Ukuran Tangga Rumah Minimalis

Ukuran Tangga Rumah Minimalis : Terbaru 2023

Qilat.id – Ukuran Tangga Rumah Minimalis : Terbaru 2023. Tangga merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah rumah, terutama bagi rumah dengan ukuran minimalis. Pemilihan ukuran tangga yang tepat dapat mempengaruhi tampilan rumah secara keseluruhan. Selain itu, ukuran tangga juga berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan penghuninya.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai ukuran tangga yang ideal untuk rumah minimalis. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain lebar tangga, ketinggian tangga, serta kemiringan tangga. Dengan memahami faktor-faktor ini, diharapkan kalian dapat memilih ukuran tangga yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik rumah minimalis kalian.

Bagian Tangga Rumah Minimalis

  • Tangga pada rumah minimalis memiliki beberapa bagian yang perlu diperhatikan. Bagian-bagian tersebut antara lain:
  • Tread (Tapak Tangga)
    Tread adalah bagian tangga yang berfungsi sebagai tempat pijakan kaki saat naik atau turun tangga. Tread pada tangga rumah minimalis biasanya memiliki lebar antara 25-30 cm.
  • Riser (Tinggi Tangga)
    Riser adalah bagian vertikal antara satu tread dengan tread yang lain. Riser pada tangga rumah minimalis biasanya memiliki ketinggian antara 15-20 cm.
  • Stringer (Pemegang Tread dan Riser)
    Stringer adalah elemen struktural yang berfungsi sebagai pemegang tread dan riser. Stringer pada tangga rumah minimalis umumnya terbuat dari kayu atau besi.
  • Baluster (Tiang Penyangga)
    Baluster adalah tiang penyangga yang terletak di sisi tangga untuk menjaga keamanan pengguna. Baluster pada tangga rumah minimalis biasanya memiliki jarak antara satu tiang dengan tiang yang lain sekitar 10-15 cm.
  • Handrail (Tangga Pegangan)
    Handrail adalah pegangan yang terletak di sisi tangga untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada pengguna. Handrail pada tangga rumah minimalis biasanya terbuat dari kayu atau besi dengan lebar sekitar 5-7 cm.

Dengan memahami bagian-bagian dari tangga rumah minimalis, kalian dapat lebih mudah dalam memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik rumah kalian.

Baca juga:  Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah : Panduan Lengkap

Menentukan Ukuran Tangga Rumah Minimaslis dengan Tepat

Dalam menemukan ukuran tangga rumah minimalis yang ideal, terdapat beberapa aspek atau faktor yang perlu diperhatikan, seperti ukuran anak tangga, lebar tangga, dan lain sebagainya. Semua aspek tersebut sangat penting untuk diperhitungkan dengan baik, karena jika salah satu aspek dihitung dengan salah, maka aspek lainnya juga akan terpengaruh sehingga hasilnya akan menghasilkan ukuran tangga di rumah yang tidak ideal.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa aspek atau faktor yang harus diperhatikan dalam desain tangga di rumah minimalis kalian.

1. Lebar dan Luas Tangga

Ukuran tangga rumah yang ideal pertama adalah lebar dan luas tangga. Kedua ukuran tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan penghuni rumah saat menggunakannya.

Dalam menghitung lebar dan luas tangga yang dibutuhkan, terdapat dua hal yang harus diperhatikan, yaitu jumlah penghuni rumah dan barang bawaan.

Dari segi jumlah penghuni rumah, perlu diperhatikan berapa orang yang akan menggunakan tangga secara bersamaan. Untuk tangga yang dapat dilalui oleh satu orang secara nyaman, umumnya memiliki lebar minimal 80 cm. Namun, jika terdapat dua orang yang menggunakannya, diperlukan lebar minimal 120 cm hingga 180 cm untuk memastikan keduanya nyaman menggunakan tangga.

Sedangkan dari segi barang bawaan, perlu dipikirkan barang-barang apa saja yang akan dibawa ke lantai dua menggunakan tangga. Apakah semua barang tersebut dapat dibawa melalui tangga yang dibuat dengan ukuran yang direncanakan? Hal ini perlu dipertimbangkan agar tidak terjadi kesulitan saat membawa barang ke lantai dua.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, diharapkan kalian dapat menentukan ukuran tangga rumah minimalis yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan penghuni rumah.

2. Sudut Kemiringan

Untuk kemiringan tangga, sebaiknya memiliki kemiringan sekitar 42 derajat. Namun, terkadang kondisi tertentu memungkinkan tingkat kemiringan tangga yang lebih besar dari itu. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan ukuran tapak tangga. Tapak tangga sebaiknya memiliki lebar minimal 280 mm untuk memastikan kenyamanan dan keamanan saat naik dan turun tangga.

Baca juga:  Tinggi Scaffolding : Keamanan dan Efisiensi Konstruksi Bangunan

Selain itu, headroom tangga juga perlu diperhatikan. Headroom tangga adalah jarak antara tread dengan langit-langit di atasnya. Headroom tangga sebaiknya memiliki ketinggian minimal 2 meter untuk memberikan ruang yang cukup saat pengguna tangga berdiri di atas tread.

Dengan memperhatikan kemiringan, ukuran tapak, dan headroom tangga, diharapkan kalian dapat membuat tangga rumah minimalis yang aman dan nyaman digunakan oleh penghuni rumah.

3. Ukuran Anak Tangga

Selain menentukan lebar tangga yang ideal, penting juga untuk memperhatikan tinggi dan lebar anak tangga.

Untuk menentukan tinggi anak tangga yang ideal, kalian dapat menggunakan pengalaman pribadi saat menggunakan tangga. Jika kalian merasa kaki atau lutut kalian terasa lelah saat menggunakan tangga, maka kemungkinan anak tangga tersebut terlalu tinggi. Umumnya, tinggi anak tangga yang ideal berada di kisaran 15 hingga 19 cm, namun tetap perhatikan kebiasaan pengguna tangga di rumah kalian untuk mendapatkan ukuran yang tepat.

Sementara itu, untuk menentukan lebar anak tangga atau tread tangga, kalian juga dapat mencoba beberapa ukuran dan melihat ukuran mana yang paling nyaman bagi kalian dan anggota keluarga yang lain. Secara umum, lebar anak tangga yang ideal berada di kisaran 27 hingga 33 cm.

Selain itu, ketinggian antara satu anak tangga dengan anak tangga lainnya juga perlu diperhatikan. Ketinggian antara anak tangga biasanya minimal sekitar 15 cm dan maksimal sekitar 22 cm. Sedangkan untuk lebar anak tangga sebaiknya memiliki ukuran minimal 22 cm hingga 30 cm.

Dengan memperhatikan tinggi dan lebar anak tangga yang ideal, diharapkan kalian dapat membuat tangga rumah minimalis yang nyaman dan aman digunakan oleh penghuni rumah.

4. Jumlah Anak Tangga

Berapa jumlah anak tangga yang ideal pada tangga rumah minimalis? Sebaiknya jumlah anak tangga tidak lebih dari 36 pada satu jalur tangga. Jika jumlah anak tangga lebih dari 36, sebaiknya tangga dilengkapi dengan nosing atau borders. Nosing atau borders tersebut harus disesuaikan dengan lebar tangga untuk menjaga keamanan pengguna tangga.

Baca juga:  Lebar Tangga Ideal : Bagaimana Menentukan Ukuran yang Tepat?

5. Menentukan Ukuran Bordes

Bordes atau jeda pada tangga merupakan bagian opsional pada tangga rumah. Biasanya, hunian dengan gaya minimalis modern menggunakan bagian ini sebagai tambahan.

Bordes pada tangga berfungsi sebagai area jeda dan umumnya memiliki ukuran yang lebih luas daripada anak tangga. Desain bordes pada tangga dapat berupa lurus atau berbelok.

Ukuran ideal bordes pada tangga adalah sekitar 80 hingga 120 cm. Bordes biasanya ditempatkan di tengah-tengah tangga. Sebagai contoh, jika tangga rumah kalian memiliki 20 anak tangga, bordes akan diletakkan setelah anak tangga ke-10.

Dengan menambahkan bordes pada tangga, kalian dapat memberikan area jeda yang nyaman bagi pengguna tangga dan juga memperindah desain tangga rumah minimalis kalian.

6. Handrails

Terakhir, perhatikan ukuran handrail pada tangga rumah minimalis kalian. Ukuran handrail tangga pada umumnya memiliki tinggi mulai dari 90 cm hingga 100 cm agar penggunaannya lebih nyaman dan memberikan kenyamanan serta keamanan saat pengguna tangga berpegangan pada handrail.

Itulah beberapa cara untuk menentukan ukuran tangga rumah minimalis yang dapat kalian jadikan panduan. Terdapat beberapa aspek dan faktor yang harus diperhatikan, seperti lebar tangga, ukuran anak tangga, jumlah anak tangga, kemiringan, keamanan, dan lain sebagainya. Dalam proses pembuatan tangga tersebut, pastikan untuk memperhatikan kenyamanan penghuni rumah sehingga tangga rumah minimalis di rumah kalian akan efektif dan aman digunakan.

Penutup

Secara keseluruhan, menentukan ukuran tangga rumah minimalis yang ideal memang memerlukan perhatian yang cukup. Ada beberapa aspek dan faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti lebar tangga, ukuran anak tangga, jumlah anak tangga, kemiringan, keamanan, dan lain sebagainya.

Namun, dengan memperhatikan semua aspek tersebut, kalian dapat membuat tangga rumah minimalis yang aman, nyaman, dan sesuai dengan kebutuhan penghuni rumah. Semoga artikel qilat.id ini dapat membantu kalian dalam menentukan ukuran tangga rumah minimalis yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ukuran Tangga Rumah Minimalis : Terbaru 2023 yang dipublish pada April 20, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment