Pengertian Hardware

Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Menurut Para Ahli

Qilat.id – Hardware sangat penting dalam sistem komputer karena tanpa hardware, sistem komputer tidak dapat berfungsi. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi pengertian hardware secara lebih dalam, menjelaskan berbagai jenis hardware yang ada dan peran mereka dalam sistem komputer serta mengetahui bagaimana hardware bekerja secara bersama-sama untuk menyediakan fungsi komputer yang diinginkan.

Pengertian Hardware

Hardware adalah bagian fisik dari sebuah komputer atau perangkat elektronik lainnya. Hardware meliputi semua komponen fisik yang dapat dilihat dan diraba seperti motherboard, prosesor, hard drive, keyboard, mouse, dan lain-lain.

Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

Definisi hardware dalam bidang komputer diterangkan oleh beberapa ahli, di antaranya:

Ali Zaki

Menurut Ali Zaki, Pengertian Hardware adalah bagian fisik dari perangkat komputer, termasuk sirkuit digital yang terdapat di dalamnya.

Joko Untoro

Menurut Joko Untoro, pengertian hardware adalah perangkat fisik berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.

Raya Fahreza

Menurut Raya Fahreza, pengertian hardware adalah bagian dari komputer yang mengeksekusi perintah dari software.

Sunarto S. Kom

Menurut Sunarto, arti hardware adalah perangkat pendukung EDPS (elektronik data processing system) yang dapat disentuh dan dirasakan.

Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto

Menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto, pengertian hardware adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.

Wilman dan Riyan

Menurut R. Wilman dan Riyan, definisi hardware adalah serangkaian peranti elektronik yang tercompact pada ponsel yang berfungsi terkait piranti-piranti menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.

Baca juga:  Simpel ! Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama 

Rainer

Menurut Rainer, hardware adalah perangkat dalam komputer yang berbentuk fisik seperti processor, monitor, keyboard, dan printer. Hardware berfungsi untuk menerima data/ informasi, memproses dan menampilkan informasi mentah menjadi informasi baru yang berguna.

James O’Brien

Menurut James O’Brien, pengertian Hardware adalah semua perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain. Perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif.

Fungsi Hardware atau Perangkat Keras secara Umum

Fungsi utama dari hardware adalah untuk mendukung kerja komputer, yang meliputi: menerima input (masukan) data, mengolah data/informasi, menampilkan hasil proses, serta menyimpan data/informasi baik di dalam maupun di luar komputer.

Berikut ini adalah penjelasan yang lebih rinci tentang fungsi umum hardware:

Mengolah data atau informasi

Beberapa jenis hardware memiliki fungsi untuk memproses atau mengolah data atau informasi pada sistem komputer. Contoh dari hardware yang digunakan untuk proses ini adalah CPU, RAM, VGA, dll.

Menerima output

Hardware yang memiliki fungsi khusus dalam menerima input dari pengguna. Ini akan memproses data menjadi informasi baru dan mentransfer data yang diterima dari input ke output.

Memberi output

Setelah diproses, hardware akan memberikan output kembali kepada pengguna. Output tersebut dapat dilihat oleh pengguna yang ditampilkan pada hardware khusus. Mekanisme ini saling terkait antara output dan input.

Menyimpan informasi maupun data

Semua output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan pada perangkat penyimpanan sekunder komputer. Penyimpanan ini dapat dilakukan baik pada perangkat yang terpasang di dalam maupun di luar komputer.

Contoh Hardware Pada Komputer

Berikut ini adalah beberapa contoh perangkat keras pada komputer:

Baca juga:  Review Lengkap Indihome 10mbps

Contoh Hardware Input Device

  • Keyboard adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan simbol, angka, dan teks ke dalam komputer. Bentuknya mirip dengan papan dan terdapat berbagai tombol huruf, angka, dan simbol.
  • Mouse adalah perangkat yang digunakan untuk mengarahkan kursor pada layar komputer dan mempermudah dalam memilih opsi yang tersedia di komputer.
  • Scanner adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengubah dokumen fisik menjadi dokumen digital. Perangkat ini sangat penting untuk mengkonversi dan menyimpan dokumen yang sudah ditandatangani atau ditandai sebagai arsip.

Contoh Hardware Process Device

  • CPU adalah bagian penting dari komputer yang bertanggung jawab untuk mengendalikan semua proses yang berjalan pada komputer, mulai dari penerimaan instruksi, pengolahan data, hingga pembuatan output.
  • VGA adalah perangkat keras yang digunakan untuk menangani dan mengolah data grafis, hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer.
  • RAM (Random Access Memory) adalah perangkat keras pada komputer yang berperan penting dalam menentukan kecepatan akses komputer.

Contoh Hardware Output Device

  • Monitor adalah perangkat keras yang esensial bagi setiap perusahaan untuk menjalankan berbagai tugas yang berhubungan dengan data dan dokumen. Komponen ini merupakan bagian yang pertama diingat ketika berbicara tentang hardware.
  • Printer, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya dalam pengertian hardware, adalah komponen output yang digunakan untuk mencetak dokumen yang dibutuhkan.
  • Proyektor LCD adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD. Proyektor LCD membantu dalam memberikan presentasi dengan lebih jelas dan efektif.
  • Speaker adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah sinyal elektrik menjadi frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Ini merupakan pengertian yang umum digunakan untuk speaker.
Baca juga:  Cara Mendapatkan Kupon Undi Undi Hepi Telkomsel : Terbaru

Contoh Hardware Storage Device

  • Harddisk adalah komponen yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar. Saat ini, harddisk juga tersedia dalam bentuk portable atau harddisk eksternal yang dapat digunakan di luar komputer.
  • Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dan memiliki konektor USB untuk menghubungkan dengan komputer atau perangkat lain. Flashdisk sering digunakan untuk mentransfer data antar komputer.
  • Optical Disk adalah jenis media penyimpanan data yang dapat dibaca dan ditulis menggunakan cahaya laser. Contoh dari Optical Disk termasuk Compact Disk (CD) dan Digital Versatile Disk (DVD).

Contoh Hardware Periferal

  • Modem adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya, sehingga memungkinkan komunikasi antar perangkat. Modem juga memungkinkan komputer terhubung ke internet.
  • Kartu suara (Sound Card) adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menghasilkan dan merekam suara. Dalam awalnya, kartu suara hanya sebagai tambahan pada komputer, namun sekarang menjadi perangkat yang wajib ada di setiap komputer.

Berdasarkan cara pemasangannya, kartu suara dapat dibedakan menjadi 3 jenis:

  1. Sound Card Onboard adalah kartu suara yang dipasang langsung pada motherboard komputer.
  2. Sound Card Offboard adalah kartu suara yang dipasang pada slot ISA/PCI pada motherboard. Biasanya saat ini sudah menggunakan slot PCI.
  3. Soundcard External adalah kartu suara yang digunakan dengan cara disambungkan ke komputer melalui port eksternal seperti USB atau FireWire.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian hardware atau perangkat keras, termasuk ciri-ciri, fungsi, jenis, dan cara kerjanya. Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sebuah komputer tidak dapat beroperasi dengan baik tanpa adanya hardware. Karena itu, penting untuk merawat komponen hardware agar dapat berfungsi dengan baik.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Menurut Para Ahli yang dipublish pada April 22, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment