Cara menghitunga harga pagar besi per meter

Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter : Mudah & Akurat

Qilat.id – Berbagai Ukuran Besi Hollow untuk Konstruksi : Terlengkap. Apakah kalian sedang mencari panduan untuk menghitung harga pagar besi per meter? Jika iya, kalian berada di tempat yang tepat. Pagar besi adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan keamanan rumah kalian.

Namun, sebelum memulai proyek tersebut, penting untuk mengetahui bagaimana menghitung harga pagar besi per meter agar kalian tidak kecewa dengan anggaran yang dibutuhkan.

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghitung harga pagar besi per meter. Kami juga akan membahas faktor-faktor yang memengaruhi harga pagar besi, sehingga kalian dapat membuat estimasi biaya yang akurat.

Apa yang Dimaksud Pagar Besi ?

Pagar besi adalah jenis pagar yang terbuat dari bahan logam besi atau baja yang memiliki kekuatan dan daya tahan yang cukup tinggi. Pagar besi banyak digunakan sebagai pembatas area atau pengamanan bangunan karena sifatnya yang kuat dan sulit untuk ditembus.

Pagar besi tersedia dalam berbagai macam jenis dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu, pagar besi juga dapat dibentuk menjadi berbagai macam desain sehingga dapat memberikan nilai estetika yang tinggi pada bangunan.

Rumus Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menghitung harga pagar besi per meter, penting untuk mengetahui rumus perhitungannya terlebih dahulu. Pada dasarnya, perhitungan harga pagar besi tidak jauh berbeda dengan perhitungan biaya pembuatan pagar tembok.

Kebanyakan orang memilih menggunakan material besi hollow sebagai bahan pembuatan pagar besi karena harganya yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan material besi lainnya. Berikut adalah rumus perhitungan harga pagar besi per meter:

  • Volume pagar besi: Panjang x Tinggi
  • Harga pagar besi: Volume x Harga satuan

Dengan rumus tersebut, kita dapat menghitung volume pagar besi terlebih dahulu dengan mengalikan panjang dan tinggi pagar besi. Setelah itu, volume pagar besi tersebut dikalikan dengan harga satuan untuk mendapatkan harga total pagar besi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mempertimbangkan untuk memasang pagar besi di rumah atau bangunan kalian.

Baca juga:  Harga Pasang Kusen Aluminium Per Meter : Update Terbaru

Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter

Setelah mengetahui rumus perhitungan harga pagar besi per meter, langkah selanjutnya adalah melakukan praktek perhitungannya. Sebagai contoh, jika kalian ingin membuat pagar besi untuk rumah dengan panjang 3,3 meter dan tinggi 1,5 meter, berikut adalah cara menghitung harga pagar besi per meter perseginya:

1. Volume Pagar Besi

Langkah pertama dalam menghitung harga pagar besi per meter adalah mencari volume atau luas pagar besi terlebih dahulu menggunakan rumus yang telah dijelaskan sebelumnya. Perhitungan volume pagar besi ini penting dilakukan karena akan digunakan sebagai acuan untuk mendapatkan harga pagar besi.

Berikut ini adalah contoh perhitungan volume pagar besi dengan panjang 3,3 meter dan tinggi 1,5 meter:

  • Volume pagar besi: Panjang x Tinggi
  • Volume pagar besi: 3,3 m x 1,5 m = 4,95 m2

Dari data perhitungan di atas, dapat diketahui bahwa volume atau luas pagar besi dengan panjang 3,3 meter serta tinggi 1,5 meter adalah sebesar 4,95 meter persegi. Hal ini akan digunakan dalam langkah selanjutnya untuk menghitung harga pagar besi per meter.

2. Harga Pagar Besi Per Meter

Langkah selanjutnya dalam menghitung harga pagar besi per meter adalah mencari tahu harga bahan materialnya di pasaran. Untuk mendapatkan harga pagar besi, kalian bisa datang langsung ke penyedia jasa pembuatan pagar atau menanyakan kepada tetangga yang sudah pernah membuat pagar besi di rumahnya.

Misalnya, jika harga pagar besi per meter di bengkel atau tukang las sekitar Rp 450.000 per meter persegi, maka total biaya yang diperlukan untuk membuat pagar besi adalah sebagai berikut:

  • Harga pagar besi: Volume x Harga satuan
  • Harga pagar besi: 4,95 meter persegi x Rp 450.000 = Rp 2.227.500.
Baca juga:  Harga Borongan Pasang Plafon Triplek : Bahan Material & Upah

Dengan begitu, total biaya yang dibutuhkan untuk membuat pagar besi dengan ukuran panjang 3,3 meter dan tinggi 1,5 meter adalah sekitar Rp 2.227.500. Dalam melakukan perhitungan, pastikan untuk memperhatikan harga satuan dan volume pagar besi dengan benar agar mendapatkan hasil perhitungan yang akurat.

3. Biaya Lainnya

Selain menghitung biaya pembelian material untuk pagar besi, perlu juga untuk memperhitungkan biaya lain-lain agar bisa mempersiapkan dana pembangunan dengan tepat. Beberapa biaya lain-lain yang perlu dipertimbangkan antara lain:

KeteranganBiaya
Biaya kawat las dan cat besiRp500,000
Harga borongan atau ongkos tukang lasRp125,000
Biaya tambahanRp100,000

Dari perhitungan-perhitungan yang telah dijelaskan di atas, total biaya yang diperlukan untuk membuat pagar besi adalah sebesar Rp 2.952.500. Biaya tersebut sudah termasuk pembelian material pagar besi per meter dan ongkos jasa tukang las untuk pemasangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Besi

Dalam memilih material bahan bangunan untuk pagar, setiap jenis material memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, termasuk pada pagar besi. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan baik-baik sebelum memilih jenis pagar yang akan digunakan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pagar besi:

Kelebihan:

  • Tahan lama dan awet hingga bertahun-tahun.
  • Lebih kuat dibandingkan material pagar umum lainnya.
  • Memiliki visibilitas yang baik sehingga tidak menghalangi pkalianngan.
  • Dapat memberikan kesan elegan pada hunian.
  • Tingkat keamanan yang lebih tinggi karena sulit untuk dibobol.
  • Mudah dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan.

Kekurangan:

  • Harga pagar besi cenderung mahal dibandingkan dengan jenis pagar lainnya.
  • Kurang memberikan privasi bagi penghuni karena mudah dilihat dari luar.
  • Mudah mengalami perkaratan jika tidak dirawat dengan baik.
  • Bobotnya cukup berat sehingga membutuhkan tenaga dan biaya tambahan untuk pemasangan.
Baca juga:  Cara Pemasangan Scaffolding : Aman dan Efisien

Tips Memilih Pagar Besi Rumah Minimalis

Sebelumnya, telah dijelaskan cara menghitung harga pagar besi per meter untuk rumah minimalis. Namun, untuk mendapatkan material pagar besi yang berkualitas, berikut ini beberapa tips yang dapat diikuti:

  • Gunakan material yang berkualitas meskipun harganya sedikit lebih mahal. Hal ini akan memastikan pagar besi tahan lama dan tidak mudah rusak atau berkarat.
  • Sesuaikan warna pagar besi dengan konsep hunian. Pilih warna yang sesuai dengan warna cat rumah atau konsep arsitektur yang digunakan agar tampak serasi dan estetis.
  • Manfaatkan pencahayaan lampu sorot di sekitar area pagar besi. Selain memberikan keindahan, pencahayaan juga dapat meningkatkan tingkat keamanan karena membuat area sekitar pagar terang benderang.
  • Gunakan kombinasi material. Kombinasikan dengan material lain seperti kayu atau batu alam untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik dan tidak monoton.
  • Utamakan faktor keamanan rumah. Pilih pagar besi yang memiliki desain yang sulit untuk ditembus atau dipotong sehingga dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi rumah kalian.

Penutup

Dalam memasang pagar besi, menghitung harga menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan agar bisa mempersiapkan dana dengan tepat. Dalam artikel qilat.id ini, telah dijelaskan cara menghitung harga pagar besi per meter dengan rumus sederhana yang mudah dipahami.

Selain itu, juga disebutkan beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam menghitung biaya pembuatan pagar besi seperti harga material, biaya lain-lain, dan ongkos jasa tukang las.

Dengan melakukan perhitungan secara akurat dan tepat, kalian bisa mempersiapkan dana yang sesuai dan memilih pagar besi berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kalian. Semoga bermanfaat.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Menghitung Harga Pagar Besi Per Meter : Mudah & Akurat yang dipublish pada February 8, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment