Cara memperbaiki pompa air shimizu

Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu : Mudah Dilakukan

Qilat.id –  Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu : Mudah Dilakukan.  Pompa air Shimizu adalah salah satu jenis pompa air yang sering digunakan di rumah atau industri kecil. Namun, seperti halnya peralatan lainnya, pompa air Shimizu juga dapat mengalami kerusakan. Jika Anda mengalami masalah dengan pompa air Shimizu Anda, jangan khawatir! Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya sendiri tanpa harus memanggil ahli. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memperbaiki pompa air Shimizu dengan mudah.

Kelebihan Pompa Air Shimizu

1. Kebutuhan Daya Listrik Rendah

Salah satu kelebihan dari pompa air buatan Shimizu adalah daya listrik yang dibutuhkannya relatif kecil. Sebagai contoh, untuk model Shimizu PS 135 E, pompa air ini hanya membutuhkan daya sekitar 125 Watt. Hal ini membuat kamu tidak perlu khawatir akan biaya tagihan listrik dan air yang membengkak di akhir bulan.

Pompa air Shimizu juga cocok untuk digunakan di rumah berukuran kecil dengan daya listrik yang rendah. Dengan harga yang lebih efisien kamu dapat memilih Shimizu untuk meningkatkan tekanan air di tempat tinggalmu, terutama pada titik-titik yang memiliki tekanan air yang lemah.

Dengan memenuhi kebutuhan air bersih keluarga setiap hari, rumah tangga dapat lebih sejahtera dan higienis.

2. Daya Hisap dan Dorong Luas

Pompa air Shimizu memiliki pipa hisap dengan panjang 9 meter, sehingga daya hisapnya mampu mencapai 9 meter dan cukup kuat untuk mencapai sumur air bersih yang dalamnya hingga 9 meter. Oleh karena itu, pompa air ini sangat cocok digunakan di area yang kondisi airnya kurang baik.

Kelebihan lainnya dari Shimizu adalah daya dorongnya yang tidak kalah kuat, dengan kemampuan maksimal mencapai 33 meter. Ini berarti pompa air Shimizu dapat mengalirkan air hingga ketinggian maksimal 33 meter. Namun, perlu diingat bahwa debit air yang mengalir akan berkurang jika tempat head pompa air lebih tinggi.

Sebagai contoh, jika kita menggunakan tandon air untuk menampung air bersih, dan tandon tersebut ditempatkan di ketinggian 5 meter, maka Shimizu mampu mengalirkan debit air maksimal sekitar 28 liter per menit. Namun, jika tandon air diletakkan di ketinggian 20 meter, maka debit air yang dialirkan akan berkurang menjadi sekitar 10 liter per menit.

Baca juga:  Cara Menutup Keran Air Bocor - Tips & Trik Mudah

3. Sudah Dilengkapi dengan Thermal Protector

Pada rumah yang dihuni oleh lebih dari 5 orang, pompa air sering kali harus aktif dalam waktu yang lama. Hal ini biasanya terjadi ketika penghuni rumah mandi secara bergantian atau saat mencuci pakaian. Ketika tandon air kosong, maka pompa air akan bekerja dalam waktu yang cukup lama hingga tandon terisi penuh.

Seperti alat elektronik lainnya, jika bekerja terus-menerus dalam waktu lama, mesinnya jadi panas.

Jika terus terjadi, hal ini bisa menyebabkan alat kepanasan atau overheating. Untungnya, jika kamu menggunakan Shimizu, kamu tidak perlu khawatir, karena sudah dilengkapi dengan fitur Thermal Protector. Fitur ini dapat memutus arus listrik jika motor sudah mencapai suhu panas yang berbahaya. Sangat canggih, bukan?

4. Garansi resmi dari Shimizu

Kamu tak perlu khawatir karena merek ini terkenal dengan layanan pelanggan dan purna jual yang baik. Jadi, dengan membeli pompa air Shimizu, kamu akan mendapatkan perlindungan lengkap yang dapat diandalkan.

Untuk suku cadang atau bagian pompa air yang rusak, ada garansi selama 1 tahun. Bagaimana jika terjadi kerusakan pada bagian mesin? Jangan khawatir, karena garansi mesin berlangsung hingga 3 tahun. Ini pasti akan membuat konsumen merasa lebih nyaman karena ada jaminan yang baik.

5. Cara Kerja Sistem Otomatis pada Pompa Air Shimizu

Pompa air Shimizu  menggunakan sistem otomatis atau switch yang dapat mendeteksi ketika kran air dibuka. Saat kran dibuka, maka pompa air akan otomatis menyala dan mulai memompa air ke saluran yang dibutuhkan seperti kamar mandi, dapur, atau tempat cuci. Sistem otomatis ini membuat penggunaan pompa air lebih mudah dan praktis bagi siapa saja.

6. Harga yang Terjangkau

Meskipun dilengkapi dengan berbagai keunggulan, harga pompa air Shimizu PS135 E tetap terjangkau dan sesuai dengan kualitas serta fasilitas yang ditawarkan. Sehingga, pengguna bisa merasakan manfaat dan kemudahan menggunakan pompa air berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Kekurangan Pompa Air Shimizu

1. Masih Mengeluarkan Suara Bising

Jika Anda menginginkan pompa air yang bekerja tanpa suara bising, mungkin perlu dipertimbangkan lagi. Pompa air Shimizu bukan termasuk tipe pompa air yang halus dan cukup berisik ketika diaktifkan. Dalam keadaan menyala, pompa air ini bisa menimbulkan suara yang cukup keras yang bisa mengganggu.

2. Air Tidak Mengalir Padahal Mesin Sudah Menyala dan Berdengung

Masalah yang satu ini sering dialami pada berbagai merek dan tipe pompa air. Meskipun mesin sudah menyala dan terdengar berdengung, tetapi ternyata air tidak mengalir sama sekali. Walaupun Shimizu memiliki daya hisap yang kuat, namun terkadang masalah ini tidak bisa dihindari.

Penyebab Mesin Pompa Air Shimizu yang Jarang Disadari

Meskipun pompa air Shimizu termasuk produk berkualitas, namun tidak menjamin tidak akan mengalami kerusakan karena penggunaan komponen elektronik di dalamnya. Hal pertama yang harus diketahui adalah penyebab masalah pompa air Shimizu yang dapat dilihat dari beberapa indikasi. Mengetahui penyebabnya akan membantu dalam memperbaiki pompa air Shimizu.

Baca juga:  Cara Membuat Batako: Secara Manual

Perlu diingat bahwa pompa air Shimizu dapat mengalami kerusakan karena berbagai faktor, mulai dari tegangan listrik hingga penggunaannya. Jika kerusakannya ringan, maka dapat diperbaiki sendiri untuk menghemat biaya daripada memanggil teknisi ke rumah. Berikut adalah beberapa penyebab masalah yang sering terjadi pada pompa air Shimizu.

  • Pertama, kabel listrik putus yang membuat pompa air Shimizu tidak dapat menyala. Anda dapat memeriksa apakah ada bagian kabel yang putus atau tidak.
  • Kedua, kerusakan kapasitor yang membuat dinamo tidak dapat bekerja secara optimal.
  • Ketiga, klep pompa air Shimizu rusak sehingga tidak dapat menahan air, sehingga air kembali ke sumur dan pipa kosong.
  • Keempat, kebocoran pada pipa yang membuat pompa air Shimizu tidak dapat bekerja secara optimal untuk mengalirkan air ke atas.
  • Kelima, pompa air Shimizu berkerak atau kotor, sehingga motor tidak dapat berputar dengan baik dan sering terdengar berbunyi nyaring.
  • Keenam, dinamo rusak atau tidak berputar, sehingga air tidak dapat naik.
  • Ketujuh, stop kran dalam keadaan tertutup, yang membuat tekanan air tinggi. Ketika tekanannya tinggi, maka pompa air Shimizu akan memutuskan arus listrik secara otomatis. Kedelapan, sumbatan pada pompa air atau pipa yang membuat aliran air menjadi kurang deras.
  • Dan terakhir, sistem otomatis pada pompa air Shimizu tidak berfungsi dengan baik, sehingga kinerjanya kurang maksimal.

Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu

Dari berbagai penyebab masalah yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dapat melakukan penanganan sendiri mulai dari mengganti komponen yang rusak dengan yang baru, memperbaiki kabel, pipa, atau membersihkan sumbatan.

Dengan melakukan perbaikan sendiri, Anda dapat menghindari biaya untuk memanggil teknisi ke rumah. Selain itu, Anda akan lebih mudah belajar dan memperbaiki sendiri ketika ada masalah di kemudian hari.

Namun, jika masalahnya cukup berat hingga harus mengganti komponen yang rusak, maka Anda harus mengunjungi toko pompa air atau memanggil teknisi untuk memperbaikinya. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki pompa air Shimizu:

1. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu Macet

Tentu saja, banyak orang yang pernah mengalami masalah pompa air Shimizu macet. Bahkan jika kita mencoba memutar kipas pompa air dengan tangan, tetap saja tidak bergerak. Ada dua kemungkinan penyebab masalah ini, yaitu bearing yang seret atau pompa air yang kemasukan pasir.

Oleh karena itu, jika pompa air macet, periksa terlebih dahulu bearingnya. Jika ada bearing yang macet, segera ganti dengan yang baru. Namun, jika hanya kemasukan pasir atau benda lainnya, cukup dibersihkan hingga bersih di bagian ruang impeller.

2. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Lemah

Setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama, pompa air Shimizu sering mengalami masalah semburan air yang lemah. Hal ini biasanya disebabkan oleh ausnya seal pada pompa air. Sebagai akibatnya, kompresi air mengalami kebocoran yang mengakibatkan pancaran air menjadi lemah.

Baca juga:  Cara Menghitung Volume Jendela : Biaya dan Jasa

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, solusinya adalah dengan mengganti seal pada pompa air dengan yang baru.

3. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Cepat Panas

Pompa air Shimizu yang cepat panas dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kebocoran pada jalur kelistrikan. Jika ini menjadi masalah utama, Anda harus berhati-hati karena pompa air dapat menimbulkan risiko tersengat listrik.

Untuk memperbaiki masalah ini, periksa jalur kelistrikan pada pompa air. Jika ada kabel yang terkelupas dan menempel pada mesin, segera perbaiki dan bungkus dengan selotip. Pastikan jalur kelistrikan pada pompa air terhubung dengan baik dan tidak ada kebocoran yang dapat menyebabkan panas berlebih pada pompa air.

Jika masalah tetap berlanjut, sebaiknya hubungi teknisi yang berpengalaman untuk memperbaikinya.

4. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Bocor

Pompa air Shimizu yang bocor biasanya ditandai dengan adanya tetesan atau rembesan air pada pompa air. Penyebab masalah ini adalah karena adanya oring karet atau seal pada pompa yang rusak. Untuk memperbaiki masalah ini, solusinya adalah dengan mengganti karet atau seal yang mengalami kerusakan.

5. Memperbaiki Pompa Air Shimizu Tidak Keluar Air

Ini merupakan salah satu masalah yang paling sering tejadi pada mesin pompa air Shimizu yaitu tidak mengeluarkan air. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Seal pompa air yang rusak
  • Kebocoran pada instalasi pipa
  • Kualitas sumber air yang buruk

Untuk memperbaiki pompa air Shimizu yang tidak mengeluarkan air, kita perlu mengecek ketiga faktor tersebut. Jika menemukan seal yang rusak, segera ganti dengan yang baru. Jika terdapat kebocoran pada pipa, tambah atau perbaiki sambungan dengan isolasi. Dan jika kualitas sumber air kurang bagus, pindahkan pipa hisap ke sumber air yang lebih baik.

6. Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu Mati Total

Jika pompa air Shimizu mati total, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kapasitor, kabel, dinamo, atau bagian motor mesin. Jika kabel tidak mengalami masalah, silakan coba periksa kapasitor dan motor dinamo dengan menggunakan multitester. Jika kapasitor atau gulungan dinamo terbakar, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Penutup

Dalam kesimpulannya, terdapat beberapa cara untuk memperbaiki pompa air Shimizu yang bermasalah. Pertama, pastikan sumber listrik yang digunakan sudah stabil dan kuat. Kedua, periksa kondisi kabel dan bila perlu ganti dengan yang baru.

Ketiga, bersihkan filter pompa secara teratur untuk menghindari penyumbatan. Keempat, periksa impeller dan bila perlu ganti yang baru. Terakhir, jika masalah masih berlanjut, segera bawa pompa ke tukang service yang terpercaya.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, diharapkan pompa air Shimizu dapat berfungsi kembali dengan baik dan lancar. Nah itu saja ulasan mengenai Cara memperbaiki pompa air shimizu , Semoga bermanfaat.

 

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu : Mudah Dilakukan yang dipublish pada April 27, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment