Rumus Bikin Tangga Cor

Rumus Bikin Tangga Cor : Aman, Ideal & Minimalis

Qilat.id – Rumus Bikin Tangga Cor : Aman, Ideal & Minimalis. Membangun sebuah tangga beton merupakan salah satu pekerjaan yang umum dilakukan dalam proses konstruksi sebuah bangunan. Namun, bagi sebagian orang, membuat tangga beton bisa menjadi pekerjaan yang cukup menantang dan membingungkan, terutama dalam menghitung jumlah material yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas rumus bikin tangga cor dengan tepat dan efisien.

Apa Rumus Bikin Tangga Cor?

Tangga cor beton harus memiliki konstruksi yang kuat karena memiliki beban yang cukup besar. Agar tetap aman, kuat, dan kokoh, mari cek tahap-tahapnya.

Tahapan Membuat Tangga Cor

Langkah-langkah pembangunan tangga beton harus dilakukan dengan cermat dan teliti agar hasilnya stabil dan kokoh.

1. Membuat Pondasi Tangga

Pondasi tangga harus dibangun dengan teliti sebagai dasar tumpuan lkaliansan. Fungsinya adalah untuk menjaga kestabilan tangga agar tidak bergeser. Jenis pondasi yang umumnya digunakan adalah pasangan pondasi batu kali, beton bertulang, atau kombinasi dari keduanya.

2. Membuat Bekisting

Setelah tahap pondasi selesai, langkah selanjutnya adalah membuat bekisting tangga. Bekisting adalah cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beban selama beton dituang dan dibentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Namun, sebelum membuat bekisting, perlu diperhatikan elevasi atau ketinggian lantai di bawahnya dan tingkat kemiringan tangga untuk menjaga keamanan. Proses pembuatan bekisting bertujuan untuk mengetahui kebutuhan alat yang diperlukan.

3. Memasang Tulangan Badan dan Rangka

Setelah bekisting tangga selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memasang tulangan badan dan rangka. Tahap pertama adalah memasang tulangan utama dan dilanjutkan dengan rangkaian menggunakan tulangan sengkang. Beton decking akan dipasang pada bagian bawah tulangan dengan ketebalan sekitar 2 sentimeter.

Baca juga:  Harga Borongan Gali Sumur Per Meter : Update Terbaru

4. Pemasangan Tulangan Anak Tangga

Agar terhindar dari kesalahan, tulangan anak tangga beton bertulang dihubungkan dengan tulangan badan tangga menggunakan ikatan kawat. Kemudian, tulangan dipasang memanjang untuk memperkuat anak tangga. Beton decking dipasang pada sisi yang sama dengan bekisting. Setelah tahap pemasangan tulangan bordes dan badan tangga selesai, langkah selanjutnya adalah memasang dinding tangga pada sisi lain dan dinding bordes pada bagian atas badan tangga. Bekisting dinding tangga akan dipaku pada bekisting badan tangga.

5. Proses Pengecoran

Inti dari rumus membuat tangga cor adalah melakukan proses pengecoran secara menyeluruh pada bagian tangga. Setelah dicor, biarkan beton mengeras selama 12 jam agar benar-benar kuat. Setelah itu, kalian dapat membongkar dinding badan tangga dan trape untuk mengecek kekuatan beton. Sebaiknya tunggu selama 7 hari untuk memastikan bahwa tangga beton sudah cukup kuat dan teruji.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Cor

Tangga cor memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih jenis tangga yang akan dibangun.

Kelebihan tangga cor antara lain:

  • Memiliki daya tahan yang kuat dan kokoh sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Dapat dibuat sesuai dengan desain yang diinginkan dan dapat disesuaikan dengan ruang yang tersedia.
  • Tidak perlu perawatan khusus dan mudah untuk dibersihkan.
  • Tidak mudah terkena api dan air, sehingga tidak mudah rusak atau lapuk.
  • Dapat memberikan kesan estetik yang elegan pada ruangan.

Kekurangan tangga cor antara lain:

  • Proses pembuatan yang membutuhkan tenaga kerja dan peralatan khusus, sehingga memerlukan biaya yang lebih besar.
  • Memerlukan waktu yang cukup lama untuk pembuatan dan pengerjaannya.
  • Berat dan sulit untuk diubah atau dipindahkan jika diperlukan perubahan desain di masa depan.
  • Permukaan tangga cor bisa licin jika tidak dibuat dengan permukaan yang tepat, sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.
  • Jika tidak dibuat dengan benar, tangga cor bisa mudah retak atau rusak, sehingga perlu perawatan khusus untuk menjaga kekokohan dan keamanannya.
Baca juga:  Harga Asbes Per Lembar : Terbaru dan Terlengkap

Sebelum memilih jenis tangga yang akan dibangun, pastikan untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis tangga agar dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian.

Rumus Bikin Tangga Cor Lengkap dengan Biaya

Jika kalian ingin membuat tangga beton, kalian dapat memilih harga borongan untuk menghitung biayanya. Namun, sebelum membeli bahan material, sebaiknya kalian survey beberapa toko bangunan untuk mendapatkan harga terbaik.

Perhitungan pembuatan tangga beton cukup rumit karena harga bahan material yang tidak dapat dipastikan dan terus berubah. Cara menghitung biaya pembuatan tangga beton dimulai dari menentukan ukuran ruangan yang akan digunakan dan memilih ketebalan plat yang dibutuhkan.

Penggunaan beton readymix biasanya dihitung dalam satuan kubik, kemudian dikombinasikan dengan plat lantai yang dibutuhkan. Keakuratan perhitungan sangat penting karena akan berpengaruh pada harga borongan membuat tangga beton.

Misalnya, jika volume plat lantai adalah 10 m x 16 m x 0,15 m = 24 meter kubik, maka perlu dihitung cadangan jika terjadi keadaan tak terduga. Angka cadangan tersebut dibuat 2,5% x 24 m3 = 0,6 m3. Jadi, jumlah rancangan volume readymix yang diperlukan sekitar 24,60 meter kubik (dibulatkan menjadi 25 m kubik).

Perkiraan 1 truk molen biasanya mengangkut sekitar 5-7 kubik. Jadi, jika total material yang harus dipesan adalah sekitar 25 kubik, maka diperlukan sekitar 5 truk.

Harga cor readymix biasanya berkisar Rp750 ribu untuk satu kubik. Jadi, jika kalian membutuhkan cor sebesar 25 kubik, maka jumlah yang harus dikeluarkan sekitar Rp18.750.000. Namun, harga tersebut belum termasuk dengan alat cor yang biasanya digunakan sekitar Rp3 jutaan.

Namun, perlu diingat bahwa informasi tersebut dapat berubah sesuai dengan perubahan harga pasar.

Spesifikasi Tangga Rumah Ideal

Selain mengetahui cara membangun tangga dengan benar, penting untuk mengetahui spesifikasi tangga yang ideal untuk membuatnya nyaman digunakan. Oleh karena itu, desain tangga rumah harus dipertimbangkan dengan baik karena memiliki banyak elemen penting.

Baca juga:  Pembesian Plat Lantai 2 Lapis : Keuntungan & Kerugian

Beberapa elemen yang harus diperhatikan untuk mendapatkan tangga yang ideal di antaranya adalah:

  • Anak Tangga
    Jumlah dan lebar anak tangga sangat penting untuk mendapatkan tangga yang baik dan nyaman digunakan. Tinggi anak tangga yang ideal adalah 15 cm hingga 20 cm, dan lebar anak tangga sekitar 27 cm hingga 35 cm. Untuk mengantisipasi penggunaan 2 orang secara bersamaan di arah yang berbeda, perlu menambahkan 3 hingga 5 cm saat menghitung lebar anak tangga.
  • Ukuran Lebar Tangga
    Ukuran lebar tangga yang ideal tergantung pada jumlah orang yang akan menggunakannya. Untuk penggunaan 1 orang, idealnya tangga memiliki lebar 70 hingga 90 cm, sedangkan untuk 2 orang secara bersamaan sekitar 120 cm hingga 150 cm. Jika tangga akan digunakan oleh banyak orang, lebar tangga setidaknya harus 180 cm atau lebih.
  • Ukuran Railing Tangga
    Railing tangga penting untuk memberikan pegangan saat naik dan turun tangga. Tinggi railing tangga yang ideal adalah 70 cm hingga 90 cm, dan jarak antar pagar sekitar 15 hingga 20 cm untuk memastikan keselamatan anak kecil.
  • Bordes
    Bordes adalah daerah datar tempat orang bisa berhenti sejenak. Idealnya, rasio antara jumlah anak tangga dan bordes adalah 15:1.

Dalam membuat tangga cor, perlu memperhatikan banyak hal seperti menghitung jumlah anak tangga, ukuran lebar tangga, dan railing tangga. Dengan memperhatikan spesifikasi yang ideal, kalian dapat membuat tangga yang nyaman dan aman digunakan di rumah kalian.

Penutup

Dengan mengetahui rumus bikin tangga cor, diharapkan kalian bisa lebih mudah dan efisien dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. Penting untuk diingat bahwa dalam proses pembuatan tangga beton, pengukuran yang teliti dan persiapan yang matang sangatlah penting seperti penjelasan qilat.id.

Dengan begitu, hasil akhir yang dihasilkan akan lebih baik dan tahan lama. Jangan lupa pula untuk selalu mematuhi stkalianr keselamatan kerja dan menggunakan alat pelindung diri yang sesuai saat melaksanakan pekerjaan ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses dalam membangun tangga beton kalian!

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Rumus Bikin Tangga Cor : Aman, Ideal & Minimalis yang dipublish pada April 13, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment