Bagian Bekisting Kolom dan Cara Memasangnya

Bagian dan Cara Memasang Bekisting Kolom : 2023

Qilat.id – Bagian dan Cara Memasang Bekisting Kolom : 2023. Pada proses konstruksi bangunan, salah satu elemen yang penting adalah bekisting kolom. Bekisting kolom berfungsi sebagai wadah yang digunakan untuk menampung beton pada saat proses pengecoran. Memasang bekisting kolom dengan benar adalah hal yang sangat krusial untuk menjamin keamanan dan kestabilan bangunan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagian dan cara memasang bekisting kolom dengan tepat agar proses konstruksi dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat memenuhi standar keamanan yang dibutuhkan.

Apa Itu Bekisting Kolom?

 

Tahukah Anda bahwa bekisting kolom merupakan bagian penting dalam konstruksi bangunan karena berperan sebagai bentuk konstruksi, khususnya pada pondasi, yang merupakan titik vital dari sebuah bangunan.

Selain itu, bekisting kolom juga memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti menjadi cetakan beton untuk tiang atau kolom dengan ukuran dan bentuk yang sesuai kebutuhan. Selain itu, bekisting kolom juga berfungsi sebagai penyangga sementara selama proses pembangunan yang memakan waktu cukup lama, terutama jika bangunan memiliki model yang rumit dan berbagai faktor lainnya.

Karena itu, bagian dan cara memasang bekisting kolom juga digunakan sebagai penopang sementara pondasi bangunan untuk memudahkan pemasangan bagian lain dari bangunan. Dengan demikian, pemilihan dan pemasangan bekisting kolom yang tepat sangat penting untuk menjamin keamanan dan kestabilan bangunan secara keseluruhan.

Fungsi bekisting bagi bangunan

Proses bekisting memakan waktu yang cukup lama, namun memiliki fungsi yang sangat penting bagi bangunan. Bekisting digunakan sebagai alat cetakan beton pada pondasi, balok, dan kolom. Dalam pembuatan struktur beton, bekisting sangat membantu dalam menyambungkan tiap elemen strukturnya sehingga beton tercetak dengan rapi.

Hingga saat ini, belum ada teknologi yang dapat menggantikan peran penting dari bekisting. Oleh karena itu, bekisting menjadi salah satu proses utama bagi tukang dalam pembuatan bangunan.

Bentuk Bekisting Kolom

 

Dengan manfaatnya yang sangat penting, bekisting dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Secara umum, bekisting dapat dibagi menjadi tiga bagian besar berdasarkan bentuk sisi-sisinya.

Baca juga:  Harga Keramik Arwana : Terbaru

1. Bekisting Kolom dengan Sisi Lurus

Bekisting dengan sisi lurus dapat memiliki berbagai bentuk, seperti kolom segitiga, persegi panjang, pentagonal, heksagonal, oktagonal, atau bentuk lainnya. Meskipun begitu, pembuatan kolom dengan berbagai bentuk tersebut pada dasarnya tidak berbeda, hanya jumlah bagian atau plat cetakan yang disesuaikan dengan desain yang direncanakan. Proses pembuatannya sama seperti pembuatan kolom pada umumnya.

2. Bekisting Kolom dengan Sisi Lengkung

Proses pembuatan cetakan dimulai dengan kolom bulat yang kemudian dibagi menjadi dua bagian dan disatukan dengan baut penyambung. Namun, perlu diperhatikan sumber atau jenis material cetakan, terutama jika Anda memilih untuk membuatnya sendiri atau menyewanya untuk mengurangi biaya.

Penggunaan serat kaca sebagai bahan pembuatan cetakan memang memungkinkan, namun jenis cetakan ini memiliki beberapa kelemahan, terutama ketika digunakan untuk mencetak kolom dengan diameter besar.

3. Bekisting Kolom Bentuk Khusus

Kolom dengan tampilan yang berbeda dari yang lain memerlukan cetakan beton yang sesuai. Oleh karena itu, pengadaan bekisting ini cukup jarang ditemukan.

Namun, pengadaan bekisting berbentuk khusus, terutama dengan material beton yang berbeda tipe, dimensi, dan bentuk dalam satu bangunan akan meningkatkan biaya konstruksi. Tingkat kesulitan dalam membuat bekisting dengan bentuk khusus juga bervariasi dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Meskipun begitu, keuntungan dari penggunaan bentuk khusus ini adalah dapat menambah nilai estetika dan keunikan bangunan.

Bagian Bagian Bekisting Kolom

Bekisting kolom terdiri dari beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing untuk menunjang kekokohan bangunan. Penting untuk memperhatikan bagian-bagian ini agar proses pemasangan bekisting kolom dapat dilakukan dengan lebih mudah.

1. Sepatu Kolom (Kicker)

Pembuatan sepatu kolom harus disesuaikan dengan bentuk muka kolom. Bahan yang biasanya digunakan adalah kayu dan paku atau baut atau keduanya digunakan sebagai sambungan sehingga membentuk suatu bentuk yang benar-benar kaku.

Kicker akan dipaku di bagian bawah tiang atau lantai. Selain menggunakan bahan kayu, Anda juga bisa menggunakan beton tuang dengan ketinggian hingga +5 cm, atau menggunakan besi siku atau aluminium. Tujuan utama dari pemasangan sepatu kolom ini adalah untuk memastikan bentuk kolom berada pada posisi yang tepat.

2. Panel Bekisting (Shutter)

Berbagai jenis material dapat digunakan sebagai panel cetakan atau bekisting. Namun, yang biasanya digunakan adalah triplek plywood karena pertimbangan ekonomi. Penggunaannya bisa mencapai empat sampai lima kali dan permukaan beton yang dihasilkan menjadi lebih halus.

Baca juga:  Biaya Plamir Tembok Per Meter: Pengertian Secara Lengkap

Pembuatan panel-panel untuk sisi-sisi cetakan atau bekisting kolom didukung dengan balok kayu yang diposisikan tegak. Panel-panel ini juga didukung secara horizontal dengan klem yang disesuaikan dengan perencanaannya. Penting untuk mempertemukan antar panel agar membentuk sudut yang rapat.

Balok penguat tegak biasanya menggunakan balok kayu dengan ukuran dan jarak yang ditentukan dalam perencanaan.

Saat ini, balok penguat tegak banyak diproduksi oleh perusahaan atau pabrik cetakan atau bekisting yang mempunyai hak paten. Keuntungan dari penggunaan balok pabrikan adalah ringan, seragam, lebih kuat, awet, lebih lurus, dan dapat digunakan berulang kali.

Balok penguat horizontal (klem) biasanya menggunakan balok kayu yang dipres dan dikunci atau dimatikan dengan paku. Balok horizontal ini mengikat dengan erat cetakan atau bekisting sekeliling kolom.

Balok horizontal juga membantu dalam pengecoran, di mana berat agregat basah bisa menekan panel plywood diteruskan pada penguat tegak. Hingga akhirnya, bisa ditahan oleh balok horizontal ini. Selain itu, klem baja juga bisa digunakan sebagai material pada proses ini.

Untuk membersihkan dari kotoran yang bisa memberikan efek kurang baik pada beton, pada salah satu panel harus disediakan lubang pada dasarnya. Lubang ini memungkinkan untuk membersihkan bagian dasar pada kolom sebelum proses pengecoran dilakukan. Lubang ini dinamakan clean out hole dan disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Penyangga (Branching)

Untuk menghindari perubahan posisi pada saat pengecoran, cetakan atau bekisting kolom harus ditopang dari berbagai arah. Material yang umumnya digunakan meliputi balok kayu, pipa-pipa scaffolding, dan pipa besi.

Bagian dan Cara Memasang Bekisting Kolom

Setelah mengetahui bagian-bagian dari bekisting, penting juga untuk mengetahui metode pemasangan bekisting saat pembuatan struktur kolom di bangunan. Berikut adalah penjelasan mengenai metode pemasangannya.

1. Fabrikasi Bekisting

Fabrikasi adalah proses pembuatan cetakan atau bekisting sebelum dipasang di lapangan. Sebelum melakukan fabrikasi, beberapa material diperlukan sebagai bahan pembuatan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi multiplek, kaso, dan paku. Multiplek harus memiliki ketebalan yang sesuai dengan ukuran struktur kolom. Untuk kolom berukuran 60×90, multiplek dengan ketebalan 15 mm dapat digunakan.

Sementara itu, kaso dipilih dari jenis kayu keruing dengan ukuran 5/7. Jarak antar kaso harus disesuaikan dengan ukuran kolom. Pada tahap fabrikasi, bekisting hanya didirikan dan belum diperkuat.

2. Pemasangan Bekisting

Berikut adalah langkah-langkah pemasangan cetakan dari awal hingga akhir:

  • Membuat sepatu kolom (kicker) sebagai dasar cetakan agar posisinya presisi sesuai dengan gambar desain atau perencanaan.
  • Memasang bekisting.
  • Memasang sabuk balok pada cetakan untuk memperkuatnya. Balok tersebut harus dikunci menggunakan tie rod.
  • Memasang pipa support yang berfungsi untuk mempertahankan posisi vertikal kolom dan mencegahnya miring.
Baca juga:  Tinggi Scaffolding : Keamanan dan Efisiensi Konstruksi Bangunan

Tips Memilih Bekisting Kolom

Bekisting kolom merupakan bagian penting dalam konstruksi bangunan. Tanpa bekisting kolom yang tepat, pondasi bangunan akan menjadi lemah dan bahkan bisa jebol ketika menahan beban bangunan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih bekisting kolom yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat menjadi panduan saat memilih bekisting kolom.

  • Memastikan Kualitas
    Tips pertama dalam memilih bekisting kolom yang tepat adalah memastikan kualitas. Bekisting kolom yang dipilih harus layak dan sesuai dengan struktur kolom yang akan dibuat. Permukaan bekisting kolom harus rata sehingga hasil pengecoran beton kolom akan sempurna.
  • Keamanan
    Keamanan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia konstruksi. Hal ini juga harus diperhatikan saat memilih bekisting kolom. Bekisting kolom yang dipilih harus cukup kuat untuk menahan beban bekerja saat proses pengerjaan berlangsung.
  • Efektif dan Efisien
    Proses konstruksi tidak terlepas dari biaya dan material. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa pemilihan atau pembuatan bekisting kolom sudah melalui proses yang efektif dan efisien serta telah disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan Anda dapat memilih bagian dan cara memasang bekisting kolom bekisting kolom yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dalam proses konstruksi bangunan.

Penutup

Dalam pembangunan struktur beton, Bagian dan cara memasang bekisting kolom adalah bagian yang sangat penting untuk menciptakan hasil cetakan beton yang rapi dan presisi. Qilat.id telah menjelaskan bagian-bagian dari bekisting kolom, seperti sepatu kolom, sabuk balok, dan pipa support.

Selain itu, juga dijelaskan langkah-langkah cara memasang bekisting kolom, dimulai dari pembuatan sepatu kolom, pemasangan bekisting, hingga pemasangan pipa support.

Meskipun proses bekisting memakan waktu yang lama, namun hasilnya sangat penting bagi kekuatan dan kestabilan bangunan. Bekisting kolom membantu untuk menciptakan struktur beton yang kokoh dan tahan lama.

Dalam pembuatan bangunan, peran bekisting kolom tidak dapat digantikan oleh teknologi apapun.
Dengan mengetahui bagian-bagian dan cara memasangnya, diharapkan dapat membantu tukang dalam menciptakan bangunan yang kokoh dan berkualitas.

SEO meta description:

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Bagian dan Cara Memasang Bekisting Kolom : 2023 yang dipublish pada May 18, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment