17 Harga Papan Cor Semua Ukuran

17 Harga Papan Cor Semua Ukuran : Perlembar & Perpaket

Qilat.idHarga Papan Cor Semua Ukuran : Perlembar & Perpaket. Harga papan cor telah menjadi topik yang hangat dibicarakan di kalangan masyarakat, terutama bagi mereka yang sedang merencanakan pembangunan atau renovasi rumah.

Sebagai bahan bangunan yang sangat umum digunakan, papan cor atau dikenal juga dengan sebutan beton pracetak, memegang peranan penting dalam keberhasilan proyek konstruksi.

Meskipun begitu, harga papan cor dapat bervariasi tergantung dari beberapa faktor seperti ukuran, jenis, dan kualitas material yang digunakan.

Oleh karena itu, mengetahui informasi terkini mengenai harga papan cor menjadi hal yang sangat penting bagi para kontraktor, arsitek, maupun pemilik proyek.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai harga papan cor yang berlaku di pasar saat ini. Kami akan memberikan informasi terkini mengenai harga papan cor dari berbagai jenis dan ukuran yang umum digunakan, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga tersebut.

Dengan memahami informasi ini, diharapkan pembaca dapat mengambil keputusan yang tepat dalam memilih bahan bangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget proyek yang dimiliki.

Alasan Memilih Papan Cor

Penggunaan papan cor dalam proses pembangunan rumah atau gedung menjadi suatu keharusan dikarenakan beberapa alasan, salah satunya adalah untuk mencegah adonan cor yang tumpah dan menyebar di sekitar area pengecoran.

Dengan menggunakan papan cor, bukan hanya hasil pengecoran yang terlihat baik, namun juga lebih teratur dan rapi.

Tidak hanya itu, proses pemasangan papan cor tergolong sangat praktis dan efisien karena adonan cor tidak tumpah dan tersebar di sekitar area pengecoran.

Selain menghasilkan hasil pengecoran yang rapi, penggunaan papan cor juga membantu mengurangi pemborosan bahan cor yang mungkin terbuang sia-sia akibat kebocoran.

Pembuatan ukuran rangka cor dapat disesuaikan dengan lebih mudah, sehingga menghasilkan rangka cor yang sama rata dan pada akhirnya memberikan hasil cor yang lebih teratur dan rapi.

Baca juga:  Cara Pasang Glass Block Terbaru : Mudah Dilakukan

Penggunaan papan cor dapat menutupi semua bagian yang perlu dicor, baik itu pada bagian rangka rumah maupun pada bagian rolak.

Terdapat berbagai jenis kayu yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan papan cor. Beberapa jenis kayu yang umum digunakan antara lain kayu randu, rimba campur, dan sengon.

Biaya pembuatan papan cor dari berbagai jenis kayu terbilang cukup terjangkau.

Karena itu, harga jual papan cor per lembarnya tergolong cukup terjangkau, termasuk harga papan cor jenis sengon yang biasanya hanya berkisar belasan hingga puluhan ribu rupiah per lembarnya.

Harga kayu papan cor ditentukan tidak hanya berdasarkan jenisnya, namun juga ukurannya. Terdapat berbagai macam ukuran papan cor yang tersedia dan dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan

Papan cor umumnya dijual per lembar, namun beberapa toko material bangunan juga menyediakannya dalam bentuk paket dengan satuan kubik.

Kelebihan Papan Cor

Berikut ini adalah 5 keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan papan cor dalam proses pembangunan rumah:

  • Penggunaan papan cor ini lebih praktis
  • Proses pemasangan cukup mudah
  • Harganya relatif sangat terjangkau
  • Penggunaan adonan cor lebih hemat dan tepat sasaran, sebab tidak akan berceceran ke mana-mana saat dituangkan
  • Ukuran, jumlah dan bentuk papan cor bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Jika saat ini sedang dalam proses pembangunan rumah atau gedung, papan cor tentunya menjadi bahan bangunan yang dibutuhkan. Kebutuhan papan cor dapat bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran bangunan yang dibangun.

Ada bangunan yang memerlukan beberapa lembar papan cor, namun ada juga yang membutuhkan jumlah yang lebih banyak.

Sebelum membeli papan cor, disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu harga papan cor yang berlaku di pasar. Hal ini akan membantu dalam pengambilan keputusan dan perencanaan anggaran yang lebih efektif sebelum memulai proyek pembangunan atau renovasi.

Baca juga:  Jenis Scaffolding : Informasi Terlengkap

Informasi berikut setidaknya akan membantu mengetahui perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk membeli papan cor, baik itu harga per lembar atau per paket.

Dengan mengetahui informasi ini, pembaca dapat melakukan perencanaan anggaran yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan proyek pembangunan atau renovasi yang sedang dilakukan.

Daftar Harga Papan Cor Terbaru

UkuranHarga
1 x 20 Per Lembar (2 m)Rp. 13.000
1 x 20 Per Paket 2 m (5 lembar)Rp. 65.000
1 x 20 Per Lembar 2.5 mRp. 16.000
1 x 20 Per Paket 2.5 m (5 lembar)Rp. 80.000
1 x 20 Per Lembar (3 m)Rp. 18.000
1 x 20 Per Paket (3 m) (5 lembar)Rp. 90.000
2 x 20 Per Lembar (2 m)Rp. 19.000
2 x 20 Per Paket (2 m) (5 lembar)Rp. 95.000
2 x 20 Per Lembar (2.5 m)Rp. 22.000
2 x 20 Per Paket (2.5 m) (5 lembar)Rp. 110.000
2 x 20 Per Lembar (3 m)Rp. 25.000
2 x 20 Per Paket (3 m) (5 lembar)Rp. 125.000
2 x 20 x 2 Per LembarRp. 120.000
2 x 20 x 2 Per PaketRp. 600.000
2 x 20 x 2.5 Per LembarRp. 130.000
2 x 20 x 2.5 Per PaketRp. 650.000
40 x 20 x 2 Per Paket (5 lembar)Rp. 45.0000

Cara Memilih Papan Cor

Setelah mengetahui harga papan cor yang berlaku di pasar, kami juga akan memberikan informasi singkat tentang cara memilih jenis kayu cor yang berkualitas dan tepat untuk kebutuhan proyek pembangunan atau renovasi.

Pilihlah jenis kayu yang ringan dan terjangkau karena papan cor hanya akan digunakan sekali dalam proses pembangunan.

Apabila papan cor akan digunakan berulang kali, disarankan untuk menggunakan papan yang sama. Namun setelah papan digunakan, segera bersihkan dan keringkan tanpa terkena paparan sinar matahari langsung.

Hal ini akan membantu memperpanjang usia pakai papan cor dan menjaga kualitasnya agar tetap terjaga.

Dengan menerapkan cara tersebut, dapat membantu mencegah kayu cor menjadi bengkok.

Pastikan kayu yang dibeli memiliki presisi yang baik. Hal ini akan memudahkan tukang dalam melakukan pengecoran dan menghasilkan hasil yang lebih akurat dan rapi.

Baca juga:  Tips & Solusi Bocor Dipertemuan Atap dan Dinding

Note :

  • Perlu diingat bahwa harga papan cor yang telah disebutkan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Harga papan cor yang telah disebutkan sebelumnya merupakan harga yang disesuaikan dengan ukuran dari kayu papan cor yang dijual.
  • Papan cor dapat dibeli secara satuan per lembar ataupun dalam bentuk paketan tergantung pada kebutuhan dan preferensi pembeli.

Fungsi Papan Cor

Secara dasar, papan cor berfungsi untuk mempermudah proses pengecoran dalam pembangunan rumah atau gedung.

Meskipun demikian, untuk lebih memperjelas fungsi papan cor, berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui:

  • Papan cor membantu menentukan bentuk dari sebuah konstruksi beton yang akan dibangun.
  • Papan cor berfungsi sebagai penahan beton sementara selama proses pengecoran sedang berlangsung.
  • Papan cor bertugas memikul beban dari spesi beton dan beban luar lain yang mungkin dapat mempengaruhi perubahan bentuk pada beton yang sedang dicor.
  • Penggunaan papan cor dapat memudahkan proses pembuatan struktur sebuah bangunan.

Baca Juga Artikel Terkait :

Penutup

Kesimpulannya, harga papan cor dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti ukuran, ketebalan, bahan pembuat, serta lokasi dan waktu pembelian.

Sebagai konsumen, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli papan cor agar dapat mendapatkan harga yang terbaik dan sesuai dengan anggaran.

Selain itu, juga disarankan untuk membeli papan cor dari supplier atau toko yang terpercaya dan menyediakan produk berkualitas agar menghindari kerugian di kemudian hari.

Terakhir, selalu perhatikan kualitas dan keamanan penggunaan papan cor dalam proyek konstruksi Anda. Semoga informasi mengenai harga papan cor ini bermanfaat bagi Anda.

 

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 17 Harga Papan Cor Semua Ukuran : Perlembar & Perpaket yang dipublish pada Februari 26, 2023 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment