Arti Warna Kabel Pada Kipas Angin

Arti Warna Kabel Pada Kipas Angin, Lengkap dengan Fungsinya

Qilat.id – Arti Warna Kabel Pada Kipas Angin, Lengkap dengan Fungsinya. Kipas angin adalah salah satu alat yang sering digunakan untuk mengatasi udara panas dan lembab di sekitar kita.

Namun, selain memilih kipas angin yang baik, perlu juga memperhatikan kabel yang digunakan pada kipas angin. Kabel yang dipasang pada kipas angin harus dipilih dengan cermat dan sesuai dengan stKalianr keselamatan.

Salah satu cara untuk memilih kabel yang tepat adalah dengan memahami arti warna kabel pada kipas angin.

Mengenal Dinamo Kipas Angin

Dinamo kipas angin adalah bagian dari kipas angin yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi kinetik atau gerak.

Dinamo ini juga dikenal sebagai motor listrik dan terletak di bagian mesin, berfungsi sebagai penggerak baling-baling kipas.

Selain itu, dinamo kipas angin juga dapat mengatur kecepatan putaran kipas. Oleh karena itu, komponen ini sangat penting karena kipas angin tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa dinamo.

Cara Kerja Dinamo Kipas Angin

Cara kerja dinamo kipas angin adalah sebagai berikut:

  • Arus listrik akan mengalir menuju kumparan pada saat masuk ke dalam rangkaian, dan hal tersebut akan memicu terbentuknya medan magnet.
  • Medan magnet yang terbentuk akan menimbulkan reaksi tolak-menolak dengan kumparan sehingga terjadi perputaran yang periodik di dalam dinamo.
  • Baling-baling kipas yang terhubung dengan poros kumparan akan ikut berputar selama terjadi perputaran pada dinamo. Inilah yang memicu terjadinya hembusan angin pada kipas angin.

Arti Warna Kabel pada Kipas Angin

Di dalam generator kipas angin, terdapat berbagai jenis kabel yang memiliki fungsi masing-masing.

Setiap kabel memiliki warna yang berbeda, sehingga memudahkan para teknisi saat menyambung kabel.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Canon G1020, Pahami Sebelum Membeli

Penggunaan kabel dengan warna yang berbeda ini sudah menjadi standar utama dalam industri elektronik.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu bingung lagi saat menentukan arti warna kabel pada dinamo kipas angin baik itu merk produk lokal maupun produk luar.

Perlu diingat bahwa setiap kabel pada kipas angin memiliki arti tersendiri. Kamu harus mengingat arti dan urutannya dengan benar.

Jika terjadi kesalahan, terutama jika urutannya tidak sesuai, maka perangkat tidak akan berfungsi dengan normal.

Bahkan, risiko paling berbahaya adalah korsleting listrik. Lalu, apa saja arti warna kabel pada kipas angin tersebut?

1. Arti Warna Kabel pada Dinamo Kipas Angin 5 Kabel

Kipas angin dengan 5 warna kabel adalah jenis kipas angin yang paling umum ditemukan di pasaran, termasuk kipas angin dinding, kipas meja, dan kipas tornado.

Bahkan, kipas angin mini yang terhubung dengan USB juga termasuk dalam jenis kipas angin ini.

Berikut adalah 5 jenis warna kabel pada kipas angin beserta rinciannya:

NoWarna KabelJenis KabelFungsi Kabel
1.       HitamKabel powerSebagai kabel ON/OFF yang fungsi utamanya untuk menghubungkan arus listrik dari sumber listrik PLN menuju ke dinamo.
2.       KuningKabel kapasitorKabel yang terhubung langsung antara kapasitor dengan generator listrik / dinamo.
3.       BiruKabel speed 1Sebagai penghubung antara tombol speed 1 dengan dinamo sehingga dapat digunakan untuk mengontrol kipas dengan putaran rendah.
4.       PutihKabel speed 2Berguna untuk mengontrol kecepatan sedang. Beberapa jenis kipas ada yang tidak memiliki tipe ini terutama kipas yang hanya punya 2 speed.
5.       MerahKabel speed 3Kabel yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan maksimal kipas yang terhubung langsung antara tombol speed 3 dan generator listrik.

2. Arti Warna Kabel Kipas Angin dengan Dinamo 4 Kabel

Berbeda dengan kipas angin 5 kabel, jenis kipas angin 4 kabel umumnya ditemukan pada jenis kipas angin yang memiliki kapasitor yang menyatu dengan dinamonya, seperti halnya kipas angin kotak.

Oleh karena itu, kabel ini tidak akan terlihat jika kita tidak membongkar mesin secara keseluruhan.

Baca juga:  Daftar Kode Remot TV Sharp : Tabung dan LED Paling Lengkap

Berikut adalah 4 jenis warna kabel pada dinamo tipe 4 kabel beserta artinya masing-masing:

NoWarna KabelJenis KabelFungsi Kabel
1.       HitamKabel powerJenis kabel yang berfungsi sebagai kabel ON/OFF untuk menghubungkan arus listrik dari sumber listrik PLN menuju ke dinamo dan tombol 0.
2.       BiruKabel speed 1Sebagai penghubung antara tombol speed 1 dengan dinamo sehingga dapat digunakan untuk mengontrol kipas dengan putaran rendah.
3.       PutihKabel speed 2Berguna untuk mengontrol kecepatan sedang. Beberapa jenis kipas ada yang tidak memiliki tipe ini terutama kipas yang hanya punya 2 speed.
4.       MerahKabel speed 3Kabel yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan maksimal kipas yang terhubung langsung antara tombol speed 3 dan generator listrik.

Jenis-Jenis Kabel Pada Dinamo Kipas Angin

Sebelum kita membahas secara detail tentang arti dari masing-masing warna kabel pada kipas angin Miyako atau merek lainnya, sebaiknya kita mengetahui berbagai jenis kabel yang terdapat pada dinamo kipas angin.

Hal ini sangat berguna ketika kita hendak menyambung kabel dan menentukan arti warna kabel pada kipas angin.

1. Kabel Speed

Di dalam generator kipas angin, terdapat sekitar 5-6 buah kabel yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri.

Diantaranya, terdapat 3 kabel speed yang berguna untuk mengatur kecepatan baling-baling kipas.

Kebanyakan jenis kipas angin memiliki 3 kabel speed yang digunakan untuk mengatur kecepatan rendah, sedang, dan tinggi. N

amun, ada juga jenis kipas angin mini yang hanya memiliki 2 kabel speed karena hanya memiliki 2 mode kecepatan, yakni cepat dan lambat.

2. Kabel Power

Kabel power, atau yang juga dikenal sebagai kabel daya, adalah jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan generator dengan sumber listrik.

Jumlah kabel power hanya satu, namun dibagi menjadi dua bagian. Satu bagian mengarah ke tombol speed 0 atau tombol ON/OFF, dan bagian lainnya mengarah ke dinamo.

3. Kabel Kapasitor

Dikenal juga sebagai kabel synchronous, kabel ini merupakan salah satu jenis kabel yang terhubung dari dinamo ke kapasitor.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan AC Portable : Ketahui Sebelum Membeli

Kabel ini terdiri dari 2 buah kabel yang keduanya terhubung ke kapasitor. Fungsinya utamanya adalah untuk menyimpan muatan listrik pada medan listrik yang dihasilkan oleh generator.

Pentingnya Memahami Warna Kabel Kipas Angin

Setelah mengetahui Arti Warna Kabel Pada Kipas Angin, berikutnya adalah alasan dari Pentingnya Memahami Warna Kabel pada Kipas Angin untuk kalian :

1. Menghindari Korsleting

Salah satu manfaat utama dari memahami warna kabel pada kipas angin adalah untuk menghindari risiko korsleting ketika melakukan perbaikan atau merakit rangkaian.

Meskipun risikonya kecil, tetapi jika terjadi korsleting, komponen di dalam kipas angin bisa rusak.

2. Pengetahuan Dasar

Pengetahuan ini penting untuk hampir semua jenis kipas angin, termasuk desk fan, wall fan, dan jenis gantung.

Mungkin setiap jenis memiliki rangkaian yang berbeda-beda, namun pengetahuan dasar tentang arti warna kabel harus benar-benar dipahami dan dihafalkan. Terlebih jika Anda bergerak di bidang reparasi elektronik.

Kesimpulan

Dalam memilih kipas angin, mungkin kita pernah melihat berbagai macam warna kabel yang terdapat pada kipas tersebut. Warna-warna tersebut sebenarnya memiliki arti tersendiri.

Kabel berwarna hitam biasanya digunakan sebagai penghubung antara kipas dan sumber listrik. Warna putih sering kali digunakan sebagai kabel netral yang menghubungkan kipas dengan sumber listrik.

Sementara itu, kabel berwarna merah biasanya digunakan sebagai kabel positif yang menghubungkan kipas dengan sumber listrik.

Tak hanya itu, terdapat juga kabel berwarna hijau atau kuning yang biasanya digunakan sebagai kabel ground atau tanah.

Kabel ini bertujuan untuk mengalirkan arus listrik ke tanah, sehingga jika terjadi kebocoran arus listrik, kabel tersebut akan meminimalisir risiko kejutan listrik yang bisa membahayakan pengguna.

Mengetahui arti dari warna-warna kabel pada kipas angin dapat membantu kita dalam memahami bagaimana cara menghubungkan kipas dengan sumber listrik dengan aman dan benar.

Sehingga kita dapat merasakan kenyamanan dari angin yang dihasilkan kipas tanpa harus khawatir akan bahaya listrik.

Demikian pembahasan yang bisa qilat.id berikan kepada kalian mengenai Arti Warna Kabel Pada Kipas Angin. Semoga bermanfaat

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Arti Warna Kabel Pada Kipas Angin, Lengkap dengan Fungsinya yang dipublish pada June 4, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment