Harga Borongan Pasang Batu Alam Per Meter

√ Informasi Harga Borongan Pasang Batu Alam Per Meter

Qilat.id –  √ Informasi Harga Borongan Pasang Batu Alam Per Meter. Apabila Anda sedang mempertimbangkan untuk memasang batu alam di rumah atau bangunan Anda, salah satu pertimbangan penting yang perlu Anda pikirkan adalah harga borongan pasang batu alam per meter. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail mengenai faktor-faktor yang memengaruhi harga borongan pasang batu alam per meter, serta tips untuk memilih penyedia jasa yang terpercaya dan berkualitas. Mari kita simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Jenis Batu Alam

Ada berbagai jenis batu alam yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan rumah Anda. Sebelum kita membahas lebih lanjut, berikut adalah beberapa jenis batu alam yang umum digunakan:

1. Batu Palimanan

Batu Palimanan adalah jenis batu alam yang berasal dari Palimanan, Cirebon. Batu ini diproduksi di daerah Gunung Cermai dan terkenal karena keawetannya. Batu Palimanan dapat digunakan untuk dinding, kolam, taman, dan pagar.

2. Batu Gamping

Batu Gamping, juga dikenal sebagai batu kapur, memiliki kualitas yang sangat baik dan tahan terhadap segala jenis cuaca di Indonesia. Batu ini identik dengan warna putih, tetapi ada juga pilihan warna lain seperti coklat, abu-abu, biru, dan merah mudah.

3. Batu Marmer

Batu Marmer atau Marble sering digunakan karena mudah dibentuk sesuai keinginan pemilik rumah. Dengan permukaan yang mengkilap, batu ini dapat membuat tampilan dinding rumah menjadi mewah dan modern. Namun, perlu diingat bahwa batu marmer sangat sensitif terhadap cuaca, sehingga sebaiknya dihindari untuk dipasang di luar rumah.

4. Batu Granit

mumnya digunakan sebagai lantai. Lantai dengan batu granit akan terasa lebih dingin dan tidak licin dibandingkan dengan menggunakan keramik atau jenis lantai lainnya. Karena sifatnya yang kuat dan tahan terhadap cuaca, batu ini sering digunakan sebagai bahan bangunan.

5. Batu Candi

Batu Candi merupakan jenis batu alam yang memiliki komposisi berbeda dengan batu andesit. Batu ini biasanya digunakan untuk membangun bangunan pada zaman dahulu.

Baca juga:  Cara Menghitung Volume Beton : Lengkap & Akurat

6. Batu Andesit

Batu Andesit merupakan batu alam yang berasal dari proses erupsi gunung berapi. Batu ini sering digunakan sebagai bahan bangunan dinding rumah karena memiliki karakteristik yang kuat dan tahan terhadap segala cuaca.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam

Setiap bahan material bangunan pasti memiliki keunggulan dan kekurangan, termasuk batu alam. Sebagai pertimbangan sebelum membeli dan menggunakannya, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari batu alam:

1. Kelebihan

  • Memberikan kesan natural, elegan, dan mewah.
  • Tidak mudah rusak jika digunakan sebagai material lantai.
  • Jika terjadi kerusakan, lantai batu alam tidak akan kehilangan kesan elegannya.
  • Ukurannya fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Hunian bisa menjadi lebih berwarna.
  • Harga jual rumah di masa mendatang dapat lebih mahal.
  • Anti lumut dan jamur.
  • Memiliki kekuatan yang sangat tinggi.
  • Tahan terhadap berbagai macam cuaca.

2. Kekurangan

  • Warna yang kurang seragam, namun justru di sinilah letak keunikannya.
  • Memiliki pori-pori besar sehingga perlu ditutupi dengan bahan khusus.
  • Penerapan batu alam harus memperhatikan struktur bangunan.
  • Bobotnya cenderung berat sehingga distribusi dan pemasangan cukup merepotkan.
  • Harganya lebih mahal dibandingkan dengan material sejenis seperti keramik.
  • Sulit diperbaiki jika mengalami kerusakan.
  • Mudah menyerap air.

Harga Batu Alam

Harga borongan pasang batu alam per meter, jika Anda berminat untuk menggunakan batu alam, sangat baik untuk mengetahui harganya terlebih dahulu. Jika Anda penasaran, Anda dapat melihat tabel harga seperti berikut ini.

JenisUkuranHarga
Candi HitamUkuranHarga
Andesit Polos Bakar20 cm x 20 cmRp. 72.000
Andesit Polos Bakar20 cm × 40 cmRp. 91.000
Andesit Polos Bakar30 cm × 30 cmRp. 96.000
Andesit Polos Bakar30 cm × 60 cmRp. 101.000
Andesit Bintik Bakar15 cm × 30 cmRp. 91.000
Andesit Bintik Bakar20 cm × 40 cmRp. 96.000
Andesit Bintik Bakar30 cm × 30 cmRp. 101.000
Andesit Bintik Bakar30 cm × 60 cmRp. 106.000
Andesit Susun Sirih3 cm × 30 cmRp. 66.000
Andesit Susun Sirih3 cm × 40 cmRp. 75.000
Andesit Susun Sirih5 cm × 30 cmRp. 71.000
Andesit Susun Sirih5 cm × 40 cmRp. 81.000
Cobble Stone Andesit10 cm x 10 cm x 5 cmRp. 146.000
Cobble Stone Andesit10 cm x 10 cm x 3 cmRp. 126.000
Wall Cladding Satu Warna18 cm x 40 cmRp. 126.000
Wall Cladding Satu Warna18 cm x 50 cmRp. 136.000
Wall Cladding Kombinasi18 cm x 40 cmRp. 140.000
Wall Cladding Kombinasi18 cm x 50 cmRp. 151.000
Candi Merah10 cm x 20 cmRp. 86.000
Candi Merah15 cm x 15 cmRp. 86.000
Candi Merah15 cm x 30 cmRp. 96.000
Candi Merah20 cm x 40 cmRp. 101.000
Cupang Merah10 cm x 20 cmRp. 101.000
Cupang Merah15 cm x 15 cmRp. 101.000
Cupang Merah15 cm x 30 cmRp. 111.000
Cupang Merah20 cm x 40 cmRp. 121.000
Cupang Merah Susun Sirih3 cm x 30 cmRp. 106.000
Cupang Merah Susun Sirih3 cm x 40 cmRp. 111.000
Cupang Merah Susun Sirih5 cm x 30 cmRp. 107.000
Cupang Merah Susun Sirih5 cm x 40 cmRp. 112.000
Candi Hitam10 cm x 20 cmRp. 61.000
Candi Hitam15 cm x 15 cmRp. 62.000
Candi Hitam15 cm x 30 cmRp. 71.000
Baca juga:  Pentingnya Lakukan Inspeksi Scaffolding untuk Keselamatan

Perhitungan Biaya Pasang Batu Alam Per Meter

Penting untuk mengetahui volume luas pekerjaan agar memudahkan dalam perhitungan biaya pasang, terutama jika Anda ingin memasang batu alam. Misalnya, jika Anda akan memasang batu alam pada dinding rumah dengan panjang 4 meter dan lebar 3 meter, maka cara perhitungannya adalah sebagai berikut:

A. Volume Pekerjaan

Volume pekerjaan = Panjang x lebar, jadi 4 meter x 3 meter = 12 m2

Dengan demikian, total volume atau luas bidang pekerjaan pemasangan batu alam pada dinding adalah 12 meter persegi.

B. RAB Pasang Batu Alam

Kemudian, Anda perlu menghitung anggaran dana untuk upah jasa borongan pasang batu alam per meter. Jika Anda telah memperoleh total volume pekerjaan sebesar 12 m2, maka Anda tinggal mengalikannya dengan biaya pasang batu alam per meter.

Misalnya, jika harga borongan pasang batu alam per meter adalah Rp600.000, maka biaya yang perlu Anda persiapkan adalah 12 m2 x Rp600.000 = Rp7.200.000.

Jadi, total biaya pemasangan batu alam pada dinding dengan panjang 4 meter dan lebar 3 meter sekitar Rp7,2 juta. Namun, perlu diingat bahwa harga tersebut dapat berubah karena berbagai faktor, jadi sebaiknya selalu siapkan dana cadangan jika sewaktu-waktu harga atau biaya tidak sesuai dengan perkiraan.

Harga Borongan Pasang Batu Alam Per Meter

Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa harga borongan bangunan tidak sama di setiap daerah, sehingga perlu diketahui dengan jelas. Hal yang sama berlaku untuk harga borongan pasang batu alam per meter, yang juga berbeda di setiap daerah.

Meskipun demikian, secara umum harga borongan pemasangan batu alam per meter berkisar antara Rp450.000 hingga Rp700.000, tergantung pada tingkat kesulitan dan ketentuan dari pihak borongan. Meskipun harga tersebut terbilang cukup mahal, namun jika dilihat dari proses pemasangannya, memang tidak mudah karena tingkat kesulitannya berbeda-beda.

Baca juga:  Ukuran Kolom Rumah 2 Lantai : Perhitungan Paling Tepat

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pasang Dinding Batu Alam

Beberapa faktor memengaruhi biaya pasang dinding batu alam. Beberapa faktor tersebut antara lain:

Biaya jasa tukang bangunan di tiap daerah. Standar pengupahan dari daerah satu ke daerah yang lain tidak selalu sama. Jadi, jangan kaget jika Anda menemukan jasa tukang di kota Anda lebih mahal atau lebih murah dibandingkan di kota lain.

Pengolahannya. Semakin sulit batu diolah menjadi dinding (misalnya dipecah-pecah, dihaluskan, dan ditempelkan), maka harganya akan semakin tinggi.

Luas area yang harus dicover dengan batu alam. Semakin luas, tentu semakin banyak budget yang harus Anda sediakan.

Sistem pembayaran. Sistem pembayaran seperti yang telah dijelaskan sebelumnya juga memengaruhi biaya pemasangan dinding batu alam. Secara umum, sistem pembayaran borongan lebih murah, namun untuk pengerjaan khusus pada natural stone, pembayaran per meter pun kadang justru lebih hemat dan memungkinkan untuk dilakukan.

Kualitas lainnya seperti kerapihan pengerjaan, penggunaan stone coating, dan lain sejenisnya. Tukang yang bisa bekerja lebih rapih seringkali menetapkan harga yang lebih mahal.

Baca juga artikel :

Penutup

Dalam artikel ini, telah dibahas mengenai biaya Pasang batu alam per meter serta harga borongan pasang batu alam per meter. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga tersebut dapat bervariasi tergantung dari berbagai faktor seperti jenis batu alam yang digunakan, lokasi proyek, serta kesulitan dalam pemasangan.

Meski demikian, dengan adanya informasi mengenai harga borongan pasang batu alam per meter ini, diharapkan dapat membantu Anda yang sedang merencanakan proyek pembangunan atau renovasi rumah.

Pastikan untuk memperhitungkan segala biaya yang dibutuhkan dengan teliti sehingga proyek Anda dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat!

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul √ Informasi Harga Borongan Pasang Batu Alam Per Meter yang dipublish pada February 20, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment