Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar

Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar : Dengan Tepat 

Qilat.idCara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar : Dengan Tepat . Seperti yang diketahui, pemilik rumah berusaha menciptakan kesan yang unik dengan membangun pagar keliling. Dalam hal ini, pembangunan pagar umumnya menggunakan batako sebagai alternatif bata merah karena dianggap lebih efisien dari segi harga dan proses pengerjaannya.

Anda tetap diharuskan mengetahui harga batako sebelum memulai proyek. Hitunglah kebutuhan batako dengan cermat untuk menghindari kesalahan dalam penganggaran.

Ini adalah tindakan yang wajib dilakukan, terlebih jika anggaran Anda terbatas, maka penting untuk memanfaatkan pengetahuan ini.

Namun demikian, sebagian besar individu masih belum memahami teknik dan formula untuk menghitung kebutuhan batako dalam membangun pagar per meter persegi serta biaya pemasangan baik per meter persegi maupun secara total.

Dalam pertemuan ini, kami akan memberikan informasi mengenai metode perhitungan yang tepat.

Seperti saat menghitung kebutuhan bondek cor, Anda perlu mengetahui luas pagar untuk menentukan jumlah material yang dibutuhkan. Dengan mengetahui luas permukaannya, Anda dapat menghitung jumlah batako yang diperlukan.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Perlu diingat bahwa meskipun batako memiliki beberapa keunggulan, namun demikian bahan material bangunan ini juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda perlu mempertimbangkan baik-baik kelebihan dan kekurangan dari batako tersebut.

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan.

Kelebihan

  • Tahan terhadap air.
  • Ukurannya besar dan seragam.
  • Harganya lebih murah dibandingkan bata jenis lainnya.
  • Bobotnya cenderung lebih ringan.
  • Hasil cetakannya lebih rapi dibandingkan bata merah.
  • Proses pemasangannya terbilang cepat.
  • Lebih mudah ketika dipotong.
Baca juga:  Ukuran Tinggi Tangga 4 Meter : Yang Ideal

Kekurangan

  • Kekuatannya lebih rendah dari bata merah.
  • Mudah pecah atau retak apabila terbentur dengan benda keras.
  • Kurang baik untuk insulasi suara dan panas.
  • Bukan termasuk material peredam suara dengan baik.

Jenis Batako

Terdapat tiga jenis batako yang dapat dipilih dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat menentukan jenis batako yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, silakan simak informasi berikut ini.

1. Batako Trass

Batako jenis ini terbuat dari campuran batu kapur, trass (tanah berwarna putih), dan air. Proses pembuatannya mirip dengan bata merah karena dibakar hingga keras. Oleh karena tampilannya yang putih, batako ini juga dikenal sebagai bata putih.

2. Batako Semen

Batako jenis ini sering disebut sebagai batako press karena terbuat dari campuran semen dan pasir yang telah dicampur. Batako ini memiliki lubang yang berukuran seperempat dari ukuran batako itu sendiri. Selain itu, terdapat dua atau tiga lubang untuk pengisian adukan.

3. Batako Beton

Batako jenis ini dibuat dari campuran semen Portland (PC) dan pasir yang dicetak. Batako ini memiliki daya tahan yang kuat dan mampu menahan guncangan akibat gempa karena kekerasannya yang tinggi.

Ukuran Batako

Tersedia banyak ukuran batako yang bisa dipilih. Jadi, setiap pengguna perlu mengetahui ukuran batako yang akan digunakan untuk membangun pagar agar bisa menghitung kebutuhan dengan tepat. Berikut adalah beberapa ukuran batako yang tersedia saat ini yang bisa kami informasikan.

JenisUkuran
Batako U29 x 14 x 14cm
Batako H29 x 14 x 14 cm
Batako Dinding40 x 20 x 20 cm
Batako Pengisi40 x 10 x 20 cm tebal 10 cm
Batako Semen PC36-40 cm x 8-10 cm x 18-20 cm
Batako Kolom29 x 29 x 14 cm
Batako Beton Balok300 x 6 x 10 cm
Batako Beton Lengkung50 x 30 cm
Batako Standar30 x 10 x 15 cm
Baca juga:  Cara Membuat Batako: Secara Manual

Kebutuhan Pemasangan Batako

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menghitung biaya pemasangan batako secara lebih rinci, sebaiknya Anda memahami beberapa komponen dan material yang termasuk dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemasangannya.

Biasanya, kebutuhan pemasangan batako tidak berbeda jauh dengan perhitungan BIAYA PEMBUATAN PAGAR TEMBOK, seperti yang disebutkan di bawah ini.

Bahan Material

Untuk membuat konstruksi tembok batako, Anda akan membutuhkan beberapa bahan bangunan yang bisa diperoleh di toko bangunan atau toko material terdekat. Jenis bahan material yang dibutuhkan akan tergantung pada produsen batako dan jenis semen yang digunakan. Berikut ini adalah daftar KEBUTUHAN BATAKO PER METER agar lebih jelas.

  • Batako lubang.
  • Semen portland (PC).
  • Pasir pasang.
  • Besi beton 8 mm.
  • Pekerja Bangunan

Kebutuhan komponen untuk pengerjaan pemasangan tembok batako juga harus dimasukkan ke dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB). Secara umum, pemasangan batako membutuhkan lebih dari satu jenis tukang. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI), pekerjaan pemasangan batako memerlukan beberapa jenis pekerja bangunan seperti yang tertera di bawah ini.

  • Pekerja.
  • Tukang batu.
  • Kepala tukang.
  • Mandor.

Untuk diketahui, pada pemasangan batako skala kecil, komponen kepala tukang dan mandor dapat diabaikan. Sementara itu, tukang batu dapat digantikan oleh tukang sipil atau tukang biasa.

Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar

Selanjutnya, pada pembahasan utama mengenai cara menghitung kebutuhan batako untuk pagar, kami akan memberikan contoh menggunakan batako dinding dengan ukuran 0,4 m x 0,2 m = 0,08 m². Dari ukuran tersebut, dapat diketahui bahwa setiap meter persegi akan membutuhkan 12,5 buah batako.

Sementara itu, jika panjang pagar yang akan dibangun sekitar 10 meter dengan tinggi 2 meter, maka perhitungannya adalah 10 m² x 12,5 buah batako, sama dengan sekitar 125 buah batako untuk panjang 10 meter dengan tinggi 1 meter.

Baca juga:  Harga Borongan Pasang Plafon Triplek : Bahan Material & Upah

Jika tingginya 2 meter, maka cukup dikalikan dengan 2 saja, yaitu 125 x 2 = 250 buah. Jadi, untuk kebutuhan batako pada pagar dengan panjang dan tinggi seperti ini, diperlukan sekitar 250 buah batako.

Biaya Pemasangan Batako

Setelah itu, tinggal menghitung biaya pemasangan batako, yang caranya sangat mudah yaitu dengan menghitung luas pagar Anda. Mengacu pada perhitungan sebelumnya, misalnya panjang pagar adalah 10 meter dengan tinggi 2 meter.

Untuk menghitung luasnya, cukup mudah yaitu 10 x 2 = 20 m², itu adalah luas yang akan dibangun.

Sementara itu, biaya borongan pemasangan batako per meter persegi berkisar antara Rp 35.000 sampai Rp 40.000. Maka, cara menghitungnya adalah 20 m² x Rp 35.000/m² = Rp 700.000. Jadi, biaya pemasangan yang harus dikeluarkan sebesar Rp 700.000 dan belum termasuk biaya untuk semen, pasir, dan beberapa material lainnya..

Kesimpulan

Setelah melihat perhitungan di atas, apakah sudah jelas dan dapat dipahami? Kami yakin bahwa Anda dapat melakukannya sendiri karena dijelaskan secara detail dan rinci mulai dari ukuran, kebutuhan per meter persegi, dan biaya pemasangan.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan batako untuk pagar beserta perhitungan biaya pemasangan per meter persegi yang dapat kami sampaikan di qilat.id.  Semoga informasi di atas dapat membantu semua orang yang sedang membutuhkan pembahasan seperti ini.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar : Dengan Tepat  yang dipublish pada April 9, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment