Membuat tenda pipa PVC

Membuat Tenda Pipa Pvc : Praktis Ekonomis

Qilat.id – Membuat Tenda Pipa Pvc : Praktis Ekonomis.  Membuat tenda dengan pipa PVC adalah cara yang praktis dan ekonomis untuk membuat tenda sendiri. Pipa PVC dapat digunakan sebagai kerangka tenda karena mudah dipotong, dihubungkan, dan disusun.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuat tenda dengan pipa PVC, sehingga kalian dapat membuat tenda yang mudah dipindahkan dan disimpan untuk kegiatan outdoor. Jangan lewatkan tips dan trik penting yang akan kami berikan untuk memastikan tenda yang kalian buat aman, nyaman, dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Apa Itu Tenda Pipa PVC?

Tenda PVC adalah tenda yang terbuat dari bahan PVC atau polivinil klorida, yang merupakan jenis plastik yang tahan terhadap cuaca dan air. Tenda PVC biasanya terdiri dari rangka yang terbuat dari pipa PVC dan kain PVC sebagai atap dan dinding tenda.

Tenda PVC memiliki kelebihan ringan, mudah dipasang, dan tahan lama serta dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti berkemah, berdagang, atau bahkan sebagai gudang sementara. Tenda PVC sangat cocok untuk digunakan di daerah dengan kondisi cuaca ekstrem atau di tempat yang sering terkena hujan atau sinar matahari langsung.

Langkah Membuat Tenda Pipa PVC

1. Persiapkan Materialnya Terlebih Dahulu

Sebagai langkah awal dalam membuat tenda anak dengan pipa paralon adalah dengan mempersiapkan segala materialnya. Adapun material utamanya adalah pipa PVC dengan diameter 1 ½ inci sebanyak 10 batang. Lalu, siapkan elbownya sebanyak 1 ½ inci sekitar 90 derajat sebanyak 8 buah. Tee 1 ½ inci 16 buah dan lem pipa PVC 2 tube dan gergaji tangan.

Kemudian, sediakan pula roll meter dan spidol. Dengan mempersiapkan semua material tersebut, kalian dapat memulai proses pembuatan tenda dengan mudah dan lancar. Pastikan material yang kalian pilih berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga:  Ikatan Angin Baja Ringan - Keunggulan Menakjubkan

2. Pengukuran dan Pemotongan

Membuat tenda anak dengan pipa paralon ini dapat dilakukan dengan ukuran 3 x 3 meter dan tinggi 2 meter berbentuk segi empat. Proses dan langkah tersebut sebenarnya mudah dilakukan. Berikut beberapa di antaranya yang perlu diperhatikan agar tenda tersebut menjadi semakin baik dan tidak mudah rusak.
Untuk pengukurannya, kalian bisa menggunakan meteran dan spidol yang digunakan untuk penkalianan pipa paralon. Lalu, setelah itu bisa dilakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Potonglah pipa paralon menjadi ½ meteran kurang lebih 16 buah.
  • Pipa PVC sebanyak 8 batang dipotong pada bagian tengah dan menjadi 16 buah.
  • Gunakan 16 buah pipa paralon dengan panjang ½ meter untuk sudut atau pojokan pada ruang segi empat yakni atas dan bawah.
  • Gunakan pipa paralon sepanjang 2 meter sebanyak 8 buah untuk tiang atau palang horizontalnya yang berbentuk segi empat pada bagian atas dan bawah.

Dalam pemotongan, pastikan ukuran pipa paralon yang kalian potong sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini penting untuk menjaga keseragaman dan konsistensi pada struktur tenda. Lakukan pemotongan dengan hati-hati dan menggunakan gergaji tangan untuk mendapatkan hasil potongan yang rapi dan presisi.

3. Siapkan Kerangkanya

Dalam membuat kerangkanya, kalian dapat menggunakan pipa paralon berukuran panjang sekitar ½ meter sebanyak 2 buah lalu sambung dengan menggunakan elbow menjadi seperti bentuk ‘L’. Lakukan hal tersebut hingga 8 set letter ‘L’ untuk penggunaan 4 set pada bagian pojok atas, dan 4 lainnya untuk bagian bawahnya.

Setelah itu, kalian bisa membuat palang horizontalnya dengan menggunakan pipa paralon sepanjang 2 meter dan pasang tee di kedua ujungnya. Lakukanlah hal yang sama sampai terkumpul kurang lebih 8 set untuk pemasangannya.

Pastikan kerangka tenda yang kalian buat sesuai dengan ukuran dan bentuk yang telah kalian rencanakan sebelumnya. Selain itu, pastikan kerangka tenda terpasang dengan kuat dan kokoh agar tidak mudah roboh saat digunakan. Gunakan lem pipa PVC untuk menyambung pipa-paralon dan pastikan penyambungannya rapat dan kuat agar tidak mudah lepas.

Baca juga:  Proses Pembesian Plat Lantai : Memperkuat Struktur Lantai

4. Lakukan Perangkaan

Setelah rangka disiapkan, maka proses dan cara membuat tenda anak dari pipa paralon adalah merangkainya. Untuk itu kalian bisa menempatkan 4 set sambungan pipa ‘L’ tersebut di posisi yang cukup berjauhan. Lalu, hubungkanlah semuanya dan sambungkan 4 buah palang secara horizontal.

Dari situ, kemudian terbentuk rangkaian berupa segi empat dengan ukuran dimensinya yakni 3 x 3 meter.kalian dapat melakukan hal yang sama di bagian pipa lainnya. Dengan begitu, sudah terbentuk 2 buah set rangkaian persegi empat.

Untuk rangkaian kedua tersebut digunakan sebagai atapnya, maka dari itu kalian harus memastikan jika semua Tee-nya menghadap ke bawah dengan baik.

Pastikan proses perangkaan dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Lakukan pengecekan terhadap kekuatan dan ketahanan struktur kerangka tenda yang telah dirangkai, agar dapat memastikan keamanan dan kenyamanan saat digunakan. Jika terdapat kerusakan atau kekurangan pada struktur, segera perbaiki sebelum digunakan.

5. Proses Building

Langkah berikutnya adalah proses building tenda anak dari pipa paralon. Untuk hal ini, kalian dapat menggunakan 4 buah pipa PVC panjang dengan ukuran 4 meter sebagai tiangnya. Tancapkanlah pada 4 buah tee yang ada di rangkaian kakinya.

Ketika mengangkat rangkaian ini, diperlukan sekitar empat orang dalam memasang rangkaiannya seperti pada bagian segi empat dan pasangkanlah tee sebanyak 4 buah tadi ke empat ujung tiang.

Pada saat proses ini, jangan lupa menggunakan lem untuk pipa PVC khusus agar semakin kuat dan tidak lepas. Untuk itu, kalian harus memilih lem dengan kualitas terbaik dan cepat kering. Tunggulah selama beberapa saat sampai berdiri dengan sempurna.

Agar tenda dari pipa PVC ini semakin terlihat menarik, kalian dapat menambahkan berbagai ornamen lainnya, seperti hiasan tanaman dan bunga. kalian juga dapat menambahkan tirai dan kain lebar hingga selimut tipis untuk menutupi bagian sisinya. Pastikan semua bagian tenda terpasang dengan baik dan rapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga:  Informasi Harga Borongan Pasang Paving Per Meter Terbaru

Setelah proses building selesai, pastikan untuk melakukan pengecekan dan pengujian pada struktur tenda sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat menggunakan tenda, terutama saat digunakan oleh anak-anak. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan merawat tenda secara teratur agar tetap awet dan tahan lama.

Biaya Membuat Tenda Pipa PVC

Untuk rincian biaya bahannya adalah kurang lebih seperti berikut:

  • Pipa sekitar 16 meter: sekitar 80 ribu rupiah
  • Sambungan pipa: sekitar 30 ribu rupiah

Harga tersebut dapat bervariasi tergantung dari daerah dan tempat pembelian material. Namun secara keseluruhan, membuat tenda anak dengan pipa paralon cukup ekonomis dan

tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal. Dengan biaya yang terjangkau, kalian dapat memiliki tenda yang fungsional dan sesuai dengan kebutuhan. Namun, pastikan untuk tetap memilih material berkualitas agar tenda yang kalian buat tahan lama dan aman digunakan.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat tenda pipa PVC. Tenda pipa PVC memiliki kelebihan ringan, mudah dipasang, dan tahan lama. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah didapatkan dan terjangkau.

Dalam membuat tenda ini, pertama-tama kita perlu menentukan ukuran tenda yang akan dibuat. Selanjutnya, kita dapat membeli pipa PVC dan perlengkapan lainnya seperti kain tenda, penjepit, dan sebagainya. Kemudian, kita dapat memotong pipa PVC sesuai ukuran dan merakitnya dengan bantuan penjepit.

Setelah tenda selesai dirakit, kita dapat memasang kain tenda sebagai atap dan dinding tenda. Kita juga dapat menambahkan aksesori lain seperti pintu, jendela, atau ventilasi agar tenda lebih nyaman digunakan.

Dengan cara yang cukup sederhana dari qilat.id dan biaya yang terjangkau, kita dapat membuat tenda dengan pipa PVC yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti berkemah, berdagang, atau bahkan sebagai gudang sementara. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin mencoba membuat tenda dengan pipa PVC.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Membuat Tenda Pipa Pvc : Praktis Ekonomis yang dipublish pada Maret 13, 2023 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment