Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Qilat.idCara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan. Dalam era digital saat ini, banyak perusahaan yang lebih memilih menerima aplikasi pekerjaan melalui online. Namun, ternyata masih ada perusahaan yang menginginkan surat lamaran kerja dalam bentuk tulis tangan. Bagaimana cara membuat surat lamaran Pekerjaan tulis tangan yang membuat Kalian tampil istimewa dan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima?

Tips dan Trik Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Menarik

  1. Gunakan kertas yang berkualitas: Pastikan untuk menggunakan kertas berkualitas yang tepat dan cocok untuk surat lamaran kerja. Kertas yang bagus akan membuat surat lamaran Kalian terlihat lebih profesional dan memiliki nilai tambah.
  2. Tulislah dengan tangan yang rapi: Surat lamaran Pekerjaan tulis tangan harus ditulis dengan tangan yang rapi dan jelas. Ini akan membantu perusahaan untuk membaca surat lamaran Kalian dengan mudah dan memperlihatkan betapa seriusnya Kalian dalam melamar pekerjaan tersebut.
  3. Sertakan informasi penting: Pastikan untuk menyertakan informasi penting seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email. Ini akan mempermudah perusahaan untuk menghubungi Kalian jika diterima.
  4. Buatlah surat lamaran yang spesifik: Surat lamaran harus dibuat spesifik dan menunjukkan minat Kalian terhadap posisi yang Kalian lamar. Jangan hanya menyertakan surat lamaran yang umum dan dapat diterapkan untuk setiap pekerjaan.
  5. Sertakan referensi: Jika Kalian memiliki referensi, pastikan untuk menyertakannya dalam surat lamaran Kalian. Ini akan membantu perusahaan untuk memverifikasi informasi Kalian dan membuat mereka lebih yakin dalam mempertimbangkan Kalian untuk posisi tersebut.
Baca juga:  Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Mencari pekerjaan memang bukan hal yang mudah, apalagi jika saat ini pasar tenaga kerja sedang sangat ketat. Oleh karena itu, penting bagi Kalian untuk mempersiapkan diri dengan baik agar bisa menjadi kandidat yang menarik bagi perusahaan. Salah satu hal yang harus Kalian lakukan adalah menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Surat lamaran kerja tulis tangan bisa menjadi alternatif bagi Kalian yang ingin memberikan kesan yang lebih personal dan menunjukkan bahwa Kalian memperhatikan setiap detil. Namun, bagaimana cara menulis surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar?

Berikut ini adalah beberapa cara menulis surat lamaran kerja tulis tangan:

1. Persiapkan Alat Tulis dan Kertas Berkualitas

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja tulis tangan, pastikan Kalian memiliki alat tulis dan kertas yang berkualitas. Gunakan pena dengan tinta hitam atau biru tua dan kertas yang berwarna putih. Ini akan membuat surat lamaran kerja Kalian terlihat profesional.

2. Tulis Nama dan Alamat Kalian

Tulislah nama dan alamat Kalian di bagian atas kertas. Gunakan huruf besar dan jelas agar mudah dibaca. Kalian juga bisa menambahkan nomor telepon dan alamat email jika diperlukan.

3. Tulis Tanggal dan Tempat

Tulislah tanggal dan tempat pada baris kedua dari bagian atas kertas. Kalian bisa menulis tanggal saat surat lamaran kerja ditulis.

4. Tulis Nama dan Alamat Perusahaan

Tulislah nama dan alamat perusahaan di bagian bawah tanggal dan tempat. Gunakan huruf besar dan jelas agar mudah dibaca.

5. Tulis Subjek

Tulislah subjek surat lamaran kerja Kalian pada baris ketiga dari bagian atas kertas. Kalian bisa menulis “Lamaran Pekerjaan untuk Posisi (nama posisi)”.

6. Tulis Isi Surat Lamaran Kerja

Tulislah isi surat lamaran kerja Kalian dengan jelas dan singkat. Awali dengan paragraf pembukaan yang memperkenalkan diri dan menjelaskan posisi yang ingin Kalian lamar. Kemudian, berikan alasan mengapa Kalian tertarik dengan perusahaan tersebut dan posisi yang ingin Kalian lamar.

Baca juga:  Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Buatlah beberapa poin penting mengenai pengalaman kerja dan kualifikasi Kalian yang relevan dengan posisi yang ingin Kalian lamar. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa pencapaian atau prestasi yang pernah Kalian raih selama bekerja.

Tutup surat lamaran kerja Kalian dengan paragraf penutup yang mengungkapkan antusiasme Kalian untuk bertemu dan berdiskusi lebih lanjut mengenai posisi tersebut. Berikan nomor telepon dan alamat email Kalian untuk memudahkan perusahaan untuk menghubungi Kalian.

7. Tandatangan

Tandatangani surat lamaran kerja Kalian pada baris terakhir dari isi surat. Tulislah nama lengkap Kalian dan tambahkan cap halaman untuk memberikan kesan yang lebih profesional.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa Kalian jadikan referensi:

 

Nama Kalian

Alamat Kalian

Nomor Telepon

Alamat Email

 

Tanggal

Tempat

 

Nama Perusahaan

Alamat Perusahaan

 

Subjek: Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Marketing Executive

 

Kepada Yth,

HRD (Nama Perusahaan)

 

Dengan Hormat,

 

Perkenalkan, saya [Nama Kalian], seorang lulusan [Nama Universitas] jurusan [Jurusan]. Saya sangat tertarik dengan lowongan pekerjaan sebagai Marketing Executive yang diterbitkan oleh perusahaan Bapak/Ibu.

Sebagai lulusan jurusan [Jurusan], saya memiliki pemahaman yang kuat mengenai strategi pemasaran dan analisis data. Selama bekerja sebagai marketing coordinator di [Nama Perusahaan Sebelumnya], saya berhasil meningkatkan penjualan sebesar 15% dalam satu tahun dengan mengevaluasi dan memperbaiki strategi pemasaran yang ada.

Saya yakin bahwa pengalaman dan kualifikasi saya akan sangat berguna bagi perusahaan Bapak/Ibu. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim marketing yang kompeten dan menyenangkan.

Saya berharap dapat bertemu dan berdiskusi lebih lanjut mengenai kesempatan ini dengan Bapak/Ibu. Saya siap memberikan presentasi dan menjawab setiap pertanyaan yang Bapak/Ibu miliki mengenai pengalaman dan kualifikasi saya.

Terima kasih atas waktu dan perhatian Bapak/Ibu. Saya menunggu kabar baik dari Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

 

[Tandatangan]

 

[Nama Kalian]

Baca juga:  Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Fakta Menarik Tentang Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

  • Surat lamaran Pekerjaan tulis tangan masih digunakan oleh beberapa perusahaan hingga saat ini.
  • Menulis surat lamaran Pekerjaan tulis tangan memerlukan lebih banyak waktudan usaha dibandingkan dengan mengirimkan aplikasi secara online, namun hal ini dapat menunjukkan komitmen dan seriusnya Kalian dalam melamar pekerjaan tersebut.
  • Surat lamaran Pekerjaan tulis tangan juga memberikan kesempatan bagi Kalian untuk menunjukkan kemampuan bahasa dan penulisan Kalian. Ini juga memberikan kesan bahwa Kalian memperhatikan detail dan memperlihatkan usaha ekstra untuk melamar pekerjaan tersebut.
  • Surat lamaran Pekerjaan tulis tangan juga memiliki nilai sentimental dan lebih personal dibandingkan dengan aplikasi online. Ini dapat membuat perusahaan merasa lebih terhubung dengan Kalian dan membuat Kalian tampil lebih menonjol dalam sekumpulan aplikasi pekerjaan lainnya.

FAQ tentang Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Q: Apakah surat lamaran Pekerjaan tulis tangan masih digunakan saat ini?

A: Ya, beberapa perusahaan masih menggunakan surat lamaran Pekerjaan tulis tangan sebagai bagian dari proses rekrutmen mereka.

Q: Apa yang harus saya sertakan dalam surat lamaran Pekerjaan tulis tangan saya?

A: Kalian harus menyertakan informasi penting seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email, dan juga buatlah surat lamaran yang spesifik dan menunjukkan minat Kalian terhadap posisi yang Kalian lamar. Jika Kalian memiliki referensi, pastikan untuk menyertakannya juga.

Q: Bagaimana cara membuat surat lamaran Pekerjaan tulis tangan yang menarik bagi perusahaan?

A: Gunakan kertas berkualitas, tulislah dengan tangan yang rapi dan jelas, sertakan informasi penting, buat surat lamaran yang spesifik, dan jika memungkinkan, sertakan referensi.

Penutup

Dalam era digital saat ini, membuat surat lamaran Pekerjaan tulis tangan mungkin tampak kuno dan kurang populer. Namun, hal ini justru dapat menjadi nilai tambah dan membuat Kalian tampil berbeda dan menonjol di mata perusahaan. Dengan memperhatikan tips dan trik di atas, Kalian dapat membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang mengesankan dan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang dipublish pada March 23, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment