Ukuran Ring Balok Untuk Rumah

Ukuran Ring Balok Untuk Rumah : Ideal Untuk Konstruksi Rumah

Qilat.id – Ukuran Ring Balok Untuk Rumah : Ideal Untuk Konstruksi Rumah. Ukuran ring balok memegang peranan penting dalam membangun rumah yang kokoh dan tahan lama. Ring balok sendiri adalah elemen struktur yang terletak di bagian atas balok dan berfungsi sebagai penopang rangka atap.

Dalam menentukan ukuran ring balok untuk rumah, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti jenis atap yang dipakai, lebar dan panjang bangunan, serta beban yang akan ditopang oleh ring balok tersebut.

Dalam artikel ini, akan dibahas secara lebih detail mengenai ukuran ring balok untuk rumah kalian.

Apa Itu Ring Balok?

Ring balk atau yang juga dikenal sebagai ring balok atau balok ring adalah struktur bangunan yang berada di atas dinding dan berfungsi sebagai tumpuan atau penyangga rangka atap. Bentuk dari ring balk biasanya dibuat mirip dengan bentuk sloof.

Ring balk menghubungkan pasangan dinding yang terpisah oleh kepala plester dinding. Fungsinya adalah untuk menahan tekanan dari rangka atap dan menyalurkan beban ke struktur lain yang berada di bawahnya, seperti tekanan yang diterima oleh kaki kuda.

Fungsi Ring Balok

Sebelum membahas standar ukuran ring balok untuk rumah 1 lantai, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dan fungsi ring balok. Ring balok atau yang juga dikenal sebagai ring balk merupakan struktur bangunan yang berada di atas dinding bangunan.

Baca juga:  Cara Menyiku Bangunan : Tips Praktis Hasil Rapi

Ring balok berguna sebagai tumpuan atau penyangga rangka tetap. Secara umum, bentuk dari ring balok dibuat mirip dengan kontur sloof. Nantinya, ring balok menghubungkan pasangan dinding yang terpisah oleh kepala plester dinding.

Fungsi utama dari ring balok adalah untuk menyeimbangkan beban rangka dan atap serta menyalurkannya ke setiap ujung beton kolom. Selain itu, ring balok juga berfungsi dalam mengikat pasangan dinding agar kuat bersama-sama dengan beton kolom dan sloof.

Cara Pasang Ring Balk Agar Bangunan Lebih Kokoh

Pemasangan ring balok sebaiknya tidak lebih dari 4 meter dari sloof, idealnya antara 3 m – 3,5 m untuk orang Indonesia dan 3,5 m – 4,5 meter untuk orang luar negeri. Ukuran ring balok yang biasa digunakan adalah lebar 20 cm dan tinggi 30 cm atau lebar 15 cm dan tinggi 20 cm dengan tulangan pokok (besi beton) 4d – 8mm dan begel d 6 – 15 cm.

Ukuran standar tersebut digunakan untuk menghasilkan ring balok yang kokoh sehingga mampu menjadi struktur lantai atas dan penyangga rangka atap yang kuat.

Selain berfungsi sebagai penopang tekanan utama dari rangka atap, seperti yang dijelaskan di atas, ring balok juga berfungsi sebagai sirkulasi udara. Jika posisi ring balok terlalu rendah, maka udara di dalam bangunan akan terasa panas.

Komponen Penting Ukuran Ring Balok Untuk Rumah 1 Lantai

Ring balok umumnya dipasang pada rumah dengan lebih dari satu lantai. Setiap desain dan bentuk rumah memiliki struktur yang berbeda serta kebutuhan material yang berbeda pula.

Sebelum memutuskan untuk membangun rumah dua lantai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Tujuan dari Setiap Ruangan

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membangun rumah dua lantai adalah tujuan atau peruntukan dari setiap ruangan. Misalnya, ketika Anda ingin membangun ruang tamu atau ruang keluarga, Anda bisa menggunakan ukuran kolom yang lebih kecil dan tidak terlalu besar.

Baca juga:  Harga Abu Batu : Spesifikasi dan Fungsi Abu Batu

Selain itu, pastikan bahwa ukuran beton untuk kolom rumah 2 lantai sudah sesuai dan aman, terutama jika ingin membangun ruangan di lantai 2 yang lebih fungsional.

2. Rencana Renovasi Rumah

Sebelum membahas bahan dan material yang menopang struktur rumah, perlu diperhatikan rencana penggunaan rumah dalam jangka waktu yang akan datang. Jika Anda berencana untuk merenovasi rumah dalam waktu dekat, pilihlah struktur kolom yang mudah dibongkar, seperti kolom profil baja.

3. Jarak Antar Kolom

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah perhitungan jarak antar kolom pada rumah dua lantai. Jarak antar kolom sangat berpengaruh terhadap beban dan ukuran yang akan ditopang oleh kolom tersebut. Semakin lebar jarak antar kolom, semakin besar bobot beban yang akan ditopang dan semakin besar pula ukuran masing-masing kolom.

4. Tinggi Kolom

Selain jarak antar kolom, ketinggian kolom juga perlu diperhatikan. Faktor tekuk pada kolom perlu diantisipasi untuk menghindari terjadinya patah.

5. Material Kolom yang Digunakan

Faktor lain yang memengaruhi ukuran kolom pada rumah dua lantai adalah material yang digunakan. Apakah material yang dibutuhkan sudah tersedia? Jika sudah memiliki material seperti baja tulangan, Anda bisa menyesuaikannya dengan desain kolom yang sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan kolom tersebut kuat dan aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti robohnya bangunan. Oleh karena itu, lakukan perhitungan secara akurat dan hati-hati jika diperlukan.

6. Lokasi Rumah

Lokasi tempat membangun rumah juga perlu diperhatikan dengan baik. Persiapan dan perawatan yang dibutuhkan akan berbeda tergantung pada lokasi bangunan tersebut, seperti pada dataran tinggi atau dataran rendah seperti pantai, di mana bangunan akan sering terkena air asin.

Baca juga:  Biaya Konstruksi Rumah 2 Lantai : Efektif & Efisien

Ukuran Ring Balok Untuk Rumah Ideal

Untuk memastikan kualitas bangunan yang sedang dibangun, ring balok harus memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Berikut adalah spesifikasi ukuran ring balok yang diperlukan untuk rumah:

  • Ukuran ring balok (atau ring balk atau balok ring): minimal 12 cm x 15 cm
  • Diameter baja tulangan utama: 12 mm
  • Diameter tulangan batang baja: 8 mm
  • Jarak antara begel: 15 cm
  • Ketebalan selimut beton: 15 mm

Dengan memenuhi spesifikasi ukuran yang sesuai, ring balok akan menjadi lebih kuat dan mampu menahan beban yang diterima oleh rangka atap. Sehingga, bangunan yang dibangun akan lebih kokoh dan tahan lama.

Penutup

Secara keseluruhan, ukuran ring balok untuk rumah perlu dipertimbangkan secara matang agar struktur bangunan dapat kokoh dan aman. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan antara lain tujuan ruangan, jenis material yang digunakan, jarak antar kolom, ketinggian kolom, serta lokasi bangunan.

Pastikan selalu mengikuti standar dan peraturan yang berlaku dalam membangun sebuah rumah, terutama dalam hal penggunaan ukuran ring balok yang sesuai dan aman. Dengan begitu, rumah yang dibangun akan memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Semoga informasi dari qilat.id  bermanfaat.

 

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ukuran Ring Balok Untuk Rumah : Ideal Untuk Konstruksi Rumah yang dipublish pada June 21, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment