Jenis Popup Banner Website

Mengenal 5 Jenis Popup Banner Website : Pembahasan Lengkap

Qilat.id – Mengenal 5 Jenis Popup Banner Website : Pembahasan Lengkap. Dalam dunia pemasaran digital, salah satu alat yang kerap digunakan untuk menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan konversi adalah popup banner.

Mengenal 5 jenis popup banner website akan membantu Kalian menentukan strategi pemasaran yang paling efektif untuk bisnis Kalian.

Di sini, kita akan mengupas lebih dalam mengenai berbagai jenis popup banner dan bagaimana menggunakannya dengan tepat.

Pengertian Pop Up

Pop up adalah suatu istilah yang berarti muncul. Secara sederhana, pop up merujuk pada tampilan kecil atau antarmuka grafis yang muncul di komputer, aplikasi, situs web, atau perangkat lain dengan informasi tertentu.

Tujuan dari kemunculan pop up secara tiba-tiba adalah untuk menarik perhatian pengguna dengan lebih mudah.

Tanpa disadari, Kalian mungkin akan menekan tombol atau melakukan gerakan tertentu setelah pop up muncul di layar perangkat Kalian.

Manfaat Pop Up

Sebelum mengetahui Jenis Popup Banner Website, pop up bukan hanya digunakan sebagai elemen estetika, tetapi juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi dari pop up:

1. Memunculkan Menu

Fungsi pertama dan paling sederhana dari pop up adalah untuk menampilkan menu atau pengaturan. Misalnya, ketika Kalian mengklik kanan pada mouse komputer atau laptop, maka akan muncul pop up yang menampilkan berbagai menu untuk mengelola file atau pengaturan perangkat tersebut.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Iconnet PLN, Daftar Harga Paket Terbaru

2. Menampilkan Notifikasi

Fungsi lain dari pop up adalah untuk menampilkan notifikasi dari sistem. Biasanya, pop up juga menyediakan tombol untuk melakukan tindakan lanjutan seperti membalas pesan, membuka folder, dan lain sebagainya.

3. Memberi Peringatan

Fungsi ketiga dari pop up adalah memberikan peringatan atas kesalahan sistem atau informasi penting lainnya.

Sebagai contoh, saat Kalian akan membuka sebuah aplikasi, kemudian muncul pop up yang berisi informasi bahwa aplikasi tersebut tidak dapat dibuka atau tidak merespons. Dengan kata lain, pop up dapat memberikan peringatan bahkan yang bersifat negatif.

4. Sarana Promosi

Fungsi terakhir dari pop up adalah sebagai media promosi produk atau jasa pada aplikasi maupun situs web.

Pop up jenis ini sering ditemukan di berbagai situs web, baik untuk iklan produk serupa maupun iklan dari pihak ketiga. Biasanya, pop up promosi ini berisi informasi tentang diskon atau promosi yang sedang berlangsung.

Mengenal 5 Jenis Popup Banner Website

Berikut ini beberapa Jenis Popup Banner Website yang dapat membantu kalian untuk meningkatkan konversi, menarik leads baru, dan akhirnya meningkatkan penjualan kalian:

1. Popup Survey Form

Dalam dunia bisnis, bukanlah “Knowledge is power” yang dipegang teguh, tetapi “Knowledge is profit”. Salah satu cara terbaik untuk memperoleh pengetahuan ini adalah melalui survei pelanggan.

Dengan menggunakan formulir survei popup, kamu dapat mempelajari lebih banyak tentang pelangganmu.

Hal ini memungkinkan kamu untuk mempersonalisasi kampanye pemasaranmu atau meningkatkan produk atau layananmu dengan informasi yang didapatkan dari survei tersebut.

2. Popup Lead Magnet

Jika kamu ingin mengembangkan daftar emailmu, gunakanlah lead magnet. Lead magnet merupakan sesuatu yang dianggap berharga oleh audiensmu, seperti e-book, infografis, posting blog khusus, dan lain sebagainya. Lead magnet popup menampilkan lead magnetmu sebagai ganti beberapa informasi kontak dari audiensmu.

Baca juga:  Cara Setting WiFi Iconnet PLN Yang Mudah + Harga Paket

3. Popup Pre-order Signup

Banyak marketer yang salah kaprah dengan berpikir bahwa produk baru hanya bisa dijual ketika sudah siap dan tersedia.

Padahal, cara yang lebih baik untuk meningkatkan penjualan secara keseluruhan adalah dengan mulai menerima pesanan di muka. Selain itu, langkah ini juga dapat membantu kamu untuk membiayai sebagian biaya produksi.

Dengan menggunakan popup preorder, kamu dapat memperkenalkan produk baru kepada pengunjung. Kamu dapat mengarahkan pengguna dari popup preorder menuju landing page.

Selanjutnya, kumpulkan informasi kontak untuk mengirimkan formulir pemesanan di muka kepada pelanggan yang berminat.

4. Product Recommendations

Untuk meningkatkan total jumlah belanja pelangganmu, penting untuk mempertimbangkan penggunaan popup rekomendasi produk.

Saat pelangganmu sedang menjelajahi halaman produk tertentu, popup yang menampilkan item lain yang menurut mereka menarik akan muncul.

Hal ini dapat membantu meningkatkan penjualan dengan cara menawarkan produk tambahan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pelanggan.

5. Cart Abandonment

Sudah umum diketahui bahwa masalah cart abandonment merupakan masalah besar bagi pemilik bisnis e-commerce. Bahkan, faktanya cart abandonment menyebabkan hilangnya penjualan senilai lebih dari $4 triliun setiap tahunnya.

Cara Membuat Pop Up di Website

Setelah mengetahui Jenis Popup Banner Website, selanjutnya jika Kalian ingin mengetahui cara membuat pop up di website, pada artikel ini kami akan menjelaskan langkah-langkahnya menggunakan plugin Pop up Builder di WordPress. Pop up merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan bisnis dan penjualan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Login ke akun WordPress Kalian.
  2. Klik menu Plugins > Add New.
  3. Ketikkan Pop Up pada kolom pencarian.
  4. Klik Install Now pada plugin Pop up Builder.
  5. Aktifkan plugin dengan cara klik Activate.
  6. Pada menu Pop up Builder, pilih Add New.
  7. Pilih jenis pop up yang diinginkan, seperti Image, HTML, Facebook, Subscription.
  8. Pada panduan ini, kita akan membuat pop up berisi gambar saja, jadi klik opsi Image.
  9. Isi judul pop up yang akan dibuat.
  10. Pilih gambar yang akan dijadikan tampilan pop up dengan mengklik Select Image.
  11. Klik Select Files pada bagian Upload Files.
  12. Pilih gambar yang sudah disiapkan sebelumnya dan klik Choose Image.
  13. Klik Publish untuk mengaktifkan pop up.
Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Iconnet PLN : Harga Paket & Cara Daftar

Penutup

Dalam rangkuman pembahasan ini, kita telah mengenal berbagai jenis popup banner website yang dapat membantu meningkatkan kinerja situs web Kalian.

Mulai dari Lightbox Popup, Floating Bar, Fullscreen Welcome Mat, Slide-in Scroll Box, dan Countdown Timer Popup, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Sebagai pemilik situs web, penting untuk memilih jenis popup banner yang paling sesuai dengan tujuan dan target audiens Kalian.

Diharapkan, dengan memahami beragam jenis popup banner ini, Kalian dapat mengoptimalkan pengalaman pengunjung dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Ingatlah, kunci keberhasilan popup banner terletak pada strategi pemasaran yang efektif dan desain yang menarik.

Demikian ulasan dari qilat.id mengenai Jenis Popup Banner Website, Selamat mencoba, dan semoga sukses!

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Mengenal 5 Jenis Popup Banner Website : Pembahasan Lengkap yang dipublish pada February 26, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment