Apa Itu Kalsifloor

Apa Itu Kalsifloor : Fungsi, Pemasangan dan Harganya

Qilat.id –  Apa Itu Kalsifloor : Fungsi, Pemasangan dan Harganya. Kalsifloor merupakan lantai yang terbuat dari bahan alami seperti kapur, pasir, dan bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut diolah dengan proses pencampuran dan pencetakan sehingga dapat digunakan sebagai panel lantai.

Saat ini, tersedia beragam jenis material untuk penutup lantai yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Kalsifloor merupakan salah satu material yang menarik untuk digunakan karena mempermudah pemasangan pada konstruksi bertingkat.

KalsiFloor atau yang juga dikenal dengan sebutan kalsifloor 20, telah menjadi pilihan yang dikenal secara luas di Indonesia karena keunggulannya.

Dengan menggunakan Kalsifloor, struktur bangunan bertingkat akan lebih ringan dan mengurangi risiko ambruk. Penting untuk mengenal apa itu Kalsifloor jika Anda ingin mencapai hasil bangunan yang sederhana namun elegan.

Saat ini, tidak banyak orang yang mengetahui tentang Kalsifloor, padahal material ini memiliki banyak kelebihan.

Karena digunakan sebagai lapisan bawah, biasanya Kalsifloor diaplikasikan bersamaan dengan adukan semen dan kawat ayam.

Material ini memiliki ketahanan yang dapat diandalkan terhadap guncangan dan gempa. Selain itu, bobotnya yang ringan mempercepat proses pemasangan konstruksi bangunan.

Apa Itu Kalsifloor?

KalsiFloor merupakan papan penutup lantai yang terbuat dari bahan fiber semen dengan ketebalan 20mm.

Material ini mudah diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan seperti rumah, apartemen, gedung sekolah, gudang, dan lain sebagainya.

KalsiFloor dipasang pada rangka baja menggunakan sekrup khusus bernama KalsiScrew FL.

Material ini menjadi pilihan utama untuk konstruksi bangunan bertingkat di Indonesia karena proses pemasangannya yang cepat dan efisien.

Fungsi & Kegunaan

Setelah mengetahui Apa Itu Kalsifloor selanjutnya kalian harus mengetahui Fungsi dan Kegunaanya. KalsiFloor digunakan sebagai penutup lantai pada bangunan dengan beban yang berat.

Baca juga:  Clamp adalah : Informasi Terlengkap

Selain itu, material ini juga dapat digunakan untuk mezzanine atau ruangan tambahan sehingga mempercepat persiapan pembangunan.

KalsiFloor juga dapat diaplikasikan sebagai alas lantai parket, keramik, atau vinyl untuk mengurangi gesekan.

Karena dijual dalam bentuk lembaran, konsumen dapat lebih mudah menghitung kebutuhan material sesuai dengan luas lantai yang akan ditutupi.

Keunggulan dan Kelemahan Kalsifloor

Setelah mengetahui Apa Itu Kalsifloor, berikutnya informasi lengkap mengenai keunggulan dan kelemahan KalsiFloor sebagai bahan pertimbangan Anda. Simaklah dengan seksama!

Keunggulan Kalsifloor

KalsiFloor telah dikenal sebagai jenis penutup lantai yang memiliki banyak keunggulan sehingga banyak digunakan dalam pembangunan bangunan. Berikut adalah beberapa kelebihan KalsiFloor sebagai penutup lantai yang perlu Anda ketahui:

1. Mampu Menopang Beban Berat

Keunggulan utama dari KalsiFloor adalah kemampuannya dalam menopang beban yang sangat berat, bahkan hingga 800 kg.

Sebagai penutup lantai, material ini sangat cocok digunakan pada bangunan yang harus menopang berbagai benda atau peralatan dengan beban berat di atasnya.

2. Memiliki Struktur yang Ringan

Meskipun mampu menopang beban yang sangat berat, KalsiFloor memiliki struktur yang ringan. Kelebihan lain dari material ini adalah kemudahannya dalam disesuaikan dan dipasang, karena strukturnya yang ringan.

3. Pemasangannya Mudah Dilakukan

Selain dua keunggulan sebelumnya, KalsiFloor juga termasuk jenis penutup lantai yang fleksibel dan mudah dipasang. Namun, tetap disarankan agar pemasangan KalsiFloor dilakukan oleh tenaga ahli atau profesional.

4. Lebih Tahan Terhadap Gempa

KalsiFloor tidak hanya mampu menopang beban yang berat, tetapi juga lebih tahan terhadap guncangan dan gempa. Material ini tidak mudah retak atau mengalami kerusakan lainnya ketika menerima guncangan.

5. Tahan Terhadap Air

Kelebihan lain dari KalsiFloor adalah ketahanannya terhadap air. Hal ini sangat menguntungkan karena material penutup lantai yang tahan air cenderung lebih awet dan dapat digunakan hingga bertahun-tahun.

Baca juga:  Ukuran Kolom Rumah 2 Lantai : Perhitungan Paling Tepat

6. Tahan Rayap

KalsiFloor juga termasuk jenis penutup lantai yang tahan terhadap serangan rayap. Kelebihan ini membuat material ini tidak mudah mengalami kerusakan dan lebih awet digunakan sebagai penutup lantai.

7. Dapat Dipasang Berbagai Variasi Finishing

Selain mudah dipasang, KalsiFloor juga dapat diaplikasikan dengan berbagai variasi finishing. Anda dapat menyesuaikannya dengan desain yang diinginkan atau kebutuhan yang diharapkan.

Kelemahan Kalsifloor

Tidak hanya memiliki kelebihan, jenis penutup lantai KalsiFloor juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan. Simaklah informasi berikut mengenai beberapa kekurangan atau kelemahan dari KalsiFloor.

  • Pemasangan KalsiFloor hanya disarankan dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dalam bidangnya.
  • KalsiFloor memerlukan rangka sebagai penopang dan sekrup sebagai penguat atau kuncian, sehingga tidak dapat dipasang secara langsung.
  • Harga KalsiFloor lebih tinggi atau mahal dibandingkan dengan produk jenis Kalsiboard lainnya.

Teknik Pemasangan dan Pengaplikasian Kalsifloor

Setelah mengetahui Apa Itu Kalsifloor selanjutnya kalian akan mengetahui Teknik Pemasangan dan Pengaplikasian Kalsifloor. Meskipun rangka KalsiFloor dapat dipasang dengan mudah, namun tetap disarankan agar semua proses pemasangan dilakukan oleh orang yang berpengalaman atau ahli di bidangnya.

Jangan sampai asal-asalan dalam memasang jenis penutup lantai ini.

Untuk memasang KalsiFloor pada rangka baja, dapat menggunakan sekrup jenis KalsiScrew FL. Namun, sebelum dipasang, material ini harus dilapisi dengan adukan semen terlebih dahulu dan memerlukan kawat ayam pada proses pemasangannya.

Setelah tahap persiapan, proses pemasangan dapat dilanjutkan dengan menutupi KalsiFloor menggunakan keramik, parket, atau karpet lantai vinyl.

Ukuran & Harga Kalsifloor

KalsiFloor hanya tersedia dalam satu ukuran lembaran dengan ketebalan 20mm, lebar 1200mm, panjang 2400mm, dan berat 81,4Kg. Namun, jika bicara tentang harga, material ini tergolong cukup mahal dengan harga mencapai 600 ribuan.

Baca juga:  Besi Hollow Untuk Pagar : Design Minimalis
TebalLebarPanjangBeratHarga per lembar
20mm1200mm2400mm81,4KgRp.598.000

Meskipun harganya cukup mahal dibandingkan dengan harga keramik kamar mandi, namun ukuran KalsiFloor lebih besar. Anda juga dapat melakukan pemotongan menggunakan beberapa alat seperti gergaji untuk menyesuaikan ukurannya.

Tabel Rangka Kalsifloor

Proses pemasangan KalsiFloor memerlukan tabel rangka yang disesuaikan dengan struktur bangunan. Jarak rangka standar yang digunakan adalah 120cm x 60cm, yang dapat dijadikan patokan dalam pemasangan.

Apa Itu Kalsifloor

Terdapat beban hidup dengan satuan Kg/m² yang berbeda-beda untuk setiap jenis bangunan seperti rumah, sekolah, kantor, perpustakaan, showroom, dan gudang. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak tabel rangka berikut ini.

Beban hidup Kg/m²200 Kg/m² (rumah,sekolah kantor)500 Kg/m² (perpusataan, Gudang, showroom)
3m tanpaC-Chanel100x50x2mmC-Chanel150x65x3mm
3m keramikC-Chanel100x50x3mmC-Chanel150x65x3mm
4m tanpaC-Chanel125x50x3mmC-Chanel150x65x3mm
4m keramikC-Chanel150x65x2mmC-Chanel200x75x3mm
5m tanpaC-Chanel150x65x2mmC-Chanel200x75x3mm
5m keramikC-Chanel150x65x3mmC-Chanel200x75x3mm
6m tanpaC-Chanel150x65x3mm
6m keramikC-Chanel200x75x3.2mm

Penutup

Secara keseluruhan, kalsifloor dapat menjadi pilihan yang baik untuk lantai rumah atau gedung Anda.Namun, sebelum memutuskan untuk memasang kalsifloor, pastikan untuk mempertimbangkan segala faktor, termasuk kebutuhan, anggaran, dan faktor-faktor lainnya.

Dengan merawat kalsifloor dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa lantai ini tetap indah dan tahan lama selama bertahun-tahun. Selain itu, dengan memilih warna dan pola yang tepat, kalsifloor juga dapat menambah estetika dan nilai jual dari rumah atau gedung Anda.Demikian pembahasan dari qilat.id mengenai Apa Itu Kalsifloor Semoga Bermanfaat.

 

 

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa Itu Kalsifloor : Fungsi, Pemasangan dan Harganya yang dipublish pada May 10, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment