Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Bertingkat

Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Bertingkat: Terbaru 2023

Qilat.id –  Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Bertingkat: Terbaru 2023. Memasang instalasi listrik di rumah bertingkat dapat menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rumah. Karena rumah bertingkat memiliki banyak lantai dan ruangan, perencanaan yang matang dan pemahaman yang baik tentang instalasi listrik sangat diperlukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penghuni rumah.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara detail tentang cara memasang instalasi listrik rumah bertingkat agar dapat dilakukan dengan aman dan efektif.

Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Bertingkat

Memasang instalasi listrik pada rumah bertingkat tentunya lebih menantang karena melibatkan luas  dan jumlah ruangan yang lebih banyak. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dan melakukan pemeriksaan hasil pekerjaan secara berkala untuk mencegah kemungkinan korsleting di masa depan.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk memasang instalasi listrik pada rumah bertingkat dengan aman:

1. Persiapkan Komponen Instalasi

Langkah pertama dalam memasang instalasi listrik pada rumah bertingkat adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa peralatan yang diperlukan dalam proses pemasangan instalasi listrik:

  • Miniature Circuit Breaker (MCB)
  • Saklar
  • Stop kontak
  • Kabel listrik
  • Pipa
  • Isolasi
  • Kotak sambungan
  • Terminal listrik
  • Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB)
  • Boks MCB dan ELCB

Dengan mempersiapkan alat-alat tersebut, proses pemasangan instalasi listrik pada rumah bertingkat dapat dilakukan dengan lebih efisien dan terstruktur.

Baca juga:  Cara Membuat dan Ukuran Tangga Minimalis Untuk Rumah Kecil

2. Ukur Luas Bangunan & Jumlah Ruangan

Langkah berikutnya dalam memasang instalasi listrik pada rumah bertingkat adalah menghitung luas bangunan dan jumlah ruangan. Perhitungan ini perlu dilakukan untuk mengetahui kebutuhan kabel agar listrik dapat mengalir ke seluruh ruangan.

Dengan mengetahui jumlah ruangan di dalam rumah bertingkat, Anda juga dapat mengetahui berapa banyak stop kontak yang dibutuhkan. Jumlah stop kontak dalam suatu ruangan biasanya ditentukan oleh fungsi dan kegunaan ruangan tersebut.

Penting untuk diperhatikan bahwa pemasangan stop kontak pada sistem kelistrikan harus dilakukan dengan jarak minimal 125 cm dari lantai. Hal ini bertujuan untuk mencegah anak-anak agar tidak dapat mengakses stop kontak dengan mudah. Dengan memperhatikan standar ukuran pemasangan stop kontak ini, keamanan dalam penggunaan listrik pada rumah bertingkat dapat terjamin.

3. Ketahui Besaran Daya Listrik

Cara memasang sistem instalasi listrik rumah bertingkat berikutnya adalah dengan mengetahui besaran daya listriknya terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena saat memasang MCB atau Miniature Circuit Breaker, Anda harus benar-benar mengetahui kebutuhan dayanya.

Pasalnya, MCB sendiri berfungsi sebagai sistem proteksi arus listrik dalam mengantisipasi beban berlebih di dalam bangunan. Dengan kata lain, adanya MCB membuat risiko korsleting atau arus pendek bisa dihindari. Oleh karena itu, semakin besar daya listrik, maka biasanya membutuhkan lebih dari satu MCB.

4. Siapkan Komponen Instalasi Listrik

Setelah mempersiapkan peralatan untuk memasang instalasi listrik, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kebutuhan komponen materialnya. Berikut beberapa daftar kebutuhan komponen material untuk pemasangan instalasi listrik rumah bertingkat sesuai standar PLN:

  • MCB
  • ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)
  • Boks MCB dan ELCB
  • Sakelar
  • Stop kontak
  • Kabel listrik
  • Pipa
  • Emodus (kotak sambungan)
  • Tedus
Baca juga:  Pilihlah Ukuran Plat Besi Tepat Untuk Konstruksi Bangunan kalian!

5. Gunakan Kabel Instalasi Sesuai Kebutuhan

Salah satu cara memasang instalasi listrik rumah bertingkat sesuai standar PLN adalah dengan mengetahui jenis kabel yang sesuai dengan kebutuhan. Kami menyarankan untuk menggunakan kabel listrik yang telah memiliki standar SNI. Meskipun harga kabel listrik standar SNI lebih mahal, namun hal tersebut sebanding dengan kelayakan dan keamanannya.

Selain kualitas kabel listrik, kode warna pada kabel juga menentukan besaran ukuran kawat konduktor. Namun, pada sistem kelistrikan arus bolak-balik atau AC, kode warna kabel tidak berhubungan dengan kapasitas ampere. Sebagai contoh, kabel hitam untuk sumber arus, biru untuk konduktor netral, dan hijau untuk penahanan.

6. Buat Jalur Instalasi Listrik

Setelah menentukan ruangan mana saja di rumah bertingkat yang akan dialiri listrik, langkah selanjutnya adalah membuat jalur instalasi listrik. Cara membuat jalur instalasi listrik adalah dengan membobok tembok untuk memasukkan pipa ke dalamnya, termasuk untuk tedus dan sakelar.

Penting untuk diingat bahwa pemasangan jalur instalasi listrik harus berada minimal 125 cm dari lantai.

7. Memasang Kabel Listrik Jalur Utama

Proses pemasangan instalasi  selanjutnya adalah memasang kabel jalur utama. Pemasangan jalur utama ini diukur dari kotak MCB, kemudian dihubungkan hingga ke stop kontak paling terakhir.

Kami menyarankan agar kabel utama dipasang di atap atau atas plafon supaya tidak terlihat. Selanjutnya, kabel akan disambungkan ke dalam pipa listrik yang telah ditempelkan di tembok sebelumnya.

8. Sambung Kabel, Sakelar & Stop Kontak

Tahap selanjutnya adalah memasang kabel dari jalur utama ke tembok-tembok yang sudah dibobok sebelumnya, baik itu pada sakelar, stop kontak, maupun lampu. Sambungkan semua kabel yang sesuai dengan peruntukannya dan pasang komponen-komponennya.

Penting untuk diingat bahwa agar hasil penyambungan kabel listrik lebih aman dan tidak membahayakan penghuni rumah, perlu dipahami terlebih dahulu ketentuannya. Pada pembahasan sebelumnya, kami telah menjelaskan mengenai jenis-jenis sambungan kabel instalasi listrik.

Baca juga:  Contoh Teknologi Konstruksi di Era Modern

9. Lakukan Uji Coba Sistem Kelistrikan

Langkah terakhir dalam sesuai standar PLN adalah menguji coba dengan mengaktifkan MCB. Jika sakelar MCB sudah dalam posisi menyala atau on, nyalakan sakelar dan lampu untuk memastikan instalasi listrik berfungsi dengan baik.

Itulah 9 cara penting dalam memasang instalasi listrik pada rumah bertingkat yang perlu dipahami. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dan selalu memperhatikan faktor keamanan, instalasi listrik pada rumah bertingkat dapat terpasang dengan aman dan berfungsi dengan baik.

Biaya Instalasi Listrik Per Titik

Cara memasang instalasi listrik rumah bertingkat telah dijelaskan secara detail sesuai dengan standar PLN. Namun, jika Anda merasa kesulitan atau ragu untuk melakukannya sendiri, kami menyarankan untuk menggunakan jasa pemborong dari teknisi kelistrikan berpengalaman.

Mereka biasanya menawarkan harga borongan per titik atau per meter. Sebelum menggunakan jasa teknisi instalasi listrik di rumah bertingkat, sebaiknya pertimbangkan estimasi biaya jasanya.

Jenis PekerjaanBiaya
Instalasi Panel MCBRp 215.000 per titik
Kabel UtamaRp 70.000 – Rp 110.000 per meter
Lampu IndoorRp 100.000 per titik
Stop KontakRp 100.000 – Rp 200.000 per titik
Lampu OutdoorRp 120.000 – Rp 200.000 per titik

Penutup

Demikianlah informasi qilat.id mengenai pemasangan listrik pada rumah bertingkat. Dalam memasang listrik, pastikan untuk selalu memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Selalu gunakan jasa ahli atau profesional dalam pemasangan listrik untuk memastikan hasil yang optimal dan aman bagi penghuni rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai pemasangan listrik pada rumah bertingkat.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Bertingkat: Terbaru 2023 yang dipublish pada February 7, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment