Cek jaringan indihome

Cek jaringan indihome : Update & Paling Mudah

Qilat.id – Cek jaringan indihome : Update & Paling Mudah. Saat ini, Indihome menjadi salah satu penyedia layanan internet yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Namun, terkadang pengguna Indihome mengalami masalah dengan jaringan yang membuat koneksi internet menjadi lambat atau bahkan terputus.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna Indihome untuk melakukan cek jaringan secara berkala guna memastikan kualitas koneksi internet yang optimal. Dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa cara untuk melakukan cek jaringan Indihome sehingga pengguna dapat mengetahui masalah yang terjadi dan mengambil tindakan yang tepat.

Apa Itu Indihome ?

IndiHOME adalah produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang terdiri dari tiga layanan komunikasi dan data dalam satu paket, yaitu telepon rumah, internet on fiber, dan layanan televisi kabel.

Telkom sendiri melabeli IndiHOME sebagai paket 3 in 1. Selain tiga layanan tersebut, IndiHOME juga dilengkapi dengan konten lain seperti layanan portal musik digital dan Home Automation.

Paket layanan ini dirilis pada tahun 2015, sejak itu pelanggan paket internet Speedy satu-persatu diajak untuk beralih menggunakan layanan ini, karena di tahun yang sama layanan Speedy mulai dihentikan oleh pihak Telkom.

Perbedaan spesifik antara Speedy dan IndiHOME adalah penggunaan kabel optical fiber yang mendukung akses internet berkecepatan tinggi, dengan teknologi kabel optical fiber tersebut pelanggan sekaligus juga dapat menikmati layanan TV kabel dengan performa koneksi internet yang baik.

IndiHOME merupakan salah satu proyek primer dari Telkom yang berlabel Indonesia Digital Network 2015. Dalam pelaksanaannya, Telkom bekerja sama dengan sejumlah developer teknologi komunikasi untuk membangun rumah/tempat tinggal berkonsep digital atau lebih populer disebut sebagai IoT (Internet of Things).

Baca juga:  Cara Mendapatkan Kuota Gratis XL : Cepat & Mudah

Telkom mengklaim bahwa layanan ini sudah dipesan oleh kurang lebih 2.000 pelanggan setiap harinya sepanjang tahun 2015. Ini adalah sebuah migrasi layanan besar-besaran mengingat para pelanggan juga tahu bahwa layanan ini adalah pengembangan dari layanan sebelumnya yaitu Speedy.

Sehingga para pelanggan pun menaruh harapan baik akan tren layanan terbaru yang ditawarkan Telkom ini. Sepanjang tahun 2015, pelanggan dengan respon terbanyak tercatat berada di Jabodetabek, dan sebelum pertengahan semester 2015 jumlah pelanggannya sudah mencapai 350.000 di seluruh Indonesia.

Cara Cek Jaringan Indihome Paling Mudah via Online & Offline

1. Cara Cek Jaringan Indihome Cek Melalui Fibermap

Mengecek jaringan Indihome melalui Fibermap tergolong sangat mudah dan simpel. Bahkan, kamu dapat melakukan cek ketersediaan jaringan Indihome tersebut melalui ponselmu.

Pastikan ponselmu sudah terkoneksi dengan internet untuk mengecek jaringan Indihome tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan cek jaringan Indihome:

  • Buka peramban pada ponsel atau laptop.
  • Ketikkan alamat fibermap.indihome.co.id.
  • Pada menu utama, pilih “Cek Fiber di Lokasi Anda”.
  • Pilih kolom yang tersedia mulai dari provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, kodepos, dan perumahan.
  • Setelah memilih, klik Submit.
  • Tunggu keterangan apakah daerah tempat tinggalmu sudah terjangkau jaringan Indihome atau belum.

Dengan melakukan cek jaringan Indihome ini, kamu dapat mengetahui apakah daerah tempat tinggalmu sudah terjangkau jaringan Indihome atau belum sehingga kamu dapat memilih paket layanan yang tepat dan mendapatkan koneksi internet yang lebih baik.

2. Cara Cek Jaringan Indihome Melalui Call Center Indihome

Selain melalui Fibermap Indihome, kamu juga bisa melakukan cek coverage Indihome dengan menghubungi call center. Cara menghubungi Indihome untuk mengecek ketersediaan jaringan adalah dengan menghubungi nomor 147.

Namun, layanan ini tidak gratis dan akan dikenakan tarif lokal. Pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup saat menghubungi call center Indihome.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan cek jaringan Indihome melalui call center:

  • Ketik nomor 147 pada menu panggilan telepon.
  • Tunggu hingga tersambung dengan layanan call center.
  • Sampaikan maksud dan tujuan kamu terkait cek ketersediaan jaringan.
  • Pastikan alamat rumah yang kamu berikan sudah benar dan terperinci.
  • Tunggu hingga petugas melakukan pengecekan.
  • Jika tersedia, petugas akan menginformasikan mengenai ketersediaan jaringan.
Baca juga:  Cara Mengatasi Kuota Axis Tidak Masuk : Simpel dan Cepat

Dengan melakukan cek jaringan Indihome melalui call center, kamu bisa mengetahui ketersediaan jaringan Indihome di daerah tempat tinggalmu. Dengan demikian, kamu bisa memilih paket layanan Indihome yang sesuai dan mendapatkan koneksi internet yang lebih baik.

3. Cara Cek Jarinagn Indihome Melalui Aplikasi MyIndihome


Indihome juga memiliki aplikasi MyIndihome yang mirip dengan aplikasi provider lainnya, yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan.

Tidak hanya untuk mengecek jaringan, tetapi MyIndihome juga dapat digunakan untuk menyampaikan keluhan, mengecek tagihan, dan keperluan lainnya.

Jika kamu ingin mengecek ketersediaan jaringan, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

  • Unduh aplikasi MyIndihome terlebih dahulu.
  • Jika sudah terinstall, ketuk Menu Login dan masukkan nomor HP dan email.
  • Jika belum punya akun, daftar akun MyIndihome di menu yang sama dan ikuti semua petunjuk.
  • Login dan pilih Menu Beli.
  • Pilih berlangganan baru Indihome.
  • Cek ketersediaan jaringan Indihome dengan mengisi alamat lengkap dan benar.
  • Pilih “cek ketersediaan” dan jika lokasi kamu sudah terjangkau, akan muncul keterangan bahwa lokasi tersebut bisa terpasang Indihome.

Dengan menggunakan aplikasi MyIndihome, kamu bisa lebih mudah dan cepat mengecek ketersediaan jaringan Indihome di tempat tinggalmu. Dengan demikian, kamu bisa memilih paket layanan Indihome yang sesuai dan mendapatkan koneksi internet yang lebih baik.

4. Cara Cek Jaringan Indihome dengan Melihat ODP

Optical distribution point atau ODP Indihome merupakan perangkat yang berfungsi sebagai terminal jaringan fiber untuk beberapa pengguna.

Salah satu cara untuk mengecek coverage Indihome adalah dengan mengecek ODP Indihome yang berada di tiang listrik di sekitar tempat tinggalmu. Terkadang, sebagian orang tidak menyadari bahwa daerah tempat tinggal mereka sudah terjangkau oleh Indihome.

Namun, untuk mengeceknya sangatlah mudah karena kamu hanya perlu mengamati apakah terdapat kotak berwarna putih pada tiang listrik. Jika ada kotak putih tersebut, dipastikan bahwa itu adalah ODP. Namun, pastikan juga dengan Telkom apakah ODP tersebut sudah aktif atau belum.

Baca juga:  Kode Rahasia Kuota Gratis Axis : Tanpa Pulsa

Jika sudah aktif, kamu bisa memasang Indihome di rumahmu. Sebaliknya, jika ODP Indihome sudah penuh, maka kamu harus mengajukan pemasangan pada waktu lain.

Dengan mengetahui cara cek ODP Indihome, kamu dapat mengetahui apakah daerah tempat tinggalmu sudah terjangkau oleh jaringan Indihome atau belum. Dengan demikian, kamu bisa memilih paket layanan Indihome yang sesuai dan mendapatkan koneksi internet yang lebih baik.

5. Cara Cek Jaringan Indihome dengan Mengunjungi Plasa Telkom

Cara terakhir untuk mengecek coverage Indihome adalah dengan mengunjungi Plasa Telkom. Namun, kamu perlu memiliki waktu luang untuk melakukannya.

Kunjungi Plasa Telkom setempat dan sampaikan pada petugas bahwa kamu ingin mengetahui ketersediaan jaringan. Jika tersedia, kamu bisa langsung berlangganan pada saat itu juga. Berikut adalah tata cara yang perlu kamu ikuti:

  • Kunjungi kantor Indihome terdekat.
  • Setibanya di sana, ambil nomor antrian di Customer Service.
  • Tunggu hingga nomormu dipanggil.
  • Jika sudah dipanggil, temui petugas Customer Service.
  • Tanyakan pada petugas apakah jaringan Indihome sudah sampai di daerah tempat tinggalmu.
  • Petugas akan meminta alamat lengkap dari tempat tinggalmu.
  • Tunggu beberapa saat untuk petugas melakukan pengecekan.
  • Terakhir, petugas akan memberikan informasi mengenai jangkauan jaringan Indihome di tempat tinggalmu.

Dengan mengunjungi Plasa Telkom, kamu bisa mengecek langsung ketersediaan jaringan Indihome di daerah tempat tinggalmu. Jika jaringan Indihome sudah tersedia, kamu bisa langsung berlangganan pada saat itu juga.

Penutup

Dengan lima cara cek jaringan Indihome yang telah dijelaskan di atas oleh kami qilat.id , kamu bisa mengetahui apakah jaringan Indihome sudah tersedia di daerah tempat tinggalmu atau belum.

Mulai dari menggunakan Fibermap Indihome, menghubungi call center Indihome, memanfaatkan aplikasi MyIndihome, mengecek ODP Indihome di tiang listrik, hingga mengunjungi Plasa Telkom, semuanya dapat membantu kamu mengecek ketersediaan jaringan Indihome.

Dengan mengetahui ketersediaan jaringan Indihome, kamu bisa memilih paket layanan yang sesuai dan mendapatkan koneksi internet yang lebih baik. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara-cara tersebut dan dapatkan koneksi internet terbaik dengan Indihome. Semoga bermanfaat !

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cek jaringan indihome : Update & Paling Mudah yang dipublish pada April 11, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment