Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Jenisnya

Qilat.id – Contoh teks deskripsi adalah jenis teks yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu, baik itu objek, tempat, peristiwa, atau pun orang. Teks deskripsi dapat digunakan dalam berbagai macam situasi, seperti dalam buku pelajaran, jurnal, atau artikel. Dalam artikel ini, kita akan mengulas contoh-contoh teks deskripsi yang menarik dan menjelaskan bagaimana teks tersebut dapat digunakan dalam situasi tertentu.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, peristiwa, atau tempat dengan jelas dan rinci. Menurut KBBI, deskripsi berarti menggambarkan sesuatu dengan kata-kata yang jelas dan detail. Oleh karena itu, saat menulis teks deskripsi harus menggambarkan sesuatu seakurat mungkin, seolah-olah kita melihat, mendengar, dan merasakannya.

Teks deskripsi dibuat untuk menggambarkan suatu objek dengan detail dan pandangan subjektif penulis. Tujuan utamanya adalah untuk menggambarkan kondisi objek yang ditinjau dari sudut pandang pribadi penulis. Objek yang dideskripsikan mungkin memiliki karakteristik khusus atau pendapat pribadi penulis.

Dalam contoh teks deskripsi, terdapat tiga struktur utama yaitu pernyataan umum atau identifikasi, deskripsi bagian, dan kesan/penutup. Struktur ini dapat ditemukan pada contoh teks deskripsi tentang peristiwa atau objek.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Alam adalah keindahan yang tak terbatas yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Ada berbagai jenis alam yang dapat dideskripsikan, mulai dari pegunungan yang menjulang tinggi, hingga lautan yang luas dan dalam.

Contoh Teks Deskripsi Gunung Bromo

Gunung adalah salah satu bentuk alam yang paling indah dan menakjubkan. Salah satu contoh gunung yang dapat dideskripsikan adalah Gunung Bromo. Terletak di perbatasan beberapa kabupaten di Jawa Timur, Bromo menjadi salah satu pesona alam yang indah dan dikenal hingga ke mancanegara.

Menyaksikan matahari terbit di balik punggungnya adalah pengalaman yang tak ‘kan pernah terlupakan. Gelapnya langit perlahan memudar, tergantikan oleh rona merah jingga di ufuk timur. Matahari seolah menggeliat, bangun dari tidurnya yang lelap, menyorotkan semburat cahaya di cakrawala.

Tidak hanya itu, Gunung Bromo juga memiliki panorama yang sangat menakjubkan. Dari puncak gunung ini, kita dapat melihat keindahan alam sekitarnya, mulai dari hamparan pasir yang luas, hingga beberapa gunung lain yang mengelilingi Bromo.

Contoh Teks Deskripsi  Air Terjun Niagara

Air terjun adalah salah satu keindahan alam yang sangat menakjubkan. Salah satu contoh air terjun yang dapat dideskripsikan adalah Air Terjun Niagara. Terletak di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada, Niagara menjadi salah satu air terjun yang paling terkenal di dunia.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 52 meter dan memancar dengan debit air yang sangat besar. Suara air yang jatuh dari ketinggian ini sangat menakjubkan dan menyegarkan. Begitu juga dengan pemandangan yang ditawarkan, yaitu air yang jatuh dari ketinggian dengan warna yang hijau kebiruan yang sangat indah.

Contoh Teks Deskripsi  Lautan Pasifik

Laut adalah salah satu keindahan alam yang paling luas dan dalam. Salah satu contoh laut yang dapat dideskripsikan adalah Lautan Pasifik. Lautan ini adalah satu laut terluas di dunia dan memiliki berbagai jenis kehidupan laut yang unik dan indah.

Baca juga:  Gambar Skema Rangkaian Lampu Neon LED, dan Penjelasan Lengkapnya

Di Laut Pasifik, kita dapat menemukan berbagai jenis ikan yang indah dan warna-warni, mulai dari ikan koi, hingga ikan clownfish. Selain itu, di laut ini juga dapat ditemukan berbagai jenis karang yang sangat indah dan berwarna-warni. Begitu juga dengan pantai-pantai yang terdapat di sekitarnya, yang memiliki pasir putih yang lembut dan air yang jernih yang sangat indah untuk dilihat.

Nah, itulah beberapa contoh teks deskripsi tentang alam yang dapat ditemukan di dunia ini. Dari gunung yang menjulang tinggi, hingga laut yang luas dan dalam, alam selalu menawarkan keindahan yang tak terbatas. Jadi, jangan lupa untuk selalu menikmati dan menghargai keindahan alam yang ada di sekitar kita.

Ciri-ciri Tteks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki beberapa ciri khas yang membuat mudah untuk mengidentifikasinya. Berikut adalah ciri-ciri dari teks deskripsi:

  • Teks deskripsi berisi tentang pemaparan atau gambaran yang detail dari suatu objek, seperti benda, tempat, suasana, dan lain sebagainya.
  • Teks deskripsi berisi tentang penerangan yang melibatkan semua indera, termasuk penglihatan, pendengaran, penciuman, dan perabaan.
  • Teks deskripsi berisi tentang gambaran yang detail dari ciri-ciri fisik dan sifat suatu objek yang ditulis secara jelas dan rinci.
  • Teks deskripsi membuat pembacanya merasa seolah-olah mengalami atau merasakan secara langsung kejadian yang digambarkan dalam teks itu.
  • Teks deskripsi umumnya menggunakan kata-kata khusus untuk menggambarkan suatu objek dengan sebaik-baiknya. Misalnya dengan menggunakan kata-kata yang menggambarkan warna seperti merah keabuan, biru keungu-unguan, dan sebagainya.
  • Teks deskripsi juga dapat menggunakan frasa yang berisi kata benda untuk menjelaskan sesuatu. Contohnya, “Pak Dadang adalah seorang kepala sekolah yang sangat tegas”
  • Teks deskripsi mengandung kata-kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu. Contohnya, “dua kaos merah” , “seorang siswa yang rajin” dan sebagainya.
  • Teks deskripsi dapat menggunakan kata kerja transitif dalam memberikan informasi tentang suatu subjek. Contohnya, “murid itu mengenakan seragam putih abu-abu”.
  • Teks deskripsi mengandung kata kerja perasaan dan pendapat yang digunakan untuk mengekspresikan pandangan pribadi penulis terhadap subjek yang ditulis. Contohnya, “Saya pikir blackie adalah anjing yang cerdas,” “Saya yakin buku ini dapat menjawab masalah yang kamu hadapi,” dan sebagainya.
  • Teks deskripsi mengandung kata-kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan, seperti “dengan cepat,” “di lapangan,” “di sore hari,” dan lain sebagainya.
  • Teks deskripsi mengandung bahasa kiasan atau metafora. Contohnya, “kulitnya putih seperti salju,” “mobil ini cepat seperti cheetah,” dan lain sebagainya.

Struktur Teks Deskriptif

Teks deskripsi memiliki struktur yang jelas dalam penulisannya, yaitu :

Judul: Judul dalam paragraf deskriptif harus memenuhi tiga kriteria yaitu: relevan, menarik atau provokatif, dan singkat. Judul dalam karangan merupakan ringkasan dari cerita yang ditulis dan berfungsi sebagai daya tarik minat pembaca dan sebagai promosi.

Identifikasi: Penentuan identitas dari orang, objek, atau benda lainnya.

Klasifikasi: Unsur dalam penyusunan yang menyusun sesuatu dalam kelompok yang sesuai dengan kaidah dan standar yang sudah ditetapkan.

Deskripsi: Berisi gambaran atau penjelasan tentang objek atau hal yang dibahas dalam teks.

Kesimpulan: Penegasan pada hal yang dianggap penting, dapat dituliskan atau tidak dalam teks.

Baca juga:  Kandang Kucing Besi Hollow : Kuat dan Tahan Lama

Jenis-jenis Teks Deskriptif

Berdasarkan isi teksnya, teks deskripsi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut beberapa jenis teks deskripsi:

Deskripsi obyek

Deskripsi obyek adalah jenis teks deskripsi yang menjabarkan atau menggambarkan suatu objek secara detail dan rinci. Dalam deskripsi obyek, penulis akan menjelaskan tentang bentuk, ukuran, warna, tekstur, fungsi, dll dari objek yang ditulis. Deskripsi obyek dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis objek, seperti alat elektronik, perabotan rumah tangga, kendaraan, mainan, alat-alat musik, dll. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang objek tersebut sehingga pembaca dapat membayangkan objek tersebut dengan jelas.

Deskripsi tempat

Deskripsi tempat adalah jenis teks deskripsi yang menjabarkan atau menggambarkan suatu lokasi atau tempat secara detail dan rinci. Dalam deskripsi tempat, penulis akan menjelaskan tentang kondisi geografis, iklim, topografi, arsitektur, suasana, atmosfer, dan sejarah dari tempat yang ditulis. Deskripsi tempat dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis tempat, seperti kota, desa, pantai, gunung, hutan, taman, gedung, museum, dll. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang tempat tersebut sehingga pembaca dapat membayangkan tempat tersebut dengan jelas.

Deskripsi orang

Deskripsi orang adalah jenis teks deskripsi yang menjabarkan atau menggambarkan seseorang secara detail dan rinci. Dalam deskripsi orang, penulis akan menjelaskan tentang fisik, sifat, kepribadian, perasaan, ekspresi, pakaian, aktivitas, dan sejarah dari orang yang ditulis. Deskripsi orang dapat digunakan untuk menggambarkan orang dari berbagai latar belakang, seperti teman, keluarga, tokoh public, pelaku sejarah, dll. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang orang tersebut sehingga pembaca dapat membayangkan orang tersebut dengan jelas.

Deskripsi acara/peristiwa

Deskripsi acara/peristiwa adalah jenis teks deskripsi yang menjabarkan atau menggambarkan suatu kejadian atau acara secara detail dan rinci. Dalam deskripsi acara/peristiwa, penulis akan menjelaskan tentang latar belakang, tujuan, peserta, jalannya acara, hasil, dampak, dan perasaan yang dirasakan selama acara tersebut. Deskripsi acara/peristiwa dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis acara, seperti pertemuan, konferensi, konser, pesta, pernikahan, peringatan, dll. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang acara/peristiwa tersebut sehingga pembaca dapat membayangkan acara/peristiwa tersebut dengan jelas.

Deskripsi suasana/atmosfer

Deskripsi suasana/atmosfer adalah jenis teks deskripsi yang menjabarkan atau menggambarkan suasana atau atmosfer suatu tempat atau situasi secara detail dan rinci. Dalam deskripsi suasana/atmosfer, penulis akan menjelaskan tentang suasana yang terasa, suara, cahaya, bau, temperatur, dan perasaan yang ditimbulkan di tempat atau situasi tersebut. Deskripsi suasana/atmosfer dapat digunakan untuk menggambarkan suasana dari berbagai tempat atau situasi, seperti di malam hari, di hutan, di pantai, di kota, dll. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang suasana/atmosfer tersebut sehingga pembaca dapat membayangkan suasana/atmosfer tersebut dengan jelas.

Deskripsi binatang/tumbuhan

Deskripsi binatang/tumbuhan adalah jenis teks deskripsi yang menjabarkan atau menggambarkan suatu binatang atau tumbuhan secara detail dan rinci. Dalam deskripsi binatang/tumbuhan, penulis akan menjelaskan tentang ciri fisik, sifat, habitat, perilaku, pola makan, reproduksi, dan sejarah dari binatang atau tumbuhan yang ditulis. Deskripsi binatang/tumbuhan dapat digunakan untuk menggambarkan binatang atau tumbuhan dari berbagai jenis, seperti hewan liar, binatang peliharaan, tumbuhan langka, tumbuhan budidaya, dll. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang binatang/tumbuhan tersebut sehingga pembaca dapat membayangkan binatang/tumbuhan tersebut dengan jelas.

Baca juga:  Mengatasi WC Mampet dengan Garam : Mudah Dilakukan

Deskripsi makanan/minuman

Deskripsi makanan/minuman adalah jenis teks deskripsi yang menjabarkan atau menggambarkan suatu makanan atau minuman secara detail dan rinci. Dalam deskripsi makanan/minuman, penulis akan menjelaskan tentang bahan-bahan yang digunakan, cara membuat, tampilan, rasa, aroma, dan sejarah dari makanan atau minuman yang ditulis. Deskripsi makanan/minuman dapat digunakan untuk menggambarkan makanan atau minuman dari berbagai jenis, seperti makanan tradisional, makanan khas suatu daerah, minuman keras, minuman non-alkohol, dll. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang makanan/minuman tersebut sehingga pembaca dapat membayangkan makanan/minuman tersebut dengan jelas.

Deskripsi pakaian/perhiasan

Deskripsi pakaian/perhiasan adalah jenis teks deskripsi yang menjabarkan atau menggambarkan suatu pakaian atau perhiasan secara detail dan rinci. Dalam deskripsi pakaian/perhiasan, penulis akan menjelaskan tentang bahan yang digunakan, cara membuat, model, bentuk, warna, ukuran, dan fungsi dari pakaian atau perhiasan yang ditulis. Deskripsi pakaian/perhiasan dapat digunakan untuk menggambarkan pakaian atau perhiasan dari berbagai jenis, seperti pakaian tradisional, pakaian khusus untuk acara tertentu, perhiasan khas suatu daerah, perhiasan untuk khusus untuk acara tertentu, dll. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang pakaian/perhiasan tersebut sehingga pembaca dapat membayangkan pakaian/perhiasan tersebut dengan jelas.

Deskripsi seni/arkeologi

Deskripsi seni/arkeologi adalah jenis teks deskripsi yang menjabarkan atau menggambarkan suatu karya seni atau situs arkeologi secara detail dan rinci. Dalam deskripsi seni/arkeologi, penulis akan menjelaskan tentang sejarah, fungsi, karya, teknik, gaya, atau bahan yang digunakan dari karya seni atau situs arkeologi yang ditulis. Deskripsi seni/arkeologi dapat digunakan untuk menggambarkan karya seni atau situs arkeologi dari berbagai jenis, seperti patung, lukisan, arsitektur, situs arkeologi dari masa lalu, dll. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang karya seni atau situs arkeologi tersebut sehingga pembaca dapat membayangkan karya seni atau situs arkeologi tersebut dengan jelas.

Deskripsi sosial budaya

Deskripsi sosial budaya adalah jenis teks deskripsi yang menjabarkan atau menggambarkan tentang suatu budaya atau kebiasaan sosial secara detail dan rinci. Dalam deskripsi sosial budaya, penulis akan menjelaskan tentang sejarah, asal-usul, perkembangan, dan cara kehidupan dari budaya atau kebiasaan sosial yang ditulis. Deskripsi sosial budaya dapat digunakan untuk menggambarkan budaya atau kebiasaan sosial dari berbagai jenis, seperti budaya tradisional suku, budaya budaya kota, atau kebiasaan sosial yang berbeda dari satu negara ke negara lain. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci tentang budaya atau kebiasaan sosial tersebut sehingga pembaca dapat membayangkan budaya atau kebiasaan sosial tersebut dengan jelas.

Penutup

Nah, Itulah Pembahasan mengenai contoh teks deskripsi berikut dengan pengertian, ciri, struktur dan jenis-jenisnya.Teks deskripsi membantu kita untuk menyampaikan informasi secara jelas dan detil. Selain itu, teks deskripsi juga dapat digunakan untuk mengekspresikan perasaan atau pandangan pribadi terhadap sesuatu. Dengan mengetahui cara menulis teks deskripsi yang baik, kita dapat menyampaikan informasi dengan lebih efektif dan meningkatkan komunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami dan menerapkan teknik menulis teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat ya buat kalian. Terimakasih…

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Contoh Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Jenisnya yang dipublish pada March 20, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment