Harga Borongan Baja Ringan

Harga Borongan Baja Ringan : UPDATE Terbaru

Qilat.idHarga Borongan Baja Ringan. Baja ringan adalah salah satu bahan konstruksi yang populer digunakan di Indonesia. Baja ringan adalah pilihan yang baik untuk membangun rumah, gedung, atau bangunan lainnya karena ringan, kuat, dan tahan lama. Harga borongan baja ringan adalah harga paket yang ditawarkan oleh produsen atau penyedia jasa konstruksi untuk semua bahan dan tenaga kerja yang diperlukan dalam proyek konstruksi Anda. Artikel ini akan memberi tahu Anda tentang harga borongan baja ringan dan apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memilih paket tersebut.

Tips Memilih Jasa Borongan

Sangat disarankan untuk memilih jasa pekerja borongan yang sudah berpengalaman dalam memasang baja ringan. Hal ini karena mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai dalam memilih ukuran dan memasang baja ringan yang sesuai dengan ukuran atap atau ukuran rumah Anda. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa pekerjaan pemasangan baja ringan akan dilakukan dengan benar dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

  • Meskipun material yang digunakan telah diserahkan kepada pekerja borongan, namun kontrol terhadap penggunaannya tetap diperlukan untuk memastikan kualitas material baja ringan yang digunakan, seperti baja ringan Taso atau merk lainnya.
  • Disarankan untuk melakukan perhitungan kebutuhan baja ringan sebelum menyerahkan pekerjaan atap rumah kepada pekerja borongan. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari kemungkinan tertipu dengan margin keuntungan yang terlalu besar.
  • Disarankan untuk memilih pekerja borongan yang profesional agar waktu pengerjaan dapat tepat waktu.
  • Disarankan untuk menghindari menggunakan jasa pekerja borongan dengan reputasi buruk.
  • Disarankan untuk tidak tergoda dengan harga borongan baja ringan yang lebih murah dari harga pasar. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan material yang digunakan tidak berkualitas atau pengerjaannya asal-asalan.
  • Disarankan untuk meminta rancangan RAB terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa borongan baja ringan.
Baca juga:  Jarak Cakar Ayam Rumah 2 Lantai : Terbaru

Harga Borongan Baja Ringan Per Meter Terbaru

Konstruksi atap merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah hunian karena berfungsi sebagai pelindung dari cuaca panas dan hujan. Baja ringan adalah salah satu material yang sangat tepat untuk digunakan sebagai struktur kerangka atap karena memiliki banyak kelebihan yang membuatnya sering digunakan sebagai konstruksi bangunan.

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Menghitung kebutuhan baja ringan sebelumnya memang sangat penting. Hal ini dilakukan guna menghindari pengeluaran biaya yang berlebihan dibandingkan dengan membangun sendiri.

Setelah mengetahui total kebutuhan material dan biaya yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah mencari jasa borongan baja ringan dan meminta pembuatan RAB terlebih dahulu. RAB sendiri merupakan singkatan dari Rancangan Anggaran Biaya yang akan memberikan informasi terkait total kebutuhan material serta biaya jasa yang harus dibayarkan.

RAB yang diberikan oleh setiap pemborong dapat berbeda-beda. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari pemborong dengan harga yang lebih terjangkau, namun tetap memperhatikan kualitas material yang digunakan. Biasanya pemborong akan membagi jasa mereka per item dengan harga yang bervariasi. Harga borongan baja ringan per meter dipengaruhi oleh material yang digunakan. Untuk memberikan gambaran mengenai besarnya biaya, silakan merujuk pada informasi berikut.

Disarankan untuk memahami terlebih dahulu simulasi penghitungan biaya pemasangan atap baja ringan yang kami sampaikan di bawah ini sebelum melihat daftar biaya borongan baja ringan per meter.

1. Hitung Luas Atap Terlebih dahulu

Perlu diperhatikan bahwa penghitungan luas atap sangat penting dalam hal ini. Dengan mengetahui luas atap, kalian dapat menghitung biaya pembelian bahan baku baja ringan serta upah tenaga borongan yang dibutuhkan selama pengerjaan.

Pastikan juga mengetahui bentuk atap, apakah berbentuk persegi panjang, segitiga, atau trapesium. Kalian harus mengetahui ukuran panjang dan lebar untuk menghitung luas bangunan secara tepat.

2. Kalikan dengan Harga Pasang Baja Ringan

Setelah menghitung luas atap yang akan dipasang baja ringan, selanjutnya kalian dapat menghitung biaya pemasangan. Biasanya, biaya pemasangan sudah ditetapkan sebelumnya dengan menghitung tiap meter persegi. Kalian hanya perlu mengalikan jumlah meter persegi yang dibutuhkan untuk luas atap tersebut dengan harga pasang per meter persegi.

3. Jangan Lupa untuk Mempertimbangkan Biaya Lain-lain

Setelah menghitung biaya pemasangan baja ringan, jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya lainnya yang mungkin diperlukan. Oleh karena itu, disarankan untuk menyiapkan anggaran yang cukup agar kita lebih aman dalam hal pengeluaran.

Baca juga:  Biaya Rumah Ukuran 6x9 : Panduan Lengkap Pemilik Rumah Baru

Harga Borongan Baja Ringan Per Meter

NoDeskripsiSpesifikasiHarga/m2
1Jasa Bongkar Atap LamaRp. 30.000
2Borongan Pasang Rangka Baja Ringan SajaRp. 40.000
3Borongan Pasang Rangka Baja Ringan + MaterialMerek Standar SNIRp. 120.000
Tebal 0.75 mm
Merek Standar SNIRp. 150.000
Tebal 1 mm
Merek BluescopeRp. 130.000
Tebal 0.75 mm
Merek BluescopeRp. 160.000
Tebal 1 mm
Merek TasoRp. 150.000
Tebal 0.75 mm
Merek TasoRp. 190.000
Tebal 1 mm
4Pasang Atap + MaterialSpandek GalvalumRp. 60.000
0.35 mm
Genteng Metal PolosRp. 65.000
Genteng Metal PasirRp. 70.000

Jenis – Jenis Baja Ringan

Mengetahui informasi hanya mengenai harga atap baja ringan plus pasangannya rasanya kurang lengkap. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, sebaiknya kalian juga mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan atap baja ringan.

Berikut ini adalah ulasan yang dapat kalian baca dan pahami dengan seksama. Silakan perhatikan.

1. Galvalum

Jika pada penjelasan mengenai harga atap baja ringan plus pasang sebelumnya hanya disebutkan merek, kali ini kalian akan diajak untuk mengenal lebih dalam mengenai jenis-jenisnya.

Jenis pertama adalah galvalum yang tentu saja sudah tidak asing di telinga kalian karena banyak digunakan dalam membangun rumah. Bahan yang digunakan dalam pembuatan galvalum adalah unsur aluminium dengan komposisi mencapai 55%.

Selain itu, unsur zinc juga ditambahkan dalam pembuatannya dengan persentase mencapai 43,5%, sedangkan sisanya akan ditambahkan dengan silikon.

Galvalum memiliki keunggulan dalam ketahanan dan kekuatannya, serta tidak mudah berkarat karena memiliki tingkat korosi yang lebih baik. Namun, harga baja ringan per meter plus pasang yang mahal harus dibayar untuk mendapatkan kualitas yang baik.

2. Zincalume

Jenis selanjutnya adalah Zincalume yang terdiri dari campuran logam dengan bahan baku 55% aluminium dan 45% seng. Pembuatan atap baja ringan Zincalume membutuhkan teknologi tinggi dan komposisi yang pas dan sesuai untuk mendapatkan kualitas yang terbaik.

Zincalume merupakan atap baja ringan yang kuat terhadap suhu tinggi dan pengikisan akibat korosi, sehingga sangat cocok digunakan untuk bangunan yang terpapar cuaca yang berubah-ubah. Harga atap Zincalume terbilang murah, sehingga lebih hemat jika digunakan. Meskipun murah, kualitas tetap terjaga dan daya tahannya bisa diandalkan.

Baca juga:  Cara Pemasangan Scaffolding : Aman dan Efisien

3. Galvanis

Bagi orang-orang yang berkecimpung di bidang bangunan, atap baja ringan yang satu ini sudah tidak asing lagi. Atap galvanis adalah nama dari jenis atap baja ringan ini, yang dibuat dengan bahan baku 2% aluminium dan 98% seng.

Pembuatan atap baja galvanis tidaklah mudah, karena membutuhkan beberapa proses seperti finishing dan coating untuk menciptakan bahan atap yang berkualitas.

Fungsi seng dalam atap galvanis adalah sebagai pelindung terhadap korosi yang diakibatkan oleh cuaca. Meskipun atap galvanis memiliki keunggulan dalam harga borongan baja ringan plus material yang lebih murah dibandingkan jenis lainnya, namun tetap rentan mengalami korosi.

Jika sudah terkena korosi, galvanis bisa jebol dan bocor. Meskipun demikian, atap galvanis masih diminati, terutama jika bangunan yang akan dibuat hanya sebatas toko atau swalayan kecil.

Baca Juga Artikel Terkait :

Penutup

Dalam kesimpulan, harga borongan baja ringan merupakan pertimbangan penting dalam memilih material konstruksi untuk proyek bangunan Anda. Harga yang ditawarkan tentu mempengaruhi anggaran keseluruhan proyek, namun jangan hanya memilih material dengan harga terendah tanpa memperhatikan kualitas dan keamanannya.

Sebagai alternatif, pertimbangkanlah untuk menggunakan baja ringan sebagai material konstruksi. Selain harganya yang terjangkau, baja ringan juga memiliki berbagai kelebihan seperti daya tahan yang tinggi, mudah dipasang, dan ramah lingkungan.

Namun, penting untuk memilih vendor yang terpercaya dan menyediakan produk dengan kualitas terbaik serta memperhatikan standar keamanan dan kenyamanan. Sebelum memutuskan untuk membeli, lakukanlah riset terlebih dahulu dan bandingkan harga dari beberapa vendor untuk mendapatkan harga yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

Dengan memilih material konstruksi yang tepat dan vendor yang terpercaya, proyek bangunan Anda dapat berjalan dengan lebih lancar dan efisien, serta menghasilkan bangunan yang berkualitas tinggi dan aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

 

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Harga Borongan Baja Ringan : UPDATE Terbaru yang dipublish pada February 21, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment