yang baik dan benar, akan membantu Anda dalam memahami teks prosedur dan bisa bermanfaat. Terimakasih…

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks dan Protokol yang dipublish pada September 26, 2023 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment